Yuk Simak, Beberapa Tips Dan Menu Sahur Sebagai Ajang Diet Agar Tetap Kuat Puasa

Thumbnail menu sahur - menu sahur sebagai ajang diet

Memilih menu sahur sebagai ajang diet itu sangat perlu. Karena untuk anda yang sedang menjalankan diet, menu sahur yang tepat akan membantu kamu untuk mengontrol nafsu makan ketika kamu sedang puasa di bulan suci Ramadhan ini. Selain itu, memilih menu makanan sahur yang tepat akan membantu mempertahankan kebugaran tubuh kamu untuk menjalankan aktivitas puasa ini.

Banyak orang yang menjadikan puasa di bulan Ramadhan sebagai ajang untuk diet. Karena selain alasan estetika, memiliki badan yang ideal juga banyak manfaatnya di sektor kesehatan. Sehingga banyak orang yang menggunakan momen Ramadhan ini sebagai ajang diet mereka.

Baca Juga : 13 Cemilan Sehat Saat Puasa yang Patut Dicoba

Lalu, apa tips dan menu sahur sebagai ajang diet yang baik? Kami telah merangkum beberapa jawaban yang akan menjawab dari pertanyaan tersebut. Yuk disimak!

Berikut Tips Dan Menu Sahur Sebagai Ajang Diet

Tips sahur - menu sahur sebagai ajang diet

Tips Sahur untuk Diet Di Bulan Ramadhan

Biasanya orang yang sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan hanya dua kali makan dalam sehari, yaitu saat sahur dan berbuka puasa. Alangkah lebih baik lagi jika saat makan, makanan yang dikonsumsi tersebut mengandung kalori yang cukup untuk melakukan aktivitas selagi berpuasa.

Simak tips sahur untuk diet selama berpuasa di bulan Ramadhan berikut yuk!

  • Cukupi Kebutuhan Kalori Harian Anda

Defisiensi kalori atau penurunan nilai kalori merupakan dasar dari diet dalam upaya untuk menurunkan berat badan. Umumnya, untuk mempertahankan berat badan orang dewasa, cukup mengkonsumsi sekitar 2000-2500 kalori per hari. Lantas, apakah dengan tanpa makan seharian akan membuat kita cepat kurus? Sebaiknya jangan!

Jika kita tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori, tubuh kita akan menjadi lemas dan metabolisme tubuh kita akan terganggu. Karena pada umumnya, kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsi metabolisme pada tubuh dan organ-organ dalam tubuh lainnya. Dengan begitu, konsumsilah sekitar 500 kalori lebih rendah dari kebutuhan kalori harian anda.

  • Kontrol Menu Sahur Anda

Bagaimana menu sahur sebagai ajang diet yang baik? Pertama, mulailah dengan mengurangi kadar karbohidrat dalam porsi makan anda. Berat badan anda malah akan naik jika mengkonsumsi karbohidrat yang berlebih walau anda sehari hanya makan dua kali saja.

Karbohidrat biasanya terkandung dalam nasi, roti, gandum, kentang, atau biji-bijian. Orang Indonesia biasanya  merasa jika “tidak makan nasi maka belum makan” atau “tidak kenyang jika tak makan nasi”. Untuk anda yang sedang menjalani diet, hal tersebut bisa diakali dengan cara menambahkan porsi kadar protein baik yang ada seperti lauk pauk. Lauk pauk sederhana seperti tempe dan tahu juga dapat memenuhi kebutuhan protein anda. Alangkah lebih baiknya lagi jika lauk pauk tersebut ditambahkan pelengkap seperti sayuran dan buah-buahan. Karena biasanya sayuran dan buah mengandung serat yang cukup tinggi.

Sebaiknya anda hindari makanan dari produk makanan olahan. Karena anda akan lebih cepat merasa lapar dan lebih sulit mengontrol kalori yang masuk dalam tubuh anda walau produk makanan olahan tersebut persiapan memasaknya lebih mudah dan lebih enak.

Lalu, apa saja menu sahur sebagai ajang diet yang baik? berikut menu-menu sahurnya!

1. Nasi Merah

Beras Merah - menu sahur sebagai ajang diet

Nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat sederhana yang memiliki serat cukup tinggi yang membuat anda kenyang lebih lama. Selain serat, Nasi merah juga mengandung nutrisi seperti zat besi, kalsium, protein, kalium dan lemak baik.

Dalam nasi merah juga terdapat zat yang dapat mengurangi resiko sel kanker, mencegah diabetes dan juga mencegah kerusakan otak. Bahkan nasi merah memiliki tingkat indeks glikemik cukup rendah yang berguna untuk mengontrol kadar gula darah dan juga produksi insulin.

Dengan begitu, nasi merah cocok menjadi menu sahur sebagai ajang diet anda yang baik.

2. Roti Gandum

Roti Gandum - menu sahur sebagai ajang diet

Roti Gandum bisa dijadikan sebagai menu sahur sebagai ajang diet anda selanjutnya. Teruntuk anda yang ingin diet tetapi tidak sempat untuk masak, anda bisa menggunakan roti gandum ini karena lebih praktis. Anda bisa menambah buah, selai, atau granola yang kadar kalorinya tidak begitu tinggi.

Roti gandum mengandung serat yang cukup tinggi walau tidak setinggi nasi merah. Namun, serat dalam roti gandum ini tetap dapat membuat anda kenyang. Selain itu Roti Gandum juga memiliki tingkat indeks glikemik yang juga rendah. Sehingga anda bisa membuat roti gandum ini menjadi menu sahur sebagai ajang diet dan tetap untuk mengontrol kadar gula darah anda.

3. Oat

Oat - menu sahur sebagai ajang diet

Oat merupakan salah satu makanan diet yang tidak banyak orang suka dalam mengkonsumsinya karena rasanya yang cenderung tawar dan kurang nikmat. Tetapi, Oat menjadi salah satu makanan yang baik untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh anda. Oat juga mengandung serat yang cukup tinggi untuk membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Untuk anda yang ingin mengkonsumsi oat agar terasa lebih lezat, anda bisa menambahkannya dengan potongan buah-buahan favorit anda. Anda juga bisa menggunakan susu skim yang kadar lemak dan kalorinya juga rendah. Sehingga saat menambah bahan tadi, rasa yang dihasilkan itu menjadi lebih nikmat dari sebelumnya.

4. Sayuran Dan Buah-Buahan

sayur dan buah - menu sahur sebagai ajang diet

Untuk menu yang satu ini, tidak perlu anda ragukan lagi khasiatnya. Terutama sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung mineral dan serat tinggi akan membuat anda kenyang lebih lama sehingga membantu keberhasilan program diet anda. Selain itu sayuran dan buah-buahan mengandung antioksidan yang baik untuk metabolisme tubuh dimana berkonstribusi untuk bisa membantu kegiatan puasa anda yang cukup lama.

Jika anda merasa kenyang saat memakan sayuran dan buah-buahan, maka nafsu makan anda untuk memakan makanan berat lainnya atau cemilan akan berkurang. Dengan begitu sayuran dan buah-buahan ini bisa cocok untuk menjadi menu sahur sebagai ajang diet untuk anda.

5. Menu Sebagai Sumber Protein Sehat

protein - menu sahur sebagai ajang diet

Menu sahur sebagai ajang diet lainnya yang adalah menu yang mengandung protein sehat. Selain sebagai pengganti sel-sel yang rusak dan menjaga kekebalan tubuh, protein juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan anda. Tetapi anda tetap harus menghindari protein yang mengandung lemak yang tinggi seperti makanan yang digoreng dengan minyak. Alangkah lebih bagusnya jika anda mengubah metode masak anda yang sebelumnya digoreng menjadi direbus. Sehingga akan mengurangi tingkat lemak pada protein tersebut.

Baca Juga : Tips Agar Puasa Tidak Pusing Dan Cara Mengatasinya

Terdapat 2 sumber protein yang baik untuk menu diet, yaitu protein nabati dan hewani. Protein hewani adalah sumber protein yang berasal dari hewan, contoh makanan yang baik untuk diet seperti ikan, daging merah tanpa lemak, ayam tanpa kulit, dan telur rebus. Untuk protein nabatinya sendiri adalah sumber protein yang berasal dari tumbuhan, contoh makanan yang baik untuk diet seperti kacang hijau, kacang kedelai, kacang panjang, tahu, dan tempe.

Dengan menjalankan tips dan menu sahur sebagai ajang diet tadi akan membantu program diet anda selama berpuasa di bulan Ramadhan. Jadi anda tidak perlu takut program diet anda terganggu saat berpuasa.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts