Penting! Cara Menjaga Vitalitas Saat Puasa, Agar Aktivitas Jalan Terus dan Ibadah Tak Terganggu

Cara menjaga vitalitas saat puasa

Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat Islam. Selama sebulan penuh menahan lapar dan haus seharian, tentunya membutuhkan stamina ekstra agar aktivitas tetap bisa berjalan normal dan ibadah juga menjadi maksimal. Untuk merealisasikan kondisi tersebut, Anda perlu cara menjaga vitalitas saat puasa yang tepat. Sehingga masalah kesehatan bisa diminimalisir selama berpuasa, sebab sejatinya puasa itu akan membuat tubuh semakin sehat!  

Cara Menjaga Vitalitas Saat Puasa

1. Penuhi Kebutuhan Gizi

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Gizi

Hal pertama yang bisa dijadikan cara menjaga vitalitas saat puasa adalah, memastikan gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi selama bulan puasa. Caranya? Mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna saat sahur dan berbuka. Pastikan karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan zat penting lainnya masuk ke dalam tubuh melalui makanan-makanan yang bergizi. Oatmeal, roti gandum, atau nasi merah, merupakan sumber karbohidrat pilihan. 

Sedangkan untuk sumber protein bisa didapat dari daging ayam, telur, ikan, dan lainnya. Untuk vitamin dan mineral jangan abaikan, Anda bisa memaksimalkan sayuran dan buah yang kaya gizi. Sebagai pelengkap nutrisi setelah makan, jangan lupa untuk mengkonsumsi susu yang mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

(Baca Juga: Ingin Berat Badan Ideal? Ini Dia 10 Tips Puasa Agar Turun Berat Badan)

2. Kebutuhan Cairan Tercukupi

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Kebutuhan cairan tercukupi

2/3 tubuh manusia mengandung cairan, ketika berpuasa jumlahnya akan menurun sebab selama seharian tidak ada cairan yang masuk. Sementara aktivitas tidak berubah signifikan. Secara medis, kebutuhan air putih harian orang dewasa sekitar 8 gelas jadi pastikan pada rentang berbuka hingga sahur Anda bisa memenuhinya bahkan lebih. Apalagi bagi yang punya kegiatan padat seharian, semakin banyak cairan yang dikonsumsi akan semakin bagus untuk menunjang aktivitas tersebut.

Makanya, Anda bisa menggunakan cara menjaga vitalitas saat puasa dengan mengkonsumsi air putih yang cukup sejak berbuka hingga sahur. Selain itu, bisa juga dibarengi dengan cairan lainnya yang juga akan membantu pemulihan jumlah cairan di dalam tubuh. Misalnya sop buah, sop sayur, jus buah, dan minuman herbal yang Anda sukai. 

3. Minum Suplemen

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Minum suplemen

Jangan berpikir kalau cukup gizi dan cairan saja sudah mampu membuat Anda tetap fit selama menjalankan ibadah puasa. Memang, pada kondisi tubuh yang sehat dan normal hal itu bisa masuk akal. Tapi, bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu atau baru pulih dari sakit dan ingin berpuasa. Maka solusi terbaik agar vitalitas terjaga adalah minum suplemen.

Jenis suplemen yang dipilih, bisa disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Akan lebih baik jika sebelum memilih suplemen tersebut, Anda berkonsultasi dengan dokter sehingga nantinya suplemen yang dikonsumsi bisa menyempurnakan gizi yang ada di dalam tubuh Anda. Sebagai contoh, orang yang mengalami masalah lambung maka suplemen yang diminum tentu yang bisa membantu menyehatkan lambung dan membuat proses metabolisme berjalan lebih baik. 

Begitu juga dengan Anda yang memiliki aktivitas maksimal sepanjang hari, dibutuhkan suplemen yang berisikan vitamin dan mineral penting. Dimana nantinya dapat membantu menjaga energi tubuh, sehingga walaupun berpuasa tetap bisa maksimal bekerja seharian.

4. Punya Penyakit Tertentu?

Untuk Anda yang punya penyakit tertentu yang butuh perlakuan khusus, cara menjaga vitalitas saat puasa sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter tentang persiapan yang perlu dilakukan untuk bisa lancar berpuasa. Mulai dari obat-obatan yang perlu dipersiapkan, sehingga kondisi tetap fit walaupun menderita penyakit tertentu.

Contohnya, penderita penyakit lambung seperti maag maka diperlukan trik supaya lambung tetap aman seharian. Seperti tidak mengkonsumsi makanan pedas saat berbuka dan sahur, kemudian rutin mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter. Begitu juga dengan Anda yang punya masalah diabetes, tentu dibutuhkan cara yang tepat untuk mengatur pola makan dan asupan gizi yang akan membuat tubuh tetap bertenaga selama tidak makan dan minum seharian.

Bagaimana dengan penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung? Pastikan untuk menyediakan obat yang dibutuhkan, demi kelancaran puasa. 

5. Istirahat Cukup

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Istirahat cukup

Selama bulan puasa, jadwal tidur akan mengalami perubahan dimana Anda harus bangun ketika sahur. Tapi, semua harus bisa disiasati supaya istirahat tetap cukup di malam hari. Begitu juga di siang hari, jika Anda memiliki waktu istirahat maka maksimalkanlah untuk istirahat supaya kondisi tubuh tidak lemas dan energi tidak terkuras habis. 

Bagaimana cara menjaga vitalitas saat puasa dengan istirahat ini? Tidak melulu harus tidur, tapi bisa dengan duduk di tempat yang nyaman sambil melakukan hal-hal yang menyenangkan. Bisa juga dengan bersandar ke dinding dan meluruskan kaki, lalu berhenti terlebih dahulu melakukan aktivitas berlebihan. Dengan begitu tubuh memiliki waktu santai sambil mengumpulkan kembali energi agar bisa beraktivitas kembali. 

6. Kurangi Makanan Berminyak dan Gula

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Makanan berminyak dan gula

Supaya Anda tetap sehat selama berpuasa, hindarilah untuk mengkonsumsi terlalu banyak makanan berminyak. Karena bisa memicu kolesterol tinggi yang mudah terjadi selama puasa, sebab selama seharian penuh tidak makan dan minum. Kemudian langsung makan gorengan atau gulai kari bersantan, pastinya kolesterol yang dihasilkan langsung mengendap dan merusak metabolisme tubuh Anda.

Begitu juga dengan makanan manis yang sangat diidamkan banyak orang, sebagai menu berbuka terbaiknya. Jangan terlalu mengikuti hasrat untuk mengkonsumsinya, karena akan berdampak pada cepatnya berat badan naik akibat kandungan gula yang dimilikinya.

Intinya, cara menjaga vitalitas saat puasa adalah Anda harus lebih bijaksana memilih jenis makanan untuk berbuka dan sahur. Sehingga ketika diolah oleh tubuh tidak memberikan dampak negatif bagi tubuh untuk jangka panjang.

7. Olahraga

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Olahraga

Siapa bilang berolahraga di bulan puasa itu salah? Malah dianjurkan untuk dilakukan supaya kondisi tubuh tetap segar selama bulan puasa. Memang, durasi dan jenis olahraga yang dilakukan bisa dipilih yang lebih ringan ketimbang hari biasa. 

Misalnya, lari keliling kompleks selama 30 menit menjelang berbuka atau bersepeda santai di sore hari bersama keluarga. Anda juga bisa memilih alat gym yang tidak terlalu berat dan melelahkan saat digunakan berolahraga di pusat kebugaran. Anda juga bisa memilih olahraga yang lebih santai namun membutuhkan fokus tinggi seperti Yoga, dimana Anda bisa melakukannya di rumah sambil menunggu waktu berbuka puasa. Selain membuat tubuh segar, Yoga juga membuat pikiran jadi lebih tenang dan Anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan lebih nyaman.

(Baca Juga: Simak Yuk,10 Gerakan Olahraga yang Dapat Memperbesar Payudara)

Fungsi olahraga lainnya saat berpuasa adalah, memastikan tubuh siap melakukan berbagai aktivitas semaksimal mungkin. Karena usai berolahraga kemudian Anda berbuka dan tubuh kembali mendapatkan asupan energi, yang siap dimaksimalkan melalui proses metabolisme.

8. Buat Jadwal Kegiatan

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Buat jadwal kegiatan

Pastikan untuk membuat jadwal kegiatan yang detail setiap hari, merupakan cara menjaga vitalitas saat puasa selanjutnya. Sehingga rutinitas Anda bisa diukur dan disesuaikan dengan kondisi tubuh. Jangan lupa untuk memasukkan waktu istirahat di siang dan sore, untuk membuat tubuh tetap terjaga vitalitasnya. 

9. Hindari Stres

 Cara menjaga vitalitas saat puasa - Hindari Stress

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres, apalagi ketika berpuasa dan tetap memiliki aktivitas padat akan rentan mengalaminya. Beberapa caranya adalah, dengan selalu berpikiran positif terhadap semua hal yang terjadi. Termasuk berupaya segera mencari solusi dari setiap masalah tanpa menundanya hingga menumpuk.

Cara lain yang juga bisa dilakukan adalah, luangkan waktu untuk melakukan hal menyenangkan untuk beberapa saat dengan begitu tingkat stress bisa diminimalisir. Cara lainnya adalah, lebih banyak diam dan fokus pada apa yang dikerjakan tanpa memikirkan hal yang memicu stres. Sehingga pekerjaan Anda bisa lebih cepat selesai dan stres bisa dihindari.

Satu lagi adalah, memaksimalkan ibadah selama bulan puasa untuk menambah pahala. Ini juga menjadi pengurang stres yang tepat. Mulai dari membaca Al Quran, bersedekah, mendengar pengajian dengan topik-topik menenangkan, hingga memperbanyak dzikir.

10. Hindari Kebiasaan Buruk

Cara menjaga vitalitas saat puasa - Hindari kebiasaan buruk

Menghindari kebiasaan buruk juga menjadi cara menjaga vitalitas saat puasa, untuk membuat daya tahan tubuh meningkat secara alami. Diantaranya, berhenti merokok karena hanya akan merusak paru-paru dan menyerang daya tahan tubuh. Begitu juga dengan mengkonsumsi minuman beralkohol, hindari karena hanya akan merusak tubuh dan ujung-ujungnya menimbulkan penyakit yang membuat tubuh tidak kuat berpuasa.

Kebiasaan lain yang juga perlu dihindari adalah, begadang dan melakukan kegiatan secara berlebihan. Dimana hanya akan membuat vitalitas turun drastis dan kesehatan terancam. Selain itu, sebaiknya hentikan konsumsi kafein saat puasa karena hanya akan meningkatkan asam lambung dan memicu dehidrasi pada siang hari.

 

Sudah siap untuk berpuasa, dengan nyaman dan tetap menjaga kondisi dengan cara menjaga vitalitas saat puasa di atas? Ketika dilakukan dengan rutin dan konsisten maka ibadah puasa Anda akan berjalan lancar, baik untuk yang aktivitasnya padat seharian maupun yang hanya di rumah saja.

 

Total
41
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts