Ketahui 10 Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular Berbisa

Korban Gigitan Ular

Dalam momen kritis ini, mengetahui langkah-langkah pertolongan pertama pada korban gigitan ular bisa sangat membantu untuk bisa menyelamatkan nyawa seseorang. Kalian bisa mengendalikan emosi dengan sikap tenang sekaligus pengetahuan menjadi kunci yang sangat penting.

Baca Juga : Mengenal Asam Lambung, Penyebab Serta Cara Mengatasinya

Luka karena gigitan dari hewan reptil berbisa ini bukanlah kejadian bisa kalian prediksi dari awal. Tetapi pengetahuan tentang tindakan-tindakan pertolongan agar dapat menyelamatkan korban adalah pengetahuan yang paling berharga.

Kita akan membahas lengkap tentang serangan reptil melata dan berbisa dan berbahaya sekaligus melakukan langkah-langkah pertolongan terhadap korban yang terkena gigitan dari ular.

Pentingnya Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular

Korban Gigitan Ular

Pengetahuan tentang tindakan terhadap korban dari serangan reptil melata satu ini sangat penting, karena peristiwa ini dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa peringatan. Dengan pengetahuan tentang tindakan pertama, kalian dapat mengetahui perbedaan antara keselamatan dan komplikasi serius.

Apalagi mengetahui cara pertolongan pertama pada korban gigitan ular dapat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Salah satu risiko utama seseorang terkena gigitan orang adalah risiko infeksi.

Luka ini sering sekali mengenai kulit sehingga akan menyebabkan luka terbuka. Dengan penanganan yang tepat, seperti membersihkan luka dan mengaplikasikan antiseptik dapat meminimalisasi risiko infeksi.

Jika luka tersebut menyebabkan pendarahan, kalian bisa memblokir pendarahan dengan menggunakan penekanan ringan atau perban untuk menghentikan pendarahan. Langkah ini sangat penting agar bisa mencegah kehilangan darah begitu signifikan.

Yang paling penting, kalian mencoba untuk menenangkan korban. Terkena serangan hewan melata, tentu sangat menyakitkan dan menimbulkan traumatik, korban tidak boleh terlalu panik. Kalian bisa mencoba menenangkan sebagai pertolongan pertama pada korban gigitan ular.

Masih banyak lagi manfaat yang akan kalian dapatkan dengan mengetahui langkah-langkah memberikan tindakan  terhadap seseorang terkena gigitan hewan.

Semua orang harus memiliki pemahaman tersebut, tidak hanya untuk merespon situasi darurat saja tetapi juga tentang pencegahan cedera serius dan penanganan tepat saat terjadi hal tersebut.

10 Pertolongan Pertama pada Korban Gigitan Ular yang Bisa Dilakukan

Korban Gigitan Ular

Gigitan yang berasal dari ular merupakan kejadian sangat mengkhawatirkan dan memerlukan tindakan yang cepat. Meskipun spesies menggigit bervariasi, beberapa langkah tindakan pertama ini dapat kalian lakukan untuk menyelamatkan nyawa korban.

Jauhkan Korban dari Ular

Langkah pertama yang harus kalian ambil adalah jauhkan korban dari ular yang telah mengigitnya. Kalian bisa memindahkan korban ke tempat yang lebih aman dan hindari area yang memungkinkan jadi tempat persembunyian ular seperti di bawah batu atau kayu.

Selain itu, Kalian bisa mengingat-ingat bagaimana bentuk ularnya sehingga akan membantu dokter merekomendasikan obat yang tepat agar racunnya dapat segera teratasi.

Tetap Tenang dan Mulai Mengidentifikasi Gigitan

Gigitan bisa sangat menakutkan, tetapi yang paling penting adalah tetap tenang dan jangan panik. Panik dapat meningkatkan denyut jantung serta mempercepat penyebaran racun di dalam tubuh.

pertolongan pertama pada korban gigitan ular bisa kalian lakukan mencoba menandai lokasi lukanya, sehingga membantu petugas medis dalam menentukan jenis spesies menggigit serta memberikan pengobatan tepat.

Bersihkan Area Luka 

Sebelum petugas medis datang, kalian juga bisa membersihkan area gigitannya dengan sabun serta air. Ini merupakan langkah sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi.

Hindari menggosok area tersebut untuk menghindari kerusakan jaringan, jadi kalian bisa membersihkannya secara perlahan-lahan karena terpenting adalah menjaga kebersihan.

Tutupi Gigitan dengan Menggunakan Perban Bersih

Setelah kalian melakukan pertolongan pertama pada korban gigitan ular dengan membersihkan menggunakan sabun secara perlahan-lahan, kalian menutupi area gigitannya menggunakan perban bersih. 

Lilitkan perban atau kasa pembalut yang bersih dan kering untuk menutupi bekas gigitan dan jangan menyisakan celah sedikitpun. Jangan lupa untuk menandai lokasi gigitan menggunakan pulpen atau benda sejenisnya.

Meminimalkan Gerakan

Beri tahu korban yang telah mendapatkan gigitan untuk tidak banyak melakukan pergerakan sehingga racunnya tidak cepat menyebar ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, orang yang telah digigit harus ditenangkan agar tidak panik.

Jika memungkinkan baringkan korban dalam posisi menyamping untuk memperlambat penyebaran racunnya di dalam tubuh sambil menunggu bantuan dari tenaga kesehatan.

Istirahatkan Anggota Tubuh yang Telah Tergigit

Pertolongan pertama pada korban gigitan ular selanjutnya usahakan agar korban istirahat dalam posisi nyaman dan hindari pergerakan yang berlebihan. Pertolongan pertama gigitan pada korban serangan ini membantu mengurangi peredaran racun ke jantung serta organ penting lainnya.

Jangan Mengikat Terlalu Erat

Sebaiknya hindari mengikat terlalu kencang pada area tubuh tertentu, hindari pula penggunaan tourniquet. Karena jaringan tubuh bisa mati ketika area tubuh terikat terlalu kuat. Tindakan ini akan menghentikan aliran darah pada tubuh sehingga sangat berisiko.

Tinggikan Anggota Tubuh yang Tergigit

Meninggikan anggota tubuh terkena serangan jika memang memungkinkan, kalian dapat membantu memperlambat peredaran racun. 

Kalian bisa membantu memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan ular dengan cara memposisikan anggota tubuh berada di atas tingkat jantung korban. Cara ini bisa membantu mengurangi peredaran racun ke bagian tubuh lebih tinggi.

Melepaskan Seluruh Benda di Sekitar Luka

Lepaskan semua benda seperti perhiasan, jam tangan atau pakaian yang berada di sekitar luka gigitannya. Racun ular ini akan menyebabkan pembengkakan sehingga jangan biarkan benda menempel pada lokasi sekitar luka.

Langkah ini akan sangat membantu petugas kesehatan melakukan pertolongan pertama pada korban gigitan ular sehingga bisa segera tertolong.

Segera Mencari Pertolongan Medis

Langkah paling penting dalam memberikan tindakan adalah mencari pertolongan medis. Dokter akan memberikan anti-venom sebagai obat menetralkan racun di dalam tubuh.

Anti-venom harus diberikan sesegera mungkin untuk bisa mencegah komplikasi serius pada tubuh dan dapat membahayakan nyawa jika tidak cepat medis tangani dengan baik.

Penting untuk kalian ingat bahwa waktu sangat berharga dalam kasus ini, dan penanganan medis profesional adalah kunci utama memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan ular.

Cara Mencegah Terkena Gigitan dari Ular Berbisa yang Berbahaya

Korban Gigitan Ular

Sebelum melakukan pertolongan terhadap korban dari gigitan ular, melakukan pencegahan adalah langkah cukup penting, terutama jika kalian tinggal atau bekerja di daerah yang memiliki populasi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah terjadinya serangan.

Ketahui Lingkungan 

Pelajari jenis-jenis ular yang ada di daerah kalian tinggal, mengetahui jenis-jenis spesies bisa membantu mengidentifikasi jenis berpotensi berbahaya. Spesies berbahaya biasa kalian temui di Indonesia antara lain Cobra, King Cobra, Russell’s Viper, Pucuk laba-laba, ular laut dan masih banyak lagi. 

Menghindari Tempat yang Mungkin Menjadi Sarang

Daripada harus melakukan pertolongan pertama pada korban gigitan ular lebih baik melakukan pencegahan dengan cara menghindari berjalan pada sekitar semak-semak tebal, karena biasanya ini menjadi sarang yang nyaman bagi para ular berkembang biak. 

Selain itu ada beberapa tempat biasanya menjadi sarang seperti tumpukan batu, kayu bakar dan masih banyak lagi.

Mengenakan Pakaian yang Tepat untuk Perlindungan

Saat sedang berada di luar ruangan, kalian mengenakan pakaian yang dapat melindungi tubuh seperti sepatu bot, kaos kaki tebal dan celana panjang. Semua item ini akan memberikan perlindungan terutama pada bagian kaki dan kaki bawah.

Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah dan Kantor

Daripada memberikan pertolongan pertama pada korban gigitan ular, kalian bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan lingkungan. Terutama jika kalian tinggal pada rumah atau tempat kerja yang sering sekali menjadi tempat singgah.

Karena habitatnya yang sudah berubah, ular sering sekali mencari makanan atau tempat berlindung di rumah atau tempat kerja. Pastikan kalian membersihkan dan bebas sampah atau sumber daya makanan bagi tikus dan hewan-hewan buruan hewan reptil ini.

Menggunakan Sarana Perlindungan saat Sedang Berkemah

Saat melakukan kegiatan berkemah, kalian bisa menggunakan tenda tertutup rapat dan tidur pada tempat yang menggantung seperti hammock agar menghindari kontak dengan ulang di tanah.

Mewaspadai Musim dan Aktivitas

Ketahuilah musik atau waktu tertentu saat aktivitasnya meningkat. Seperti saat musim panas yang hangat, kalian bisa lebih berhati-hati saat melakukan kegiatan di daerah terbuka selama periode tersebut.

Baca Juga : Pertolongan Pertama pada Kasus Patah Tulang, Wajib Tahu

Selalu ingat bahwa pencegahan adalah kunci untuk menghindari serangan ular. Namun jika memang sudah terkena, kalian bisa melakukan pertolongan pertama pada korban gigitan ular dan segera memanggil petugas medis untuk menyelamatkan nyawanya.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts