Ini Dia 15 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan terbilang banyak. Bahkan ada pula pendapat yang menyatakan bahwa kegiatan ini dapat menyembuhkan penyakit. Tidak percaya? Mari kita simak penjelasannya berikut ini. 

Mengenal puasa Ramadhan 

Puasa Ramadhan adalah kegiatan puasa yang dilakukan pada bulan suci Ramadhan oleh seluruh umat muslim. Puasa sendiri dikenal sebagai kegiatan menahan lapar, haus hingga hawa nafsu. Kegiatan tersebut dilakukan dari waktu subuh hingga maghrib atau saat matahari terbenam. Selain dinyatakan sebagai kegiatan ibadah yang tentunya wajib untuk dilakukan. Kegiatan puasa Ramadhan juga banyak dilakukan karena adanya alasan medis. Dalam hal ini tindakan puasa dapat memberikan Anda dan siapapun pelakunya manfaat kesehatan yang luar biasa. 

 

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kegiatan puasa. Utamanya untuk kegiatan puasa Ramadhan, di antaranya : 

Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Racun

Ketika berpuasa, racun yang ada dalam tubuh dapat dikeluarkan dengan mudah. Hal ini berkaitan dengan cadangan lemak yang akan dibakar oleh tubuh. Hal tersebut akan dilakukan tubuh untuk mendapatkan energi yang lebih baik. Sedangkan untuk racun itu sendiri, ia akan ikut terbakar seiring dengan proses pembakaran lemak. Dengan demikian kondisi tubuh pun akan jauh lebih sehat dan bersih. Karena umumnya racun akan ikut terbuang bersama dengan lemak. 

Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Berat Badan Ideal

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan lainnya adalah menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini terjadi karena ketika berpuasa, usus akan berada dalam kondisi bersih. Tidak ada sisa endapan yang menjadi lemak pada bagian perut. Dengan demikian, sistem pencernaan yang Anda miliki pun akan terjaga dengan lebih bersih. Karena saluran pembuangan, baik itu buang air kecil atau bahkan buang air besar juga menjadi lebih lancar dari sebelumnya. 

(Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Ini Dia 5 Makanan Pertama Saat Buka Puasa)

Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain manfaat di atas, Anda yang berpuasa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini berkaitan dengan tingkat limfosit di bagian dalam tubuh yang meningkat hingga 10 kali lipat ketika Anda berpuasa. Dengan kekebalan tubuh yang semakin baik, tentunya tubuh Anda pun tidak mudah terserang penyakit. 

Menyehatkan Kondisi Jantung 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Menyehatkan Kondisi Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital yang harus dijaga keberadaannya. Karena banyak diantaranya orang yang meninggal akibat adanya penyakit tersebut. Namun dengan berpuasa masalah kesehatan organ jantung dapat dijaga dengan lebih baik. Dengan berpuasa, HDL atau kadar kolesterol baik dalam tubuh akan meningkat. Sedangkan LDL atau kadar kolesterol jahat justru akan menurun. Sehingga kondisi kesehatan jantung pun lebih terjaga dari sebelumnya. 

Menyehatkan Organ Ginjal 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Menyehatakan Organ Ginjal

Selain jantung, ginjal juga dikenal sebagai organ penting lainnya yang juga harus Anda rawat dengan baik. Ginjal sendiri memiliki fungsi untuk menyaring makanan serta minuman yang masuk ke bagian dalam tubuh. Fungsi ginjal pada dasarnya akan berjalan dengan optimal apabila ia memiliki kekuatan osmosis urin pada tingkat 1.000 hingga 12.000 ml osmosis / kg airnya. Dengan berpuasa, fungsi ginjal tersebut dapat berjalan optimal. Sehingga kondisi ginjal Anda pun akan berubah menjadi lebih sehat. 

Cegah Diabetes 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Mencegah Diabetes

Mencegah diabetes juga dikenal sebagai manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan lainnya. Hal ini berkaitan dengan kondisi diabetes yang umumnya disebabkan oleh kadar gula dalam darah dengan tingkat yang tinggi. Akan tetapi, ketika seseorang berpuasa  tentunya kadar gula dalam darah pun akan menurun. Hal ini terjadi karena berkurangnya konsumsi gula. Sehingga diabetes pun dapat dihindari dengan mudah. 

Tingkatkan Fungsi Otak 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Meningkatkan Fungsi Otak

Berpuasa juga dikenal sebagai salah satu cara untuk meningkatkan neurotropik. Bagian tersebut dikenal dengan fungsinya yang dapat digunakan untuk memproduksi sel otak dengan jumlah lebih banyak. Sehingga fungsi otak pun bisa Anda dapatkan dengan lebih maksimal. Dengan fungsi otak yang lebih optimal. Tentunya kemampuan berpikir seseorang pun akan lebih terjaga. Hal ini bahkan dinyatakan mampu meningkatkan kecerdasan dengan mudah. 

Perbaiki Fungsi Otak 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Memperbaiki Fungsi Otak

Selain meningkatkan fungsi otak. manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan lainnya adalah memperbaiki fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan meningkatnya produksi protein yang dikenal dengan nama BDNF atau Brain Derived Neurotrophic Factor. BDNF tersebut dapat mengaktifkan sel induk dari bagian otak yang kemudian diubah menjadi neuron baru. Keberadaannya dapat memicu produksi senyawa kimia. Senyawa tersebut kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan saraf. 

Turunkan Adrenalin

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Turunkan Adrenaline

Seseorang yang berpuasa umumnya berada dalam kondisi psikis yang lebih tenang. Hal ini terbukti dari pembawaannya yang terlihat lebih rileks. Dengan demikian, tingkat adrenalin yang dimilikinya pun dapat dipastikan berkurang. Hal tersebut dinyatakan sebagai manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan. Karena selain menjadikan pembawaan Anda yang lebih tenang. Penurunan adrenalin juga dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan dari bagian pembuluh darah. 

Turunkan Kolesterol

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Turunkan Kolestrol

Kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh tentunya dapat memicu berbagai jenis penyakit berbahaya. Seperti halnya penyakit jantung, stroke, masalah ginjal dan lainnya. Karena itulah untuk mengatasi masalah tersebut tentunya diperlukan cara khusus. Salah satu cara khusus yang dapat Anda gunakan adalah berpuasa. Selain dikenal dengan beragam manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan lainnya. Berpuasa juga dapat membantu Anda dalam menurunkan kadar kolesterol dengan lebih mudah. 

(Baca Juga: Penting untuk Dicatat! 8 Cara Berpuasa Untuk Penderita Maag)

Kurangi Sakit atau Nyeri Sendi

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Nyeri Sendi

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan lainnya juga bisa Anda rasakan ketika mengalami sakit atau nyeri sendi. Hal ini terjadi karena jadwal puasa yang lebih teratur. Bahkan ketika berpuasa sel pembasmi bakteri pun dapat ditingkatkan dengan mudah. Sehingga beragam bentuk permasalahan pun dapat diatasi dengan segera. Seperti halnya permasalahan nyeri sendi serta proses penyembuhan radang yang terjadi pada bagian sendi. 

Peremajaan Fungsi Serta Kinerja Sel

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Sel

Ketika Anda berpuasa tentunya akan terjadi perubahan pada asam amino yang berasal dari makanan. Perubahan tersebut bahkan terjadi dengan konversi yang masif. Akan tetapi sebelum bagian tersebut didistribusikan pada bagian tubuh lainnya, ia pun akan melalui proses format ulang. Dari kegiatan tersebut, tentunya akan menghasilkan fungsi atau pun kinerja baru dari sel-sel yang telah dihasilkan. Dengan kata lain ketika sebanyak 125 juta sel mati dari dalam tubuh. Maka akan tumbuh sel baru lainnya dengan jumlah yang lebih banyak pula. 

Perbaiki Pola Makan 

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Pola Makan

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan selanjutnya adalah memperbaiki pola makan. Dalam hal ini, Anda akan berlatih kapan kiranya waktu untuk makan dengan baik. Meskipun pada awalnya kegiatan berpuasa seringkali membuat Anda merasa lapar, namun dengan dibiasakan tentunya hal tersebut pun akan semakin mudah untuk dilakukan. Selain melatih diri dalam menahan rasa lapar dan haus. Berpuasa juga dapat membantu Anda untuk mengatur porsi makan dengan baik. Seperti halnya mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit. 

Pembentukan Sperma

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan - Sperma

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan. Berpuasa juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi pembentukkan sperma. Dalam hal ini dinyatakan bahwa berpuasa dapat menjadikan sperma berkembang dengan lebuh baik. Perkembangan sperma tersebut terjadi pada perubahan hormon. Hormon tersebut dikenal dengan nama hipotalamus-pituitary testicular serta pengaruhnya yang berasal dari kedua bagian testis. 

 

Menjaga Kebersihan Kulit dan Menghindarkan Jerawat

Manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan

Melalui beberapa manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan di bagian atas tadi. Tentunya ia akan memberikan efek maksimal bagi kesehatan kulit. Hal ini tidak lain berkaitan dengan pola makan yang baik dan bahkan konsumsi jenis makanan yang baik pula. Tidak hanya itu, dengan sistem pada saluran cerna yang lancar. Tentunya tidak akan meninggalkan racun pada bagian dalam tubuh, yang mana dapat menjadi pemicu utama dari munculnya masalah jerawat. Dengan tidak adanya kotoran yang berasal dari bagian dalam tubuh, tentunya kulit Anda pun akan terjaga dengan lebih baik dan bersih. 

Kesimpulan 

Dari penjelasan di bagian atas tadi, dapat Anda lihat bahwa ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ibadah puasa. Selain mendapatkan pahala karena telah mematuhi perintah berpuasa. Anda juga dapat menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik lagi. Bahkan beragam jenis penyakit berbahaya pun dapat Anda hindari dengan lebih mudah. 

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan yang dapat penulis jelaskan kali ini. 

 

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts