Tips Mengolah Obat Darah Tinggi dari Sayur dan Buah-buahan

obat darah tinggi

Sayur dan buah-buahan untuk obat darah tinggi biasanya dipilih berdasarkan kandungan khusus guna menekan gejala penyakit tersebut. Beberapa di antaranya adalah ubi jalar, kubis, wortel, pisang delima, kiwi, hingga semangka.

Bahan-bahan alami tersebut relatif lebih mudah ditemui karena banyak dijual sebagai bagian dari resep masakan di pasar modern maupun tradisional. Agar lebih jelas, simak informasi selengkapnya di bawah berikut ini.

Bahan Baku Obat Darah Tinggi Alami yang Mudah Didapat

Bahan-bahan alami untuk mengobati penyakit hipertensi tidak hanya bisa ditemui di pasar, tapi juga selama ini tanpa disadari selalu tersedia di dapur. Ada bawang putih, seledri, hingga sayuran kaya vitamin.

Bumbu dapur seperti bawang putih

obat darah tinggi - bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan berupa allicin yang merupakan senyawa khusus untuk mengurangi dampak negatif hipertensi. Zat tersebut mampu menurunkan tekanan darah dengan cara menciptakan kandungan berupa oksida nitrat secara cepat.

Salah satu bahan makanan ini dianggap cocok untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi esensial hingga primer. Hanya saja, penggunaannya juga harus disesuaikan dan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli.

Senyawa alami yang ampuh dari seledri

obat darah tinggi - seledri

Berikutnya ada seledri hijau sebagai sayuran alami untuk mencegah darah tinggi. Adanya senyawa khusus bernama phthalide membuat bahan masakan satu ini bisa menurunkan tekanan darah di sekitar area pembuluh arteri.

Senyawa phthalide bekerja secara cepat dengan cara mengendorkan jaringan-jaringan pada pembuluh arteri, sehingga tekanan darah bisa diturunkan secara perlahan. Darah juga bisa dijaga secara normal lewat zat magnesium dan kalium.

Rempah-rempah masakan seperti kapulaga 

obat darah tinggi - kapulaga

Kapulaga juga bisa menjadi obat darah tinggi karena rempah-rempah tersebut memiliki zat dengan cara kerja yang mirip dengan obat kimia bernama calcium-channel blocker. Penggunaannya sangat mudah karena termasuk bumbu masakan.

Karena tergolong sebagai rempah-rempah dapur, penggunaan kapulaga sebagai salah satu bahan pencegah hipertensi bisa dilakukan dengan cara dikombinasikan dengan berbagai jenis masakan. Pengolahannya juga bisa dilakukan sesuai dengan selera masing-masing.

(Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Segera Rutin Makan!)

Daun basil dengan khasiat tinggi 

obat darah tinggi -daun basil

Sama seperti kapulaga, daun basil sebagai bumbu dapur juga memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit mematikan seperti darah tinggi. Sebuah zar bernama eugenol pada setiap lembarnya dinilai mampu mengurangi tekanan darah.

Kinerja dari kandungan tersebut juga cukup unik, yakni dengan cara mencegah zat seperti kalsium di dalam tubuh agar tidak bereaksi secara berlebihan, sehingga tidak menyebabkan penyempitan pada bagian pembuluh darah.

Tips Mengolah Sayur dan Buah Menjadi Obat Darah Tinggi

Beberapa bahan seperti sayuran, buah, dan bumbu rempah-rempah di atas ternyata bisa disajikan sebagai makanan olahan yang menyehatkan seperti jus, salad masakan tumis dan berkuah, hingga menggunakan bahan seperti yoghurt.

Kombinasi buah-buahan menjadi jus segar

obat darah tinggi - jus buah

Buah-buahan termasuk makanan yang direkomendasikan karena bisa disajikan dengan berbagai variasi. Bagi penderita hipertensi, bahan-bahan alami tersebut tidak hanya disantap dalam bentuk utuh, tapi juga bisa diolah menjadi jus segar.

Buah-buahan seperti pisang, apel, kiwi, buah delima, hingga semangka, sangat lezat jika dihidangkan dalam bentuk utuh maupun cair sebagai jus. Bisa juga mencoba variasi lain dengan cara dipotong-potong sebagai salad.

Salad buah yang menyehatkan

obat darah tinggi - salad buah

Salad buah bisa menjadi obat darah tinggi asalkan memilih jenis yang tepat. Salah satunya adalah semangka karena memiliki asam amino untuk mencegah hipertensi. Zat khusus tersebut dikenal luas sebagai citrulline.

Ada juga kiwi yang mampu menurunkan hipertensi jika rutin dikonsumsi dengan porsi seimbang. Kedua buah di atas bisa disajikan dengan cara dicampur menjadi semangkuk salad dengan variasi susu maupun yoghurt.

Jus buah blueberry

obat darah tinggi - jus blueberry

Siapa sangka jika buah blueberry ternyata mampu meredakan penyakit berbahaya seperti darah tinggi karena banyak mengandung flavonoid. Cara penyajiannya juga cukup mudah karena bisa langsung dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu. 

Tidak hanya itu, buah-buahan sejenis seperti strawberry juga memiliki kandungan serupa dengan kadar yang cukup tinggi. Jika merasa bosan, Anda juga bisa mencoba variasi dengan cara dicampur pada semangkuk sereal. 

Hidangan sayur tumis dan kuah

obat darah tinggi - sayur tumis

Obat darah tinggi berikutnya adalah masakan dari sayuran yang diolah dengan cara ditumis maupun kuah. Zat berupa potasium pada hijauan tersebut mampu merangsang ginjal untuk mengeluarkan senyawa sodium dari tubuh.

Efeknya sangat bagus untuk penderita hipertensi, di mana hal tersebut membantu menurunkan tekanan darah secara perlahan. Sayuran seperti sawi, bayam, dan bit hijau bisa diolah menjadi tumisan atau masakan kuah

Yoghurt dengan campuran buah-buahan

obat darah tinggi - yogurt

Yoghurt dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang paling fleksibel ketika diolah untuk penderita hipertensi. Tidak hanya tersedia dalam berbagai varian rasa, asupan tersebut juga bisa dikombinasikan dengan potongan buah-buahan.

Salah satu dari produk turunan yang populer adalah Greek Yoghurt, yang merupakan hasil dari pemadatan bahan susu dengan kandungan nutrisi untuk tubuh, Senyawa kalsium dan kaliumnya mampu menjaga kestabilan darah.

Memanfaatkan Obat Darah Tinggi Lewat Kegiatan Positif

Beberapa kegiatan positif memiliki dampak luas pada tubuh dan pikiran sehingga bisa menjadi sarana pencegahan hipertensi. Mulai dari meditasi, senantiasa berpikir positif sepanjang hari, hingga mulai menerapkan gaya hidup sehat.

Senantiasa berpikir positif sepanjang waktu

Bukan rahasia lagi jika berpikir positif menjadi salah satu kunci untuk menyembuhkan jiwa. Hal ini dianggap cocok untuk penderita darah tinggi akibat rasa stress sehingga memunculkan hormon kortisol yang berbahaya.

Upaya untuk berpikir positif tersebut bisa dicapai dengan berbagai cara. Mulai dari menghindari rasa stress, mengurangi kegiatan negatif, hingga mengajak diri untuk rutin melakukan meditasi. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Mencoba melakukan meditasi secara rutin

Meditasi juga bisa dicoba sebagai salah satu upaya mencegah hipertensi. Ada banyak kelas-kelas yang bisa diikuti sehingga aktivitas ini termasuk sangat mudah dilakukan. Jika tidak, Anda bisa mulai bermeditasi sendirian.

Meditasi bisa menjadi obat darah tinggi karena mengajak tubuh dan pikiran untuk tenang. Aktivitas ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan stress sekaligus mengajak untuk senantiasa menjalani kehidupan sehari-hari dengan positif.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar)

Mengatur pola makan dan konsumsinya

Selanjutnya adalah mengatur pola makan dan jenis makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Hindari sajian dengan kadar garam berlebihan, kuliner cepat saji, hingga asupan berupa daging berlemak jenuh dalam kemasan.

Jika kesulitan mengatur pola makan, Anda bisa menyewa pelatih khusus untuk merencanakan sebuah program seperti diet misalnya. Secara tidak langsung, hal tersebut mendorong Anda untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat.

Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat bisa menjadi obat darah tinggi secara alami yang paling mudah dilakukan. Jauhi makan-makanan dan minum minuman pemicu hipertensi seperti garam berlebihan, alkohol, hingga soda dengan kandungan berkarbonasi.

Menghindari atau mengurangi aktivitas merokok juga bisa mencegah tubuh terkena darah tinggi. Hal tersebut juga membuat paru-paru dan jantung semakin sehat. Jangan lupa untuk selalu rutin mengontrol diri ke dokter.

Rajin mengontrol diri ke dokter

Karena hipertensi sering terjadi tanpa disadari oleh penderitanya, ada baiknya jika mulai mengatur jadwal untuk berkunjung ke dokter secara rutin. Hal ini dinilai ampuh karena penyakitnya telah dideteksi sejak dini.

Selain itu, istirahat yang cukup bisa menjadi obat alami agar tubuh tetap bisa mendapatkan kesehatan meski terserang hipertensi. Usahakan agar segera berobat ke dokter jika gejala-gejala hipertensi sudah mulai terasa.

Gejala Penyakit Hipertensi yang Harus Segera Diobati

Obat darah tinggi sangat penting untuk dimiliki bagi penderita penyakit tersebut karena seringkali terjadi tanpa gejala. Tanda-tandanya yang muncul biasanya berupa pusing akibat sakit kepala hingga merasa mual pada perut.

Gejala lanjutannya adalah muntah-muntah, nafas terasa berat dan sesak, hingga gangguan pada detak jantung atau aritmia. Jika kondisi demikian sudah mulai terlihat, dikhawatirkan hal tersebut merupakan tanda-tanda dari adanya hipertensi.

Ancaman yang Terjadi Pada Organ Tubuh Akibat Hipertensi

Hipertensi yang tidak segera ditangani dapat berakibat fatal pada penderitanya. Tidak hanya beresiko kehilangan nyawa, tapi juga merusak beberapa organ penting di dalam tubuh seperti jantung, ginjal, otak, dan mata.

Penyakit tersebut membuat organ-organ di atas bekerja lebih keras dari biasanya. Bahaya yang berpotensi timbul dari hipertensi adalah jantung koroner, kerusakan pada saraf otak, kegagalan fungsi ginjal, dan menyebabkan kebutaan.

Baik sayuran, buah, maupun bahan kimia sejatinya bisa menjadi asupan yang menyehatkan jika dikonsumsi dengan takaran seimbang. Oleh sebab itu, menyiapkan obat darah tinggi sejak dini bisa menjadi solusi utama.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts