Cara Menahan Haus Saat Puasa untuk Mencegah Haus Berlebih

Cara menahan haus saat puasa memang sering kali diterapkan oleh banyak orang untuk meminimalisir rasa haus berlebih saat menjalankan ibadah puasa. Hal ini karena memang lebih sulit menahan rasa haus jika dibandingkan rasa lapar saat berpuasa. Mengingat bahwa saat menjalan puasa tubuh akan mengalami dehidrasi.Sehingga biasanya dapat menyebabkan tubuh menjadi terasa lemas, lesu, hingga membuat kepala pusing atau sakit. 

Terlebih dapat membuat Anda melewati kesempatan untuk melakukan ibadah dan aktivitas lainnya. Haus sendiri merupakan sebuah kondisi tubuh merasa kurang cairan saat Anda  tetap melakukan aktivitas tanpa adanya cairan pengganti. Rasa haus itu merupakan respons dari tubuh untuk mempertahankan diri dengan merombak sel dan juga elektrolit. 

Beberapa Cara Menahan Rasa Haus Berlebihan 

Puasa bukanlah ibadah yang sulit, namun bagi sebagian orang puasa merupakan tantangan yang sulit terutama bagi anak-anak. Biasanya rasa haus  akan timbul saat Anda melakukan beberapa kegiatan tertentu terutama pada siang hari yang dapat menguras energi Anda. Tanpa di sadari bahwa hal itu yang menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat dehidrasi, karena kehilangan banyak cairan. Berikut adalah beberapa rangkaian tips dan cara menahan haus saat puasa yang bisa Anda lakukan untuk menahannya. 

Membuat Ruangan Terasa Sejuk

Cara menahan haus saat puasa - Membuat ruangan terasa sejuk

Cara menahan haus saat puasa yang satu ini terkesan begitu sederhana karena dapat dilakukan dengan mudah terutama jika Anda berada dalam ruangan ber-AC. Ruangan yang terasa panas dapat membuat sirkulasi udara menjadi lebih cepat sehingga menimbulkan penguapan keringat yang membuat cairan tubuh berkurang. Anda bisa menyalakan AC atau kipas angin untuk mencegah penguapan tersebut, sehingga tubuh akan tetap terasa sejuk. 

Anda juga bisa memblokir cahaya yang masuk dari jendela rumah, sebab 40% panas disebabkan adanya cahaya dari luar jendela yang masuk ke dalam ruangan. Namun Anda juga bisa menyejukkan ruangan dengan cara sederhana yaitu menggunakan batu es yang diletakkan di bawah kipas. Tambahkan garam untuk membuat es batu lebih tahan lama, nantinya suasana ruangan akan berkabut dikarenakan kipas yang membawa uap dingin es tersebut. 

(Baca Juga: Wajib Tahu: 8 Cara Menahan Lapar Saat Puasa)

Hindari Makanan Terlalu Asin dan Pedas Saat Sedang Sahur

Cara menahan haus saat puasa - makanan pedas dan asin

Makanan yang dihidangkan saat sahur juga perlu diperhatikan untuk membantu Anda mencegah haus yang berlebih. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung garam ketika sahur dapat membuat Anda cepat terasa haus saat siang hari. Cara menahan haus saat puasa yaitu dengan menghindari makanan yang memiliki tingkat garam tinggi, atau tidak menambahkan garam berlebih pada makanan Anda. 

Makanan pedas juga perlu untuk dihindari karena dapat membuat Anda merasa lebih cepat haus saat siang hari ketika berpuasa. Rasa pedas memang meningkatkan nafsu makan, namun hal ini tentu bukan pilihan tepat untuk dikonsumsi berlebihan saat sahur.  Selain dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan tubuh, kedua makanan ini juga dapat membuat Anda lebih mudah kekurangan cairan dan energi. 

Atur Minum Anda Saat Sahur dan Berbuka

Cara menahan haus saat puasa - Minum

Anjuran yang baik untuk mengkonsumsi air putih adalah delapan gelas dalam sehari untuk tetap menjaga cairan tubuh dengan baik. Namun bukan berarti Anda tidak dapat mengaturnya saat berpuasa, mengingat bahwa saat berbuka minuman es seperti sirup akan lebih diinginkan. Sebaiknya Anda mengatur minum Anda dengan cara dua gelas saat berbuka, dua gelas ketika  usai shalat tarawih, dua gelas sebelum tidur malam, dan dua gelas saat Anda sahur. 

Cara menahan haus saat puasa seperti ini akan membuat tubuh Anda mendapatkan cairan yang cukup walaupun dalam keadaan puasa. Selain itu hal ini juga bagus untuk kesehatan ginjal Anda, dan mengurangi dehidrasi berlebihan saat beraktivitas. Sebab kurangnya air putih akan berpengaruh dengan kondisi Anda yang dapat membuat Anda merasa lemas dan sebagainya. 

Konsumsi Sayur dan Buah 

Cara menahan haus saat puasa - Konsumsi sayur dan buah

Ada banyak buah yang kaya akan kandungan air yang dimilikinya, buah tersebut dapat membantu menambah dan menyeimbangkan cairan pada tubuh Anda. Selain itu sayur dan juga buah memiliki banyak vitamin dan mineral yang tentunya baik untuk tubuh terutama saat Anda berpuasa. Tidak hanya mampu menahan rasa haus, mengkonsumsi buah dan sayuran juga memiliki banyak nutrisi yang dapat membuat cairan di dalam tubuh lebih banyak. 

Kurangi Aktivitas atau Olahraga Berlebih dan Berat

Cara menahan haus saat puasa - Aktivitas berat

Ada baiknya jika Anda tidak melakukan aktivitas yang berat selama melaksanakan ibadah puasa untuk menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan berlebih. Seperti yang Anda ketahui bahwa olahraga bukanlah sesuatu yang dilarang saat puasa, namun sebaiknya pilih olahraga yang tepat agar tidak memberatkan Anda. Aktivitas yang berat saat berpuasa akan membuat tubuh menjadi cepat lemas dan mudah haus. 

Hindari melakukan olahraga di siang hari terutama jika cuaca sedang terik, Anda dapat melakukan olahraga saat sore hari. Dalam beraktivitas juga sebaiknya dilakukan secara ringan dan tidak berlebihan agar tubuh tidak mudah merasa lelah. Namun cara menahan haus saat puasa ini bukan mengajak Anda untuk menjadi malas, Anda bisa melakukan aktivitas dan olahraga yang sesuai dan tidak berlebihan agar tetap aktif walau sedang berpuasa. 

Kompres dengan Es Dingin 

Cara menahan haus saat puasa - Kompres dengan air dingin

Jika Anda terlanjur merasa panas saat berada di luar ruangan, atau di ruangan yang tidak memiliki pendingin ruangan ada baiknya mencoba kompres es dingin. Cara ini dilakukan untuk mengurangi rasa haus berlebih yang menghampiri Anda sekaligus menahannya. Kompres dengan es atau air dingin sendiri dilakukan dengan cara meletakkan es batu pada balutan handuk tipis. 

Tempelkan handuk tersebut ke bagian leher dan juga pergelangan tangan untuk meminimalisir rasa panas pada tubuh dan mentransfer suhu dingin. Hal ini karena kedua daerah tersebut merupakan area pembuluh darah yang sangat dekat dengan kulit tubuh Anda. Anda juga bisa merendam handuk tersebut pada air dingin lalu menempelkannya pada pangkal kepala dan leher dengan waktu yang berkisar 5 menit. 

(Baca Juga: 10 Tips Puasa: Bagaimana Cara Agar Puasa Lancar?)

Mengatur Waktu Tidur 

Cara menahan haus saat puasa - Mengatur waktu tidur

Cara menahan haus saat puasa selanjutnya adalah mengatur waktu tidur yang lebih cukup dan tidak berlebihan. Terlalu banyak tidur saat berpuasa akan membuat Anda menjadi kurang aktif dan cenderung lebih mudah merasa bosan karena tidak ada aktivitas. Mengatur pola tidur yang baik dan cukup saat sedang puasa akan membuat Anda merasa tetap segar dan meminimalisir rasa haus serta membuat tubuh lebih beristirahat. 

Anda dapat menyempatkan waktu untuk beristirahat dan juga tidur jika dirasa tidak ada pekerjaan dan aktivitas. Waktu istirahat yang tepat ketika Anda tengah bekerja adalah dengan tidur 15-30 menit lalu kembali melanjutkan pekerjaan. Hal ini karena walaupun Anda tidur dalam waktu yang singkat tubuh akan menjadi lebih segar saat terbangun.

Konsumsi Yogurt Ketika Sahur 

Cara menahan haus saat puasa - Yogurt

Seperti yang diketahui bahwa yogurt sangat baik untuk tubuh dan juga kesehatan, tidak heran jika banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsinya saat sahur. Selain itu pada satu gelas yogurt mengandung 85% air yang tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan air Anda saat berpuasa. Jika tidak suka yogurt murni, Anda dapat menambahkan campuran madu atau dengan makanan lainnya seperti buah dan sebagainya. 

Hindari Minuman Berkafein

Cara menahan haus saat puasa - Minuman berkafein

Ada beberapa minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan juga minuman bersoda lainnya yang tidak baik diminum saat sahur. Hal itu karena minuman berkafein akan memicu tubuh untuk mengeluarkan cairan lebih cepat, yakni membuat Anda lebih sering merasa ingin buang air kecil. Cara menahan haus saat puasa yang tepat yaitu  menghindari minuman tersebut. 

Mengingat bahwa kafein merupakan diuretik yang tentu dapat lebih cepat merangsang proses pengeluaran urine. Hal itulah yang membuat Anda lebih cepat merasa haus dan menjadi lebih sering ke toilet. Sehingga tidak heran jika orang yang meminumnya akan cepat mengalami dehidrasi pada siang hari karena cairan tubuh yang perlahan hilang. 

Makan – makanan Bervitamin C 

Cara menahan haus saat puasa - Makanan mengandung vitamin c

Vitamin C merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh terutama saat Anda melaksanakan puasa. Mengkonsumsi vitamin C yang cukup juga dapat membuat Anda merasa lebih segar, mampu mencegah rasa haus. Sehingga cara menahan haus saat puasa yang tepat yaitu dengan banyak mengkonsumsi makanan bervitamin C atau buah yang mengandung vitamin tersebut. 

 

Itulah beberapa cara menahan haus saat puasa yang bisa kamu lakukan jika kamu merasa kehausan saat menjalani puasa. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang menjalankan puasa. Selamat Berpuasa!

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts