Rekomendasi Obat Sakit Perut Alami yang Aman

Obat sakit perut alami sering dijadikan pilihan bagi mereka yang ingin sembuh dengan cara aman. Banyak di antara kita yang lebih memilih obat herbal atau alami agar terhindar dari bahan-bahan kimia, termasuk saat merasakan sakit perut.

Berbagai tumbuhan herbal, buah-buahan atau bahan masak ternyata memiliki khasiat yang dapat membantu menyembuhkan sakit perut. Bagi Anda yang ingin mengobati sakit perut dengan obat alami, maka simaklah ulasan berikut ini.

Inilah 10 Obat Sakit Perut Alami

Merasakan sakit perut tentunya membuat kita tidak nyaman dalam melakukan apapun, bahkan berdiam diri rasanya juga tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus segera mencari obat untuk menyembuhkan sakit perut tersebut.

Sebagian besar memilih bahan alami karena dirasa lebih aman untuk kesehatan, namun Anda juga perlu memeriksa kandungan dari obat alami tersebut. Tidak semua bahan alami bisa cocok dengan masalah kesehatan Anda jadi harus selektif juga.

Tidak perlu jauh-jauh mencari obat sakit perut alami karena Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan herbal yang ada di sekitar Anda, mulai dari jahe sampai pisang. Untuk mendapatkan obat yang aman, penting untuk mengenali setiap bahan.

1. Jahe

obat sakit perut alami - jahe

Sudah bukan rahasia lagi jika jahe menjadi salah satu bahan herbal yang mampu mengatasi berbagai kondisi kesehatan, mulai dari nyeri sendi sampai rasa mual. Bukan hanya berdasarkan mitos, tapi sudah banyak penelitian yang mendukungnya.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe memiliki kandungan yang mampu mengobati sakit perut secara alami dan efektif. Bahan kimia alami yang terkandung di dalamnya mampu mengendurkan otot-otot pada lapisan perut dan dinding usus. 

Umumnya, jahe digunakan untuk meringankan sakit perut kolik atau kram perut. Jahe bisa dikonsumsi melalui beberapa cara, seperti mengunyah jahe mentah secara langsung, membuat air seduhan jahe atau mengonsumsi suplemen berbahan jahe.

2. Daun Mint atau Peppermint

obat sakit perut alami - daun mint

Daun mint dikenal dengan kandungan mentolnya yang cukup kuat sehingga mampu dijadikan penyegar nafas mulut. Ternyata, kandungan mentol di dalam daun mint juga memiliki khasiat lainnya, yaitu berperan sebagai analgesik alami (pereda nyeri).

Obat sakit perut alami ini bisa dikonsumsi dalam berbagai cara, misalnya dengan menambahkan daun mint ke dalam teh panas, mengunyah peppermint secara langsung atau menambahkan daun mint pada resep masakan yang Anda buat.

Selain mengatasi sakit perut yang sedang Anda rasakan, kandungan di dalam daun mint juga akan meningkatkan nafsu makan Anda. Bahkan, rasa nyeri haid juga bisa diatasi dengan daun mint ini.

Jadi, jika Anda sedang merasakan sakit perut atau nyeri karena sedang mengalami haid maka daun mint bisa dijadikan solusinya. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Obat Sakit Gigi Berlubang Cepat Sembuh Terbaik)

3. Kayu Manis

obat sakit perut alami - kayu manis

Sebagian besar dari kita mungkin hanya mengenal kayu manis sebagai bahan di dapur. Tapi, kayu manis ternyata memiliki fungsi lain sebagai antioksidan, yaitu membantu melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kayu manis merupakan bahan dapur yang memiliki banyak kandungan antioksidan di dalamnya, antara lain Eugenol, Cinnamaldehyde, kamper dan Linalool. Zat ini mampu membantu mengurangi heartburn dan gangguan pencernaan.

Selain itu, masih ada nutrisi lain di dalamnya yang bertugas untuk mengurangi gas lambung, kram perut, perut kembung dan sendawa. Anda bisa mencampurkan kayu manis dengan air mendidih lalu meminumnya dua atau tiga kali dalam sehari.

4. Jus jeruk nipis atau lemon, soda kue dan air putih

obat sakit perut alami - jeruk nipis

Bahan-bahan seperti jeruk nipis atau lemon, soda kue dan air putih merupakan bahan yang mudah dijumpai. Anda bisa mencampurkan semua bahan tersebut sebagai obat sakit perut alami karena mampu membantu meredakan sakit perut.

Campuran tersebut mengandung asam karbonat yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan dan mengurangi gas lambung yang sering membuat sakit perut. Mobilitas usus dan sekresi hati juga dapat ditingkatkan dengan campuran ini.

Jeruk nipis atau lemon yang digunakan dalam campuran juga mengandung nutrisi lain yang membantu mencerna dan menyerap lemak maupun alkohol. Bukan hanya itu, perasan jeruk nipis dan lemon juga mampu menetralkan asam empedu.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan perasan jeruk nipis atau lemon 1 sdm, soda kue 1sdt dan 2,3 liter air. 

5. Cengkeh

obat sakit perut alami - cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki khasiat sebagai obat sakit perut alami. Zat yang terkandung di dalamnya mampu membantu meningkatkan sekresi lambung dan mengurangi gas yang ada di perut. 

Rutin mengkonsumsi cengkeh dapat mempercepat pencernaan yang lambat sehingga mampu mengatasi kram perut dan mengurangi tekanan. Bagi Anda yang merasa mual dan muntah, cengkih ini juga bisa dijadikan obat alami yang ampuh. 

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan 1 atau 2 sdt cengkeh bubuk dengan 1 sdt madu. Anda bisa mengonsumsinya sekali sehari sebelum tidur untuk mengurangi rasa sakit perut.

Namun, jika Anda ingin mengatasi mual dan heartburn, Anda bisa mencampurkan cengkeh ke dalam 250ml air mendidih. Minumlah satu atau dua kali dalam sehari secara perlahan. 

6. Jus Lidah Buaya

obat sakit perut alami - jus lidah buaya

Lidah buaya sering disebut sebagai tanaman sejuta khasiat karena memang ada banyak manfaat di dalamnya, termasuk untuk mengatasi sakit perut. Jus lidah buaya mampu mengurangi asam lambung berlebih hingga mengurangi peradangan.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa gejala penyakit refluks gastrointestinal (GERD) akan berkurang setelah orang meminum 10ml jus lidah buaya setiap hari selama 4 minggu sebagai obat sakit perut alami.

Selain mengurangi rasa sakit pada perut, Anda juga bisa mendapatkan manfaat lain dari jus lidah buaya, yaitu mengatasi heartburn, perut kembung dan sendawa, regurgitasi asam dan makanan hingga mengatasi mual dan muntah.

7. Air Kelapa

obat sakit perut alami - air kelapa

Kandungan kalium dan magnesium yang tinggi di dalam air kelapa menjadi alasan mengapa air kelapa mampu mengatasi sakit perut. Bukan hanya mengurangi rasa sakit, kandungan tersebut juga mampu mengatasi perut kram dan kejang otot. 

Bagi Anda yang merasa dehidrasi setelah beraktivitas seharian atau berolahraga, air kelapa menjadi minuman yang paling tepat dibanding kebanyakan minuman olahraga. Hal ini karena air kelapa rendah kalori, keasaman dan gula. 

Jika Anda merasakan gejala sakit perut, Anda bisa mengonsumsi 2 gelas air kelapa setiap 4 sampai 6 jam secara perlahan sebagai obat sakit perut alami. Lama-kelamaan, rasa sakit tersebut akan berkurang dan akhirnya hilang. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Jenis Obat Maag Alami yang Menyehatkan untuk Tubuh)

8. Pisang

obat sakit perut alami - pisang

Pisang menjadi salah satu pilihan buah dengan nutrisi yang melimpah dan memiliki banyak khasiat. Penelitian menyebutkan bahwa pisang mengandung folat, kalium, dan vitamin B6 yang cukup tinggi sehingga baik untuk meredakan kram perut. 

Selain itu, pisang juga dapat mengatasi kejang otot, nyeri pada perut, dan mengatasi diare. Anda bisa menambahkan pisang sebagai buah wajib setiap hari sehingga mampu mengurangi rasa sakit perut yang biasa Anda alami. 

Obat sakit perut alami ini bisa Anda jumpai dengan mudah, bahkan terdapat berbagai jenis pisang, mulai dari pisang raja hingga pisang ambon. Anda bisa langsung memakan buah pisang untuk mendapatkan khasiatnya.

9. Air Beras

obat sakit perut alami - air beras

Sebagian besar dari kita mungkin telah mengenal khasiat air beras untuk kecantikan. Tapi, siapa sangka jika air beras juga memiliki khasiat untuk meredakan rasa sakit pada perut dengan membentuk lapisan perut untuk mengurangi peradangan.

Sebelum menanak nasi, tentunya Anda harus mencuci beras terlebih dahulu agar bisa menghasilkan nasi yang pulen dan enak. Saat mencuci beras, jangan langsung membuang air beras tersebut karena air beras ini bisa digunakan sebagai obat.

Obat sakit perut alami ini bisa Anda tambahkan dengan bahan lain agar terasa lebih enak, seperti madu. Karena air beras ini diminum, maka gunakan air matang saat mencuci beras agar Anda bisa langsung meminumnya setelah dicampur madu.

10. Yogurt

obat sakit perut alami - yogurt

Bagi Anda yang suka mengonsumsi yoghurt pasti sudah merasakan khasiatnya untuk kesehatan sistem pencernaan. Yoghurt juga baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan adanya kandungan probiotik berkualitas di dalamnya. 

Bakteri alami dalam yoghurt berfungsi sebagai obat alami untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada perut. Sekarang ini, banyak produk yoghurt yang bisa Anda jumpai di pasaran jadi Anda bisa memilih sendiri produk yoghurt yang tepat. 

Cara mengkonsumsi yoghurt juga perlu diperhatikan agar kita bisa mendapatkan khasiatnya. Meski banyak rasa yoghurt, akan lebih baik jika Anda memilih yoghurt polos tanpa tambahan gula, namun Anda juga bisa menambahkan sedikit gula.

Sebelum memilih obat herbal untuk menyembuhkah sakit perut, pastikan Anda mengetahui kandungan dan cara memakainya dengan tepat. Apabila obat sakit perut alami tidak memberikan hasil, maka wajib bagi Anda untuk memeriksakan diri.

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts