15 Cara Sukses Di Usia Muda Dengan Modal Kecil Anti Gagal!

Cara Sukses Di Usia Muda

Cara sukses di usia muda dengan modal kecil memang terkesan mudah. Tetapi pengaplikasiannya membutuhkan upaya yang tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Terlebih, definisi sukses juga bisa berbeda-beda.  Persepsi banyak orang adalah sukses berarti kaya. Padahal, kekayaan belum tentu jaminan kesuksesan yang lahir dari sebuah perjuangan panjang, bukan?

Cara Sukses Di Usia Muda Dengan Modal Kecil Saat Ini Bisa Dilakukan

Definisi sukses menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah berhasil atau beruntung.  Hal ini berarti, kesuksesan bukan sekedar mendapat pekerjaan dan mendapat gaji tetap. Berhasil atau beruntung merupakan kondisi dimana seseorang mengalami hal yang lebih spektakuler dibandingkan dengan orang kebanyakan.

Penghasilan tak terbatas bisa dilakukan oleh mereka yang tidak sekedar berkutat pada zona nyaman. Hal ini terutama pada seorang pelaku wirausaha. Mereka harus memutar otak sedemikian rupa untuk dapat meraih keuntungan, dan bukan sekedar cukup untuk makan. Upaya mereka ini memang harus sedemikian inovatif sehingga mereka bisa bertahan, atau bahkan unggul, dalam persaingan. 

Pengusaha perlu memiliki mentor atau motivator yang dapat memberikan motivasi. Namun demikian, motivasi tidak berarti jika sang pendengar juga tidak berupaya untuk mencapai tujuannya.  Yuk, simak cara sukses di usia muda dengan modal kecil yang bisa dilakukan siapa saja.

 1. Tantang Diri Anda 

 Cara Sukses Di Usia Muda - Tantang Diri Anda

Richard Branson, seorang pengarang dan motivator Inggris berkata bahwa motivasi terbesar untuk selalu sukse adalah selalu menantang dirinya. Selama ini, Richard menganggap bahwa dirinya sedang berkuliah seumur hidup, dimana ia tetap harus belajar seumur hidupnya. Anda Pun dapat melakukannya sebagai cara sukses di usia muda dengan modal kecil.

2. Lakukan Pekerjaan Sesuai Passion

Cara Sukses Di Usia Muda - Lakukan Pekerjaan Sesuai Passion

Seolah-olah mudah, tetapi tidak semudah teorinya. Bekerja sesuai passion terkadang memang sangat menantang. Pasalnya, tidak semua pekerjaan dapat menjadikan sumber nafkah yang dapat mengalirkan keuntungan tinggi. Namun demikian, selalu ada jalan jika seseorang fokus pada pekerjaan yang mereka suka. Steve Jobs sempat memberikan kutipan bahwa satu-satunya pekerjaan yang membuat diri kita puas adalah pekerjaan yang benar-benar kita sukai dan pahami.

(Baca Juga: Simak Yuk, Usaha yang Bisa Menghasilkan Uang Untuk Pelajar)

3. Ambil Resiko

Cara Sukses Di Usia Muda - Ambil Resiko

Bagian tersulit adalah berani ambil resiko sebagai cara sukses di usia muda dengan modal kecil. Dan setiap pengusaha memang harus menghadapinya. Kita tidak pernah mengerti seberapa besar usaha kita, tanpa ada keberanian untuk menghadapi resiko. Jeff Bezos, CEO Amazon, selalu mengatakan bahwa dirinya tidak akan menyesali kegagalan, tetapi ia sangat menyesal jika tidak pernah mencoba apa-apa.

4. Percaya Diri 

Cara Sukses Di Usia Muda - Percaya Diri

Henry Ford pernah berujar, “Jika Anda percaya Anda bisa sukses, maka Anda bisa merintangi hambatan. Tetapi, jika kamu tidak percaya diri dan tidak yakin bisa sukses, maka Anda hanya sekedar mencari alasan.” Rasa percaya diri ini penting karena tanpa rasa percaya diri, maka seorang pengusaha tidak akan mau melangkah untuk menaklukkan persaingan. Percaya diri adalah salah satu cara sukses di usia muda dengan modal kecil.

5. Visi

Cara Sukses Di Usia Muda - Visi

David Karp, pendiri sekaligus CEO Tumblr, mengatakan bahwa pengusaha harus memiliki visi khusus. Tentu, visi ini harus diwujudkan dan tidak berhenti pada sekedar angan-angan. Visi harus selalu jelas dan harus diwujudkan dengan cara apapun secara positif sebagai cara sukses di usia muda dengan modal kecil.

6. Berteman Dengan Orang yang Tepat

Cara Sukses Di Usia Muda - Berteman Dengan Orang yang Tepat

Reid Hoffman, salah satu pendiri LinkedIn, mengatakan bahwa salah satu cara untuk mengubah diri sendiri adalah dengan berteman dengan orang yang tepat. Anda berteman dengan mereka yang berpikir negatif, maka Anda akan tertular. Sebaliknya, jika Anda berteman dengan orang-orang dengan energi positif, maka Anda pun akan memiliki energi positif untuk terus dapat berinovasi

7. Mengatasi Ketakutan

Cara Sukses Di Usia Muda - Mengatasi Ketakutan

Tidak mudah mengatasi ketakutan, terutama takut gagal. Arianna Huffington, motivator ternama AS mengatakan bahwa keberanian yang selama ini ia terapkan adalah seperti otot, yang harus dilatih sehingga selalu kuat dan terarah. Semakin sering kita berhadapan dengan masalah, semakin mudah kita mengatasi ketakutan

8. Bertindak 

Cara Sukses Di Usia Muda - Bertindak

Punya banyak ide? Siapapun bisa. Tetapi melakukan tindakan perwujudan ide tersebut adalah tantangan tersendiri. Walt Disney pernah berkata bahwa salah satu cara termudah untuk memulai aksi adalah berhenti berbicara dan mulai bekerja. Peribahasa ‘Tong Kosong Nyaring Bunyinya’ hingga saat ini masih berlaku! Jadi jangan ragu ambil tindakan sebagai cara sukses di usia muda dengan modal kecil.

9. Tetap Menunggu Waktu 

Cara Sukses Di Usia Muda - Tetap Menunggu Waktu

Steve Jobs pun pernah menjadi ‘bukan siapa-siapa’. Tidak ada pengusaha sukses yang langsung mencapai kesuksesan dalam waktu sebulan! Kutipan Steve Jobs yang paling sering kit abaca adalah, “Jika Anda perhatikan, setiap kesuksesan seseorang yang spektakuler butuh waktu sangat lama.” Investasi waktu juga menjadi salah satu cara sukses di usia muda dengan modal kecil.

10. Atur Energi Bukan Atur Waktu

Cara Sukses Di Usia Muda - Atur Energi Bukan Waktu

Memang kita sering mendengar tentang cara terbaik mengatur waktu. Sebenarnya, energi kitalah yang harus kita atur untuk dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya.

(Baca Juga: 8 Tips Cara Bangun Pagi Meskipun Tidur di Malam Hari)

 11. Bangun Tim Cara Sukses Di Usia Muda - Bangun Team

Selalu ada tim di balik kisah sukses, dan tidak ada seorang pun di dunia ini yang meraih sukses tanpa bantuan siapapun. Sekali lagi, cari orang-orang terpercaya dengan energi positif.  Mereka yang memiliki energi negatif tidak akan dapat bertahan dalam ketatnya kompetisi. Rekrut orang berdasarkan karakter, bukan sekedar latar belakang pendidikan. 

12. Peningkatan Modal

Cara sukses di usia muda berikutnya adalah dengan cara peningkatan modal. Richard Harroch, salah satu tokoh ekonomi AS selalu menekankan bahwa peningkatan modal sangat penting, meski butuh waktu. Jadi, saat Anda masih memiliki modal kecil, harus ada rencana untuk melakukan peningkatan modal sehingga Anda dapat selalu bersaing. 

13. Belajar Dari Kesalahan

Kesalahan memang pasti terjadi dan belajar dari kesalahan adalah teori mudah yang paling sulit diaplikasikan. Namun, tidak ada jalan lain untuk dapat meraih sukses tanpa pernah melakukan kesalahan. 

14. Kenali Konsumen dan Pelajari Keluhan Mereka 

Pendiri Wendy’s Dave Thomas, selalu mencari apa saja keluhan pelanggan. Tanpa kita tahu keluhan pelanggan, maka kita tidak dapat memperbaiki kualitas barang atau jasa yang kita tawarkan. Jika kita mengenal pelanggan dan memahami keinginan mereka, maka kita dapat mencari celah sehingga kompetitor tidak dapat melaluinya. Masukan, kritik dan pendapat harus diterima, meskipun tidak semuanya dapat langsung kita ubah. Sepenting apapun pendapat mereka, kita masih harus memiliki prinsip dasar dari produk atau jasa yang kita tawarkan. 

15. Penggunaan Anggaran

Modal besar saja harus hati-hati dalam penggunaan anggaran. Apalagi jika kita hanya memiliki modal kecil. Belanjakan pada kebutuhan produktif yang menunjang produktivitas sehingga kita tidak langsung kehabisan modal. 

Cara sukses di usia muda dengan modal kecil tidak perlu membuat minder. Percaya diri adalah kunci dari keinginan untuk mendobrak kenyamanan. Tanpa keluar dari zona nyaman, mustahil seseorang dapat menang dari kompetisi. Jadi, siap untuk bermimpi besar?

Total
13
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts