Olahraga Untuk Lansia Yang Aman Dan Anti Cidera

Olahraga Untuk Lansia Yang Aman Dan Anti Cidera
Olahraga Untuk Lansia Yang Aman Dan Anti Cidera

Olahraga untuk lansia memang baik guna untuk menjaga tubuhnya agar tetap bugar dan sehat tentunya. Selain itu, olahraga juga berfungsi menjaga tubuh agar tetap sehat serta kuat. Karena kegiatan ini tidak mengenal usia juga kalangan.

Baca Juga: 7 Makanan yang Mengandung Protein Bagi Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga kebugaran semua orang dianjurkan untuk berolahraga apalagi di saat masa pendemi saat ini. Olahraga untuk seorang lansia dilakukan dengan aman, tentu saja tujuannya agar tubuh tidak kaku saja. Sehingga disarankan memiliki olahraga tidak ekstrim serta santai saja.

Tetapi masih banyak lansia malas berolahraga dengan alasan sudah. Mindset seperti harus diganti, karena olahraga dapat mencegah Anda mengidap penyakit karena dapat meningkatkan daya stamina tubuh walaupun tubuh sudah tua.

Olahraga untuk Lansia Sangat Penting

Latihan fisik ini bisa bermanfaat lansia namun sering tidak disadari, sehingga banyak lansia yang menghabiskan waktunya dengan duduk santai serta berbaring. Kurang bergerak apalagi kurang tertarik untuk berolahraga dapat meningkatkan risiko hadirnya berbagai macam masalah kesehatan.

Anda tentunya tidak ingin menikmati masa pensiun dengan banyak mengidap penyakit akibat kurang gerak. Sehingga disarankan menjaga intensitas olahraga untuk lansia agar badan selalu digerakan akan terlihat lebih sehat bugar.

Para orang tua juga harus mengetahui manfaat lainnya dari berolahraga yaitu memperkuat otot serta sendi. Karena saat berolahraga semua sendi juga otot akan terangsang buat bekerja dan dapat meningkatkan kekuatannya.

Melancarkan peredaran darah juga menjadi salah satu alasan mengapa orang lanjut usia harus rajin bekerja. Mengurangi risiko mengidap penyakit seperti jantung, stroke, juga diabetes. Menjaga kesehatan dan fungsi otak dapat sekaligus menurunkan risiko gangguan otak atau demensia (pikun).

Tidak hanya itu saja, lansia yang rajin berolahraga bahkan sejak masa mudanya energinya akan tetap terpenuhi. Sehingga akan membuatnya lebih produktif juga dapat hidup lebih mandiri berbeda dengan lansia yang malas berolahraga.

Olahraga untuk lansia yang dipilih juga tidak dianjurkan melakukan kegiatan fisik yang cukup melelahkan. Tujuan seseorang pada usia lanjut berolahraga hanyalah agar tubuhnya tidak kaku dan lemas sehingga dapat meningkatkan stamina tubuh agar tidak mudah lelah juga sakit.

Contoh olahraga yang bisa dijalani adalah berjalan santai, lari kecil, bersepeda, berdansa, yoga, senam taichi dan lainnya.

Gerakan Olahraga untuk Lansia Aman dan Anti Cidera

Gerakan Olahraga untuk Lansia Aman dan Anti Cidera
Gerakan Olahraga untuk Lansia Aman dan Anti Cidera

Sangat disarankan menghindari olahraga berat atau workout terlalu keras buat para lansia. Selain kekuatan tulangnya yang memang sudah menurun, staminanya juga pasti sudah tidak kuat untuk mengimbanginya.

Sehingga pilihlah olahraga yang santai tetapi tetap berkualitas serta dapat mengeluarkan kalori yang cukup. Berikut ini adalah contoh – contoh gerakan olahraga untuk lansia yang aman dan anti cidera.

  • Latihan Keseimbangan

Tubuh pada usia lanjut biasanya mengalami penurunan keseimbangan sehingga rawan terjatuh serta cedera. Untuk menghindarinya, Anda harus sering melakukan latihan keseimbangan buat menjaga agar tubuh tidak cedera akibat terjatuh.

Latihan yang sering dilakukan adalah berdiri dengan satu kaki saja selama beberapa detik, lakukan gerakan ini secara berulang minimal 10 kali. Selain itu latihan lainnya bisa dengan berjalan jinjit.

  • Yoga

Olahraga untuk lansia adalah fokus latihan yoga biasanya terletak di fokus pikiran dan pernapasan. Saat melakukan pose-pose pada yoga, selain melatih fisik juga dapat berpengaruh juga pada kesehatan mental. Sehingga Yoga juga banyak dilakukan banyak orang buat meredakan stres serta depresi.

  • Berenang

Olahraga untuk seorang lansia selanjutnya berenang merupakan salah satu latihan fisik terbaik bagi usia lanjut. Jika dilakukan secara rutin dapat meningkatkan otot dan sendi lebih kuat. Selain itu berenang juga dapat melancarkan aliran darah serta menjaga kesehatan jantung, otak dan paru-paru.

  • Berdansa

Gerakan-gerakan dansa atau menari sambil diiringi lagu favorit merupakan salah satu olahraga untuk lansia sangat direkomendasikan karena tidak akan membuat stres. Bahkan kegiatan ini dapat meredam stres serta depresi Anda. Kegiatan menyenangkan ini juga bermanfaat menjaga keseimbang serta kebugaran tubuh.

  • Bersepeda

Banyak sekali manfaat dari olahraga satu ini salah satunya berguna dilakukan oleh sia-sia. Manfaatnya dapat meningkatkan kekuatan tulang sendi pada tubuh serta menjaga jantung tetap sehat.

Namun hati-hati cidera, buat mencegahnya disarankan untuk orang usia lanjut memakai perlengkapan perlindungan seperti helm, pelindung siku dan lutut.

  • Berjalan

Aktivitas fisik sederhana yang dapat dilakukan oleh semua orang, walaupun sederhana berjalan santai memiliki segudang manfaat yang akan didapatkan. Manfaatnya adalah membakar kalori serta menjaga jantung tetap sehat.

Senam Taichi, Senam yang bermanfaat untuk Lansia

Senam Taichi, Senam yang bermanfaat untuk Lansia
Senam Taichi, Senam yang bermanfaat untuk Lansia

Senam ini banyak dipilih oleh para lansianya sebagai olahraga untuk lansia. Senam Tai Chi sendiri adalah gabungan dari seni dan olahraga kebugaran. Dapat melatih keseimbangan tubuh juga pikiran.

Gerakan-gerakannya terinspirasi dari air yang tenang sehingga jika diperhatikan gerakan-gerakan pada senam tai chi terlihat seperti aliran air. Sehingga orang-orang yang memulai berlatih ini dapat dengan perlahan merasakan ketenangan, kedamaian serta rileks seperti meditasi.

Fokus dari latihan ini adalah menjaga keseimbangan, konsentrasi, mengatur pernapasan, juga menyatukan irama tubuhnya dengan aliran air. Orang yang berlatih senam ini diharapkan dapat membangkitkan energi terpendam dalam dirinya dikenal dengan istilah qi.

Berikut ini manfaat lainnya yang didapatkan jika melakukan senam taichi sebagai olahraga untuk lansia yang kami rekomendasikan.

  • Meredakan Stress Serta Depresi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya Tai Chi gerakan-gerakannya seperti aliran air yang tenang. Latihan ini membantu meningkatkan kesadaran, kesabaran, dan pengendalian diri sendiri.

Terlebih lagi saat berlatihnya dilakukan pada tempat terbuka seperti taman juga pantai. Yang akan dirasakan adalah rileks, tenang, dan lebih terhubung dengan alam. Berguna untuk meredakan stres serta depresi serta memulihkan kesehatan mental lainnya.

  • Memperkuat Otot

Tai chi sebenarnya berasal dari seni bela diri asia mengharuskan Anda menopang anggota tubuh dengan sangat kuat. Hampir mirip seperti yoga, meskipun gerakannya lambat dan tenang tetapi Anda diharuskan untuk menahan pose-pose tersebut tanpa bantuan apapun dengan waktu cukup lama.

Hal tersebut dapat membantu melatih otot bekerja, biasanya otot yang banyak bekerja adalah bagian atas dan bawah. Untuk para lansia, latihan ini bisa disesuaikan untuk intensitas dan waktu bertahan untuk setiap pose.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Tai Chi ini mengutamakan latihan pernapasan yang berguna untuk meredakan stress dan menurunkan tekanan darah. Gerakannya dinamis seperti berjongkok, bungkuk, dan menendang sama dengan olahraga jalan kaki.

Sehingga membuat jantung serta pembuluh darah terasa semakin kuat dan sehat. Hasil akan semakin baik jika Anda rutin melakukan latihan.

  • Melatih Kelenturan Tubuh

Pose-pose dalam senam Tai Chi membutuhkan koordinasi, kekuatan juga keluwesan. Sehingga dengan berlatih secara rutin akan meningkatkan kelenturan tubuh. Selain itu senam ini juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh seseorang.

Untuk Anda yang memiliki masalah dalam kondisi tubuh, badan kaku atau lansia dapat melakukan Senam Tai Chi secara berkala.

Berolahraga dapat Meningkatkan Hormon Bahagia Bagi Lansia

Dengan berolahraga, lansia akan merasakan kebahagiaan karena saat seseorang berolahraga hormon endorfin akan muncul. Hormon endorfin ini yang dapat menyebabkan seseorang lebih bersemangat dan bahagia.

Endorfin ini menimbulkan efek positif pada tubuh, bahkan dapat disamakan dengan morfin. Euforia yang timbul ini biasanya terjadi saat setelah olahraga intens dilakukan. Membuat Anda akan lebih berenergi.

Efek inilah yang membuat olahraga disebut obat antidepresan, cocok untuk dilakukan oleh orang-orang yang sedang mengalami depresi serta gangguan kecemasan. Termasuk juga pada lansia, pada usia lanjut orang-orang cenderung sering mengalami depresi.

Alasannya karena bermacam-macam seperti masalah kesehatan, kesepian dan merasa terisolasi karena lingkaran sosial cenderung semakin kecil akibat rekan-rekan sejawat banyak yang sudah berpulang atau pindah ke tempat lain.

Salah satu penanganan yang biasa dilakukan adalah tetap terhubung dengan dunia luar seperti anak, teman, tetangga dan lainnya. Memelihara hewan juga bisa membantu mengurangi rasa kesepian.

Hewan peliharaan juga bisa menjadi teman olahraga yang baik dan membantu Anda untuk bertemu orang baru yang juga menyukai hewan peliharaan juga. Cara terakhir adalah berolahraga dengan komunitas lansia lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Olahraga untuk Diet Rumah yang Cocok untuk Anda!

Selain dapat meningkatkan hormon endorfin atau hormon kebahagiaan, lansia juga bisa mendapatkan teman ngobrol baru dan tidak merasakan kesepian. Olahraga untuk lansia sangat penting dilakukan untuk membantunya hidup lebih sehat dan menghindari stres.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts