Cara Mengendalikan Stres Termudah untuk Pekerja Kantoran

Mengetahui cara Mengendalikan stres termudah memiliki peran krusial bagi pekerja. Tingginya jam kerja sering membuat kesehatan mental seseorang terganggu. Akhirnya efektivitas kerja justru menurun dan membuat seseorang gagal memenuhi kewajibannya. Pada dasarnya stres merupakan sebuah respon alami dari makhluk hidup ketika dalam ancaman. Ancaman tidak hanya berupa fisik namun juga mental. Apabila seseorang telah mengalami overwork maka otomatis otak akan mengirimkan sinyal.

Berbagai macam hormon dipicu produksinya untuk memberikan sinyal tertentu agar seseorang mengalami kelelahan. Apabila tubuh dan mental sudah lelah maka tindakan alami yang wajar dilakukan adalah beristirahat. Namun manusia merupakan sebuah makhluk yang cukup tangguh. Sehingga tidak jarang rangsangan alami dari otak tersebut kerap diabaikan. Memang dalam jangka pendek hal tersebut baik, namun akumulasi dari hal tersebut dapat berbahaya.

Seseorang dengan kelelahan mental akan mudah terpicu oleh sesuatu yang remeh. Reaksi berlebihan juga sering terjadi akibat kelelahan mental. Jadi jika Anda merasa sering merespon sesuatu secara berlebihan artinya harus beristirahat. Secara ilmiah stres tidak dapat dicegah, namun manusia mampu menanggapinya dengan berbagai respon. Apabila seseorang memiliki manajemen stres bagus maka produktivitas kerjanya akan tetap terjaga.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merespon terjadinya stres. Namun perlu diketahui juga ada berbagai pemicu tekanan mental yang membutuhkan perlakuan berbeda. Pada kasus ini akan lebih difokuskan beban mental karena pekerjaan.

Mengendalikan Stres Termudah dengan Hormon Endorfin

Hormon endorfin merupakan salah satu senyawa yang dihasilkan tubuh pada saat otak merasa tenang. Produksi dari hormon tersebut akan meningkat pada saat manusia mendapatkan istirahat cukup. Lalu bagaimana dengan pekerja kantoran yang memiliki jam kerja tinggi, pasti waktu beristirahat akan terganggu. Perlu diketahui bahwa produksi hormon adalah sebuah respon alami dari otak.

Apabila Anda mampu memanipulasi produksi hormon tersebut secara manual maka kelelahan mental dapat diatur. Ada dua cara paling mudah untuk meningkatkan produksinya yaitu melalui makanan dan olahraga.

Makanan pedas bisa menjadi salah satu cara mengendalikan stres termudah. Inilah mengapa orang Indonesia terkenal sangat ramah dan tahan terhadap tekanan mental dari berbagai aspek. Kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas bisa membuat tubuh meningkatkan produksi endorfin. Namun perlu dicatat juga bahwa konsumsi makanan pedas berlebihan akan berakibat buruk bagi sistem pencernaan.

(Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak Tanpa Menggunakan Obat)

Kemudian olahraga juga bisa digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan produksi endorfin. Cara ini tidak memiliki efek samping dan sering dijadikan pilihan paling bagus bagi para pekerja kantoran. Bentuk olahraga yang efektif meningkatkan produksi hormon juga berbeda setiap individu. Ada orang yang memproduksi lebih efektif saat melakukan olahraga berat. Namun ada yang lebih efektif saat melakukan olahraga ringan.

Jadi Anda perlu melakukan eksperimen secara pribadi untuk menemukan kebutuhan paling tepat. Tidak ada salahnya berolahraga karena baik untuk kesehatan tubuh. Namun perlu diingat bahwa istirahat cukup juga tidak kalah pentingnya.

Memilih Makanan untuk Mengendalikan Stres Termudah

mengendalikan stres termudah - memilih makanan

Makanan pedas dan coklat dapat membantu tubuh meningkatkan produksi endorfin secara manual. Ada beberapa kriteria yang perlu diketahui lebih detail tentang makanan agar tidak ada kesalahan dalam pemilihannya.

  • Hitung Jumlah Kalori

Makan makanan pedas memang baik untuk menyehatkan mental. Namun perlu Anda ketahui bahwa jumlah kalori tetap tidak boleh berlebihan karena dapat berdampak buruk pada tubuh.

Tidak jarang respon stres tubuh adalah binge eating. Anda harus menghindari hal ini karena dengan tingkat konsumsi makanan berlebih dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit.

  • Jadwal Konsumsi

Sebagai makanan untuk menenangkan jiwa akan lebih efektif jika tidak dikonsumsi terlalu sering. Jadi Anda perlu menjadwalkan secara disiplin kapan harus mengkonsumsi makanan tersebut.

Sekali atau dua kali dalam satu minggu merupakan pilihan waktu yang tepat. Karena ketika terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas tubuh akan resisten. Akhirnya makanan pedas tidak lagi menjadi cara mengendalikan stres termudah.

  • Bedakan Coklat dan Makanan Manis

Coklat memang bagus untuk membantu tubuh memproduksi endorfin dalam jumlah besar. Meskipun rasanya manis namun tidak semua manisan dapat dijadikan pemicu produksi endorfin secara manual.

Makanan manis dapat memicu lebih banyak produksi serotonin dibandingkan endorfin. Serotonin akan membuat tubuh merasa bahagia dalam jangka waktu singkat. Jadi dalam jangka panjang tetap kurang optimal.

Dalam kondisi mental tertekan memang makanan dapat dijadikan sebagai sebuah penyelamat. Namun Anda juga harus tahu bagaimana memilih makanan yang tepat agar kondisi kesehatan mental bisa dipertahankan.

Mengendalikan Stres Termudah dengan Aktivitas Fisik

mengendalikan stres termudah - aktivitas fisik

Pekerjaan kantoran terkadang membuat seseorang memiliki gaya hidup sedentari. Tidak terlalu banyak gerak sehingga produksi hormon dalam tubuh tidak seimbang. Ini adalah alasan mengapa pekerja kantoran lebih rentan terhadap masalah mental.

Pada saat bekerja Anda dapat mengendalikan stres dengan cara mudah. Cukup melakukan gerakan sederhana agar tubuh dapat menaikkan produksi endorfin dan serotonin. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pekerja kantoran.

Meregangkan bahu dan kedua tangan dapat menjadi aktivitas sederhana untuk memperlancar aliran darah. Bisa juga dengan cara melakukan gerakan memutar pada bagian kepala untuk membuat tubuh tidak terlalu pasif. Hal tersebut merupakan cara mengendalikan stres termudah. Karena pada saat bagian tubuh tersebut digerakkan tidak hanya produksi endorfin saja yang meningkat. Namun peredaran darah juga lebih lancar.

Ketika peredaran darah lancar maka suplai oksigen ke otak akan lebih bagus. Hasilnya produktivitas otak dapat dikembalikan meskipun hanya dalam jangka pendek. Anda juga bisa melakukan hyper oksidation ketika mengalami tekanan kerja. Dengan menarik napas dalam dan meregangkan otot tubuh akan merasa lebih rileks. Ulangi beberapa kali hingga otak tidak terasa berat. Hal tersebut cukup efektif dilakukan pada saat Anda sedang bekerja.

Mengendalikan Stres Termudah dengan Olahraga Ringan

mengendalikan stres termudah - olahraga ringan

Olahraga ringan dapat dilakukan sebelum atau sesudah aktivitas kantor. Jogging atau sekedar jalan kaki bisa menjadi pilihan paling mudah dilakukan. Jika mampu melakukannya secara rutin maka Anda bisa mengendalikan beban mental lebih mudah.

Memang setidaknya dalam sekali dalam satu minggu Anda harus menyempatkan diri berolahraga secara intensif. Tujuannya adalah untuk mengembalikan performa tubuh setelah berhari-hari dalam kebiasaan sedentari. Manfaat jangka panjang dari rutinitas seperti ini tentu sangat krusial. Tidak hanya sebagai metode mengendalikan stres termudah namun Anda juga bisa mengembalikan kemampuan regenerasi sel secara lebih optimal.

Rutinitas seperti jalan kaki selama lima belas menit sebelum atau sesudah bekerja adalah hal mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan dapat dilakukan tanpa membuat tubuh menjadi terlalu lelah. Aktivitas olahraga yang terlalu berat dan memforsir tubuh terkadang justru membuat seseorang menjadi stres. Apalagi jika Anda memang bukan penggemar olahraga berat. Jadi lakukan secukupnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

(Baca Juga: Inilah 10 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi, Terbukti Manjur!)

Apabila sempat Anda juga bisa melakukan meditasi sebelum tidur untuk memberikan relaksasi pada otak. Cukup dengan melakukan pernapasan secara teratur dalam waktu 30 hingga 45 menit saja. Memang meditasi tidak biasa dilakukan oleh orang Indonesia. Namun jika Anda ingin mencobanya, manfaat untuk tubuh dan jiwa sangat bagus. Memiliki rutinitas sehat dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental.

Mengendalikan Stres Termudah dengan Melakukan Meditasi

mengendalikan stres termudah - meditasi

Disini meditasi dapat diartikan secara universal, jadi tidak harus duduk dan melakukan pernapasan saja. Bagi pemeluk agama Islam, meditasi terbaik adalah melakukan dzikir setelah shalat. Pada dasarnya meditasi adalah sebuah tindakan menenangkan jiwa. Jadi apapun kegiatannya tetap dapat dikatakan sebagai meditasi selama mampu membuat kesehatan mental membaik.

Anda dapat berbaring dan melakukan pernapasan secara teratur untuk melakukan meditasi. Hal ini sangat mudah dilakukan oleh siapa saja untuk mengembalikan kesegaran rohani setelah seharian memikul beban kerja. Di beberapa negara maju, aktivitas meditasi ini diaplikasikan dalam yoga. Di Indonesia memang meditasi memiliki stigma yang masih belum populer. Tidak banyak orang menyadari pentingnya pengaplikasian meditasi bagi kesehatan rohani.

Aktivitas ibadah yang dilakukan secara sungguh-sungguh juga merupakan salah satu pengaplikasian meditasi dalam kehidupan sehari-hari. Jadi secara tidak langsung adat dan budaya tanah air sudah mengajarkan bagaimana menjaga kesehatan rohani. Dengan mengaplikasikan rutinitas harian aktif, memilih makanan yang sehat, dan melakukan meditasi maka stres dapat dikendalikan oleh seseorang. Jadi otak Anda bisa terus produktif meskipun beban kerja tinggi.

Tubuh juga akan tetap sehat karena mengaplikasikan rutinitas hidup aktif. Potensi Anda terserang penyakit yang identik dengan stres seperti stroke dan serangan jantung dapat diminimalisir dengan gaya hidup positif.

Memang kemampuan seseorang dalam merespon tekanan mental bervariasi. Namun secara umum, seseorang pasti membutuhkan liburan pada saat otak sudah tidak mampu lagi memproses kerja karena beratnya tuntutan kerja. Jadi agar tetap menjadi seorang pekerja yang produktif dan efektif Anda harus memanfaatkan libur secara optimal. Lakukan kegiatan positif agar otak tidak terlalu terbebani, itulah cara mengendalikan stres termudah dengan biaya termurah.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts