Simak Yuk, Cara Memutihkan Gigi Alami dengan Mudah

Cara memutihkan gigi alami menjadi hal yang cukup banyak dicari. Maklum saja, sekarang ini gigi dengan warna putih akan memancarkan kecantikan tersendiri. Mempunyai barisan gigi dengan warna putih dan terlihat bersih sudah pasti akan menunjang penampilan.

Senyum yang merekah dari gigi yang putih juga terlihat sangat indah. Warna gigi yang berwarna kuning maupun terdapat noda berwarna abu-abu menjadi hal yang wajar ditemukan seiring dengan bertambahnya usia. 

Bukan hanya itu, asupan makanan tertentu juga akan membuat warna gigi yang putih menjadi kekuningan. Sebenarnya, ada berbagai macam produk yang dijual bebas dan berguna untuk memutihkan gigi seperti strip, alat penyinar, pasta gigi dan lainnya. 

Sayangnya, sebagian pemutih gigi menggunakan zat asam serta zat kimia seperti peroksida yang akan menimbulkan masalah kondisi gigi. Oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan konsultasi terlebih dulu sebelum menggunakannya. 

Bisakah Gigi Berwarna Kuning Berubah Menjadi Putih

Memiliki gigi yang berwarna kuning tentu saja akan mengganggu penampilan serta mengurangi rasa percaya diri. Gigi memiliki pori-pori layaknya kulit manusia, tetapi tidak bisa dilihat dengan mata terbuka. Inilah alasan mengapa cara memutihkan gigi alami sangat dicari.

Zat warna yang berada di dalam makanan serta minuman bisa menyerap ke permukaan dari pori-pori hingga hasilnya akan menghasilkan warna kuning di tingkatan berbeda. Ketika mendapati gigi sudah berubah menjadi kuning, pasti akan muncul pertanyaan.

Apakah gigi yang berubah menjadi kuning ini bisa diputihkan kembali. Lantas bagaimana cara membuat gigi menjadi putih. Anda tidak perlu khawatir, karena nyatanya setelah gigi berubah warna menjadi kuning, Anda tetap akan bisa memutihkannya kembali.

Anda dapat memutihkan gigi dengan menggunakan dua cara yakni secara alami dan menggunakan teknologi perawatan dokter. Tentu saja cara memutihkan gigi alami memiliki durasi yang lebih lama dibandingkan dengan memutihkan gigi ke dokter.

Memutihkan gigi ke dokter biasanya akan menggunakan berbagai macam metode seperti whitening, scaling, veneer, bleaching dan yang lainnya. sedangkan, jika Anda memilih memutihkan dengan menggunakan cara alami, Anda akan menggunakan bahan-bahan yang mungkin berada di sekitar. 

(Baca Juga: Simak Yuk, Obat Diare Paling Ampuh dengan Bahan Alami)

Penyebab Gigi Berwarna Kuning yang Sering Terjadi

Pada dasarnya, penyebab dari gigi yang berubah warna menjadi kuning cukup beragam. Agar dapat menghindarinya, berikut berbagai penyebab gigi berwarna kuning:

  • Tar serta nikotin yang berada di dalam tembakau

cara memutihkan gigi alami

Tanpa disadari, tan serta nikotin menjadi bahan kimia yang akan membuat gigi berubah warna menjadi kuning. Sehingga gigi kuning sering ditemukan pada orang yang gemar merokok.

  • Minuman dan makanan dengan warna gelap

cara memutihkan gigi alami - Minuman dan makanan dengan warna gelap

Makanan serta minuman dengan warna gelap juga akan membuat gigi Anda berubah menjadi kuning. Mudahnya, makanan maupun minuman yang menodai minuman juga bisa menodai gigi.

Makanan serta minuman dengan warna gelap seperti es krim, kecap, cuka, saus dan lainnya. makanan-makanan ini sering berada di sekitar kita, bahkan mungkin dikonsumsi setiap hari. 

  • Anggur dan teh

cara memutihkan gigi alami - Anggur

Kandungan tanin yang berada di dalam teh serta anggur membantu kromogen menempel di email gigi sehingga menyebabkan pewarnaan. Walaupun demikian, sebuah studi tahun 2014 menemukan, menambahkan susu di dalam teh bisa memperkecil kemungkinan gigi ternoda.

  • Obat kumur

cara memutihkan gigi alami - Obat Kumur

Mungkin Anda sering menggunakan obat kumur. Obat kumur memiliki kandungan chlorhexidine yang digunakan untuk membunuh bakteri serta mengobati radang gusi. Namun, penggunaan obat kumur bisa menyebabkan warna cokelat di gigi. 

Sehingga saat sedang melakukan cara memutihkan gigi alami, lebih baik hindari penggunaan obat kumur terlebih dahulu. 

  • Fluoride

cara memutihkan gigi alami - Fluoride

Fluoride pada dasarnya digunakan untuk memperkuat email serta mencegah gigi mengalami pembusukan. Sayangnya, penggunaan email berlebihan akan membuat bintik cokelat pada gigi. 

Cara Memutihkan Gigi Alami Karena Berwarna Kuning

Bila ingin memutihkan gigi secara alami, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa cara untuk memutihkan gigi dengan alami yang dapat Anda lakukan:

Jaga kebersihan mulut dan gigi

Usahakan untuk menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari sesudah mengkonsumsi makanan. Ini menjadi cara sederhana. Menyikat gigi nantinya akan mencegah noda menempel serta menghilangkan plak di gigi. 

Anda dapat melengkapinya dengan membersihkan sisa makanan dengan menggunakan benang gigi serta obat kumur setiap harinya. Namun, yang harus diingat, hindari segera gosok gigi sesudah mengkonsumsi minuman atau makanan asam.

Makanan serta minuman asam nantinya akan menghilangkan enamel serta melemahkannya, hingga akhirnya akan memberikan efek yang kurang baik untuk gigi Anda. 

Gunakan asam malat yang berasal dari buah

Cara memutihkan gigi alami lainnya adalah menggunakan asam malat yang berasal dari buah. Asam malat adalah zat alami yang sering digunakan untuk memutihkan gigi dengan alami. 

Buah strawberry dan apel menjadi jenis yang memiliki kandungan asam malat yang tinggi. Anda dapat membuat pasta strawberry untuk memutihkan gigi. Cukup campurkan buah yang telah dihancurkan dengan baking soda.

Tetapi, meskipun dapat memutihkan gigi, hindari menyikat gigi terlalu sering dengan menggunakan cara ini, karena asam sitrat yang berada di dalam strawberry mempunyai potensi merusak email gigi. 

Batasi mengkonsumsi minuman kopi, teh dan soda

Email gigi merupakan lapisan terluar yang akan menipis seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini membuat lapisan yang berada di bagian selanjutnya yakni dentin terlihat menguning. 

Cara Memutihkan Gigi Alami dengan Bahan Sederhana

Saat ingin memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan alami, berikut berbagai macam pilihan bahannya:

Menggunakan garam

Siapa yang menyangka bila garam dapat dijadikan sebagai metode memutihkan gigi. Anda dapat menggunakan larutan air garam untuk berkumur. Selain memutihkan gigi, garam juga dapat membunuh kuman yang menyebabkan gigi berlubang.

Siwak

Penggunaan siwak saat ini bukan menjadi hal yang baru. Bahkan, siwak sudah sering digunakan dari zaman dahulu. Fungsi siwak ternyata juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.

Cara memutihkan gigi alami dengan menggunakan siwak cukup dengan menggosok secara merata ke gigi. Anda dapat menggosok batang siwak 2 hingga 3 kali dalam sehari. 

Arang kayu

Arang kayu mempunyai kandungan alkali yang dapat membersihkan dan mengikis noda kuning di gigi. Tetapi, jika ingin menggunakan arang kayu, pastikan hanya menggunakannya dalam jumlah kecil saja.

Terlalu banyak menggunakan arang kayu malah bisa membuat lapisan enamel gigi terkikis. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya perlu mengambil secuil arang kayu serta menambahkannya dengan perasan air lemon.

(Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kegiatan Sehari-hari)

Lemon

Lemon memiliki kandungan asam yang bisa mengangkat bakteri yang menjadi penyebab gigi menguning. Kadar PH lemon yang seimbang membuat buah ini bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

Jika ingin menggunakannya, Anda bisa mengambil 1 buah lemon segar dan ambil air perasannya. Campurkan dengan 1 sendok teh baking soda. Gosokkan campuran ini pada seluruh bagian gigi. 

Kulit jeruk

Cara memutihkan gigi alami berikutnya dengan menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk bisa memutihkan gigi Anda. Caranya juga tidak sulit, Anda bisa menggosokan kulit jeruk di seluruh bagian gigi secara merata. 

Tips Agar Gigi Tidak Kembali Kuning

Ketika Anda sudah mempraktekkan berbagai macam cara di atas dan berhasil membuat gigi menjadi lebih putih, tentu saja Anda tidak ingin gigi putih tersebut kembali berubah menjadi kuning lagi. berikut beberapa tips agar gigi tidak menguning lagi:

Minum menggunakan sedotan

Bila Anda sering mengkonsumsi jus, soda, dan teh, untuk mengurangi noda gigi, usahakan minum dengan menggunakan sedotan. Minum dengan menggunakan sedotan akan membuat minuman langsung tertelan sehingga kontak dengan gigi menjadi minim. 

Berkumur sesudah makan

Cara memutihkan gigi alami memang tidak cepat, sehingga sayang rasanya ketika gigi sudah berubah menjadi putih, Anda membiarkannya menguning lagi. Agar dapat menghindari masalah ini kembali, Anda dapat berkumur sesudah makan. 

Sesudah makan, berkumur jauh lebih aman dilakukan dibandingkan dengan langsung menyikat gigi. Bukan hanya berkumur, mengunyah permen karet tanpa tambahan gula juga akan membuat gigi Anda tidak terkena noda. 

Hindari makanan serta minuman yang membuat gigi menjadi kuning

Menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman manis atau makanan dan minuman berwarna memang tidak mudah. Namun, mau tidak mau, suka atau tidak suka, hal ini tetap harus dilakukan.

Contohnya saja selama ini Anda gemar mengkonsumsi minuman berkarbonasi. Anda bisa mengurangi intensitas mengkonsumsi minuman tersebut dengan minumnya sekali dalam seminggu, sehingga untuk menghindarinya tidak begitu sulit. 

Kunci agar selalu mendapatkan gigi yang terlihat bersih dan putih adalah selalu menjaga kebersihannya serta rutin melakukan pembersihan gigi. Anda juga harus melakukan pemeriksaan gigi ke dokter secara rutin selain melakukan cara memutihkan gigi alami. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts