Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah

Sebenarnya ada banyak cara menghitung berat badan ideal yang bisa Anda lakukan. Apalagi jika menggunakan satu cara masih ragu, maka bisa menggunakan semua cara. Dengan begitu hasilnya tentu lebih akurat.

Namun, apakah hanya untuk menghitung berat badan saja? Tentu, tidak. Bagaimanapun juga, kesehatan adalah yang paling utama. Jika sudah terjaga, maka berat badan juga akan ideal.

Untuk menjaga tubuh ideal sendiri bisa dilakukan melalui beberapa cara. Anda bisa melakukan cara paling sederhana dan murah. Namun, juga bisa menggunakan cara cukup rumit dan mahal.

Sebelum belajar tentang bagaimana cara menghitung berat badan, ada baiknya mengerti pokok-pokok lain. Jadi, Anda bisa mendukung dan menjaga tubuh tetap ideal bahkan ketika sudah berumur.

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Sehat

Semua cara menghitung berat badan ideal tentu tidak berlaku jika Anda memiliki tubuh ideal dan tidak berlebihan. Oleh sebab itu, ada baiknya melakukan beberapa aktivitas untuk menurunkan berat badan.

Mengurangi Karbohidrat

cara menjaga berat badan ideal - karbohidrat

Sudah ada banyak anjuran bahwa salah satu diet yang paling efektif adalah diet rendah karbohidrat. Konsumsi karbohidrat yang dikurangi mampu mengurangi berat air dalam tubuh secara signifikan.

Ketika karbohidrat dalam tubuh berkurang, maka perut kembung bisa diminimalisir. Penyerapan dalam tubuh juga akan jauh lebih efektif untuk memaksimalkan program diet secara cepat dan instan.

(Baca Juga: Menu Makanan Diet 3 Kali Sehari, Ikuti Agar Tubuh Langsing!)

Memperbanyak Protein

cara menjaga berat badan ideal - memperbanyak protein

Untuk mengimbangi gizi dalam tubuh, maka konsumsi protein harus ditingkatkan. Namun, bukan semua jenis protein bisa Anda konsumsi. Akan lebih baik jika mengkonsumsi protein tanpa lemak seperti telur dan ikan.

Ketika penyerapan konsumsi berjalan efisien, tubuh akan kehilangan lemak. Oleh sebab itu, orang yang diet seperti ini biasanya memiliki tubuh padat dan berisi. Jauh lebih baik, bukan?

Mengurangi Asupan Kalori

cara menjaga berat badan ideal - kalori

Kalori sebenarnya adalah kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, ketika asupan kalori terlalu berlebihan maka tidak akan baik. Berat badan bisa meningkat dengan cepat tanpa disadari.

Oleh sebab itu, mengurangi secara bertahap adalah tindakan yang bijak. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi camilan. Anda juga bisa mulai menghindari berbagai saus maupun bumbu berkalori.

Olahraga Rutin

cara menjaga berat badan ideal - olahraga rutin

Olahraga menjadi cara yang sangat direkomendasikan oleh banyak ahli gizi. Tujuannya adalah supaya lemak dalam tubuh terbakar. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan berat yang ideal.

Faktanya, olahraga ringan selama 5-10 sudah cukup untuk memperbaiki berat badan. Jika dilakukan secara rutin, efeknya bisa terlihat dalam beberapa hari dengan berat badan ideal.

Cara Menaikkan Berat Badan dengan Mudah

Terlalu kurus pada dasarnya sangat berbahaya bagi tubuh. Dari sisi kesehatan, orang kurus memiliki kelainan pencernaan. Itulah mengapa penyerapan gizi tidak bisa berjalan dengan baik dan efisien.

Makan Lebih Sering

Jika diet adalah mengurangi makan, maka jika ingin berat badan naik harus meningkatkan jumlah makan. Namun, Anda tidak bisa asal-asalan makan. Ada aturan khusus yang perlu diperhatikan supaya lebih efektif.

Makan rutin 3x sehari adalah langkah awal yang cukup baik. Jika porsinya kecil, maka bisa menambah jumlah makan. Penuhi kebutuhan karbohidrat dan lemak baik supaya lebih banyak penyerapan.

Konsumsi Smoothies

Smoothies adalah salah satu minuman yang sangat dianjurkan untuk menambah berat badan. Konsumsi 1 gelas setiap hari bisa meningkatkan berat badan Anda secara ideal. Apalagi jika ditambah dengan susu.

Minuman ini cukup baik dan bergizi karena mengandung banyak manfaat. Jika tidak suka jus buah, maka bisa mencampurnya dengan campuran lain. Jadi smoothies tersebut akan jauh lebih enak.

Memperbanyak Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi adalah makanan wajib jika ingin menambah masa tubuh Anda. Namun, setiap orang biasanya memiliki kebutuhan gizi berbeda-beda. Ada baiknya jika melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Jika terlalu banyak nutrisi juga tidak baik bagi tubuh. Karena terlalu banyak penyerapan pada tubuh, Anda malah mengalami obesitas. Jika sudah obesitas, maka sulit menemukan cara menghitung berat badan ideal.

Rutin Olahraga

Olahraga mungkin menjadi cara untuk segala masalah pada tubuh. Bukan hanya menurunkan berat, tetapi juga bisa menambah berat. Jadi, lakukan olahraga rutin setiap hari untuk menambah massa tubuh.

Beberapa Macam Diet yang Perlu Diketahui

Cara menghitung berat badan ideal tidak akan bisa dilepaskan dari diet. Bagi sebagian orang, bentuk tubuh ideal adalah idaman. Oleh sebab itu, beberapa jenis diet sering dilakukan supaya mendapatkan hasilnya.

Diet Nasi Putih

Ini merupakan diet yang paling populer bagi banyak orang. Caranya sangat sederhana dan mudah. Anda hanya perlu mengurangi konsumsi nasi putih dalam jangka waktu tertentu.

Diet Nasi Merah

Diet ini menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi nasi merah. Seperti yang sudah diketahui, nasi merah cukup unik. Anda bisa memadukannya dengan dada ayam supaya rasanya lebih nikmat.

Diet GM

Diet GM atau General Motors adalah diet yang cukup unik. Anda dianjurkan memperbanyak air mineral dan mengurangi minuman tidak sehat. Selain itu, susu kedelai adalah minuman wajib dalam diet ini.

Diet Makanan Tanpa Rasa

Diet ini dinilai paling efektif bagi sebagian orang. Diet makanan tanpa rasa ini melarang Anda menggunakan rasa-rasa. Bahkan, makanan yang digoreng juga sangat dilarang bagi orang yang menjalankan diet ini.

Diet Ketofastosis

Anda harus mengurangi semua bentuk karbohidrat dan protein sehingga melatih tubuh menyerap gizi lain. Bisa dikatakan bahwa pola diet ini berbanding terbalik dengan vegetarian.

Diet Rendah Lemak

Sama seperti namanya, Anda dianjurkan mengurangi konsumsi makanan berlemak. Namun, bukan berarti Anda sepenuhnya menghindari makanan tersebut. Biasanya diet ini cocok sebagai cara menghitung berat badan ideal.

Diet OCD

Ini merupakan diet yang dipopulerkan oleh publik figur di Indonesia. Banyak orang menilai bahwa diet OCD sangat efektif. Jadi banyak orang mulai mengikuti pola diet yang dianjurkan ini.

(Baca Juga: Penting Untuk Disimak, Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol)

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Sebenarnya ada banyak cara menghitung berat badan yang ideal yang bisa dilakukan. Setiap cara mungkin akan memberikan hasil berbeda. Namun, setiap orang memiliki kebutuhan berbeda-beda, bukan?

Kalkulator BMI

Body Mass Indeks adalah salah satu cara menghitung berat badan ideal yang cukup umum dilakukan. Cara menghitungnya sendiri sedikit rumit. Tinggi badan Anda harus berada dalam satuan meter kuadrat.

Sebagai contoh, jika tinggi badan Anda 160 cm, maka perhitungannya 1,6 x 1,6 = 2,56. Setelah itu, angka tersebut dipakai untuk membagi berat badan Anda (berat badan/2,56).

Rumus Broca

Cara menghitung berat badan ideal selanjutnya adalah melalui rumus broca. Ada perbedaan cara mengukur berat badan antara laki-laki dan perempuan. Hal ini karena keduanya memiliki massa berbeda.

Rumus untuk perempuan adalah ((tinggi badan – 100) – (15% (tinggi badan – 100)). Sedangkan untuk rumus laki-laki adalah ((berat badan – 100) – (10% (tinggi badan – 100)). Cukup mudah, bukan?

Menghitung Berat Badan Anak Usia 1 Tahun

Beda usia, maka beda juga cara menghitungnya. Bagi anak yang masih berada di bawah 1 tahun, caranya adalah (umur saat ini : 2) + 4.

Misalnya, jika anak Anda berusia 10 bulan, maka rumusnya menjadi (10 : 2) + 4 + 9 kg. Rumus ini akan berbeda jika usianya sudah melebihi 1 tahun.

Menghitung Berat Badan Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, ada juga cara menghitung berat badan ideal sendiri. Lama kehamilan menjadi salah satu faktor yang sangat penting. Jadi bisa mengetahui berat normal janin.

Rumusnya adalah berat badan ideal + usia kehamilan x 0,35. Berat badan ideal bisa mengacu pada rumus broca. Sedangkan usia kehamilan harus dalam satuan minggu.

Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menjaga Berat Badan

Bagaimanapun menggunakan cara menghitung berat badan ideal, semua akan sia-sia jika tidak menjaga keadaan tubuh. Kondisi tubuh bisa mempengaruhi berapa besar peningkatan atau penurunan tubuh Anda.

Anda harus melakukan beberapa langkah supaya tidak kurus, maupun tidak obesitas. Bagaimana caranya? Sebenarnya sangat mudah. Langkah paling sederhana adalah mengikuti pola gaya hidup sehat.

Rutin olahraga, menjaga pola tidur, banyak konsumsi air putih adalah beberapa cara yang paling sederhana. Namun, kebanyakan orang melupakan hal tersebut dan lebih memilih cara lain.

Memang tidak salah jika ingin melakukan cara lain. Namun, jika ada cara yang lebih mudah dan murah, bukankah itu penting? Jadi bisa menghemat waktu serta biaya dalam jumlah besar, bukan?

Pada dasarnya, memiliki tubuh sehat dan ideal adalah impian semua orang. Namun, tidak banyak orang melakukan tindakan. Kebanyakan orang hanya fokus tentang bagaimana cara menghitung berat badan ideal saja.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts