Obat Sakit Gigi Alami yang Bisa Didapat dengan Mudah 

Ternyata banyak sekali obat sakit gigi alami yang dapat Anda dapatkan di rumah. Sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membeli ke apotek atau bahkan ke dokter.

Menurut data kesehatan yang dikeluarkan oleh journal Pharmaceutical Biology, disebutkan kalau ada banyak tanaman alami yang digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sehingga pengobatan herbal terbukti lebih efektif dan meminimalisir efek samping.

Cara mengobatinya juga bisa dilakukan dengan berbagai macam bahan seperti rempah-rempah, obat, tanaman herbal. Biasanya penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri.

Penyakit ini sama sekali tidak bisa disepelekan. Hal itu dikarenakan jika sudah kumat, semua pekerjaan atau aktivitas akan terasa malas dikerjakan, karena makan atau rasa nyerinya akan berasa membuat tidak nyaman.

seorang dokter mengemukakan bahwa sakit gigi sangat penting untuk mencari tahu apa yang menjadi akar ketidaknyamanan. Dari situ Anda akan menentukan bagaimana cara terbaik untuk meredakan nyeri atau bengkak.

Mengenal Penyakit Sakit Gigi Lebih Jauh

Pengertiannya sakit gigi merupakan suatu keadaan dimana muncul rasa yang tidak enak di sekitar rongga mulut, hal ini dapat berakibat buruk jika tidak segera ditangani dengan baik. Biasanya nyeri akan timbul ketika mengkonsumsi makanan atau minuman terlalu dingin atau panas.

Nyeri juga dapat muncul karena adanya hal yang tidak sesuai terjadi pada struktur gigi, gusi, dan tulang alveolar yang berfungsi untuk menyangga gigi, dan saat mengalami pertumbuhan. Hal itu dapat dicegah dan diobati dengan obat sakit gigi alami.

Penyebab Sakit Gigi yang perlu Diketahui

Mungkin sebagian orang hanya menduga bahwa gigi berlubang menjadi penyebab yang paling umum. Tetapi ternyata ada berbagai macam penyebab lainnya.

Lubang Gigi

Karies atau sering dikenal dengan lubang gigi merupakan akibat dari bakteri Streptococcus mutans dan lactobacillus yang menghasilkan asam ketika sisa-sisa makanan menumpuk di gigi. Zat asam itu yang akan menimbulkan bercak putih coklat di gigi hingga berlubang. 

Karies dapat disebabkan oleh beberapa faktor yaitu, adanya bakteri dari hasil makanan menumpuk, kontur gigi yang kurang baik. Lubang ini juga sangat membuat tidak nyaman seorang penderitanya.

Penyakit Gusi

Dengan banyaknya karang yang menumpuk di bagian gusi, akan menyebabkan terjadinya radang gusi. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan benar akan berujung pada radang gusi periodontitis. 

Radang gusi periodontitis akan menjadi faktor pembentukan abses pada gusi. Sehingga apabila infeksi akan menyebar ke seluruh rongga mulut.

(Baca Juga: Obat Sakit Gigi Berlubang Mujarab Mudah Ditemukan)

Sensitif

Gigi sensitif dapat terjadi karena garis gusi yang turun hingga akarnya. Ini juga dapat diakibatkan karena menyikatnya terlalu keras, sehingga enamel menipis.

Beberapa Obat Sakit Gigi Alami

Dalam mengobati penyakit ini, banyak sekali cara yang bisa dipakai. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan obat sakit gigi yang alami.

Tetapi alangkah lebih baik untuk konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Hal itu untuk mengetahui sumber dari penyakitnya.

Air Garam

Obat sakit gigi alami - Air Garam

Obat sakit gigi alami yang pertama adalah dengan air garam. Dalam meredakan nyeri bisa dengan membuat air garam, lalu dikumurkan ke mulut dan ke posisi yang dirasa sakit.

Garam ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti bakteri yang bisa menghilangkan rasa nyeri. Selain menghilangkan rasa nyeri, air garam ini dapat menghilangkan bakteri di mulut.

Semua usia dapat memakai cara tersebut, khususnya anak-anak. Tetapi, setelah sakit hilang sebaiknya membawa anak ke dokter untuk mencari penyebab sakitnya.

Kompres Dingin

Obat sakit gigi alami - kompres dingin

Bahan atau cara mengobati selanjutnya adalah dengan es batu yang dikompreskan. Mengompres dengan es batu ini dapat menghilangkan rasa sakit secara alami.

Kompres air atau es dingin bisa menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut. Hal tersebut akan meredakan rasa nyeri dan bisa juga mengurangi pembengkakan dan peradangan.

Dalam penggunaannya, Anda bisa menggunakan lap untuk membungkus es. Hal itu dapat membuat es lebih lama dan untuk pengompresannya sekitar 15 sampai 20 menit.

Bawang Putih

Obat sakit gigi alami - bawang putih

Dalam obat sakit gigi alami, bawang putih sudah terkenal dengan berbagai khasiatnya. Tidak hanya bisa membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak, tetapi bawang putih juga bisa meredakan nyeri.

Ketika ingin memakainya, Anda bisa menghancurkan satu siung bawang putih lalu dioleskan ke area yang sakit. Untuk lebih maksimal Anda juga bisa menambahkan sedikit garam ke bawang tersebut.

Selain bisa dihancurkan dengan cara ditumbuk, bisa juga dengan langsung mengunyah satu siung bawang putih secara perlahan. Fungsi lain bawang putih yaitu dapat melepas allicin serta menghasilkan minyak alami.

Minyak Cengkeh

Obat sakit gigi alami - minyak cengkeh

Obat sakit gigi alami selanjutnya adalah minyak cengkeh. Minyak ini efektif meredakan rasa sakit, mengurangi peradangan, dan mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menjadikannya sebagai obat, Anda bisa mencampurkan minyak cengkeh dengan minyak zaitun. Kemudian, simpan kapas biarkan meresap lalu taruh kapas tersebut pada bagian nyeri.

Selain dengan cara tersebut, Anda bisa menjadikan minyak cengkeh sebagai obat kumur. Dengan cara meneteskan 1 minyak cengkeh kedalam segelas air lalu di kumurkan.

Kantong Teh Peppermint

Obat sakit gigi alami - teh pappermint

kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. Untuk menjadikannya sebagai obat sakit gigi alami, biarkan kantong teh bekas dingin lalu oleskan ke bagian yang sakit.

Ada juga cara lain yaitu dengan memasukan bekas kantong peppermint ke dalam freezer selama beberapa menit lalu tempelkan ke gigi. Hal itu membuat sensasi yang berbeda ketika mengobatinya.

(Baca Juga: Simak Yuk, Obat Sakit Gigi Berlubang Cepat Sembuh Terbaik)

Daun Jambu Biji

Obat sakit gigi alami - daun jambu biji

Daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Hal ini dikarenakan kandungan analgesik, anti radang, anti mikroba yang mampu menghentikan rasa nyeri akibat lubang.

Cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menumbuk daun jambu biji secukupnya. Kemudian tambahkan air lalu rebus hingga mendidih, setelah mendidih diamkan hingga dingin kemudian dipakai untuk berkumur. 

Jahe

Obat sakit gigi alami - jahe

Jahe merupakan rempah yang banyak sekali manfaat atau khasiatnya. Tidak hanya cocok untuk menghangatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh, tanaman ini bisa digunakan untuk obat sakit gigi alami.

Kandungan antibakterinya dapat membersihkan bakteri di mulut. Cara mengaplikasikannya yaitu dengan memarut 1 buah jahe dan peras airnya, lalu gunakan air itu untuk berkumur.

Cuka Apel

Obat sakit gigi alami - cuka apel

Cuka apel bisa membantu meredakan rasa nyeri ketika gigi berlubang. Hal ini disebabkan cuka apel mengandung antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

Dalam pengaplikasiannya cukup mudah, yaitu hanya dengan melarutkan 1 sendok makan air cuka ke dalam segelas air. Lalu gunakan untuk berkumur, atau bisa juga menggunakan kapas untuk ditempelkan ke bagian yang sakit.

Lidah Buaya

Obat sakit gigi alami - lidah buaya

Gel atau ekstrak lidah buaya ternyata tidak hanya mampu menyembuhkan luka bakar saja. Selain manfaat tersebut, ada manfaat lain yaitu sebagai obat sakit gigi alami.

Caranya Anda langsung saja mengoleskan gel lidah buaya ke gigi yang sakit dan dipijat perlahan untuk mengurangi rasa sakit. Karena lidah buaya memiliki efek anti bakteri alami yang mampu membunuh bakteri.

Thyme

Obat sakit gigi alami - Thyme

Thyme merupakan tumbuhan aromatik, biasanya tumbuhan ini dipakai untuk bahan makanan. Minyak dari ekstrak thyme ini mempunyai efek antiseptik dan anti jamur yang membantu meredakan rasa nyeri.

Cara menggunakannya yaitu dengan melarutkan minyak thyme ke dalam segelas air dan dijadikan sebagai obat kumur. Adapun cara lain yaitu dengan meneteskan minyak ke kapas kemudian diterapkan ke bagian gigi.

Merica

Obat sakit gigi alami - merica

Merica juga dapat menjadi obat sakit gigi alami. Hal ini dikarenakan merica memiliki sifat antibakteri, anti inflamasi, dan analgesik properti. 

Untuk pengaplikasiannya bisa dengan cara mencampur merica dan garam, lalu tuangkan sedikit air hingga berbentuk pasta, setelah itu oleskan. Setelah dioleskan tinggal tunggu sekitar 15 menit lalu kumur dengan air.

Lemon

Obat sakit gigi alami - Lemon

Lemon ternyata dapat menjadi obat sakit gigi yang alami. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif dalam mengatasi nyeri pada gigi berlubang.

Lemon kaya dengan antiseptik dan bakteri. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan memeras lemon langsung ke bagian nyeri dan bisa juga dengan mencampurkan perasan lemon ke kapas lalu terapkan ke gigi.

Tentunya beberapa bahan alami tidak selalu berhasil, perlu membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaatnya. Apabila sakit tidak kunjung membaik, sebaiknya tanyakan atau konsultasi saja ke dokter ahli.

Harus selalu diingat lebih baik mencegah dari pada mengobati. Menyikat gigi lah setiap hari untuk menjaga kesehatan, dibanding harus mengobati dengan obat sakit gigi alami.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts