Bagaimana Cara Mengobati Kucing Flu? Jangan Tunggu Parah

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Flu? Jangan Tunggu Parah
Bagaimana Cara Mengobati Kucing Flu? Jangan Tunggu Parah

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengobati kucing flu jika kucing sering bersin, mata memerah dan berair. Lakukan penanganan sebelum semakin parah. 

Baca juga : 10 Manfaat Memelihara Kucing yang Perlu Anda Ketahui

Informasinya akan dijelaskan di bawah ini bisa dijadikan paduan untuk kucing Anda. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika kucing yang dimiliki sedang flu.

Berikut Ini Beberapa Penyebab Flu Kucing

Berikut Ini Beberapa Penyebab Flu Kucing
Berikut Ini Beberapa Penyebab Flu Kucing

Tidak hanya manusia saja, tetapi kucing juga bisa mengalami flu. Gejala yang mereka alami juga hampir sama, seperti mata memerah, mata berair, hidung berlendir, sakit tenggorokan, bersin, hingga demam.

Adapun beberapa penyebab yang perlu untuk diketahui sebelum mempelajari bagaimana cara mengobati kucing flu. Berikut ini adalah pembahasannya untuk Anda pecinta kucing, antara lain:

  • Virus Calici

Penyebab pertama adalah virus calici yang menyerang bagian saluran pernapasan atas pada mulut kucing. Virus inilah yang menjadikannya mengalami radang gusi, sariawan, nafsu makan hilang, dan hidung berlendir. 

  • Virus Herpes

Kemudian ada virus herpes yang paling banyak menyerang si hewan lucu ini. Virus herpes menjadi salah satu penyebab infeksi saluran pernapasan dan borok pada mata. Letak dari virus ini ada di air mata, air liur, serta lendir hidung. 

  • Bakteri Bordetella bronchiseptica

Selain menyerang kucing, bakteri ini juga bisa menjadi penyebab batuk kennel pada anjing. Diperkirakan bahwa kucing mengalami flu karena tertular anjing. Bakteri Bordetella bronchiseptica sering bersarang di bagian paru-paru.

Jadi, cara mengobati kucing flu yang disebabkan oleh bakteri ini adalah dengan antibiotik dan vaksinasi.

  • Bakteri Chlamydophila felis

Ini menjadi penyebab mengapa hewan kesayangan Anda matanya menjadi merah, berair, dan demam. Kabar baiknya, sudah ada beberapa jenis antibiotik dan vaksin yang efektif walaupun tidak bisa melindungi sepenuhnya. 

Namun, bakteri ini akan sulit untuk dihilangkan jika hewan berkaki empat tersebut hidup secara berkelompok.

Bagaimana Cara Mengobati Kucing Flu?

Melihat hewan kesayangan yang biasanya ceria dan selalu ada tiba-tiba tidak berdaya, menjadikan hati seperti dicabik-cabik apalagi jika tidak tahu harus melakukan apa.

Jika Anda mengalami hal tersebut, maka pelajarilah bagaimana cara mengobati kucing yang flu sebelum itu semakin memburuk. Berikut ini adalah pembahasannya, antara lain:

  • Bantu Pernapasan 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa flu ini bisa menjadikan kucing kesulitan bernafas karena hidung mereka tersumbat oleh lendir. Oleh karena itu, bantulah untuk melonggarkan pernapasannya.

Cara Mengobati Kucing Flu Anda bisa menyeka lendir tersebut atau meletakkan alat penghasil uap (air humidifier) di dekat mereka. Jika tidak memilikinya, maka gunakanlah air hangat.

  • Berikan Vaksin

Cara mengobati kucing flu selanjutnya adalah dengan memberikan vaksin secara berkala. Ini akan menjadi pencegahan dan pengobatan paling efektif. Anda bisa mendapatkannya di dokter hewan terdekat dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Pada awalnya, mereka memerlukan dua dosis vaksin kemudian diikuti oleh booster reguler. Namun, apakah vaksin ini bisa mengatasi semua penyakit? 

Tidak, faktanya masih belum ada vaksin yang memberikan perlindungan lengkap agar tidak terkena penyakit apapun. Bahkan, mereka yang sudah divaksin juga masih bisa menginfeksi kucing lain.

Walaupun demikian, bukankah akan lebih baik jika Anda melakukannya sebagai antisipasi maupun pengobatan?

  • Tetesi Matanya

Gunakanlah obat tetes mata untuk menyembuhkan mata yang bermasalah. Adapun ulkus mata yang sering ditemukan pada anakan dan ini bisa berkembang menjadi lebih serius bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

Oleh karena itu, cara mengobati kucing flu mereka dengan obat yang direkomendasikan oleh dokter.

  • Buat Mereka Tetap Makan dan Minum 

Perlu dipahami bahwa ketika mengalami flu, maka kucing akan kehilangan nafsu makan dan kesulitan untuk mengkonsumsi sesuatu. Namun, mereka mudah dehidrasi karena kehilangan indra perasa dan penciuman.

Oleh karena itu, tetaplah penuhi kebutuhan makan dan minumnya agar bisa segera pulih. Cara mengobati kucing flu bisa dengan memastikan mereka mengonsumsi makanan yang bergizi.

Ingat, jangan paksa mereka, cara terbaik adalah berikan makanan biasanya kemudian campur dengan makanan lain yang lebih mudah untuk ditelan, seperti ikan sarden, tuna, dan ayam panggang.

Jika kucing masih tidak mau makan dan minum, maka segera bawa mereka ke tenaga medis agar mendapatkan penanganan yang tepat,

  • Jaga Kebersihan

Ketika sedang flu, hewan lucu ini akan mengeluarkan partikel virus yang bisa bertahan selama satu minggu atau lebih. Oleh karena itu, mereka tidak perlu bertemu dengan kucing lainnya untuk kembali tertular.

Virus ini juga bisa menyebar dengan mudah melalui benda yang terkontaminasi, seperti tempat tidur, mangkuk pakan dan minum, hingga pakaian seseorang.

Itu menandakan bahwa menjaga kebersihan selama mereka sakit adalah salah cara mengobati kucing flu yang cukup efektif. 

Selain itu, tubuh mereka juga perlu untuk dibersihkan karena penyakit ini akan mengeluarkan cukup banyak kotoran, seperti borok, lendir, kotoran dari mata, dan lain-lain. Namun, jangan dimandikan ya!

  • Jemur di Bawah Sinar Matahari

Sinar matahari juga bisa membantu mempercepat penyembuhan. Ini dikarenakan suhu panas atau hangat mampu membasmi kuman atau virus penyebab flu. 

Kucing memang membutuhkan kehangatan ketika sedang sakit. Oleh karena itu, jangan mandikan mereka karena itu akan memperburuk keadaan. Cukup bersihkan tubuhnya yang kotor saja dan jangan letakkan di tempat yang terlalu dingin.

Setiap pagi, Anda bisa membawa mereka untuk berjemur selama beberapa saat agar tubuhnya lebih kebal dan cara mengobati kucing flu ini akan lebih cepat.

  • Obati dengan Madu

Setelah itu, ada pula cara mengobati kucing flu dengan memberikan mereka obat berupa madu. Manfaatnya adalah membantu meredakan flu dan meningkatkan kualitas tidur.

  • Khasiat madu

Selain itu, madu juga bisa meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti bakteri alami, menurunkan demam, dan menyehatkan pencernaan.

  • Cara pakai

Anda bisa membiarkan mereka untuk menjilatinya atau dicampur dengan air minum. Berikan ½ sendok teh saja agar pencernaannya tidak terganggu.

Walaupun demikian, tidak semua kucing akan menyukai metode ini. Ada beberapa dari mereka yang tidak suka dengan makanan manis. Jadi, jika tidak mau jangan dipaksakan ya!

  • Kurangi Stress

Tidak hanya untuk manusia, stres juga akan berdampak buruk pada kesehatan hewan termasuk kucing apalagi yang sedang terserang flu.

Cara mengobati kucing flu, maka jauhkan mereka dari berbagai hal yang menyebabkan stres. Contohnya adalah perubahan lingkungan, gangguan dari anak-anak, hingga dikenalkan dengan kucing baru.

  • Ciri-ciri stres

Adapun ciri-ciri stres yang perlu Anda ketahui, yaitu menjadi anti sosial, sering mendesis, bulu berdiri, nafsu makan berubah, diare, mencakar, berjalan mengendap, dan lain-lain.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang meninggal karena masalah ini. Oleh karena itu, perlakukan dengan baik dan sayangilah mereka. 

Cara Mengobati Kucing Flu dan Efek Samping Jika Tidak Ditangani dengan Benar

Cara Mengobati Kucing Flu dan Efek Samping Jika Tidak Ditangani dengan Benar
Cara Mengobati Kucing Flu dan Efek Samping Jika Tidak Ditangani dengan Benar

Pastikan bahwa hewan ini Anda bisa beristirahat dalam waktu yang cukup agar bisa lebih cepat pulih dari flu. Berikan tempat ternyaman dan selalu jaga kebersihannya. Jauhkan dari berbagai gangguan dan penuhilah semua kebutuhan mereka.

Efek sampingnya seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kucing adalah pembawa beberapa bakteri. Jadi, mereka bisa saja menularkan penyakit tersebut kepada kucing lainnya melalui kontak fisik.

Selain itu, jika tidak ditangani dengan benar, maka mereka berpotensi untuk merasakan penyakit ini secara permanen seumur hidup. Matanya akan selalu merah dan berair hingga mengalami radang selaput hidung.

Tidak menutup kemungkinan juga jika mereka akan mengalami komplikasi, seperti pneumonia atau radang paru-paru hingga kematian.

Selain mengetahui apa saja cara mengobati kucing flu benar, Anda juga perlu memahami bagaimana cara mencegahnya agar mereka tidak terserang kembali.

Memberikan vaksin memang bisa membantu untuk melindungi hewan kesayangan Anda dari serangan beberapa virus penyebab flu. Walaupun demikian, vaksinasi ini tidak mencakup semua penyebab flu.

Baca juga : Bingung Menentukan Disain Rumah, Ini 5 Inspirasi Rumah Minimalis

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan desinfektan secara teratur pada tempat yang sering mereka singgahi, seperti tempat tidur, baki kotoran, hingga mainannya. Berikan pula makanan bernutrisi agar daya tahan tubuh mereka semakin kuat.

Jika Anda sedang mengalami masalah ini, maka lakukanlah cara penanganan seperti yang disebutkan di atas. Namun, jika tidak membaik setelah melakukan cara mengobati kucing flu, segera bawa mereka ke dokter hewan agar mendapatkan penanganan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts