Ampuh! Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Tingginya kolesterol dapat memicu berbagai masalah kesehatan. Ini sebabnya perlu untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga berada dalam angka yang normal. Mengatasi kolesterol tinggi bukan hanya dapat dilakukan dengan konsumsi obat-obatan namun juga bisa menggunakan cara alami. Banyak sekali tips menurunkan kolesterol dengan cepat.

Harvard Health Publishing mengatakan bahwa mengkonsumsi obat-obatan saja tidak akan menjamin kolestrol dapat terkontrol, butuh dibarengi dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Salah satu kunci yang untuk dapat menurunkannya adalah dengan penataan pola makan dan perubahan gaya hidup tentunya. Berikut Tips Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat dengan cara aman dan sehat.

Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat

Untuk dapat menurunkan kolesterol dengan cepat dibutuhkan kekonsistenan untuk melakukannya. Kebanyakan orang berpikir bahwa minum obat saja cukup, padahal tidaklah demikian. Berikut beberapa tips menurunkan kolesterol dengan cepat yang bisa dicoba

Makan makanan tinggi magnesium

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Magnesium

Dilansir dari Healthy, mengkonsumsi makanan atau asupan dengan magnesium yang tinggi dapat menjadi cara menurunkan kolesterol secara alami. Magnesium sendiri memang sudah terbukti secara ilmiah akan kemampuannya mengontrol kolesterol.

Kegunaan magnesium sendiri adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh kolesterol. Jika tak ditangani, penyumbatan tersebut juga akan membawa dampak buruk bagi jantung. Kurangnya kadar kalsium yang harus dipenuhi tubuh dapat menyebabkan nyeri dada, serangan jantung, serta aritmia.

Disarankan untuk mengkonsumsi banyak makanan dengan kandungan magnesium. Cara alami ini akan membantu untuk mengontrol kadar kolesterol. Beberapa contoh makanan dengan kandungan  magnesium adalah ikan, sayuran hijau, gandum utuh, alpukat, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Inilah 10 Tips Menurunkan Kolesterol Tinggi, Terbukti Manjur!)

Batasi asupan gula

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Gula

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat selanjutnya adalah dengan membatasi asupan gula. Gula sering kali dikaitkan dengan penyakit diabetes. Namun, kadar kolesterol tinggi juga tidak disarankan untuk mengkonsumsi gula secara berlebih.

Dikutip dari Cleveland Clinic, asupan gula yang tinggi menyebabkan hari lebih banyak memproduksi kolesterol jahat. Selain itu, asupan gula yang berlebih juga dapat menurunkan kolesterol baik. Tak hanya itu, akibat lainnya adalah enzim pemecah kolesterol trigliserida juga akan terhambat.

Supaya gula darah dan kadar kolesterol tetap normal disarankan membatasi asupan gula. Mulailah dari mengurangi konsumsi makanan olahan, minuman manis, hingga batasi asupan karbohidrat bertepung.

Konsumsi makanan dengan serat tinggi

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Makanan serat tinggi

Makanan berserat tinggi dapat menjadi cara cepat yang ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Asupan serat yang cukup juga memiliki kandungan bakteri baik sehingga kesehatan pencernaan akan lebih terjaga.

Beberapa makanan dengan kandungan serat tinggi yang baik dikonsumsi adalah kacang-kacangan, buah, sayuran, serta biji-bijian. Konsumsi makanan sehat ini ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga lebih terkontrol.

Konsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Lemak Tak Jenuh

Selain mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan magnesium, tips menurunkan kolesterol dengan cepat selanjutnya adalah dengan konsumsi lemak tak jenuh. Dilansir dari Melansir Healthline kolesterol jahat yang tinggi dapat disebabkan oleh lemak jenuh. Sedangkan, cara untuk menurunkannya adalah dengan mengkonsumsi lemak tak jenuh. Apalagi, lemak tak jenuh juga akan membantu peningkatan kadar kolesterol baik dalam darah.

Beberapa contoh sumber lemak tak jenuh yang baik untuk mengatasi masalah kolesterol tinggi tinggi adalah ikan, kacang-kacangan, zaitun, alpukat, ikan tuna, serta salmon.

Batasi konsumsi lemak trans

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Lemak Trans

Bagi pemilik kadar kolesterol tinggi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi minyak trans. Dengan begitu, kadar kolesterol dalam darah dapat menurun. Makanan dengan tinggi lemak trans dapat menyebabkan kolesterol jahat dan kadar kolesterol total menjadi naik.

Beberapa contoh makanan yang mengandung jumlah kecil minyak trans yakni daging kambing, daging sapi, susu, serta keju dan produk susu lainnya. Sedangkan, untuk makanan yang mengandung lemak trans dalam jumlah tinggi adalah kerupuk, gorengan, hingga makanan cepat saji. Jika ingin kadar kolesterol cepat kembali normal berhentilah mengkonsumsi berbagai makanan yang sudah disebutkan tadi.

(Baca Juga: Penting! Ini Dia Tips Menurunkan Kolesterol dalam Darah)

Perhatikan asupan kalori dan jangan makan secara berlebihan

 Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Kalori

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat selanjutnya adalah untuk membatasi jumlah kalori serta jangan makan secara berlebihan. Berat badan dapat naik jika makan dalam jumlah besar atau berlebih. Kenaikan berat badan ini berkaitan dengan risiko kadar kolesterol yang dapat meningkat pula.

Penting untuk memperhatikan porsi makan tiap harinya. Selain itu, jangan lupakan soal asupan makanan dan kualitas makanan itu sendiri. Pastikan agar makanan yang dikonsumsi sesuai dengan kalori yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Jangan sampai asupan kalori sampai berlebih.

Umumnya, orang dewasa yang memiliki aktivitas normal serta tubuh yang sehat membutuhkan sekitar 2000 kalori setiap harinya. Makan dengan porsi berlebih apalagi asupan kalori pun lebih dari yang dibutuhkan bukan hanya dapat berpengaruh pada kolesterol, tapi juga menyebabkan risiko penyakit kronis dan mengalami obesitas.

Olahraga secara rutin

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Olahraga

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat yang satu ini bukan tentang makanan tapi soal aktivitas fisik. Rutin berolahraga atau aktif bergerak dapat menjadi cara menurunkan kolesterol dengan cepat. Dikutip dari mayo clinic, supaya kolesterol tinggi dapat menurun, perlu dilakukan pola makan sehat, serta olahraga rutin dan aktif bergerak.

Untuk penderita kolesterol, waktu ideal yang disarankan untuk olahraga adalah 30 menit dengan jadwal lima kali dalam seminggu. Penderita juga perlu  bergerak lebih aktif lagi. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membuat kadar kolesterol baik dalam darah menjadi meningkat. Bukan hanya itu, kadar kolesterol jahat pun dapat menurun.

Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan secara rutin yakni, lari, jalan kaki, atau melakukan aerobic. Salah satu cara menyiasati agar olahraga dapat dilakukan secara rutin adalah dengan bersepeda ke tempat kerja, jalan kaki saat istirahat, atau melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci, mengepel dan menyapu.

Hentikan kebiasaan merokok!

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Merokok

Kebiasaan yang satu ini memang bisa mengganggu kesehatan. Jika kadar kolesterol dalam darah sudah tinggi, ini artinya untuk berhenti merokok. Berhenti merokok dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, selain itu kolesterol baik pun akan meningkat.

Hindari stress

Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Stress

Bukan hanya kelelahan secara fisik, lelah secara mental juga akan berdampak pada kesehatan. Tips menurunkan kolesterol dengan cepat adalah dengan mengurangi tingkat stress. Bahkan, keterkaitan stress dan kadar kolesterol juga sudah diteliti. Hasilnya, stress dapat berpengaruh pada kadar kolesterol jahat yang meningkat. Selain itu, tingkat stress juga akan berpengaruh pada tubuh sehingga sulit untuk mempertahankan kadar kolesterol baik dalam darah.

Bukan itu saja, stress pun dapat membuat hormon adrenalin menjadi memproduksi trigliserida lebih tinggi, dimana mengakibatkan kolesterol jahat pun meningkat. Itu sebabnya penting untuk mengurangi stress.

Tidur yang cukup

 Tips menurunkan kolesterol dengan cepat - Tidur

Baik kurang tidur maupun tidur berlebihan, keduanya dapat membuat kolesterol jahat dalam darah menjadi meningkat. Alasan mengapa kurang tidur menyebabkan kolesterol jahat meningkat karena orang akan makan lebih banyak ketika terjaga. Kurang tidur juga dapat menyebabkan kelelahan secara fisik dan mental yang dapat berdampak pada kenaikan kolesterol.

 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts