Ingin Muka Mulus? Ini Dia Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Paling Efektif

cara menghilangkan bekas jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat menjadi masalah tersendiri bagi kebanyakan orang. Itu karena, pengetahuan akan hal ini bisa dikatakan belum umum. Ada banyak orang yang kepercayaan dirinya menurun karena tidak diketahuinya pengetahuan akan hal ini. 

Kondisi tersebut jelas tidak boleh dibiarkan. Jika dibiarkan, berbagai aktivitas pasti akan merasa terganggu. Jerawat sendiri adalah masalah yang paling umum di Indonesia.

Ini sebenarnya sangat wajar. Hampir setiap orang pasti mengalaminya ketika memasuki usia puber. Oleh sebab itu, masalah bekas jerawat ini juga bisa dibilang sebagai hal yang pasti dialami. Sebenarnya di luar sana, ada banyak cara praktis untuk menghilangkan jerawat.

Salah satu cara terbaik yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan laser. Namun jika dilihat, penggunaan laser terbilang cukup rumit. Itu karena, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan ketika akan melakukannya. 

Belum lagi efek samping yang mungkin saja dirasakan. Oleh karena itu, merupakan keputusan yang lebih tepat jika menggunakan cara alami. Cara ini jelas memiliki efek samping yang lebih kecil.

Berikut Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. Beberapa cara ini juga bisa dikatakan efektif.

Itu karena, sudah banyak orang yang berhasil ketika mencobanya. Untuk merasakan manfaat serupa, berikut pembahasannya secara lebih lengkap.

Lidah Buaya

cara menghilangkan bekas jerawat - lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Terdapat manfaat yang dimiliki oleh gel yang dihasilkan lidah buaya. Nantinya, gel tersebut akan berfungsi sebagai pelembab. 

Pelembab inilah yang bisa menenangkan bekas jerawat pada remaja. Lidah buaya juga kaya antioksidan. Antioksidan inilah yang jelas bisa dimanfaatkan. Nantinya, antioksidan tersebut mampu mengatasi pembengkakan dan kemerahan akibat jerawat.

Ada juga berbagai zat alami dalam lidah buaya yang bisa dimanfaatkan. Zat alami tersebut mampu menghilangkan minyak berlebih yang mampu menimbulkan jerawat baru.

Sel-sel kulit mati yang sering menjadi masalah juga bisa diatasi. Salah satu keunggulan lain ketika menggunakan lidah buaya terletak pada kemudahan dalam menggunakannya. Seseorang tidak perlu memikirkan dosis tertentu. 

Cukup ambil gel yang terdapat pada bagian dalam lidah buaya. Setelah didapatkan, oleskan gel tersebut ke bagian yang terdapat bekas jerawat. Setelah 30 menit, cucilah bekas gel tersebut. efeknya akan terlihat saat itu juga.

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Alami Tanpa Perawatan Mahal)

Minyak Kelapa

cara menghilangkan bekas jerawat - minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Cara ini juga terkenal memiliki efektivitas tinggi. Itu karena, minyak kelapa memiliki lemak omega dalam jumlah banyak. 

Lemak omega ini memiliki kemampuan untuk meresap dengan melembabkan kulit. Dengan keberadaan fungsi tersebut, kulit remaja yang memiliki bekas jerawat akan bisa diperbaiki. Penggunaannya sendiri sama dengan lidah buaya. 

Cukup oleskan minyak kelapa pada bagian yang memiliki bekas jerawat. Ketika digunakan, cara tersebut akan bisa menyamarkannya relatif lebih cepat. Walaupun penggunaan minyak kelapa sangat vital dalam menghilangkan bekas jerawat. 

Pastikan untuk tidak menggunakannya pada area lain. Itu karena, minyak kelapa justru berpotensi memunculkan jerawat. Oleh sebab itu, pastikan hanya menggunakannya pada area yang memiliki bekas jerawat.

Soda Kue

cara menghilangkan bekas jerawat - soda kue

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan soda kue. Sebenarnya daripada sebagai penghilang bekas jerawat, soda kue lebih dikenal untuk menghilangkan bekas luka.

Teknik yang dimiliki soda kue juga cukup unik. Soda kue bertindak dengan menyeimbangkan ph kulit. Hal tersebut membuat sel kulit mati akan hilang dan diganti oleh sel kulit baru yang lebih segar.

Oleh sebab itu, hal tersebut juga bisa dimanfaatkan pada bekas jerawat. Sel kulit mati yang menjadi masalah juga akan hilang dan diganti dengan sel kulit baru sehingga bekas jerawat akan menghilang.

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah. Buatlah pasta dengan campuran soda kue dan air. Campurannya sendiri dibuat dengan air yang dua kali lebih banyak dari soda kue.

Jika sudah tercipta, oleskan pasta tersebut kepada bekas jerawat. Tunggu selama satu menit lalu bilas hingga bersih seluruhnya. Pastikan untuk tidak menggunakan soda kue terlalu lama. Jika terlalu lama digunakan, wajah bisa saja mengalami iritasi.

Cuka Sari Apel

cara menghilangkan bekas jerawat - cuka sari apel

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cuka sari apel sendiri terkenal memiliki efektivitas cukup tinggi.

Itu karena, cuka sari apel memiliki kandungan alami yang dapat mengurangi kemerahan dan menghilangkan sel kulit mati. Dengan itu, bekas jerawat yang mengganggu akan hilang sepenuhnya.

Cara penggunaannya sendiri bisa dikatakan mudah. Pertama siapkan cuka sari apel lalu campurkan dengan madu. Setelah dicampurkan, oleskan campuran tersebut ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Tunggu selama 10 menit lalu bilas hingga bersih.

Untuk hasil terbaik, cara ini perlu dilakukan secara terbaik. Melakukannya tiga kali sehari bisa dijadikan pilihan tepat. Selain sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, cuka sari apel juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Cukup ambil kapas lalu celupkan kapas tersebut ke dalam cuka sari apel. Setelah itu, oleskan hasil celupan tersebut pada jerawat.

Ketika mengoleskan, pastikan untuk melakukan secara perlahan. Itu karena, mengoleskan cuka sari apel pada jerawat akan terasa perih. Namun jika dilihat, efeknya terbilang sangat cepat.

Bawang

 cara menghilangkan bekas jerawat - bawang

Menggunakan bawang sebagai cara menghilangkan bekas jerawat juga bisa dijadikan pilihan tepat. Bawang sendiri memang terkenal sebagai bahan yang kaya manfaat. Namun untuk kali ini, yang akan digunakan adalah sarinya. 

Di dalam sari bawang, terdapat banyak kandungan bioflavonoid. Contoh kandungannya sendiri bermacam-macam mulai dari cephalin hingga kaempferol. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk menyamarkan bekas jerawat.

Sebenarnya fungsinya untuk melawan jerawat juga tinggi. Ketika jerawat diobati dengan sari bawang, masalah peradangan dan kemerahan akan teratasi.

Namun ketika sari bawang digunakan, efek sengatan akan terasa. Oleh sebab itu, pastikan untuk menyiapkan diri ketika akan menggunakannya sebagai obat bekas jerawat.

Beberapa Cara Alternatif yang Bisa Digunakan

Selain sara utama yang dijelaskan di atas, ada juga beberapa cara alternatif yang bisa dipilih. berikut beberapa cara tersebut.

Madu

cara menghilangkan bekas jerawat - madu

Madu juga bisa dimasukkan ke dalam cara menghilangkan bekas jerawat. Mungkin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa madu bisa dicampur ke dalam cuka sari apel. Namun disini, sangat ditekankan bahwa madu juga bisa digunakan secara individu. 

Madu memiliki efek pelembab alami. Dengan adanya efek tersebut, masalah bekas jerawat akan tersamarkan. Selain itu, madu juga memiliki kemampuan untuk membantu regenerasi jaringan.

Dengan adanya kemampuan tersebut, sel baru yang lebih segar akan muncul dan membuat bekas jerawat hilang sepenuhnya. Sebenarnya, menggunakan madu juga bisa dilakukan dengan mencampurkannya bersama kayu manis.

Hal ini bisa membuat wajah terlihat semakin halus dan bersih. Ini jelas bisa dijadikan jalan keluar yang sangat tepat.

Lemon

cara menghilangkan bekas jerawat - lemon

Hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa lemon juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Perlu diketahui, di dalam lemon terdapat asam bernama alfa hidroksi.

Asam ini bisa berfungsi sebagai penyembuhan. Itu membuat bekas jerawat akan bisa dihilangkan sepenuhnya. Lemon juga memiliki manfaat sebagai pencerah. Dengan ini wajah akan terlihat lebih segar dan sel kulit baru akan tumbuh.

Penggunaan lemon sendiri bisa dikatakan cukup mudah. Pertama, potonglah lemon menjadi dua bagian. Setelah dipotong, gosoklah potongan tersebut ke bagian wajah yang memiliki bekas jerawat. Sebenarnya untuk cara lain, memeras lemon tersebut juga bisa dilakukan.

Nantinya, perasan tersebut bisa dioleskan ke wajah dengan memakai bola kapas. Tunggu selama 15 menit hingga olesan tersebut mengering. Jika sudah ditunggu selama 15 menit, bilaslah menggunakan air dingin. 

Kekurangan lemon mungkin terdapat pada kemampuannya membuat kulit menjadi lebih sensitif. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengamankan kulit dengan menggunakan cream sinar matahari jika perawatan menggunakan lemon baru saja dilakukan.

Minyak Esensial 

cara menghilangkan bekas jerawat - minyak essensial

Zat terakhir yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah minyak esensial. Minyak esensial yang bisa digunakan sendiri bermacam-macam. Lavender, biji wortel, atau tea tree juga bisa digunakan. Yang pasti, jangan campurkan minyak esensial.

Pastikan untuk menggunakan salah satunya. Untuk mengatasi bekas jerawat, cukup oleskan minyak esensial tersebut ke bagian yang memiliki jerawat. Tunggu hingga 5 menit lalu bilas memakai air bersih. 

Dapat dipastikan, efeknya akan terlihat saat itu juga. Sebenarnya Anda tidak perlu mencoba semua cara di atas. Cobalah salah satu namun pastikan untuk serius dalam mencobanya.

Kunci keberhasilan dalam menghilangkan bekas jerawat adalah konsistensi. Jika upaya yang dilakukan tidak konsisten, cara menghilangkan bekas jerawat ini tidak akan efektif.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts