Simak Yuk, Obat Sakit Gigi Berlubang Cepat Sembuh Terbaik

obat sakit gigi berlubang

Obat sakit gigi berlubang cepat sembuh banyak dicari masyarakat. Ini wajar mengingat sakit gigi sendiri merupakan penyakit yang sangat tidak nyaman. Ketika seseorang mengalami ini, seluruh bagian tubuh akan terkena efek. Bahkan, emosi seseorang akan menjadi tidak stabil.

Gangguan sedikit saja bisa mengakibatkan emosi tersebut meningkat. Terlebih lagi jika masalah ini dialami oleh wanita. Untuk itu, dibutuhkan obat sakit gigi berlubang yang memang terbukti efektif. 

Penyembuhan perlu dilakukan secara cepat agar kondisi tidak nyaman bisa segera diselesaikan. Namun pemilihan obat juga tidak boleh sembarangan. 

Perlu dilakukan pengobatan yang tidak memiliki efek samping. Jika nantinya efek samping buruk malah didapat, ini jelas akan merugikan Anda sebagai pengguna.

Obat Sakit Gigi Berlubang Cepat Sembuh

Terdapat banyak obat sakit gigi yang bisa dipilih ketika sedang mencarinya. Namun tidak semuanya terbukti efektif ketika digunakan. Hanya beberapa saja yang memiliki efektivitas tinggi. Daripada bingung, langsung saja berikut obat sakit gigi tersebut.

Garam

obat sakit gigi berlubang - garam

Obat sakit gigi berlubang cepat sembuh pertama adalah garam. Garam memang terkenal sebagai bahan yang kaya manfaat. Jika tidak suka mengkonsumsi garam secara langsung, rubah saja keberadaannya menjadi larutan. Caranya sendiri cukup mudah.

Pertama ambil satu sendok garam dan satu gelas air. Setelah itu campurkan keduanya dan aduk hingga merata. Jika sudah merata sepenuhnya, gunakan air tersebut untuk kumur-kumur. 

Pastikan proses kumur-kumur sudah mengenai seluruh bagian gigi terutama lokasi gigi berlubang. Di dalam garam sendiri terdapat sebuah kandungan yang bernama anti inflamasi. Dengan adanya anti inflamasi, penyembuhan gigi berlubang akan menjadi lebih cepat.

Selain itu, kandungan anti bakteri juga dimiliki. Adanya kandungan ini membuat bakteri yang dapat merusak gigi bisa menghilang.

Larutan garam ini sangat efektif untuk meredakan sakit gigi secara cepat. Oleh sebab itu, ini layak dipilih jika Anda adalah pribadi yang tidak mampu menahan sakit tersebut dalam waktu lama.

(Baca Juga: Berikut Obat Asam Urat Paling Manjur dan Efektif)

Bawang Merah

obat sakit gigi berlubang - Bawang merah

Obat sakit gigi berlubang cepat sembuh selanjutnya adalah bawang merah. Di dalam bawang merah terdapat sebuah kandungan bernama antimikroba.

Antimikroba bisa menghilangkan mikroba-mikroba yang ada di dalam gigi. Mikroba sendiri memang hal yang berpotensi menyebabkan gigi berlubang.

Oleh sebab itu, bawang merah berpotensi membuat penyebab sakit ini hilang. Dalam bawang merah juga terdapat antiseptik. Antiseptik ini memiliki kemampuan untuk mengendalikan nyeri. Secara otomatis, antiseptik akan membuat rasa nyeri tersebut reda.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan bawang merah sebagai obat. Cara termudah adalah dengan mengunyahnya langsung.

Namun jika tidak bisa, haluskan saja bawang merah terlebih dahulu. setelah halus, tempelkan bawang halus tersebut ke area gigi berlubang.

Bawang Putih

obat sakit gigi berlubang - bawang putih

Selain bawang merah, bawang putih juga bisa dipilih ketika mencari obat sakit gigi berlubang cepat sembuh. Cara menggunakannya juga sama dengan bawang merah.

Terdapat dua cara yang bisa dipilih yaitu mengunyahnya langsung atau menumbuknya hingga halus lalu menempelkannya di bagian gigi yang terdapat lubang.

Di dalam bawang putih juga terdapat antiseptik. Dengan adanya antiseptik, nyeri akibat gigi berlubang bisa mereda. Sebenarnya, antiseptik bukan hanya bermanfaat untuk sakit akibat gigi berlubang. Sakit akibat penyakit gigi lain juga bisa dibuat reda.

Bawang putih sebenarnya memiliki kemampuan juga untuk melepas allicin. Selain itu, kemampuan menghasilkan minyak alami juga dimiliki. Dengan adanya dua kemampuan tersebut, bakteri-bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dapat dihilangkan.

Es Batu

obat sakit gigi berlubang - Es batu

Penggunaan es batu juga bisa dijadikan pilihan terbaik ketika mencari obat sakit gigi berlubang cepat sembuh. Namun, pengobatan dengan es batu ini bukan dengan mengunyah es secara langsung.

Dibanding langsung mengunyahnya, melakukan kompres bisa dijadikan pilihan yang lebih baik. Cara itu sendiri relatif lebih mudah.

Ini sebenarnya merupakan sesuai yang berdasar. Es batu memiliki sifat dingin yang alami. Ketika rasa dingin mengenai gigi, keberadaannya akan membuat rasa nyeri pada syaraf mereda.

Namun penggunaan es batu ini tidak bisa dilakukan secara cepat. Minimal, lakukan kompres selama 15 menit. Ini bisa membuat rasa nyeri selama beberapa jam hilang. karena kondisinya yang aman, penggunaan es batu untuk meredakan sakit bisa dilakukan secara sering.

Minyak Cengkeh

obat sakit gigi berlubang - Minyak cengkeh

Obat sakit gigi berlubang cepat sembuh selanjutnya adalah minyak cengkeh. Popularitas minyak cengkeh untuk meredakan sakit gigi memang cukup tinggi.

Bahkan, ini sering dimasukkan ke dalam daftar obat tradisional paling efektif. Di dalam minyak cengkeh terdapat sebuah kandungan bernama eugenol.

Eugenol ini memiliki fungsi sebagai anestesi alami. Tentu adanya fungsi tersebut membuat rasa sakit pada area gigi bisa dihilangkan.

Cara penggunaannya sendiri terbilang mudah. Pertama ambillah kapas terlebih dahulu. setelah itu, gulung kapas tersebut dan tetesi minyak cengkeh ke dalamnya.

Jika sudah tertetesi dengan baik, tempelkan gulungan tersebut pada bagian gigi yang sakit. Teknik ini seratus persen aman dan tanpa efek samping.

Cuka Apel

obat sakit gigi berlubang - Cuka apel

Jangan lupakan keberadaan cuka apel. Namanya memang populer sebagai bahan makanan. Beberapa orang bahkan menyebutnya dengan sebutan cuka dapur.

Namun ini juga layak dipilih ketika mencari obat sakit gigi berlubang cepat sembuh. Di dalam cuka apel terdapat dua kandungan utama.

Dua kandungan tersebut antara lain antimikroba dan antibakteri. Sudah dijelaskan sebelumnya, kedua kandungan ini memiliki kemampuan untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Dengan itu proses penyembuhan akan menjadi semakin cepat. Penggunaannya bisa dilakukan melalui beberapa tahapan. Pertama larutkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Aduk hingga merata seluruhnya.

Selanjutnya gunakan campuran tersebut untuk melakukan kumur-kumur. Jika cara ini dirasa kurang nyaman, gunakan saja gulungan kapas seperti ketika menggunakan minyak cengkeh.

(Baca Juga: Simak Yuk, Deretan Obat Radang Tenggorokan yang Bisa Dibuat di Rumah)

Daun Jambu

obat sakit gigi berlubang - Daun jambu

Memiliki daun jambu ketika mencari obat sakit gigi berlubang cepat sembuh adalah pilihan tepat. Namun jangan asal memilih daun jambu.

Akan lebih tepat jika daun jambu yang dipilih adalah daun jambu terbaik. Jenisnya sendiri akan lebih baik jika yang dipilih adalah daun jambu batu.

Selain anti mikroba yang sudah banyak dijelaskan, daun jambu biji memiliki kandungan anti radang dan anti analgesik. Dengan adanya kedua kandungan tersebut, masalah pada gigi berlubang bisa diatasi dengan lebih cepat.

Bakteri penyebab nyeri akan hilang dan proses penyembuhan bisa dibuat lebih cepat. Penggunannya sendiri membutuhkan upaya lebih. Pertama tumbuh daun jambu biji hingga merata seluruhnya. 

Setelah ditumbuk, masukkan ke dalam air dan rebus hingga mendidih. Jika sudah mendidih seluruhnya, matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Gunakanlah air bekas rebusan tersebut untuk kumur-kumur.

Jahe

obat sakit gigi berlubang - Jahe

Jahe terkenal karena manfaatnya yang sangat banyak. Di antara banyaknya manfaat tersebut, salah satu hal yang bisa ditonjolkan adalah keberadaannya sebagai obat sakit gigi berlubang cepat sembuh.

DI dalam jahe terdapat sebuah kandungan bernama antibiotik. Nama antibiotik memang sudah terkenal. Zat ini bisa membunuh bakteri dan melakukan regenerasi sel sekaligus. Dengan itu, penyembuhan akan menjadi semakin cepat.

Penggunaannya sendiri bermacam-macam. Namun cara yang paling mudah adalah dengan melakukan penghalusan. Untuk melakukannya, pertama tumbuk jahe hingga halus seluruhnya. Jahenya sendiri tidak perlu terlalu banyak.

Satu siung jahe sudah cukup. Setelah ditumbukkan, ambil hasil tumbukannya lalu tempelkan ke bagian gigi berlubang. Diamkan beberapa saat lalu kumur-kumur hingga bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan proses tersebut setiap hari.

Acetaminophen

obat sakit gigi berlubang - Acetaminophen

Jika dari awal yang dibahas adalah obat sakit gigi berlubang cepat sembuh alami, obat selanjutnya yang dibahas adalah jenis apotek. Dengan itu, Anda tidak perlu meraciknya terlebih dahulu.

Namanya sendiri dikenal dengan sebutan acetaminophen. Beberapa orang sering menyebutnya dengan paracetamol.

Paracetamol sendiri termasuk ke dalam golongan NSAID. Dengan masuknya ke dalam golongan tersebut, kemampuan meredakan rasa nyeri jelas dimiliki.

Namun penggunaan acetaminophen tidak boleh dilakukan secara asal. Walaupun terbukti aman, bisa saja efek samping dirasakan apabila penggunaan tidak dilakukan secara hati-hati.

Ini jelas merupakan hal yang merugikan. Pastikan penggunaannya sesuai anjuran dan jangan mengkonsumsinya secara berlebihan.

Walaupun di atas terdapat sembilan jenis obat, Anda tidak perlu memilih semuanya. Pilihlah jenis yang dirasa paling mudah. Jika malas meraciknya sendiri, pilih saja nomor sembilan dimana Anda tinggal membelinya di apotek.

Tidak perlu takut kecewa dengan hasilnya. Pilihan yang diberikan di atas sudah terpercaya dan masuk ke dalam jajaran obat sakit gigi berlubang cepat sembuh terbaik.

Total
58
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts