Rasakan Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan sudah semakin populer bagi masyarakat Indonesia yang lebih menyukai pengobatan tradisional atau herbal dibandingkan dengan pengobatan lainnya. 

Pengobatan tradisional juga digunakan untuk menjadi langkah awal saat gejala suatu penyakit mulai muncul. Anda pasti tahu bahwa negara Indonesia kaya akan tumbuhan yang kemudian dijadikan sebagai bahan untuk minuman herbal. 

Indonesia bahkan memiliki banyak tumbuhan yang tidak dimiliki oleh negara lain, sehingga harus dilakukan pengiriman ke negara lain tersebut untuk mendapatkannya dan membuat harga dari barang tersebut mahal. 

Bahkan tidak hanya tumbuhan, buah yang ada di Indonesia juga termasuk unik seperti buah sirsak. Buah satu ini memiliki rasa yang unik bahkan cara makannya juga sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jenis buah lainnya karena tekstur dari buah ini juga menarik. 

Buah sirsak memiliki kandungan baik untuk tubuh manusia. Daun dari buah sirsak juga ternyata memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh manusia baik dari luar maupun dalam. 

Tentu manfaat daun sirsak untuk kesehatan akan lebih manjur jika dikonsumsi dengan sesuai anjuran karena jika terlalu berlebihan juga dapat memberikan dampak kurang baik bagi tubuh. 

Mengenali Daun Sirsak dan Kandungannya

 manfaat daun sirsak - daun sirsak

Sebelum masuk pada berbagai manfaat yang ditawarkan daun sirsak bagi manusia, maka ada baiknya untuk mengenali bagaimana daun sirsak serta kandungannya. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa buah sirsak sendiri memiliki kandungan gizi baik mikro maupun makro. 

Seperti protein, vitamin C, kalium, dan lain sebagainya. Lantas serupa dengan buahnya, maka kandungan dalam daun sirsak juga tidak jauh berbeda yaitu ketiga jenis vitamin A, B, dan C. 

Ada juga fruktosa dan protein, adanya senyawa fitokimia, folat atau disebut vitamin B9, jenis mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, zat besi, dan tembaga. 

Senyawa fitokimia mungkin masih terdengar sedikit asing di telinga Anda karena mungkin sedikit buah yang memilikinya. Namun senyawa fitokimia yang terdapat pada daun sirsak memiliki peran sebagai antioksidan. 

Ini berguna untuk melawan radikal bebas pada tubuh manusia, dimana radikal bebas tersebut merusak sel-sel dalam kulit. Besarnya manfaat daun sirsak untuk kesehatan didukung oleh antioksidan yang didapatkan dari senyawa fitokimia tersebut. 

Jika antioksidan dalam tubuh cukup baik maka akan melindungi sel-sel dan bisa membantu untuk mengurangi kemungkinan munculnya penyakit-penyakit berat serta kronis yang sering terjadi pada manusia. 

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Bagian Luar

Sebagian besar manusia menyukai tampilan luar yang baik, bagus, dan elok karena ini akan langsung dilihat oleh lawan bicara atau orang lain. Dengan begitu kulit atau tubuh bagian luar yang tampak tersebut harus dijaga dengan sangat baik. 

Agar tidak mengalami masalah seperti penuaan, masalah pada rambut, dan masalah luar lainnya. Tahukah Anda, bahwa daun sirsak mampu mengobati berbagai masalah tersebut. 

Karena adanya kandungan di atas yang berperan serta berfungsi baik di dalam tubuh. Di bawah ini adalah manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh bagian luar yang jarang sekali orang ketahui. 

Masalah Rambut 

manfaat daun sirsak - rambut

Manusia sering mengalami masalah rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut bercabang, rambut kasar, atau bahkan beruban. Anda bisa mengatasi masalah rambut ini dengan menggunakan pasta dari daun sirsak atau juga bisa dengan membilas rambut dengan air rebusan daun sirsak saat Anda ingin mencuci rambut Anda. 

(Baca Juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh)

Menghilangkan Kutu di Kepala 

manfaat daun sirsak - rambut

Kebanyakan masalah di bagian kepala adalah kulit yang kering atau rambut rontok, akan tetapi masalah kutu kepala menjadi masalah berat bagi manusia. Jika Anda mengalami masalah ini. 

Maka tidak perlu bingung mencari pengobatannya karena bisa dengan menggunakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan. Anda bisa membuat obat untuk menghilangkan kutu kepala dengan mengolah daun sirsak menjadi berbentuk seperti pasta. 

Anda bisa mengoleskan pasta daun sirsak tersebut ke kulit kepala, atau juga bisa hanya dengan membilas rambut menggunakan teh daun sirsak yang sudah dibuat. 

Mengobati Bisul 

manfaat daun sirsak -bisul

Masalah lain pada kulit manusia yaitu munculnya benjolan bisul yang akan terasa sangat nyeri jika disentuh. Anda bisa mengobatinya dengan daun sirsak yang bisa dilakukan dua cara yaitu menempelkan secara langsung daun sirsak atau dengan meminum ramuan daun sirsak. 

Sebagai Anti Penuaan

manfaat daun sirsak - keriput

Adanya kandungan vitamin C pada daun sirsak ternyata membuat manfaat daun sirsak untuk kesehatan semakin banyak. Radikal bebas yang masuk ke dalam kulit menjadi penyebab dari penuaan kulit. 

Maka dari itu Anda perlu mengkonsumsi daun sirsak sebagai minuman herbal karena dapat berperan sebagai anti Penuaan. 

Manfaat Daun Sirsak untuk Tubuh Bagian Dalam

Tidak hanya bisa mengobati masalah tubuh dari bagian luar, ternyata daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit bagian dalam seperti kanker. Kemunculan penyakit kanker sama sekali tidak diinginkan oleh manusia. 

Bahkan penyembuhannya juga termasuk sulit menurut para tenaga medis. Akan tetapi, sekarang Anda bisa mencoba merasakan manfaat daun sirsak untuk kesehatan untuk mengobati beberapa jenis kanker pada manusia seperti kanker payudara, kanker prostat. 

Anda akan sangat kagum jika mendengar fakta bahwa daun sirsak ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh dibandingkan perawatan lainnya. 

Beberapa kali sudah dicoba diberikan minuman daun sirsak kepada para pasien yang sudah mengalami kemoterapi untuk mengurangi rasa sakitnya. Akan tetapi untuk pasien kemoterapi tidak boleh diberikan sembarangan atau harus dengan anjuran dari dokter. 

Agar tetap bisa mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuhnya. Daun sirsak juga mampu mengobati masalah anemia yang berarti sel darah merah tubuh orang tersebut dalam jumlah rendah. 

Kandungan yang berperan dalam penyembuhan anemia tersebut adalah tingginya zat besi di dalam daun sirsak dengan mengkonsumsinya setiap hari sesuai takarannya. 

Jika Anda memiliki masalah hipertensi maka Anda tidak boleh menyepelekan penyakit tersebut, karena ia dapat memicu penyakit lain muncul ke permukaan. 

Maka dari itu, Anda harus segera mencari cara untuk dapat mengontrol masalah hipertensi dalam tubuh Anda setiap harinya agar tidak membahayakan tubuh Anda. Anda bisa percayakan pada ramuan atau sekedar rebusan daun sirsak yang memiliki segudang manfaat tersebut. 

Masalah yang paling sering muncul akibat hipertensi adalah masalah jantung dan dengan manfaat daun sirsak untuk kesehatan mampu mengurangi tekanan darah tinggi agar bisa kembali ke normal dengan alami. 

(Baca Juga: Berbagai Manfaat Cuka Apel dan Cara Penggunaannya)

Cara Konsumsi Daun Sirsak untuk Minuman Herbal 

Minuman herbal dari daun sirsak memang sangat mudah untuk dibuat karena seringkali tidak membutuhkan banyak komponen atau bahan pendukung. Seringkali daun sirsak hanya dibuat dengan tambahan air seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Siapkan secukupnya daun sirsak sesuai kebutuhan. Anda bisa menggunakan 10 lembar daun sirsak. Sebagian obat membutuhkan daun sirsak yang muda, namun sebagian lagi membutuhkan daun agak tua. Cuci bersih semua daun sebelum diolah. 

Siapkan 3 gelas air untuk merebus daun sirsak dan biarkan hingga air hanya tersisa ½ bagian saja. 

Anda bisa minum air rebusan tersebut dalam keadaan hangat atau dingin sesuai dengan selera Anda. 

Konsumsi minuman herbal ini secara rutin setiap pagi untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang lebih baik dan cepat. 

Kebanyakan cara ini digunakan untuk semua jenis pengobatan bagi masalah kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi tidak jarang juga orang mengolah daun sirsak menjadi teh, jika ingin membuatnya menjadi teh. 

Maka Anda perlu mengeringkan beberapa lembar daun sirsak tersebut sebelum mengolahnya. Sebagian orang yang mengonsumsi minuman tersebut akan merasakan adanya rasa pahit berlebihan sehingga kurang disukai. 

Namun untuk mengurangi rasa pahit tersebut, maka Anda bisa menambahkan madu untuk menjadi penawarnya tapi harus dengan takaran yang tepat agar tidak membuat rasa manis lebih dominan. 

Seperti yang sudah sedikit disinggung di beberapa paragraf diatas, maka ada penyesuaian takaran dan waktu meminum ramuan ini. Karena jika dikonsumsi secara terus menerus secara berulang-ulang dalam jangka waktu yang cukup panjang. 

Dapat membuat masalah baru bagi kesehatan tubuh seperti gangguan ginjal. Untuk lebih menjaga keamanan kesehatan Anda, maka ada baiknya untuk mengkonsultasikan konsumsi minuman tersebut ke dokter agar manfaat daun sirsak untuk kesehatan tubuh Anda. 

Total
21
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts