Cara Duduk yang Benar Saat Haid Agar Nyeri Berkurang, Plus Tips Menghindari Nyeri Haid Dengan Posisi Tubuh yang Tepat

Salah satu rutinitas bulanan wanita secara fisik dan hormonal adalah haid. Dimana dinding rahim akan luruh berbentuk darah, dan keluar melalui vagina dengan durasi tertentu. Fungsinya, supaya tubuh bisa kembali mempersiapkan rahim untuk pembuahan di bulan berikutnya. 

Tapi, terkadang pada siklus haid tersebut muncul rasa nyeri pada bagian perut akibat kondisi organ dalam yang sedang berproses meluruhkan dinding rahim yang sudah menebal. Ada yang bilang cara duduk yang benar saat haid bisa kurangi nyeri haid, tapi ada juga opini mengatakan berbagai posisi tubuh yang tepat bisa membuat nyeri haid hilang. 

Kenapa Haid Bisa Menyakitkan?

Rasa sakit yang terjadi di area perut hingga pinggul wanita ketika haid, memang tergolong wajar. Alasannya ada beberapa, seperti otot yang menegang di area tersebut akibat kontraksi yang terjadi pada rahim ketika proses peluruhan dindingnya terjadi. Otot yang tegang biasanya meliputi pinggang, bawah perut, hingga pinggul. Alhasil sangat sulit untuk bisa duduk nyaman dengan posisi yang tepat.

Alasan lainnya adalah, sel tidak normal yang disebut fibroid yang hadir dan menyebabkan pendarahan baik saat haid maupun tidak. Juga ada yang disebabkan pola makan dan hidup yang kurang sehat, sehingga menyebabkan metabolisme tidak lancar termasuk saat haid berlangsung.

Cara Duduk yang Benar Saat Haid

Ada beberapa posisi tubuh yang dianjurkan ketika seseorang sedang haid, baik itu cara duduk yang benar saat haid hingga posisi tidur yang paling nyaman. Anda juga bisa mempraktekkannya sesuai kondisi nyeri yang dialami.

⦁ Duduk Senyaman Mungkin

Cara duduk yang benar saat haid - Duduk senyaman mungkin

Carilah posisi duduk paling nyaman yang bisa Anda lakukan, bisa dengan menyandar di kursi sambil kedua kaki berada pada posisi seimbang dan tidak di lipat pada salah satu kaki.

Bisa juga dengan duduk bersila seperti posisi Yoga, jika memang hal itu bisa membuat Anda nyaman untuk sementara waktu. Ketika kondisi tempat tidak memungkinkan untuk rileks, yang bisa dilakukan adalah duduk di atas kursi, posisi kaki membentuk sudut siku-siku kemudian badan dibungkukkan ke arah depan. Untuk mencegah kram semakin parah. 

(Baca Juga: Tips Sehat: Olahraga Apa yang Bisa Mempercepat Haid?)

⦁ Jangan Terlalu Lama Duduk

Cara duduk yang benar saat haid - Jangan terlalu lama duduk

Pastikan juga untuk tidak duduk terlalu lama pada satu posisi. Gantilah secara berkala posisi duduk Anda, termasuk berdiri dan melakukan peregangan otot dengan gerakan-gerakan sederhana. Dengan begitu kram bisa berkurang dan Anda bisa lanjut beraktivitas seperti biasa.

⦁ Seated Twist

Cara duduk yang benar saat haid - Seated Twist

Merupakan salah satu posisi duduk dan gerakan senam dengan cara duduk yang benar saat haid. Bisa dipakai untuk meredakan nyeri haid. Anda tinggal duduk di lantai, luruskan terlebih dahulu kedua kaku dan posisi tubuh tegak. Lalu tekuk salah satu kaki dan putar tubuh berlawanan dengan posisi kak.

Fungsinya untuk menguatkan otot perut dan pinggang, sekaligus meminimalisir efek kram yang dirasakan. Anda bisa melakukannya dimana saja ketika nyeri menyerang, durasinya juga bisa disesuaikan dengan kondisi fisik Anda. Ketika rasanya nyeri sudah berkurang, maka posisi duduk bisa diganti dengan yang lain.

⦁ Cat and Cow

Cara duduk yang benar saat haid - Cat and crow

Ini merupakan salah satu posisi senam yang juga bisa dipakai ketika kram atau nyeri haid melanda. Posisi telapak tangan dan lutut kaki menyentuh lantai dan dijadikan penumpu beban tubuh. Lakukan gerakan melengkung dengan menarik nafas, posisi kepala menunduk.

Lalu lepaskan nafas membentuk posisi cekung dimana kepala ditengadahkan ke atas dan punggung melengkung. Lakukan secara bergantian untuk mengurangi nyeri. Pastikan menarik nafas dari hidung dan melepaskannya dari mulut, untuk membantu memaksimalkan fungsi otot perut dan pinggang yang sangat rentan terserang nyeri haid.

⦁ Meringkuk

Cara duduk yang benar saat haid - Meringkuk

Selain pakai cara duduk yang benar saat haid, Anda juga bisa menggunakan posisi tidur yang satu ini. Tepatnya mirip dengan posisi bayi saat masih dalam kandungan. Manfaatnya adalah relaksasi tubuh dan otot bagian perut, termasuk meminimalisir tekanan yang muncul di arah perut Anda.

Cara ini sudah diakui oleh banyak ahli kesehatan ginekolog dunia, bahkan sudah melalui berbagai penelitian. Dimana hasilnya menunjukkan bahwa posisi meringkuk akan banyak efek positifnya bagi tubuh wanita yang sedang haid. 

Selain itu, wanita tidak akan mengeluhkan kebocoran haid sepanjang malam, sebab posisi kaki mengatup satu sama lain sehingga cairan akan tertampung maksimal pada pembalut yang digunakan.

⦁ Cara Tambahan yang Bisa digunakan

Selain menggunakan cara duduk yang benar saat haid, cara tidur, dan lainnya di atas. Anda bisa memaksimalkan upaya membuat haid lebih nyaman dengan beberapa cara tambahan berikut ini:

1. Mandi Air Hangat

Usahakan untuk mandi air hangat sebelum Anda tidur, fungsinya untuk mengurangi efek ketegangan otot yang terjadi di area perut dan pinggul. Sebab suhu hangat dari air membuat tubuh jadi rileks dan kram bisa berkurang secara alami.

Jika Anda tidak terbiasa untuk mandi menjelang tidur, usahakan saja untuk selalu pakai air hangat saat mandi. Supaya efek hangatnya benar-benar membantu melalui hari-hari nyeri haid yang selama ini sangat mengganggu.

2. Suhu Kamar Sejuk

Jika kamar atau tempat istirahat Anda menggunakan pendingin ruangan, maka usahakan memilih suhu sejuk yang tidak terlalu dingin. Suhu sejuk juga dapat membantu relaksasi tubuh, alhasil kram akan berkurang sendiri tanpa harus melakukan banyak treatment lainnya.

Kalau tidak pakai pendingin ruangan, Anda bisa memanfaatkan kipas angin untuk menghasilkan kesegaran dan kesejukan di dalam ruangan tersebut.

3. Obat Redakan Nyeri

Kalau rasanya nyeri sudah tidak bisa diantisipasi dengan cara duduk yang benar saat haid bahkan cara tambahan di atas, maka saatnya menggunakan obat penghilang nyeri yang aman, diantaranya adalah Ibuprofen atau Acetaminophen yang juga akan memberikan efek relaksasi dan mengantuk. Sehingga Ada bisa istirahat lebih tenang tanpa gangguan nyeri.

(Baca Juga: Yuk Simak, Olahraga yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Saat Menstruasi)

4. Bantal Tambahan

Gunakan bantal tambahan untuk memaksimalkan kenyamanan Anda selama istirahat. Bisa diletakkan pada bagian perut, kaki, hingga punggung. Kemudian pilih posisi tubuh terbaik untuk tidur. Pastikan juga bantal yang dipilih berbahan empuk, tidak keras, dan fleksibel diletakkan dimana saja sesuai kebutuhan.

5. Positif Thinking

Cobalah untuk berpikiran positif selama kram menyerang. Ketika pikiran positif, maka otomatis tubuh juga akan ikut merasakan aura tersebut sehingga rasa nyeri tidak lagi terlalu dirasakan. Contoh caranya adalah, melakukan berbagai kegiatan menyenangkan ketika waktu istirahat. 

Fungsinya, membuat otak tidak lagi fokus pada sakit di area perut. Jadi Anda lebih cepat bisa mengatasi rasa nyeri tersebut, tanpa harus pakai obat tertentu atau cara duduk yang benar saat haid. Jika Anda tidak percaya, coba fokus pada hal positif dan rasakan efeknya.

6. Konsumsi Makan dan Minuman yang Kurangi Kram

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa membantu membuat Anda nyaman saat haid. Bisa dikonsumsi juga ketika sedang mempraktekkan cara duduk dan tidur yang tepat. 

Ternyata banyak cara yang bisa dipakai untuk membuat haid lebih nyaman. Mulai dari cara duduk yang benar saat haid, posisi tidur, hingga makanan penunjang pemulihan kram yang rentan terjadi ketika siklus haid terjadi.

 

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts