Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar, Mudah Dipraktekkan

cara mengatasi ngantuk saat belajar

Cara mengatasi ngantuk saat belajar sangat penting untuk diketahui oleh Anda yang memiliki kebiasaan mengantuk ketika belajar. Pelajar merupakan salah satu kebutuhan pokok seorang siswa maupun mahasiswa. 

Bahkan terkadang, seseorang harus menghabiskan waktu dalam waktu lama untuk belajar. Mengantuk ketika sedang belajar sebenarnya merupakan hal normal. Akan tetapi hal tersebut tentunya sangat mengganggu proses belajar.

Di mana, Ketika sedang belajar dibutuhkan konsentrasi dan juga fokus untuk bisa membuat materi yang dipelajari dimengerti dengan baik. Sedangkan ketika sedang mengantuk sangat sulit untuk bisa berkonsentrasi.

Ada berbagai sebab mengapa seseorang mengalami ngantuk saat belajar. Jika Anda sering mengalami Ngantuk saat belajar, maka sebaiknya berusaha untuk mencari cara mengatasi ngantuk saat belajar.

Penyebab umum seseorang merasa untuk sendiri biasanya dikarenakan kurangnya waktu tidur. Sebagai seorang siswa maupun mahasiswa tentunya sering kali menghabiskan waktunya untuk bermain gadget sehingga lupa waktu.

Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk bisa mengatur pola hidup yang baik. Dengan begitu tentunya proses belajar tidak akan terganggu oleh rasa kantuk. Karena tentunya sangat tidak baik ketika belajar tetapi merasakan kantuk. Hal tersebut membuat prestasi di sekolah menurun.

Hal tersebut tentu harus dihindari, karena sebagai seorang pelajar tugas utamanya adalah untuk belajar. Kesempatan untuk menuntut ilmu di bangku sekolah juga merupakan salah satu momen penting dalam kehidupan.

Pendidikan merupakan pondasi utama seseorang untuk memperoleh ilmu sebagai bekal di masa depan kelak. Oleh karena itu sebaiknya lakukan hal terbaik untuk mendapatkan hasil pendidikan yang baik.

Penyebab dari Ngantuk Saat Belajar

cara mengatasi ngantuk saat belajar - penyebab ngantuk saat belajar

Penyebab Ngantuk saat belajar itu berbeda-beda setiap orang. Oleh karena itu, cara mengatasi ngantuk saat belajar juga mungkin berbeda-beda setiap orang.

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh seorang pelajar pada masa sekarang adalah bermain game atau menonton sesuatu hingga larut malam. Hal tersebut membuat waktu untuk tidur tidak tercukupi dengan baik.

Hal tersebut menjadi salah satu pemicu terjadinya Ngantuk saat belajar. Bukan hanya waktu tidur yang perlu diperhatikan tetapi juga kualitas tidur. Sebaiknya mematikan lampu kamar ketika tidur dan juga jangan menonton televisi ketika menjelang tidur. 

Hal tersebut dapat membuat kualitas tidur menjadi menurun. Ketika kualitas tidur menurun tentunya juga dapat meningkatkan kemungkinan rasa kantuk hadir pada siang hari. Hal tersebut dapat mengganggu proses belajar.

Hal kedua yang menjadi salah satu pemicu penyebab ngantuk biasanya adalah kelelahan. Kelelahan menjadi salah satu faktor yang sering dialami oleh seorang pelajar terutama mahasiswa.

Mahasiswa sering dituntut untuk mengerjakan tugas hingga berjam-jam. Hal tersebut tentunya sangat menguras tenaga dan juga pikiran. Oleh sebab itu, tidak mengherankan banyak mahasiswa yang ketiduran ketika sedang berada di kelas.

Akan tetapi sebenarnya dengan manajemen waktu yang baik, kebiasaan ngantuk saat belajar mungkin bisa diatasi. Cara mengatasi ngantuk saat belajar karena kelelahan sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan manajemen waktu antara istirahat dan juga mengerjakan aktivitas lain sehingga seimbang.

Rasa kantuk juga dapat disebabkan karena adanya masalah atau penyakit di dalam tubuh. Misalnya saja yaitu adalah sleep apnea. Sleep apnea merupakan kondisi yang membuatmu berulang-ulang atau beberapa kali berhenti napas saat tidur.

Hal tersebut tentunya akan membuat kualitas tidur menjadi tidak baik. Sehingga dapat menyebabkan kantuk pada siang hari ketika belajar.

Gangguan pada ritme sirkadian juga dapat menjadi penyebab rasa kantuk yang tidak tepat. Ritme sirkadian adalah waktu yang sesuai antara tubuh dan akivitas yang dilakukan, sehingga dapat mengkoordinasikan dengan baik.

(Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak di Kegiatan Sehari-hari)

Kebiasaan Buruk yang Membuat Tidur Tidak Nyenyak

cara mengatasi ngantuk saat belajar - kebiasaan buruk

Kualitas tidur menjadi salah satu faktor utama penyebab ngantuk saat belajar. Oleh karena itu, cara mengatasi ngantuk saat belajar bisa dilakukan dengan menghindari hal-hal yang menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Salah satu kebiasaan anak muda adalah bermain ponsel sebelum tidur. Padahal tidur dengan ponsel dapat membuat kualitas tidur menurun. Terlihat sederhana memang akan tetapi hal ini sebaiknya Anda hindari ketika sering mengalami ngantuk pada siang hari.

Hal lain yang sering dilakukan yaitu adalah menyalakan tv ketika tidur. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Tidur dengan menyalakan heater juga dapat menyebabkan kualitas tidur menjadi memburuk. 

Menurut penelitian pada tahun 2019, menggunakan heater ketika sedang tidur dapat membuat tubuh cepat merasa panas. Padahal idealnya tubuh bisa tidur dengan nyenyak ketika berada pada lingkungan yang sedikit dingin. 

Lingkungan yang sedikit dingin dapat membuat suhu otak menjadi lebih dingin dibandingkan bagian tubuh lainnya. Tidur dengan lampu menyala juga dapat membuat kualitas tidur menjadi tidak baik. 

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengatasi ngantuk saat belajar yaitu adalah dengan mematikan lampu kamar ketika menjelang tidur. Selain Itu beberapa kebiasaan buruk seperti berolahraga hingga larut malam dan mengonsumsi kopi juga tidak disarankan.

Mengkonsumsi kopi dapat membuat Anda sulit tertidur. Karena kopi mengandung kafein yang dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih terjaga. Hal tersebut tentunya dapat membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak.

Akibat dari Ngantuk Saat Belajar

cara mengatasi ngantuk saat belajar - akibat dari ngantuk saat belajar

Hal yang disebabkan akibat Ngantuk saat belajar tidak boleh disepelekan. Oleh karena itu sebagai seorang pelajar sangat penting untuk mempelajari cara mengatasi ngantuk saat belajar.

Salah satu kebutuhan utama seorang pelajar, tentunya kegiatan belajar harus sangat diperhatikan. Jika kualitasnya tidak baik, akan membuat prestasi belajar tentunya menurun.

Mendapatkan prestasi yang jelek akibat rasa kantuk yang sering menyerang ketika belajar tentunya sangat menyebalkan. Jika proses belajar sendiri di rumah tentunya mungkin tidak akan ada masalah tambahan seperti misalnya dimarahi oleh guru atau dosen.

Mengantuk saat berada di kelas selain bisa dimarahi oleh guru atau dosen juga dapat membuat Anda merasa malu. Karena biasanya jika terdapat seseorang yang aktif di ruang kelas, akan menjadi perhatian orang di kelas tersebut. 

Beberapa hal memalukan akibat ngantuk di kelas banyak tersebar di internet. Untuk menghindari hal tersebut kepada Anda, maka sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi ngantuk saat belajar.

Mengatasi rasa kantuk memang bukan sesuatu hal yang mudah. Karena penyebab rasa kantuk itu sendiri bisa bermacam-macam. Untuk itu sebaiknya Anda mengecek atau mempelajari terlebih dahulu Sebenarnya apa yang menyebabkan Anda sering mengantuk ketika k-link belajar.

Beberapa Cara Mengatasi Ngantuk Saat Belajar

cara mengatasi ngantuk saat belajar - cara mengatasi ngantuk saat belajar

Mengantuk menjadi salah satu masalah utama bagi para pelajar ketika sedang belajar. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari rasa kantuk ketika sedang belajar.

  • Melakukan peregangan dengan

Melakukan peregangan merupakan salah satu cara untuk membuat Anda terhindar dari rasa kantuk ketika sedang belajar. 

Beberapa sumber mengatakan peregangan dapat membuat daya ingat menjadi lebih meningkat. Dengan begitu, materi yang Anda pelajari tentunya akan lebih mudah untuk teringat di otak.

  • Belajar bersama teman-teman

Salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar yaitu dengan belajar tidak sendirian. Belajar bersama teman dapat membuat suasana menjadi lebih cair dan juga menyenangkan.

Dengan adanya interaksi dengan orang lain tentunya dapat menghindari terjadinya rasa kantuk. Belajar bersama teman juga dapat membuat proses kegiatan belajar menjadi lebih mudah.

Jika ada materi yang sulit untuk dipelajari, Anda bisa menanyakan kepada teman Anda ada yang lebih paham tentang materi tersebut.

(Baca Juga: Simak Yuk, Cara Memutihkan Gigi Alami dengan Mudah)

  • Belajar pada lingkungan yang terang

Belajar dengan cahaya yang kurang terang sangat tidak disarankan. Karena selain tidak baik untuk kesehatan mata juga dapat meningkatkan rasa kantuk. Oleh karena itu, belajar pada pencahayaan yang terang dapat menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk saat belajar.

  • Mengkonsumsi kopi ketika sedang belajar

Mengkonsumsi kopi ketika sedang belajar bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan rasa kantuk.

Salah Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi kopi terlalu banyak karena tidak baik bagi kesehatan. Minumlah kopi dengan kadar yang wajar.

  • Duduk dengan Posisi tegak

Salah satu kebiasaan anak muda biasanya adalah belajar sampai rebahan di kamar. Hal tersebut tentunya sangat tidak dianjurkan.

Sebaiknya duduk pada bangku dengan posisi yang tegak. Dengan begitu konsentrasi ketika belajar akan lebih terjaga dan juga mengurangi kemungkinan rasa kantuk.

Jika rasa kantuk menyerang dengan tidak normal ketika sedang belajar perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Cara mengatasi ngantuk saat belajar yang dirasa tidak normal dapat dilakukan dengan mengunjungi layanan kesehatan terdekat.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts