Apa Itu FWB? Kenali Dampak Positif dan Negatif Selengkapnya

apa itu fwb

Kebanyakan orang belum paham mengenai apa itu FWB, hal ini memang sering dikaitkan kepada seseorang yang hanya ingin memuaskan hasrat. Memiliki arti friends with benefits, tentu semua orang dapat melakukannya.

Apalagi era sekarang banyak membuat pemuda milenial justru terjebak di dalam hubungan layaknya teman tapi mesra. Berbeda seperti persahabatan, namun FWB ada hal-hal spesial untuk kedua orang selama menjalani langsung.

FWB merupakan hubungan lebih dari teman sehingga kerap membuat banyak orang bertanya-tanya dan justru penasaran. Teman tapi mesra adalah definisi paling cocok untuk menggambarkan keberadaan istilah friends with benefits.

Bukan hanya memiliki pertemanan biasa, tetapi di dalamnya bisa mencari banyak keuntungan terlebih soal seks. Biasanya kebanyakan FWB muncul dari seseorang yang sebelumnya bahkan bukan menjadi teman, tapi sekadar mengetahui. 

Lalu tidak ada rasa saling mencintai antara satu dengan lainnya, membuat hubungan ini cenderung dilakukan selama membutuhkan saja. Jika Anda ingin mengenal lebih jauh, kami akan membahas kelebihan serta kekurangan dari apa itu FWB.

Untuk mengetahui seluruh keuntungan maupun kerugian selama menjalankan FWB bersama seseorang, pastikan menyimak penjelasan kami. Jangan langsung mantap memberikan kesempatan FWB jika belum memahami apa saja dampaknya selama ke depan.

Apa Itu FWB dalam Bahasa Gaul?

 apa itu fwb - fwb

Sebelum masuk ke pembahasan utama nanti, kami akan menjelaskan kembali bahwa arti FWB dalam bahasa gaul ada beraneka macam. Salah satunya friends with benefits berarti seseorang memiliki hubungan teman spesial.

Pada penjelasan pertama, kami tentu saja ingin membahas dari dampak positif terlebih dahulu. Jangan sampai ketinggalan, semua keuntungan yang ada ketika menjadi teman tapi mesra bukan berarti menghilangkan faktor kerugian.

Manfaat pertama ketika Anda sudah mantap untuk mempunyai hubungan TTM tentu saja bisa membuat hasrat seksual terpenuhi. Bagi sebagian kalangan khususnya pemuda kini sedang marak terjadinya FWB tanpa ada kontrol.

Kebutuhan akan memenuhi keinginan seks memang perlu karena bisa membuat kebahagiaan tercapai. Mengingat tujuan utama pada friends with benefits memang kebanyakan untuk berhubungan tanpa ada ikatan seperti pacaran maupun lainnya.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, pasti akan suka sebab dapat mengajak doi kapanpun selagi mau menjalaninya. Hal ini tentunya akan menghindarkan diri sendiri dari hal-hal berbahaya seperti halnya seks bebas.

Mengingat setelah mengetahui apa itu FWB, hampir semua pelaku akan berhubungan dengan satu orang tersebut saja. Jika soal memenuhi kebutuhan seksual sudah pasti menjadi hal paling utama selama TTM dijalankan.

Memang dampak positif dari menjalin hubungan tersebut nyata dan dirasakan kedua orang selagi nyaman. Bukan hanya berhenti di sini saja, masih ada keuntungan yang dapat diperoleh lagi tanpa sulit sedikitpun.

(Baca Juga: Seputar “Apa Itu Open BO?” untuk Kaum Milenial)

Terbebas dari Komitmen dan Ikatan Resmi

apa itu fwb - komitmen

Melihat kebiasaan kebanyakan orang khususnya saat usia muda pasti ingin terbebas dari sebuah komitmen. Hal tersebut bisa Anda rasakan langsung setelah menjalani hubungan friends with benefits bersama teman sendiri.

Terlebih ciri apa itu FWB adalah selalu menghindari dari komitmen, namun hanya saling memberikan keuntungan dalam hal tertentu. Ini menjadikan diri Anda semakin bebas namun berhak mengajak seseorang berhubungan lebih spesial.

Berbeda jika berpacaran pasti dijalani dengan resmi yaitu saling berkomitmen untuk menjaga satu sama lain. TTM cukup cocok saat dijalankan oleh orang yang hanya ingin untung tapi tidak ada komitmen.

Saat pertama kali memahami sebuah istilah apa itu FWB, mungkin Anda merasa kaget mengapa itu bisa terjadi. Memang pada awalnya kebanyakan hanya iseng namun berakhir dengan candu dan saling menguntungkan.

Berikutnya benefit selama terlibat dalam teman tapi mesra Anda akan merasakan hal baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Bila tidak ingin menjalankan pacaran, FWB bisa jadi alternatif kebanyakan orang.

Mengingat Anda bebas berkontak fisik apabila doi telah bersepakat menjalani teman tapi mesra bersamamu. Bisa itu seks atau sekadar membuat Anda merasa nyaman tanpa melakukan kegiatan tabu tersebut selama bertemu.

Hubungan tersebut juga dapat dijalani dengan intens apabila keduanya sama-sama menyukai dan membutuhkan. Namun sebelumnya perlu diketahui bahwa semua manfaat di atas akan sia-sia sebab ada banyak dampak negatif juga.

Mempengaruhi Pada Psikologis Setelah FWB-an

apa itu fwb - pasangan muda

Melihat apa itu FWB, mungkin sebagian besar dari Anda sudah jelas setelah melihat gambaran di atas. Ketika sedang terjebak dan terus melakukan hubungan tersebut sebaiknya ketahui beberapa dampak negatif menjalaninya.

Yang pertama selama FWB berlangsung mungkin Anda masih merasakan keuntungan dan benefit dalam jumlah banyak. Namun di antara banyaknya keuntungan tersebut sebaiknya pahami kerugian besar jika tetap berada di zona itu.

Psikologis menjadi satu-satunya hal yang akan terkena dampaknya setelah Anda menyelesaikan hubungan friends with benefits. Walaupun jarang terpikirkan di awal, sebaiknya hindari sesegera mungkin supaya tidak merasakan kerugian tersebut.

Kebanyakan orang akan berhenti dalam zona itu setelah menemukan pasangan karena lebih serius dalam menjalani sebuah hubungan. Pasti dari kedua pihak akan ada yang masih menyimpan perasaan selama menjalani TTM.

Apa itu FWB selalu dikaitkan dengan seks, otomatis psikologi mengenai hubungan seksual akan terpengaruhi. Sehingga membuat Anda kurang percaya diri lagi dan ketakutan setelah akhirnya tersadar memberikan seluruhnya kepada teman.

Faktor psikologis menjadi dampak terburuk bagi seseorang dan telah banyak terjadi di sebagian besar pelaku. Melihat hal ini sebisa mungkin mulai sejak dini untuk menolak sebelum jauh mengalami hal buruk.

Selebihnya masih ada kerugian muncul lainnya selama Anda masih asyik berada pada zona ini di luar kesadaran. Yaitu berisiko terkena penyakit seks menular sebab telah melakukan kebiasaan tidak seperti seharusnya.

Risiko Penyakit Seks Menular Cukup Besar

apa itu fwb - seks

Berbicara soal infeksi seks menular memang sangat menyeramkan dan ditakuti oleh semua orang tanpa terkecuali. Sebelum bersama Anda, mungkin doi juga sudah pernah berhubungan teman tapi mesra dengan orang lain.

Banyak pertanyaan muncul tentang dampak apa itu fwb bagi seseorang, paling parah adalah bisa menularkan penyakit seksual. Mengingat Anda tidak akan mengetahui lebih dalam perjalanan doi sebelum memberikan kepada dirimu.

Infeksi menular seksual bisa terjadi apabila teman spesial tidak pernah menjaga hal-hal yang seharusnya dihindari dalam berhubungan seks. Penyakit ini dapat menyerang siapapun selama FWB sedang berlangsung, sehingga harus hati-hati!

Lalu dampak negatif lainnya juga membuat waktu Anda akan terbuang sia-sia tanpa diberikan kepastian oleh lawan main. Friends with benefits bisa dikatakan hanya enak dalam waktu sesaat, selebihnya berdampak pahit.

Sebab banyak orang tidak menyadari bahwa selama berada di zona teman tapi mesra hanyalah membuang waktu secara sia-sia. Bahkan doi akan selalu mengurungkan niat untuk menjalani hubungan lebih serius nantinya.

Jangan dibandingkan dengan pacaran, sebab hubungan ini hanya mementingkan kebutuhan seks tanpa melihat ke depan. Jauhi sekarang supaya waktu Anda lebih bermanfaat untuk dipakai menjalani kegiatan penting selama keseharian.

Balik lagi kembali ke masing-masing pelakunya, bisa jadi ada dampak negatif lebih besar ketika belum bisa mengontrol. Kami sarankan selalu mengetahui risiko dan konsekuensi, sebab akan ada kedua dampak tersebut.

(Baca Juga: Untuk Kawula Muda, Ini Dia Tempat Nongkrong di Jakarta Ngehits untuk Anak Muda)

Cara Mengakhiri Kejadian Friends With Benefits

Sebagian besar pertanyaan apa itu FWB adalah cara untuk menghindari sebuah kejadian ini agar tidak terjadi hal negatif. Oleh karena itu kami berikan penjelasan mengenai cara mengakhiri hubungan bersama teman.

Teman spesial bisa membuat diri Anda merasa bahagia dan wajar jika memang terjadi, namun bagaimanapun itu tetap harus diakhiri. Sebab akhirnya nanti akan ada pasangan yang lebih penting di kehidupanmu.

Caranya cukup mudah yang pertama adalah membicarakan kelanjutan TTM bersama teman spesial sejak dini. Katakan saja bahwa Anda ingin mengakhiri dengan baik-baik sehingga tidak menimbulkan kerugian pada kedua pihak.

Bertanya arti kehadiran Anda bagi doi juga penting untuk mengetahui apakah sebenarnya ada keinginan lebih serius. Jika memang tidak ada rasa baper, dijamin lebih mudah meninggalkan zona tersebut secara cepat.

Kejujuran sangat penting dan perlu diungkapkan ketika terakhir kali Anda bertemu untuk saling memberikan keuntungan. Bicara dengan jujur akan membuat teman spesial menghargai kesempatan yang pernah diberikan serta dilakukan bersama-sama.

Terakhir adalah akhiri hubungan FWB bisa dilakukan dengan cara menjauh secara perlahan jika memang dia tidak ingin mengakhirinya. Karena cara terakhir ini paling ampuh dan banyak terjadi mau tidak mau demi kebaikan.

Sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan hubungan tersebut sudah ada konsekuensi jelas baik manfaat maupun kerugiannya. Setelah paham apa itu FWB, kami sarankan untuk mempertimbangkan sebelum menjalankan sendiri. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts