Yuk Ikutin, 8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan

8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan

8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan – Menabung bisa menjadi hal yang sulit untuk sebagian orang. Tidak sedikit orang mengeluh sulitnya menyisihkan uang lantaran gaji yang diterima pas-pasan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja gaji sudah habis, apalagi untuk menabung. Jika ditelaah lebih jauh, Sulit menabung bisa jadi bukan karena gaji yang pas-pasan. Penyebabnya tidak menutup kemungkinan sulitnya menyisihkan uang untuk menabung adalah karena saat mengatur finansial kamu kurang tepat, misalnya karena gaya hidup yang sangat konsumtif.
Gaya hidup yang konsumtif memanglah tidak sehat. Padahal, menabung merupakan hal yang sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan dimasa depan. Sehingga mau tidak mau, aktivitas ini wajib untuk dilakukan. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa menabung walaupun gaji yang kamu dapat pas-pasan.

Berikut adalah 8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan:

1. Buat Dua Rekening Tabungan Yang Berbeda

8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan

Cara menabung walaupun gaji kamu pas-pasan yang pertama adalah dengan membuar dua rekening. Hal pertama ini lumayan penting karena akan memudahkan kamu sehingga uang untuk memenuhi kebutuhan tidak akan tercampur dengan uang tabungan. Jangan sampai kamu menggangu uang tabungan tersebut. Sehingga, apapun yang terjadi kamu tetap memiliki tabungan. Misalnya, saat uangmu sudah habis direkening pertama dan kamu ingin membeli sesuatu, uang di rekening tabungan kamu akan tetap aman. Dengan begini, keinginan kamu untuk menghamburkan uang akan lebih terkontrol.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Hotel Untuk Staycation Yang Instagramable)

2. Buat Target Pribadi

Buat Target Pribadi

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan membatasi diri, yaitu dengan cara membuat target pribadi. Target yang dimaksud adalah target pengeluaran. Sebelum gaji masuk ke rekening, kamu bisa membuat rancangan atau estimasi pengeluaran berapa persen yang akan kamu anggarkan dari gaji dan berapa persen yang akan kamu masukan ke tabungan. Tetapi kamu harus megingat jika ingin membuat target kamu harus realistis. Jangan terlalu menekan diri sendiri dengan membuat pengeluaran sekecil mungkin. Karena, hal itu justru bisa membuat kamu menghabiskan uang lebih banyak jika estimasi yang kamu buat jauh lebih kecil dari kebutuhan yang harus kamu penuhi.

 

3. Emas Untuk Investasi

8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan agar uang gaji kamu tidak habis untuk kegiatan konsumtif adalah dengan cara berinvestasi. Walaupun sebagian orang memandang investasi penting untuk kebutuhan jangka panjang, Tetapi, kamu harus memperhatikan resikonya sekali lagi. Untuk kamu yang masih pemula, Sebaiknya untuk memilih investasi dengan seriko sekecil mungkin. Misalnya dengan membeli emas. Membeli emas adalah salah satu investasi dengan resiko yang sangat minim. Karena harga emas relatif stabil jika memang harganya sedang turun kamu masih bisa menunggu dan memantau sampai harganya kembali naik jika kamu ingin menjualnya.

4. Pertimbangkan Ulang Jika Ingin Menggunakan Kartu Kredit

Pertimbangkan Ulang Jika Ingin Menggunakan Kartu Kredit

Sebelum kamu memliki kartu kredit sebaiknya kamu memikirkan resiko yang akan kamu dapatkan. Jika memang keperluan yang tidak mendesak, sebaiknya tunda terlebih dahulu untuk memiliki kartu kredit. Cukup hanya dengan kartu ATM. Apalagi jika gaji yang kamu dapatkan pas-pasan. Sudah menjadi rahasia umum jika memiliki kartu kredit akan membuat seseorang untuk berperilaku konsumtif. Belum lagi ditambah dengan berbagai penawaran menarik yang ditawarkan oleh penyedia kartu kredit yang akan menggoda kamu untuk lebih memiliki jiwa yang konsumtif. Jadi, kamu pikirkan baik-baik sebelum kamu memutuskan untuk memilikinya.

 

5. Buatlah Catatan Finansial

 

 

Selain cara pertama diatas yang sudah dijelaskan, kamu juga harus membuat catatan pengeluaran. Setiap kamu mengeluarkan uang kamu harus mencatat untuk apa saja uang itu terpakai. Dengan begitu kamu bisa tahu kemana saja uang itu mengalir. Pola hidup yang konsumtif dan menghamburkan uang bisa disebabkan karena pemikiran yang terlalu santai, dimana kamu berpikir kamu masih punya uang untuk kebutuhan nanti. Membuat catatan pengeluaran bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrol pengeluaranmu.

(Baca Juga: Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik Yang Harus Kamu Ketahui)

6. Tabung Uangmu Di Awal Bulan

Membuat Catatan Pengeluaran

Cara menabung walaupun gaji kamu pas-pasan yang berikutnya adalah menabung di awal bulan. Agar semua rencanamu berjalan dengan lancar, maka segera tabung uangnmu saat gajimu masuk ke rekening. Jangan menunggu uang kamu sisa untuk menabung karena bisa jadi hal ini akan membuat rencana menabung hanya berakhir sebagai wacana. Inilah fungsi dari memiliki dua rekening. Ketika gaji kamu masuk ke rekening pertama, kamu bisa langsung memindahkan uang tabungan kamu ke rekening tabungan kamu. Dengan cara ini kamu bisa menyelamatkan uangmu.

 

7. Bedakan Antara Keinginan Dan Kebutuhan

Tabung Uangmu Di Awal Bulan

Sebenarnya tidak sulit untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Yang sulit itu adalah mengendalikan diri untuk tidak tergoda dengan berbagai penawaran yang menarik seperti diskon. Kamu harus memikirkan matang-matang sebelum kamu membeli barang yang kamu mau. Karena barang yang kamu mau belum tentu barang yang kamu butuhkan.
Jika kemungkinan kamu akan memerlukan suatu saat nanti, tidak ada salahnya kamu untuk membeli. Tetapi jika hanya sebatas rasa ingin memiliki tanpa ada kebutuhan pasti lebih baik tunda dulu.

 

8. Sisihkan Uang Darurat

Sisihkan UangDarurat

Beda dari anggaran yang kamu keluarkan untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan, kamu juga perlu menyisihkan uang darurat. Memang tidak ada orang yang mengharapkan musibah datang tetapi kamu tidak tahu kapan akan mendapat musibah bukan?. Dengan dana darurat kamu bisa menggunakan uang itu untuk berobat sehingga tidak perlu lagi mengganggu tabunganmu. Jika dana darurat ini tidak terpakai maka itu akan jauh lebih baik karena kamu bisa memasukan uang darurat kamu ke dalam tabungan atau untuk memanjakan diri sesekali.

Itulah beberapa cara menabung walaupun gaji kamu pas-pasan. Memiliki tabungan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan jangkan panjang karena kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan menjadi kebutuhan kamu di masa depan nanti.

Buat kamu yang ingin tahu refensi travelling kamu bisa mengunjungi https://chiganoura.net/

Total
0
Shares
0 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts