Simak Yuk, Obat Diare Paling Ampuh dengan Bahan Alami

Obat diare paling ampuh dengan bahan alami sering menjadi pilihan untuk mengatasi penyakit perut tersebut, karena dianggap minim efek samping dibandingkan dengan menggunakan obat kimia. Cara mendapatkannya juga tergolong mudah. 

Beberapa bahan-bahan alami seperti buah-buahan hingga jenis sayuran tertentu, memiliki kandungan secara khusus sehingga dipercaya mampu menyembuhkan penyakit perut seperti diare. Lebih jelasnya, simak ulasan selengkapnya di bawah berikut ini. 

Bahan Obat Diare Paling Ampuh Alami yang Mudah Didapat

Pisang, nanas, dan sayuran seperti wortel bisa menjadi asupan alami yang baik untuk mengatasi penyakit tersebut. Bahan-bahan tersebut juga mudah didapatkan di pasar tradisional hingga swalayan modern dengan harga terjangkau. 

Buah-buahan seperti pisang dan alpukat

obat diare paling ampuh - Pisang dan alpukat

Pisang dan nanas secara umum biasanya lebih banyak digunakan sebagai buah-buahan konsumsi. Di samping sebagai asupan tambahan selain makanan pokok seperti nasi, kedua buah tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan diare. 

Pisang diketahui memiliki zat khusus bernama pektin yang mampu membantu tubuh untuk mengeraskan feses atau kotoran. Sementara itu, kandungan enzim bromelain pada nanas berfungsi mencegah bakteri jahat memasuki dinding usus. 

(Baca Juga: Cara Mengatasi Diare Pada Anak Tanpa Menggunakan Obat)

Air mineral hangat baik untuk perut

obat diare paling ampuh - air putih hangat

Bahan alami berikutnya untuk mencegah diare adalah air putih. Selain mengembalikan kesegaran pada tubuh secara cepat, mengkonsumsinya secara rutin juga mampu menghindarkan tubuh dari bahaya kekurangan asupan cairan alias dehidrasi. 

Karena penyakit seperti diare menyerang usus dan bagian perut, air putih tersebut bisa dikonsumsi dalam keadaan hangat guna menstabilkan kondisi. Takaran dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi tubuh. 

Sayuran seperti kentang dan wortel

obat diare paling ampuh - kentang dan wortel

Kentang juga bisa menjadi obat diare paling ampuh karena memiliki kandungan yang bernama potasium. Salah satu bahan untuk masakan itu bisa dikonsumsi dalam bentuk rebusan karena lunak dan mudah dicerna. 

Selain kentang, wortel juga bisa menjadi pilihan terbaik karena kandungan pektinnya sangat tinggi seperti pisang. Zat tersebut terbukti mampu mengeraskan feses sehingga tidak lagi berbentuk encer saat dikeluarkan dari tubuh. 

Roti gandum dan yoghurt

obat diare paling ampuh  - Roti gandum dan yogurt

Gandum ternyata bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi diare karena rendahnya kandungan serat. Selain itu, dinding-dinding usus pada perut juga tidak perlu mencerna terlalu berat karena makanan tersebut relatif lunak. 

Begitu juga dengan bahan alami lainnya seperti Yoghurt. Kandungan zat probiotiknya mampu memberi asupan pada bakteri baik di dalam tubuh, guna memerangi kuman dan virus yang menjadi penyebab penyakit diare. 

Obat Diare Paling Ampuh dan Tips Memaksimalkan Khasiatnya

Tubuh manusia memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam mencerna obat maupun bahan makanan tertentu. Seperti obat untuk diare misalnya, ada beberapa cara khusus agar khasiatnya bisa diserap secara maksimal oleh tubuh. 

Pastikan tubuh mendapatkan cukup istirahat

obat diare paling ampuh - Istirahat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan tubuh mendapatkan cukup istirahat. Selain membantu memulihkan stamina, aktivitas tersebut juga memberikan kesempatan pada obat untuk bekerja ketika tubuh sedang dalam fase pemulihan 

Jika istirahat dilakukan secara teratur, tidak menutup kemungkinan penderita diare bisa sembuh lebih cepat dari perkiraan. Usahakan agar proses pemulihan tersebut diimbangi dengan asupan bergizi dan menghindari jenis makanan tertentu. 

Selektif terhadap makan makanan dengan kandungan tertentu

obat diare paling ampuh - memilih makanan

Khasiat obat diare paling ampuh bisa dirasakan secara maksimal jika diimbangi dengan gaya hidup sehat dan pola makan teratur. Salah satunya adalah selektif dalam memilih asupan guna menghindari efek negatif. 

Asupan tersebut adalah jenis makanan yang mampu memperparah diare karena mampu menciptakan reaksi pada pencernaan. Mulai dari kuliner dengan lemak tinggi, memiliki kandungan minyak berlebih, terlalu panas, dan masakan pedas.

Mencoba pola diet BRAT

obat diare paling ampuh - Diet BRAT

Agar mendapatkan nutrisi secara berimbang dari asupan bergizi, ada baiknya jika penderita diare mencoba diet BRAT dengan hanya mengkonsumsi makanan tertentu seperti roti panggang, buah pisang, nasi, dan saus apel. 

Pola makan dengan mengacu pada diet BRAT secara perlahan mampu memulihkan sekaligus menjaga kesehatan perut. Hal ini berasal dari hasil mengkonsumsi asupan rendah serat dengan makanan tinggi pati secara berimbang. 

Minum air putih secara rutin

obat diare paling ampuh - Minum air putih secara rutin

Minum air putih ternyata bisa menjadi obat diare paling ampuh meski selama ini tidak banyak disadari. Jika dilakukan secara rutin, tubuh juga bisa mendapatkan asupan cairan sehingga terhindar dari dehidrasi. 

Ancaman dehidrasi tersebut disebabkan oleh diare yang terus menerus memaksa usus mengeluarkan kotoran bersama dengan cairan. Oleh sebab itu, air putih menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk memulihkan tubuh.

(Baca Juga: Ampuh! Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat)

Menghindari minum-minuman beralkohol

obat diare paling ampuh - hindari minuman beralkohol

Minuman beralkohol memiliki efek buruk pada tubuh jika dikonsumsi terus menerus secara berlebihan. Bagi penderita diare, cairan tersebut berpotensi membuat dinding usus pada perut iritasi dan mengganggu kinerja saluran pencernaan. 

Selain kandungan beralkohol, asupan lainnya yang harus dihindari adalah minuman dengan kadar kafein tinggi, cairan berkarbonasi seperti soda, hingga disajikan dengan suhu panas berlebihan. Ketiganya sangat rawan bagi penderita diare. 

Cara Mengolah Makanan Sebagai Obat Diare Paling Ampuh

Beberapa bahan-bahan alami untuk menyembuhkan diare juga bisa diolah sebagai asupan yang menyehatkan dan bergizi tinggi. Masakan tersebut juga mampu menggugah selera sehingga membangkitkan nafsu makan. Simak caranya berikut ini. 

Camilan kentang rebus

Seperti ulasan sebelumnya, rendahnya kadar serat pada kentang membuat umbi-umbian satu ini sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diare. Cara penyajiannya adalah dengan direbus terlebih dahulu hingga lunak agar mudah dicerna. 

Kentang yang telah direbus bisa dilumatkan terlebih dahulu dan kemudian dibentuk kecil-kecil dengan tambahan garam sehingga rasanya tidak hambar. Makanan ini juga sangat nikmat jika disantap bersama dengan sup ayam. 

Sup ayam tanpa kulit yang disajikan saat hangat

Penderita diare juga bisa mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit sebagai asupan bergizi sebagai salah satu upaya pemulihan. Kaldu alami pada masakan tersebut mengandung lemak yang baik untuk usus dan pencernaan. 

Sebagai salah satu obat diare paling ampuh, daging ayam menjadi asupan bergizi karena sangat tinggi protein. Asupan sejenis seperti ikan dan sapi juga bisa diolah secara tepat untuk konsumsi sehari-hari. 

Sereal dari bahan gandum untuk sarapan

Makanan berikutnya adalah gandum yang bisa diolah menjadi sereal atau bubur. Sama seperti kentang, asupan bergizi satu ini memiliki kadar serat rendah sehingga sangat baik untuk usus dan pencernaan perut. 

Selain diolah menjadi sereal dan bubur, roti gandum juga bisa disajikan secara utuh maupun dipanggang terlebih dahulu sebagai variasi agar bisa menggugah nafsu makan. Semuanya tergantung dari selera pribadi masing-masing.

Biskuit dengan jumlah tertentu

obat diare paling ampuh seperti biskuit juga sering dianjurkan agar dikonsumsi ketika perut terserang penyakit tersebut. Makanan ringan ini termasuk salah satu menu utama yang direkomendasikan dalam program diet BRAT.

Jumlahnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terlalu sedikit maupun berlebihan. Biskuit tersebut bisa disajikan secara langsung maupun di hancurkan hingga lembut menjadi bubur, sehingga lebih mudah dicerna oleh perut.

Roti tawar sangat baik untuk pencernaan

Roti putih juga sering direkomendasikan sebagai salah satu asupan bagi penderita diare. Sama seperti gandum, makanan tersebut punya tekstur lunak dan bisa disajikan langsung maupun dipanggang dengan sedikit olesan madu.

Kandungan tepung pada roti biasanya memiliki serat yang lebih rendah sehingga sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diare. Makanan ini juga bisa dikombinasikan dengan sereal dan bagus disajikan selagi hangat. 

Mencoba Obat Bebas untuk Mengatasi Diare

Obat diare paling ampuh juga sering ditemui di apotik-apotik karena beberapa dijual secara bebas. Hanya saja, penggunaannya tidak dilakukan secara sembarangan dan biasanya hanya untuk penderita diare dengan tingkat akut.

Ciri-ciri penderita akut tersebut biasanya merasakan diare hingga lebih dari 2 minggu secara terus menerus. Obat-obatan tersebut adalah Loperamide (Imodium), Attapulgite, Oralit, Probiotik, hingga jenis antibiotik seperti Cotrimoxazole dan Cefixime.

Ancaman yang Harus Diwaspadai Selama Sakit

Selain teratur menjaga asupan makanan dan mengkonsumsi obat-obatan, salah satu hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah mewaspadai ancaman akibat diare. Terutama jika penyakit tersebut dirasakan hingga 14 hari berturut-turut.

Diare menyebabkan penderitanya kehilangan nafsu makan dan lemas akibat berkurangnya cairan di dalam tubuh secara drastis. Kondisi yang disebut dehidrasi ini bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan cepat.

Penyakit perut seperti diare biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus lewat perantara makanan maupun minuman. Oleh sebab itu, mengkonsumsi obat diare paling ampuh harus segera dilakukan agar cepat sembuh.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts