Berikut Obat Asam Urat Paling Manjur dan Efektif

obat asam urat paling manjur

Obat asam urat paling manjur banyak dicari. Keberadaannya sendiri memang sangat penting. Sadar tidak sadar, asam urat adalah salah satu permasalahan yang paling banyak ditemukan di Indonesia. 

Dengan banyaknya permasalahan tersebut, jumlah orang yang mengalaminya juga tidak sedikit. Asam urat memang terkesan sebagai penyakit umum. Namun jika sudah kambuh, pengidapnya akan merasa tersiksa.

Rasa nyeri di salah satu bagian tubuh akan terasa dan tentu hal tersebut akan sangat menyiksa. Sebenarnya orang yang mengalami asam urat mengalami mekanisme yang jelas dalam tubuhnya.

Biasanya orang semacam ini mengalami peningkatan produksi asam dalam jumlah banyak. Selain itu orang tersebut juga mengalami masalah dalam pembuangan asam.

Dengan kondisi tersebut, asam akan menumpuk dalam tubuh. Inilah alasan utama mengapa asam urat bisa sampai terjadi.

Obat Asam Urat Paling Manjur

Sebenarnya jumlah obat untuk asam urat sendiri sangat banyak. Namun merupakan kebohongan jika mengatakan semua obat tersebut efektif.

Di antara banyaknya obat tersebut, hanya beberapa yang terbukti manjur ketika digunakan. Sikap selektif jelas dibutuhkan.

Jangan sampai salah pilih dan kecewa dengan hasil akhirnya. Jika sedang mencari tahu tentang hal ini, berikut beberapa pilihannya.

Rambut Jagung

obat asam urat paling manjur - rambut jagung

Obat asam urat paling manjur pertama adalah rambut jagung. Pernah terdapat suatu buku yang membahas tentang berbagai macam ramuan herbal. Pada buku tersebut, dijelaskan juga mengenai rambut jagung. Ternyata rambut jagung mengandung alkoloid.

Alkoloid inilah yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar asam dalam tubuh. Dengan menurunnya kadar asam, penyakit asam urat jelas bisa diselesaikan.

Untuk membuat racikan obatnya juga cukup mudah. Pertama siapkan rambut jagung sebanyak 100 gram, tempuyung 100 gram, dan kumis kucing dua kali lipatnya atau 200 gram.

Potong-potonglah semua bahan tersebut hingga berukuran kecil. Selanjutnya, ambil 6 gelas air dan rebuslah potongan bahan hingga mendidih.

Tunggu hingga didihan air tersisa 2 gelas. Setelah itu, konsumsilah ramuannya 2 kali sehari. Dua gelas yang didapat sendiri bisa digunakan untuk pagi dan sore hari.

(Baca Juga: Simak Yuk, Deretan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah)

Bawang Putih

obat asam urat paling manjur - bawang putih

Obat asam urat paling manjur selanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dikenal karena manfaatnya yang sangat banyak. Selain memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan fisik, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk mengatasi antioksidan.

Di dalam bawang putih terdapat satu kandungan bernama antioksidan. Anti oksidan ini memang terdengar sebagai zat yang biasa saja. Padahal antioksidan memiliki kemampuan untuk mengontrol produksi purin dalam tubuh. 

Produk purin inilah yang memiliki pengaruh terhadap kadar asam. Ketika produksi purin terkontrol, kadar asam dalam tubuh akan terkontrol juga. Namun jika produksi purin ini tidak normal, kadar asamnya juga akan terganggu.

Jeruk Nipis

obat asam urat paling manjur - jeruk nipis

Selanjutnya adalah jeruk nipis. Ini juga bisa dijadikan pilihan ketika mencari obat asam urat paling manjur dan efektif. Di dalam jeruk nipis, terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah sangat banyak.

Jeruk nipis juga mengandung banyak asam sitrat. Ketika asam sitrat didalam tubuh berada pada kondisi cukup, asam urat yang berpotensi menyebabkan penyakit akan larut ke dalam urine.

Beberapa orang suka memasukkan infused water pada tubuhnya. Jika jeruk nipis dirasa tidak cocok untuk dikonsumsi, jadikan saja infused water.

Proses pembuatannya sendiri tidak sesulit yang dibayangkan. Ambil 30 gram jeruk nipis dan 250 gram air bersih. Buatlah kelipatannya jika ingin lebih banyak. Cuci jeruk nipis lalu potong hingga berbentuk bulat. 

Selanjutnya masukkan potongan jeruk nipis dan air tersebut ke dalam botol tertutup. Simpanlah di dalam kulkas sekitar 4 hingga 5 jam. Minumlah infused water tersebut selama satu hari.

Daun Salam

obat asam urat paling manjur - daun salam

Daun salam memiliki popularitas sangat tinggi karena manfaatnya yang sangat banyak. Tentu ini juga bisa dipilih ketika mencari obat asam urat paling manjur.

Menggunakan Daun salam sendiri sangat mudah. Itu karena keberadaannya tidak sulit ditemukan. Anda yang berasal dari daerah pasti masih banyak menemukan tanamannya tumbuh secara liar. 

Daun salam sebenarnya banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur. Oleh sebab itu, menjadikannya obat asam urat membutuhkan teknik racikan lain. Ambillah 20 daun salam dan 3 gelas air.

Cucilah daun salam tersebut dan rebus menggunakan air yang sudah disiapkan hingga tersisa 1 gelas. Bagilah air rebusan tersebut menjadi dua.

Setelah itu, konsumsi saja dua kali sehari. Daun salam sebenarnya memiliki kandungan yang sangat lengkap. Vitamin C, vitamin A, hingga asam folat dimiliki oleh zat ini.

Kayu Manis

obat asam urat paling manjur - kayu manis

Fitofar makalah Indonesia pernah mengeluarkan satu jurnal resmi. Dalam jurnal tersebut, dibahas berbagai manfaat yang dimiliki oleh kayu manis. 

Di antara banyaknya manfaat tersebut, salah satu yang paling ditonjolkan berhubungan dengan fungsi kayu manis sebagai obat asam urat paling manjur. Ini ternyata sangat logis.

Di dalam kayu manis terdapat sangat banyak senyawa aktif. Tentu senyawa aktif inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat.

Sebenarnya sangat disarankan untuk merubah kayu manis menjadi ekstrak. Jika ini dilakukan, kandungan tanin dan flavonoidnya akan lebih kuat.

Kedua senyawa itulah yang memiliki fungsi untuk menghambat produksi asam urat. Inilah alasan utama mengapa konsumsi kayu manis dapat dijadikan jalan keluar untuk permasalahan asam urat.

Seledri

obat asam urat paling manjur - seledri

Seledri memang terkenal sebagai bumbu masakan. Namun jika sedang mencari obat asam urat paling manjur, keberadaannya juga bisa ditonjolkan. 

Sudah banyak yang membuktikan efektivitas dari seledri ini. Seledri memiliki banyak zat di dalamnya. Contoh zatnya sendiri seperti apigen, phthalates, hingga apiin. Zat-zat tersebut bersifat diuretik.

Diuretik sendiri berarti adanya kemampuan untuk mengeluarkan zat yang berefek negatif pada tubuh. tentu asam urat dengan kadar terlalu banyak juga akan dikeluarkan.

Di dalam seledri ada juga kandungan seperti filosterol dan magnesium. Filosterol dan magnesium juga memiliki fungsi yang serupa.

Namun penggunaan seledri sebagai obat tidak boleh dilakukan secara asal. Dibutuhkan takaran yang pas dalam proses peracikannya. Ambil 60 gram seledri, potong kecil-kecil lalu rebus di dalam 200 cc air. 

Tunggu hingga didihan air semakin sedikit dan menyisakan satu gelas. Setelah berada pada kondisi tersebut, tunggulah hingga suhunya mereda. Selanjutnya barulah konsumsi didihan air tersebut.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar)

Daun Mangga

obat asam urat paling manjur - daun mangga

Tidak akan lengkap membuat daftar ini tanpa menambahkan daun mangga. Manfaat daun mangga memang tidak sebanyak nama-nama sebelumnya.

Namun ketika membahas obat asam urat paling manjur, kurang tepat jika daun mangga tidak ditambahkan. Terdapat banyak kandungan di dalam daun mangga.

Contohnya sendiri seperti vitamin B, C, flavonoid, hingga fenol. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk masalah asam urat.

Itu karena kadar asam di dalam tubuh akan bisa diturunkan hingga berada pada titik normal. Membuat racikannya juga mudah. Ambil daun mangga berwarna hijau hingga berjumlah 5 buah. Setelah itu, didihkan air sebanyak 250 cc.

Cuci daun mangga sampai bersih lalu rebus hingga daun berwarna kecoklatan. Ambillah air rebusannya dan tunggu hingga dingin. Jika sudah dingin, barulah gunakan air rebusan tersebut untuk mengatasi asam urat.

Secang

obat asam urat paling manjur - secang

Nama secang memang tidak terlalu populer. Padahal, tidak tepat jika melupakannya ketika mengulas obat asam urat paling manjur. Kandungan di dalamnya sangat lengkap. Secang memiliki resin, resorsin, brazilin, dan masih banyak kandungan lain.

Dengan senyawa-senyawa tersebut, produk asam urat yang berlebihan akan ditekan. Tidak perlu takut dengan efek sampingnya. Cara ini terbukti berhasil dan tidak memiliki efek buruk terhadap manusia. Sangat tepat jika memiliki ini ketika mencari obat asam urat.

Jahe dan Mentimun

obat asam urat paling manjur - jahe dan mentimun

Kurang lengkap membahas obat asam urat paling manjur tanpa memasukkan jahe dan mentimun. Keduanya memiliki efektivitas sangat tinggi.

Di dalamnya sendiri terdapat banyak senyawa yang berpotensi menstabilkan kadar asam urat pada tubuh. Namun saat mengkonsumsi jahe dan mentimun, gabungkanlah keduanya menjadi satu.

Menggabungkannya sendiri cukup mudah. Ambil jahe 7 ons, mentimun 1 buah, lemon setengah, seledri 2 batang, dan secangkir air.

Potong jahe, mentimun, dan seledri hingga berukuran kecil. Jangan lupa peras lemonnya. Setelah itu gabungkan semuanya bersama secangkir air. Minum jus tersebut setiap pagi. Untuk hasil yang maksimal, pastikan konsumsinya dilakukan setelah makan. 

Jangan sampai melakukan kesalahan dengan asal dalam proses peracikannya. Walaupun semua cara yang dijabarkan di atas terbukti efektif, peracikan tetap memegang poin penting.

Peracikan yang tidak tepat bahkan bisa menimbulkan efek berbahaya. Jangan sampai berniat menyembuhkan penyakit namun obat asam urat paling manjur malah tidak didapat.

Total
4
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts