10 Manfaat Memelihara Kucing yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Memelihara Kucing

Ada beberapa manfaat memelihara kucing lain yang bisa Anda dapatkan. Pernahkah Anda sering merasa kesepian hingga stres karena pekerjaan atau tugas? 

Mungkin si kucing bisa membantu mengatasi hal itu. Berikut ini akan kami berikan ulasan untuk beberapa manfaat dari memelihara seekor kucing.

Berikut Ini Beberapa Manfaat Memelihara Kucing

Kucing adalah salah satu hewan lucu yang banyak dijadikan sebagai peliharaan oleh sebagian besar penduduk dunia. Selain perawakan yang super menggemaskan, hewan ini juga dipelihara karena sifat dan perilakunya.

Baca Juga : Berbagai Pilihan Style Hijab Stylish dan Tetap Kekinian

Mereka bisa berperan sebagai teman sempurna hingga membantu mengurangi tikus-tikus di rumah. Selain itu, ada juga beberapa manfaat lain yang bisa Anda rasakan, antara lain:

1. Kesehatan Fisik Meningkat

Manfaat Memelihara Kucing

Perlu diketahui bahwa kesehatan fisik juga berhubungan erat dengan kesehatan mental. Jika mental baik, maka fisik akan mengikuti dan begitu pula sebaliknya. 

Suatu penelitian oleh University of Pennsylvania menyatakan bahwa seseorang dengan keluhan nyeri punggung, sakit kepala, hingga demam bisa berkurang hanya dalam waktu satu bulan. Dari sini terlihat banyak sekali manfaat memelihara kucing.

Bahkan dengkuran hewan ini saja bisa dijadikan sebagai terapi dan itu berguna untuk mengurangi stress hingga membantu proses penyembuhan infeksi tulang dan otot. 

2. Membantu Hidup Bersih

Manfaat Memelihara Kucing

Manfaat memelihara kucing yang selanjutnya adalah bisa membantu Anda untuk selalu menjaga kebersihan. Kok bisa?

Jika mereka tidak sering dimandikan, tempat tinggalnya tidak pernah dibersihkan, hingga tidak rutin diberikan pakan, bagaimana bisa hidup dengan sehat?

Perlu diingat bahwa kucing adalah pembawa bakteri dan jika tidak dirawat dengan benar, maka kucing lain atau bahkan manusia akan merasakan akibatnya. Selain itu, rumah pasti akan terasa tidak nyaman jika ada banyak kotoran.

Menjaga kebersihan hewan peliharaan juga akan mengingatkan seseorang untuk merawat diri.

3. Memberikan Ketenangan

Manfaat Memelihara Kucing

Bagi Anda yang bukan pecinta hewan, perlu tahu manfaat memelihara kucing berikut ini. Memelihara hewan pemburu tikus ini juga bisa memberikan dukungan emosional, salah satunya adalah ketenangan. 

Ketika sang pemilik merasa sedang gusar atau tertekan, secara tidak sadar mereka akan mencari kucingnya. Untuk apa?

Jawabannya adalah agar merasa lebih tenang dan nyaman. Tidak sedikit orang pula yang akan menumpahkan segala ceritanya kepada hewan peliharaan. Jika tidak punya teman untuk diajak curhat, kucing pun jadi nih!

4. Mempercepat Penyembuhan Penyakit Mental

Manfaat Memelihara Kucing

Memelihara hewan bermata bulat ini bisa sangat ampuh untuk mempercepat penyembuhan penyakit mental. Kelucuan mereka akan menjadikan seseorang lebih santai, nyaman, tenang, dan bahagia.

Selain itu, seseorang juga mampu mengelola emosi dengan baik dan penyakit mentalnya bisa teralihkan dengan kelucuan si hewan berkaki empat ini.

Lalu, hewan ini menjadikan sang pemilik merasa dibutuhkan karena harus merawat mereka dengan benar agar tidak sakit hingga menyebabkan penyakit. Ini akan bekerja untuk meringankan gejala depresi ringan.

5. Manfaat Memelihara Kucing Bisa Mencegah Alergi

Manfaat Memelihara Kucing

Kucing dapat membantu anak-anak untuk mengobati alergi. Walaupun hewan ini dianggap sebagai penyebab alergi, tetapi paparan yang diberikan sejak kecil bisa membantu mereka agar lebih kebal.

Tidak hanya kebal dari alergi kucing, tetapi juga alergi-alergi lainnya. Adapun beberapa gejala alergi kucing yang bisa Anda kenali, antara lain:

  • Hidung Berair
  • Bersin-Bersin 
  • Batuk 
  • Sesak Napas
  • Ruam dan Gatal-gatal
  • Mata Merah

Perlu diingat bahwa Anda harus menjaga kebersihan kucing agar terhindar dari beberapa virus berbahaya. 

6. Menguatkan Hubungan

Manfaat Memelihara Kucing

Manfaat memelihara kucing yang tidak banyak orang tahu adalah bisa menguatkan hubungan khususnya dengan orang lain. Hal ini dikarenakan sang pemilik bisa saja saling bertegur sapa dengan pecinta satwa lainnya.

Sebuah penelitian pun juga menyatakan bahwa pemilik bisa lebih mudah percaya kepada orang lain dan senang bergaul. Poin ini juga berhubungan dengan mood seseorang yang menjadi lebih baik berkat si hewan peliharaan. 

7. Mengurangi Stress

Manfaat Memelihara Kucing

Stres adalah salah satu permasalahan yang bisa merusak hampir semua hal, seperti pekerjaan, tugas, hubungan, kesehatan mental, dan lain-lain. Penyintas stres mempunyai banyak emosi negatif dan cenderung sulit melakukan pengontrolan.

Padahal ada banyak usaha yang dapat dilakukan untuk mengurangi stres dan salah satunya adalah dengan manfaat memelihara kucing. Tingkah dan wajah imutnya bisa membantu menghilangkan semua mood buruk.

Bahkan melihat video atau gambar si lucu ini saja sudah bisa membuat Anda tersenyum bukan?

8. Meningkatkan Kualitas Tidur

Manfaat Memelihara Kucing

Kualitas tidur yang semakin meningkat menjadi salah manfaat memelihara kucing. Beberapa penelitian menemukan bahwa beberapa pemilik lebih suka tidur dengan kucing mereka daripada pasangannya karena bisa tidur lebih nyenyak. 

Tidur dengan si kucing di tempat tidur yang sama akan memberikan rasa nyaman dan dengkurannya juga bisa menenangkan.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat Memelihara Kucing

Selain menurunkan tingkat stres, hobi ini juga mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular termasuk stroke dan masalah jantung. Jika mempunyai hewan peliharaan yang lucu, tekanan darah bisa turun atau lebih terkontrol.

Bahkan adapun studi yang mengungkapkan bahwa pemelihara kucing mempunyai persentase untuk meninggal karena serangan jantung yang lebih rendah dibandingkan non-pemelihara. 

Hal ini dikarenakan perasaan tenang dan nyaman yang timbul saat bersama dan bercerita dengan kucing kesayangan.

10. Tidak Kesepian

Manfaat Memelihara Kucing

Kucing dapat menjadi hewan peliharaan yang sangat penyayang sehingga ampuh untuk mengurangi perasaan kesepian dengan memenuhi kebutuhan Anda akan persahabatan. 

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Austria, mempunyai kucing hampir sama rasanya dengan memiliki sahabat hingga pasangan romantis. Perilakunya akan menciptakan semacam koneksi yang mirip dengan interaksi antar manusia. 

Walaupun tidak bisa menjawab dan memberikan saran, bercerita dengan kucing akan menjadikan Anda merasa disayangi. Perasaan menjadi lega dan tidak merasa terbebani lagi. Inilah salah satu manfaat memelihara kucing.

Berikut Ini Tips Memelihara Kucing

Setelah membaca pembahasan mengenai manfaat memelihara kucing di atas, mungkin Anda sudah merasa tidak sabar ingin segera mendapatkannya. 

Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui apa saja tips yang harus dilakukan agar mereka bisa hidup dengan baik. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Perlakukan dengan Penuh Kasih Sayang

Semua hewan akan berterima kasih dan memberikan rasa kasih sayangnya kembali jika diperlakukan dengan baik. Apakah Anda pernah mendengar singa yang bersedih dan tidak mau makan karena belum bertemu dengan pemiliknya?

Singa saja bisa berlaku demikian lembut penuh kasih sayang, apalagi kucing yang mempunyai sifat lebih lembut. Adapun beberapa perlakuan yang bisa Anda coba, antara lain:

  • Dekati mereka dan berikanlah banyak pelukan agar merasa nyaman.
  • Sering berikan belaian dengan lembut.
  • Gunakan suara yang lembut dan sebut nama mereka sesering mungkin.
  • Terlibatlah dalam waktu bermain. 
  • Ajak Bersosialisasi

Salah satu manfaat memelihara kucing adalah bisa meningkatkan hubungan seseorang dan mengatasi rasa kesepian. Namun, Anda juga perlu nih untuk mengajak mereka bersosialisasi dengan hewan atau orang lain. Berikut rangkuman beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

  • Ajaklah mereka untuk berinteraksi dengan hewan dan orang sekitar.
  • Berikan banyak waktu untuk bermain, baik itu dengan atau tanpa mainan.
  • Biasakan kucing dengan suara bising, seperti musik, penyedot debu, hingga blender agar tidak takut dengan suara keras di kemudian hari.
  • Jaga Kebersihan dan Kesehatannya

Kebersihan adalah salah satu kunci kesehatan kucing. Berikanlah tempat tidur yang nyaman dan rajinlah bersihkan mainan hingga tempat makan agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Siapkan pula kotak pasir sebagai toilet. Letakkan itu di lokasi yang mudah dijangkau dan tenang agar mereka tidak membuang kotorannya secara sembarangan. Tidak hanya manusia yang belajar toilet manner. Kucing yang lucu pun demikian.

Selain itu, Anda juga perlu memberikan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Pastikan juga bahwa kucing Anda mendapatkan semua perawatan veteriner preventif penting, seperti vaksinasi dan obat cacing.

  • Sikat Bulu 

Cara merawat kucing yang terakhir adalah sikat bulu secara teratur agar mereka tetap bersih, risiko kerontongan berkurang, hingga kesehatan bulu semakin terjaga. 

Cara ini juga akan membantu Anda memperhatikan kulit mereka, seperti benjolan dan bintik-bintik. Ingat, gunakanlah sikat yang lembut ya! Jadi, kapan nih Anda mengadopsi mereka?

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

Jika ditarik kesimpulan, sebagian besar manfaat memelihara kucing yang sudah dijelaskan di atas bisa membantu pemilik maupun orang sekitar merasa lebih bahagia dan sehat.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts