Simak Yuk, Deretan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah

Obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah sebenarnya sangat banyak. Masalahnya, tidak semua orang mengetahui hal ini. Sangat berbahaya apabila terus bergantung pada obat warung. 

Bisa saja terdapat efek samping yang didapat dan membahayakan tubuh. Pengetahuan akan hal ini sebenarnya sudah banyak. Seseorang bisa memanfaatkan internet untuk mengetahuinya.

Ini jelas berbeda dengan beberapa tahun ke belakang dimana pengetahuan semacam ini sulit ditemukan. Radang tenggorokan sendiri memang terkesan sepele. Namun jika dibiarkan, efek yang dihasilkan tetap berbahaya. 

Bisa saja radang yang awalnya tidak berbahaya berubah menjadi penyakit yang mematikan. Oleh sebab itu, pastikan supaya memiliki kewaspadaan ketika penyakit ini muncul. Segeralah obati agar efeknya tidak membesar.

Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah

Sebenarnya ada banyak obat radang tenggorokan yang perlu diketahui. Tentu semua obat tersebut sama pentingnya. Namun terdapat beberapa obat yang sudah terbukti efektif. Sisanya belum memiliki pembuktian tersebut.

Daripada bingung mempelajari semuanya, akan lebih baik apabila mempelajari beberapa contoh obat yang paling efektif. Berikut beberapa contoh tersebut.

  • Madu

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - madu

Madu merupakan obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah. Ini terbukti efektif ketika digunakan. Menyiapkannya sendiri tidak sulit. Itu karena, sudah banyak penjual di luar sana yang menyediakannya.

Namun ingat agar memilih madu kualitas terbaik. Jangan lupa juga untuk mempertahankan keasliannya. Itu karena, madu yang dibutuhkan adalah madu asli yang memang masih memiliki sari-sari yang bermanfaat. 

Akan percuma apabila madu yang dipilih memiliki kandungan gula dalam jumlah banyak. Pernah terdapat studi yang dilakukan pada tahun 2014. Studi tersebut membuktikan bahwa madu memiliki efektivitas yang cukup tinggi untuk mengatasi radang.

Dalam penelitian tersebut, sudah terbukti bahwa madu sukses menurunkan tingkat produksi lendir yang terdapat di tenggorokan.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat sifat anti bakteri. Mengkonsumsi madu juga terbilang mudah karena rasanya yang manis dan banyak disukai.

  • Air Garam

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Air Garam

Air garam juga terbukti efektif. Menjadikannya obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah adalah pilihan tepat.

Ketika seseorang mengalami radang, dinding tenggorokan orang tersebut biasanya memiliki pembengkakan. Pembengkakan inilah yang menyebabkan terjadinya radang.

Ketika air garam dikonsumsi, pembengkakan tersebut akan bisa diselesaikan. Inilah alasan utama mengapa air garam memiliki kemampuan untuk mengatasi radang.

Proses konsumsinya sendiri tidak sulit. Pertama, ambil satu sendok garam dan segelas air hangat. Setelah itu, campurkan keduanya menjadi satu lalu aduk hingga merata. Gunakan larutan tersebut untuk kumur-kumur. Sangat tepat jika cara ini dilakukan tiap hari. Pembiasaan tersebut akan membuat hasilnya menjadi lebih memuaskan.

(Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Segera Rutin Makan!)

  • Kayu Manis

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - kayu manis

Mengkonsumsi kayu manis bisa dijadikan obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah selanjutnya. Tentu yang dimaksud bukanlah kayu manis yang bentuknya masih keras.

Kayu manis perlu dijadikan larutan atau minuman terlebih dahulu. Sudah banyak orang di luar sana yang menjual kayu manis semacam ini.

Fungsi utama yang dimiliki kayu manis terletak pada harumnya. Harum kayu manis tersebut bisa menjadikan tubuh rileks. Namun selain itu, aromanya juga memiliki zat yang dapat menyembuhkan radang. 

Terdapat kandungan antibakteri dan antioksidan di dalamnya. Dengan adanya kedua zat tersebut, bakteri di dalam tenggorokan akan menghilang. Hilangnya bakteri jelas membuat penyakit radang hilang seketika.

  • Lemon

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Lemon

Beberapa orang lebih menyukai obat dengan kondisi segar. Tentu tidak semua obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah memiliki kesegaran tersebut. Hanya beberapa yang bisa dipilih. Salah satunya adalah lemon. Lemon memiliki banyak kandungan vitamin C.

Sebenarnya lemon bisa dikonsumsi dalam bentuk buah. Namun jika ingin lebih mudah, mengkonsumsi perasannya adalah hal yang lebih baik.

Vitamin C memiliki fungsi utama sebagai peningkat sistem imun. Dengan adanya sistem imun, bakteri yang merusak tenggorokan bisa terobati.

Selain bakteri, beberapa infeksi yang menyerang tubuh juga bisa teratasi. Itu jelas membuat kemungkinan terjadinya flu dan batuk menjadi lebih kecil.

  • Minyak Kelapa

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Minyak Kelapa

Selanjutnya adalah penggunaan minyak. Ini bisa dijadikan obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah selanjutnya. Jika ingin hasil terbaik, pilihlah minyak kelapa. Khasiatnya lebih tinggi untuk mengatasi radang tenggorokan.

Fungsi utama minyak kelapa adalah untuk mengatasi infeksi. Dengan adanya fungsi tersebut, tentu masalah radang tenggorokan juga bisa diselesaikan.

Salah satu permasalahan yang mengakibatkan radang tenggorokan adalah lendir pada tenggorokan. Ketika minyak kelapa dikonsumsi, lendir tersebut akan menjadi encer.

Tentu proses pengenceran tersebut dapat membuat radang pada tenggorokan menghilang. Ini juga membuat napas terasa semakin lega.

Sebenarnya, minyak kelapa tidak perlu dikonsumsi secara langsung. Bisa juga dengan menambahkannya kepada berbagai macam masakan.

  • Teh Chamomile

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Teh Chamomile

Teh memang terkenal sebagai obat yang dapat menangani permasalahan radang. Tipe teh pertama yang bisa dimasukkan ke dalam obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah adalah teh chamomile.

Di dalam chamomile terdapat banyak kandungan antioksidan. Telah dijelaskan bahwa antioksidan memiliki kemampuan untuk mengatasi bakteri.

Hilangnya bakteri pada tenggorokan jelas bisa mengatasi radang. Selain itu, teh chamomile juga memiliki fungsi lain.

Fungsi tersebut adalah untuk mengatasi pembengkakan dan rasa gatal. Untuk Anda yang tidak biasa dengan nama teh chamomile, beberapa orang biasa menyebutnya teh hijau.

Selain dengan mengkonsumsinya, melakukan kumur-kumur juga bisa dijadikan pilihan terbaik. Pemulihan radang akan menjadi semakin cepat.

(Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar)

  • Teh Kunyit

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Teh Kunyit

Selain teh hijau, tepat juga jika memilih teh kunyit ketika mencari obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah. Teh kunyit memang belum umum di Indonesia.

Namun memilihnya sebagai obat radang bisa dilakukan. Penjualnya di toko online juga sudah banyak. Kunyit sendiri termasuk ke dalam keluarga jahe. Oleh karena itu, manfaatnya dalam menyelesaikan radang bisa semakin tinggi.

Mengkonsumsi teh kunyit seperti mendapatkan manfaat dari teh dan jahe sekaligus. Beberapa orang tidak mau mengkonsumsi ini karena takut terjadi iritasi. Padahal itu merupakan pernyataan yang tidak berdasar. 

Tidak ada kaitannya antara kunyit dan iritasi. Oleh sebab itu, tenggorokan akan tetap aman ketika mengkonsumsinya ketika radang. Jika ingin rasa yang lebih nyaman, tambahkan saja madu ke dalam teh kunyit.

  • Kunyit

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Kunyit

Jika tidak menyukai teh kunyit, bisa juga dengan mengkonsumsi kunyitnya secara langsung. Beberapa orang memang memiliki kebiasaan mengkonsumsi kunyit.

Tentu kebiasaan tersebut bisa dimanfaatkan ketika mencari obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah. Sebenarnya kunyit sendiri tidak harus selalu dikonsumsi.

Menjadikannya sebagai media kumur-kumur bisa dilakukan. caranya sendiri cukup mudah. Rubah kunyit menjadi bubuk atau belilah di toko yang menyediakannya. Setelah itu, campurkan bubuk kunyit dan air hangat. 

Jika sudah tercampur, barulah gunakan untuk kumur-kumur. Namun jangan sembarangan ketika kumur-kumur. Pastikan airnya sampai ke dinding tenggorokan. Jika tidak sampai, efeknya tidak terasa.

  • Air Jahe

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Air Jahe

Jahe terkenal dengan manfaatnya yang bisa menghangatkan tubuh. Beberapa orang menganggap ini adalah satu-satunya manfaat jahe. Padahal manfaatnya masih banyak. Ini bahkan bisa dipilih ketika mencari obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah.

Terdapat sebuah jurnal yang pernah dikeluarkan di afrika. Jurnal tersebut menjelaskan tentang penelitian tentang jahe dalam menyelesaikan permasalahan radang tenggorokan.

Disana dijelaskan bahwa bakteri-bakteri yang ada di tenggorokan bisa dihilangkan oleh jahe. Jangan lupa kalau ginseng memiliki sifat anti bakteri. 

Tentu jahe adalah bagian dari ginseng. Oleh sebab itu, penelitian ini merupakan hal yang sangat berdasar. Sebagai pilihan terbaik, konsumsi saja minuman jahe yang lebih umum seperti wedang, teh, hingga ekstrak jahe.

  • Peppermint

obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah - Pappermint

Peppermint sebenarnya tidak terkenal sebagai penyembuh radang. Namanya lebih dikenal sebagai sebagai penghilang aroma tidak sedap.

Padahal, ini bisa dipilih ketika mencari obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah. Di dalam peppermint terdapat sebuah kandungan bernama mentol.

Mentol inilah yang memiliki manfaat besar dalam menenangkan radang tenggorokan. Bahkan, mentol juga memiliki kemampuan untuk mengencerkan lendir.

Peppermint juga sebenarnya memiliki sifat antibakteri. Ada juga sifat anti peradangan yang ada di dalamnya. Terdapat perhatian lebih jika yang digunakan adalah minyak esensial peppermint. 

Pastikan untuk menggunakan minyak pengecer sebagai tambahan. Jika dikonsumsi secara langsung, munculnya penyakit kesehatan adalah hal yang mungkin terjadi.

Pastikan untuk menggunakan obat radang yang dirasa paling mudah ditemukan. Jangan pilih sebuah obat jika keberadaannya saja sudah sulit ditemukan.

Ini hanya akan membuat rasa malas muncul dan penyembuhan tidak segera dilakukan. Oleh sebab itu, pilih saja salah satu obat radang tenggorokan yang bisa dibuat di rumah di atas.

Total
15
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts