Cara Memulai Pola Hidup Sehat Di Era Milenial

Banyak cara memulai pola hidup sehat di era milenial yang bisa Anda lakukan saat ini. Namun harus dimulai dengan langkah yang tepat agar hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan. Yaitu tubuh menjadi lebih sehat dan lebih bugar setiap harinya. Supaya terhindar dari segala serangan penyakit di masa tua, maka menjalankan pola hidup sehat di masa muda adalah kunci. Sayangnya, masih banyak orang yang bingung harus memulai dari mana dalam menjalankan hidup sehat tersebut.

Hidup di era modern seperti sekarang ini memiliki dampak yang cukup besar bagi tubuh. Salah satunya adalah lingkungan dan kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan, dan menimbulkan segala jenis penyakit berbahaya. Arti dari pola hidup sehat adalah kebiasaan sehari-hari yang mengutamakan kesehatan. Mulai dari perilaku, cara berpikir, asupan makanan, dan sebagainya.

Maka, kita bahas lebih lengkap mengenai cara memulai pola hidup sehat di era milenial dengan lengkap dan detail. Supaya Anda tahu bagaimana cara memulainya dan apa saja yang harus dilakukan.

Cara Memulai Pola Hidup Sehat Di Era Milenial Dimulai dari Kehidupan Sehari-hari

Ikuti langkah di bawah ini dalam cara memulai pola hidup sehat di era milenial yang akan membantu Anda untuk menjaga kesehatan tubuh:

  • Menghitung Indeks Massa Tubuh

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - indeks massa tubuh

Langkah paling utama dalam memulai pola hidup sehat dengan cara yang benar, adalah menghitung massa indeks tubuh atau IMT. Tujuannya adalah untuk mengetahui proporsi tubuh Anda apakah sudah ideal, atau masih kurang ideal, memiliki berat badan berlebih, obesitas dan sebagainya.

Sehingga jika Anda mengetahui hasilnya maka Anda bisa menghindari segala jenis penyakit yang mengancam nyawa. Cara menghitung indeks massa tubuh adalah berat badan (Kg) : tinggi badan (m) kemudian hasilnya dikuadratkan. 

Bagi ras Asia, jika hasilnya adalah 18,5- 22,9 maka proporsi tubuh Anda memang sudah ideal dan risiko terkena penyakit menularnya pun minim. Namun jika hasil akhirnya lebih dari itu maka berat badan Anda terlalu berlebihan atau obesitas. Dan jika hasilnya di bawah itu maka berat badan Anda kurang ideal.

(Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Sarapan Kaum Milenial)

  • Mengukur Lingkar Perut

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - mengukur lingkar perut

Sama dengan IMT, mengukur lingkar perut ini tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada risiko penyakit yang tak menular. Contohnya penyakit-penyakit berbahaya seperti kolesterol tinggi, stroke, diabetes, jantung dan sebagainya.

Lingkar perut yang ideal adalah tidak lebih dari 90 cm untuk pria. Sedangkan pada wanita ukuran idealnya adalah tidak lebih dari 80 cm. Dan apabila hasilnya di atas angka itu maka risiko terkena penyakitnya lebih rentan.

  • Melakukan Pola Diet yang Sehat dan Tepat

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - pola diet dan sehat

Ada banyak jenis diet yang bisa Anda lakukan saat ini. Pola diet yang tepat dan tidak membahayakan tubuh adalah dengan menerapkan pola makan gizi yang lengkap dan seimbang. Artinya, menu harian dalam asupan makanan Anda harus memenuhi kandungan gizi secara lengkap. Yaitu terpenuhinya asupan karbohidrat, serat, protein, mineral, lemak, dan vitamin. Jumlahnya pun harus seimbang tidak boleh lebih ataupun kurang.

Sumber karbohidrat yang baik adalah nasi, roti dan kentang. Sedangkan kandungan protein adalah yang berasal dari ikan, daging merah/putih, susu, dan juga telur. Sumber lemak baik bisa dari minyak canola, zaitun, dan kacang-kacangan. Buah dan sayuran adalah sumber vitamin dan mineral yang tepat.

Apabila hasil IMT dan lingkar perut sudah dihitung, maka pola makannya pun bisa disesuaikan dengan hasilnya. 

  • Olahraga Secara Rutin

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - Olahraga secara rutin

Memulai olahraga dengan rutin memang seringkali menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Padahal berolahraga juga merupakan bagian dari cara memulai pola hidup sehat di era milenial yang sangat tepat. Tidak adanya waktu, kelelahan/capek bekerja, tak ada teman dalam melakukan aktivitas olahraga, hingga bingung dengan jenis olahraga apa yang harus dipilih, adalah beberapa alasan mengapa kita malas memulai olahraga.

Padahal membuat alasan untuk tidak berolahraga ini memang mudah. Jenis olahraga yang bisa Anda pilih sebaiknya yang ringan-ringan saja, murah dan mudah dilakukan di mana saja. Seperti misalnya olahraga renang, sepak bola, berjalan kaki, senam, yoga, lari dan sebagainya.

Sebaiknya lakukan olahraga sekitar 3-5 kali dalam 1 minggu dengan total durasi keseluruhannya adalah 150 menit. Misalnya dalam seminggu berolahraga 5 kali selama 30 menit.

Kombinasi pilihan jenis olahraga juga bisa Anda lakukan, contohnya ditambah dengan mengangkat beban yang tujuannya adalah untuk menambah massa pada otot. Jenis olahraga ini bisa Anda sesuaikan kembali, setelah Anda mengetahui hasil dari perhitungan IMT.

(Baca Juga: Yuk Ikuti, 9 Kegiatan Produktif Setelah Bangun Tidur Dipagi Hari)

  • Mengatur Kebiasaan

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - mengatur kebiasaan

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti misalnya konsumsi alkohol, merokok, hingga begadang atau kurang waktu istirahat bisa meningkatkan risiko terkena penyakit yang tidak menular. Kemampuan Anda dalam mengelola stres juga sangat penting untuk kesehatan. Karena kesehatan pikiran/jiwa juga akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. 

  • Memeriksa Kesehatan Secara Berkala

cara memulai pola hidup sehat di era milenial - memeriksa kesehatan secara berkala

Pada saat seseorang sudah memasuki usia 40 tahun maka proses penuaan pun akan terjadi, sehingga diperlukan pemeriksaan kesehatan secara rutin dan berkala. Walaupun Anda tak mengalami gejala apa-apa tetapi mengecek kesehatan seperti tekanan darah, asam urat, kolesterol, dan sebagainya dapat dilakukan untuk mendeteksi munculnya penyakit secara dini.

Pahami Pentingnya Kesehatan Bagi Diri Sendiri

Apabila semua langkah di atas sudah Anda lakukan dengan baik tetapi Anda masih tidak bisa mempertahankan kesehatan, maka Anda harus memahami pentingnya kesehatan itu sendiri. Ketahui apa saja manfaat tubuh yang sehat untuk diri sendiri akan menjadi niat dan motivasi yang tepat dalam cara memulai pola hidup sehat di era milenial ini.

Karena jika Anda sudah menjalankan pola hidup sehat tetapi masih sering melanggar aturan kesehatan, artinya Anda belum benar-benar paham tentang kesehatan. Jangan sampai penyakit terlanjur muncul di tubuh Anda, tetapi sebaiknya cegah penyakit dari sekarang dengan memulai hidup sehat.

  • Komitmen pada Diri Sendiri

Jika Anda sudah paham tentang pentingnya kesehatan bagi diri sendiri dan orang-orang di sekitar Anda, maka hal lainnya yang harus Anda lakukan sekarang adalah berkomitmen dengan diri sendiri. Caranya yaitu bisa dengan membuat target, contohnya dalam 1-2 bulan kedepan tidak memakan jenis-jenis gorengan apapun. 

Kebiasaan ini bisa menjadi good habit apabila Anda konsisten menjalaninya, dan komitmen pada diri sendiri untuk melakukan hal itu dalam waktu 1-2 bulan ke depan. Sehingga di bulan berikutnya Anda sudah terbiasa dengan tidak mengkonsumsi gorengan tersebut.

Perubahan secara perlahan dalam cara memulai pola hidup sehat di era milenial juga bisa menjadi acuan. Artinya Anda tak perlu terburu-buru dalam menjalankan pola hidup sehat secara sekaligus. Tapi lakukan dengan perlahan dan jangan langsung berubah secara ekstrim.

Beri juga waktu untuk tubuh Anda beradaptasi dengan kebiasaan yang baru. Sehingga langkah dalam cara memulai pola hidup sehat di era milenial bisa diawali dengan lebih mudah.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts