Simak Yuk, Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Berpuasa di tengah keadaan pandemi bukanlah hal yang mudah. Ketika semua hal serba terbatas, namun ibadah tetap harus dijalankan dengan maksimal. Salah satu hal yang bisa dilakukan ketika berpuasa di tengah kondisi yang seperti ini adalah menjaga kesehatan. Meskipun keadaan sudah menjadi new normal dan sebagian orang sudah kembali bekerja secara efektif, namun masalah kesehatan ketika berpuasa tidak boleh dianggap remeh. 

Tubuh banyak mengalami perubahan ketika berpuasa seperti pola makan, pola tidur, dan juga aktivitas sehari-hari. Perubahan ini bisa membuat stamina menjadi menurun dan membuat anda tidak kuat berpuasa terlebih disaat pandemi seperti ini. Berbicara masalah puasa dan kesehatan, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan saat puasa. 

Berikut Adalah Tips Menjaga Kesehatan Saat Puasa

Istirahat yang cukup

tips menjaga kesehatan saat puasa - istirahat yang cukup

Pola tidur selama bulan puasa akan banyak berubah. Anda harus bangun lebih awal untuk makan sahur dan setelah sahur juga tidak dianjurkan untuk tidur kembali. Perubahan pola tidur ini membuat badan menjadi lemas dan tidak bertenaga. Kesalahan terbesar ketika bulan puasa adalah tidak istirahat dengan cukup. Anda harus tidur lebih awal karena nantinya juga harus bangun lebih awal.

Pastikan jam tidur tetap 6-8 jam agar tubuh bisa tetap fit dan tidak mudah lelah. Hindari begadang untuk hal yang tidak terlalu penting dan segeralah tidur setelah shalat tarawih. Tidur yang cukup sangat penting tidak hanya untuk kesehatan fisik namun juga mengurangi stress. Bila tubuh kurang tidur yang cukup, kinerja otak akan terganggu  dan menghambat aktivitas anda. 

(Baca Juga: Cara Menahan Haus Saat Puasa untuk Mencegah Haus Berlebih)

Jangan lewatkan sahur

tips menjaga kesehatan saat puasa - jangan lewatkan sahur

Sahur adalah bagian paling penting dari puasa. Makan sahur memberikan nutrisi untuk tubuh agar tetap fit dan sehat selama berpuasa. Ini adalah tips menjaga kesehatan ketika puasa yang paling sederhana. Pastikan menu makan sahur sarat nutrisi seperti karbohidrat. protein, serat, dan juga air. Anda juga bisa menambahkan sayuran dan buah-buahan untuk memberikan nutrisi yang lebih banyak saat puasa. Bila memungkinkan, makan sahur diakhir waktu. 

Tidak makan berlebihan 

tips menjaga kesehatan saat puasa - tidak makan berlebihan

Banyak orang langsung makan dalam jumlah banyak ketika berbuka puasa karena merasa kelewat lapar. Padahal langsung makan berlebihan ketika berbuka puasa akan menyebabkan perut begah dan kembung bahkan merasa mual. Untuk menghindari hal ini, anda bisa makan secara bertahap diawali dengan air putih, kurma, es buah, atau kudapan kecil. Setelah beberapa saat kemudian, baru lanjutkan makan makanan utama. Makan makanan utama pun harus tetap memperhatikan porsinya dan jangan sampai makan terlalu banyak. Jangan berpikir kalau setelah puasa kemudian harus makan tiga kali porsi. Cukup makan dengan porsi biasanya saja. 

Minum air yang cukup

tips menjaga kesehatan saat puasa - minum cukup air

Setelah berpuasa selama setidaknya 12 jam, tubuh tentu kekurangan cairan. Nah, berpuasa bukan menjadi alasan untuk mengurangi konsumsi air. tetap konsumsi air setidaknya 8-12 gelas air putih setiap hari ketika sahur, berbuka, dan waktu diantaranya. 

Tips menjaga kesehatan saat puasa ini mungkin terdengar sepele, namun sebisa mungkin hindari konsumsi kafein seperti teh atau kopi. Kafein mempunyai sifat diuretic yang meningkatkan intensitas buang air kecil sehingga tubuh akan lebih mudah haus. Bila tidak mungkin menghindari kafein, cobalah untuk menguranginya agar tubuh tidak mudah dehidrasi ketika berpuasa.

Konsumsi makanan yang sehat

tips menjaga kesehatan saat puasa - makanan sehat

Tips menjaga kesehatan saat puasa yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Ketika dalam kondisi lapar, semua makanan akan terlihat lezat namun anda harus bijak dalam memilih makanan. Perasaan inilah yang menyebabkan anda makan makanan yang kurang sehat saat buka puasa, makan malam, dan juga sahur. 

Pastikan selalu makan makanan dengan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat. Pilihlah makanan yang segar dan tidak diproses agar nutrisinya tetap terjaga. Makanan dengan nutrisi seimbang membantu menjaga kesehatan selama berpuasa. 

Berjemur di pagi hari

tips menjaga kesehatan saat puasa - berjemur di pagi hari

Di masa pandemi seperti ini, anda dianjurkan untuk berjemur. Waktu yang terbaik untuk berjemur adalah dari jam 7 hingga 10 pagi agar tubuh bisa memaksimalkan penyerapan vitamin D. Berjemur ini bisa meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah sakit. 

Menjaga kebersihan

tips menjaga kesehatan saat puasa - menjaga kebersihan

Mungkin anda sudah bosan dengan tips menjaga kesehatan saat puasa yang satu ini, tapi selama kondisi masih pandemi, menjaga kebersihan bukanlah hal yang bisa ditawar. Meskipun anda hanya di rumah saja, namun tetap jaga kebersihan diri dengan rutin mandi 2 kali sehari dan sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir. 

Bila terpaksa harus keluar rumah, selalu pakai masker dan menjaga jarak dari kerumunan. Segera ganti baju dan membersihkan diri setelah dari luar rumah untuk mencegah virus terbawa masuk ke dalam rumah. Jangan abaikan protokol kesehatan terutama di saat berpuasa agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. 

Minum multivitamin

tips menjaga kesehatan saat puasa - minum multivitamin

Bila dirasa asupan nutrisi dari makanan masih kurang atau anda mempunyai kegiatan yang padat, anda bisa mengkonsumsi multivitamin. Vitamin membantu tubuh tetap sehat selama berpuasa. Pilihan multivitamin untuk dikonsumsi tentu berbeda-beda antara satu orang dengan lainnya. Pastikan hanya mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila perlu dikonsultasikan ke dokter tentang multivitamin yang ingin dikonsumsi terutama bila anda mempunyai keluhan kesehatan. 

(Baca Juga: 5 Cara Menjalankan Ibadah Puasa dengan Baik Selama Bulan Ramadhan)

Kurangi makanan atau minuman manis

tips menjaga kesehatan saat puasa - makanan dan minuman manis

Banyak orang berpikir bila gula merupakan sumber energi. Hal tersebut tidak salah, namun energi yang berasal dari gula sifatnya hanya sementara. Mengkonsumsi gula ketika berpuasa akan meningkatkan kadar gula darah secara drastis dan bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada tubuh. 

Selain itu, gula juga membuat anda cepat merasa lapar. Misalkan anda mengkonsumsi kue dan makanan manis ketika sahur, anda memang akan cepat merasa kenyang dan terasa berenergi. Namun dua jam kemudian anda akan merasa lapar dan merasa lesu karena kadar gula darah sudah mulai turun. 

Selain makanan dan minuman manis, makanan dengan karbohidrat kompleks lebih disarankan ketika berpuasa. Makanan yang seperti ini memberikan energi yang stabil dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, karbohidrat juga membuat tubuh tidak lemas selama berpuasa. Selain karbohidrat, protein juga memberikan manfaat yang sama sehingga bisa dikonsumsi ketika berpuasa. 

Kurangi gorengan

tips menjaga kesehatan saat puasa - gorengan

Makanan yang digoreng memang sangat menggoda dengan sensasi kriuk dan rasa yang gurih. Namun ketika berpuasa sebaiknya hindari makanan yang digoreng karena kandungan minyaknya berpotensi meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Selain itu, kandungan minyak dalam gorengan juga menyebabkan asam lambung naik dan radang tenggorokan. Parahnya lagi, gorengan ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut selama berpuasa, lho. 

Olahraga

tips menjaga kesehatan saat puasa - olahraga

Banyak yang mengabaikan tips menjaga kesehatan saat puasa yang satu ini. Namun berpuasa bukan menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Ketika berpuasa tubuh juga harus tetap berolahraga agar tetap bugar dan fit sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan selama puasa seperti jalan santai, bersepeda, yoga, dan sebagainya. Pilih jenis olahraga yang sekiranya tidak menguras banyak tenaga dan menyebabkan anda kelelahan. Selain itu, pilih waktu yang terpat untuk berolahraga misalnya sesaat sebelum berbuka puasa atau dua jam setelah berbuka puasa atau makan sahur. 

Jangan lupa santai

tips menjaga kesehatan saat puasa - santai

Tidak hanya menahan hawa nafsu, berpuasa juga harus menahan amarah. Marah menjadi salah satu penyebab anda merasa cepat lelah dan bisa saja kehilangan pikiran rasional. Jaga emosi agar tidak mudah marah selama berpuasa. Meskipun sepele, namun banyak orang yang merasa menahan marah lebih susah daripada menahan rasa lapar. Anda bisa mengalihkan perhatian dari hal yang menyebabkan emosi ke hal lain yang membuat anda santai dan rileks. 

Hindari makanan pedas

tips menjaga kesehatan saat puasa - makanan pedas

Tips menjaga kesehatan saat puasa yang satu ini termasuk gampang-gampang susah. Bagi sebagian orang Indonesia, ,makanan pedas sudah menjadi bagian yang wajib saat makan. Namun mengkonsumsi makanan pedas ketika berpuasa akan menyebabkan masalah pada pencernaan anda mulai dari diare, asam lambung, heartburn, dan sebagainya. 

Tips menjaga kesehatan saat puasa yang paling penting adalah lakukan hal yang anda sukai. Tidak ada hal yang lebih baik dari melakukan hal-hal yang disukai misalnya menjahit, memasak, menonton acara TV, dan sebagainya. Kegiatan positif yang anda lakukan tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat namun juga bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts