10 Kelezatan dari Buah yang Sehat untuk Mata

Mata menjadi bagian dari panca indra yang mempunyai fungsi cukup kompleks bagi manusia. Biji mata mempunyai bentuk unik yang mempermudah manusia untuk melihat. Sama seperti anggota tubuh lain, mata tersusun atas bagian kecil yang saling terkait. Tidak aneh jika kemudian, ketika terjadi satu kesalahan pada penglihatan akan menyebabkan dampak buruk pada bagian lain. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mulai menjaga kesehatan mata. 

Dari sekian banyak alternatif yang bisa dilakukan, konsumsi buah yang sehat untuk mata adalah solusi paling mudah untuk dipraktekan. Terutama bagi Anda yang sekarang, mulai merasa mempunyai gangguan penglihatan. Mulai dari bayangan benda kabur, fokus mata yang kurang baik, sampai dengan gangguan kesehatan mata lain. Beberapa orang percaya, bahwa menurunnya fungsi mata dikarenakan oleh penambahan usia pada seseorang. Pada kenyataannya, gaya hidup yang kurang sehat menjadi aspek utama kualitas penglihatan menurun. 

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

Misalnya saja, salah posisi menonton TV atau menatap ponsel terlalu dekat. Selain itu, bisa juga dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang dibutuhkan mata kurang tercukupi. Tidak mengherankan jika saat ini, anak-anak dengan usia muda sudah memakai kacamata untuk membantu penglihatannya. Nah, untuk mengurangi bahaya kerusakan mata Anda dapat memulainya dengan memperbaiki pola hidup serta memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh salah satu panca indra tersebut. 

Rekomendasi Buah yang Sehat Untuk Mata

Selain berfungsi untuk melihat, mata mempunyai tugas lain yang tidak kalah krusial. Mulai dari penangkap cahaya, penyeimbang tubuh, serta fungsi penting lainnya. Untuk menjaga kualitas penglihatan, Anda harus mulai menyadari kebutuhan yang mata perlukan. Setidaknya, Anda perlu memenuhi semua nutrisi pada mata untuk menunjang kemampuan penglihatan. 

Apalagi sekarang, para ahli telah menambahkan beberapa nutrisi lain yang ternyata mempunyai pengaruh besar dalam memperbaiki daya penglihatan. Mulai dari asam lemak omega-3, zeaxanthin, sekaligus lutein. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan beberapa variasi buah nan lezat. Langsung saja, berikut jenis buah yang sehat untuk mata:

Nanas

buah yang sehat untuk mata - Nanas

Buah pertama yang mempunyai fungsi untuk meningkatkan kesehatan mata adalah nanas. Buah dengan warna cerah dan karakteristik unik ini, mempunyai rasa segar nan manis. Didalamnya terkandung vitamin A dan beta karoten yang sangat dibutuhkan oleh mata. Kabar menarik lainnya, buah yang sehat untuk mata tersebut kerap ditawarkan dengan harga terjangkau. Bayangkan saja, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.10 ribuan untuk menikmati kesegaran dan manfaatnya. 

Anggur

buah yang sehat untuk mata - Anggur

Selanjutnya, kenikmatan buah lain yang juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi penglihatan ialah anggur. Buah mungil dengan warna keunguan ini memang menggemaskan. Apalagi sekarang, anggur bisa didapatkan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Nah, hal penting diperhatikan lainnya adalah konsumsi anggur yang benar tanpa membuang bijinya, sebab biji buah anggur mempunyai senyawa unik yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan oksidatif (penyebab pembentukan katarak). 

Blueberry

buah yang sehat untuk mata - Blueberry

Buah yang sehat untuk mata berikutnya adalah blueberry. Tidak kalah mungil  dari anggur, blueberry  mempunyai warna kebiruan dengan bentukan kecil. Anda bisa memakan 5 buah sekaligus dalam sekali kunyah. Selain lezat, blueberry mempunyai senyawa anthocyanosides yang bermanfaat untuk memperlambat penurunan fungsi penglihatan. Lebih menyenangkan, buah kecil tersebut mudah ditemukan di berbagai supermarket. Bahkan penawarannya cukup terjangkau untuk buah dengan memanfaatkan kompleks . 

Jeruk

buah yang sehat untuk mata - Jeruk

Sekarang, saatnya kabar baik untuk pecinta buah jeruk. Melihat dari visualnya saja, sudah bisa dilihat bahwa jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu, buah tersebut kian menarik karena rasa manis yang dimilikinya. Beberapa ahli juga menambahkan, bahwa jeruk juga bermanfaat untuk mencegah katarak, dan mengatasi degenerasi penglihatan. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan berbagai jenis jeruk di berbagai pasar tradisional dan modern. Aspek lain yang tidak kalah menyenangkan, jeruk ditawarkan dengan harga sangat murah. Berbeda dengan jeruk-jeruk Korea yang mempunyai harga selangit. Jadi, apalagi yang Anda tunggu?

Buah naga

 buah yang sehat untuk mata - Buah Naga

Mempunyai bentuk lucu dengan warna keunguan. Tepat, inilah buah naga dengan manfaat luar biasa bagi kesehatan. Warna gelap pada kulit buah mencerminkan banyaknya kandungan antioksidan yang dimilikinya. Selain itu, buah naga juga mempunyai vitamin C yang sangat baik bagi mata. Untuk rasa, buah naga tidak perlu dipertanyakan. Anda dapat menikmati kelezatannya dengan menjadikannya sebagai pelengkap es buah. Semakin menyegarkan, saat dicampur sedikit es dan jenis buah lainnya. Tidak salah lagi, jika buah naga masuk sebagai kriteria buah yang sehat untuk mata. 

Pepaya

 buah yang sehat untuk mata - Pepaya

Buah yang sehat untuk mata berikutnya adalah pepaya. Buah berbentuk lonjong dan berwarna cerah yang satu ini, cukup digemari oleh orang Indonesia karena rasanya yang manis. Pepaya juga menjadi pilihan buah yang sangat menyegarkan, sebab memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Selain itu, pepaya mempunyai vitamin C yang dapat diandalkan. Anda dapat memanfaatkan kandungan tersebut untuk meningkatkan fungsi penglihatan yang mulai menurun. Harga pepaya sendiri sangat terjangkau, Anda bisa membeli satu buah pepaya ukuran sedang dengan harga Rp.5 ribuan saja.

Mangga

 buah yang sehat untuk mata - Mangga

Mangga termasuk buah musiman yang sangat digemari masyarakat. Selain murah meriah, mangga mempunyai vitamin A yang membuatnya masuk sebagai buah yang sehat untuk mata. Menariknya lagi, mangga memiliki berbagai jenis yang menentukan cita rasa manisnya. Anda dapat dengan mudah mendapatkan penawaran terbaik, sebab di Indonesia ragam jenis buah sering ditawarkan di berbagai pasar tradisional maupun modern. Meskipun begitu, bagi penikmat mangga Anda harus sedikit bersabar karena buah ini masuk sebagai buah musiman. Jadi, saat musimnya belum tiba harga mangga cenderung lebih tinggi. 

Strawberry

buah yang sehat untuk mata - Starwberry

Buah yang sehat untuk mata selanjutnya adalah strawberry. Tanpa banyak dijelaskan, hampir semua orang tahu bahwa buah satu ini mempunyai kandungan baik untuk kesehatan tubuh. Pasalnya, buah mungil dengan warna merah cerah tersebut mengandung vitamin C, vitamin B, asam folat, sekaligus flavonoid. Semua elemen itu, mempunyai keunggulan bagi kesehatan tubuh dan kulit. Vitamin C pada strawberry juga berkhasiat untuk meningkatkan fungsi penglihatan. Untuk rasa, buah ini cukup asam dengan kesegaran tinggi. Biasanya, anak-anak menyukai karena bentuknya yang cantik.

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Doyan Jajan, Ini Dia Jajanan Sehat Rendah Kalori)

Nangka

buah yang sehat untuk mata - Nangka

Kabar menggembirakan selanjutnya adalah tertuju bagi Anda yang suka buah nangka. Seperti yang sudah banyak diketahui, nangka mempunyai cita rasa manis dengan tekstur keras dan kenyal. Sedangkan bentuk visual buah ini, hampir menyerupai buah durian. Bedanya, kulit buah nangka lebih tumpul. Untuk manfaatnya, nangka memiliki kandungan vitamin C dan serat. Seperti yang sudah dipahami, vitamin C sangat baik untuk kesehatan mata. 

Alpukat

buah yang sehat untuk mata - Alpukat

Terakhir, Anda dapat memilih alpukat sebagai buah yang sehat untuk mata. Buah ini sering dijadikan sebagai jus dan kandungan produk kecantikan karena khasiatnya yang beragam. Selain itu, alpukat mempunyai zat lutein yang juga menunjang kesehatan penglihatan.

 

Itulah beberapa buah yang sehat untuk mata yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan mata. dan semoga artikel ini bermnafaat

Selamat Membaca!  

Total
112
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts