Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ada yang Belum Tahu?

thumbnail cara menurunkan berat badan - cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Siapa sangka, untuk mendapatkan berat badan ideal ternyata bisa didapatkan dengan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan langsing pasti menjadi idaman semua orang khususnya kaum hawa.

Memiliki berat badan berlebih tidak hanya membuat penampilan menjadi kurang menarik. Akan tetapi orang dengan berat badan berlebih memiliki risiko lebih besar terserang berbagai penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan berat badan ideal, berbagai macam cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa dilakukan. Mulai dari melakukan diet ketat hingga melakukan tindakan medis yang membutuhkan biaya tidak sedikit.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan agar mendapatkan berat badan ideal adalah dengan melakukan olahraga. Akan tetapi siapa sangka, Anda juga bisa menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan olahraga.

Untuk Anda yang penasaran bagaimana cara menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga, simak ulasan berikut ini :

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

 Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan tanpa perlu capek berolahraga. Di antaranya seperti berikut ini :

1. Konsumsi Serat Lebih Banyak

Salah satu cara menurunkan berat badan dengan mudah tanpa olahraga adalah mengkonsumsi serat secara cukup. Serat membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh sekaligus membuat sisa metabolisme bisa dibuang dengan lebih cepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Mudah

Setiap orang memiliki kebutuhan serat yang berbeda. Akan tetapi secara umum, pria membutuhkan 38 gram per hari sedangkan wanita 25 gram sehari. Kebutuhan serat dalam tubuh tersebut harus dipastikan terpenuhi jika ingin memiliki tubuh ideal.

2. Konsumsi Protein

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya adalah mengkonsumsi protein. Berdasarkan data dari US News, Health.usnews.com, mengkonsumsi protein bisa membuat berat badan turun lebih cepat karena memberikan rasa kenyang lebih lama.

Agar menjaga berat badan, usahakan konsumsi protein 25 – 30 gram setiap hari. Ada banyak jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein seperti salmon, daging merah, dada ayam, tuna, susu dan masih banyak lagi.

3. Kunyah Makanan Pelan-Pelan

Meskipun terlihat sepele, siapa sangka bahwa mengunyah makanan dengan pelan ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Mengunyah makanan secara perlahan membantu otak untuk lebih cepat mengenali rasa kenyang sehingga porsi makan berkurang.

Setidaknya, kunyah makanan paling sedikit 32 kali di dalam mulut. Makanan yang dikunyah dengan pelan akan memudahkan tubuh untuk menyerap nutrisinya. Tidak hanya itu mengunyah makanan secara perlahan juga membuat Anda lebih cepat kenyang.

4. Gunakan Piring Kecil

Makan menggunakan piring kecil ternyata juga efektif untuk menurunkan berat badan tanpa perlu berolahraga. Penggunaan piring kecil membuat porsi makan makan menjadi lebih sedikit. Hal ini akan membuat berat tubuh menjadi lebih cepat kecil.

Meskipun menggunakan piring kecil, akan tetapi pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi. Jika ingin lebih sehat, perbanyak porsi sayur dan buah-buahan. Makanan kaya serat lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga tidak membuat gemuk.

5. Makan Dengan Tenang

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga selanjutnya adalah usahakan makan dengan tenang dan fokus. Makan dengan tenang membuat tubuh lebih mudah merespon rasa kenyang sehingga porsi makan menjadi lebih sedikit.

Ketika makan hindari hal-hal yang bisa menganggu konsentrasi seperti bermain gadget atau menonton televisi. Makan dengan kondisi demikian membuat durasi makan menjadi lebih panjang sehingga porsi makanan juga akan bertambah.

6. Minum Air Putih Cukup

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu memperlancar metabolisme. Tidak hanya bagus untuk kesehatan, minum air putih cukup ternyata juga efektif untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal.

Konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari. Dengan memenuhi kebutuhan cairan, tubuh bisa melakukan metabolisme dengan baik. Hasilnya pembakaran lemak dalam tubuh juga akan lebih maksimal sehingga berat badan bisa turun.

7. Konsumsi Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu bahan makanan yang ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Kandungan asam asetat dalam cuka apel mampu membantu mempercepat proses pembakaran lemak di dalam perut.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini Anda bisa mengkonsumsi cuka apel satu sendok per hari. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, lingkar perut bisa mengecil hingga 1.4 cm.

8. Tidur Cukup

Pola tidur yang tidak teratur dan cenderung kurang, bisa meningkatkan risiko obesitas. Hal ini disebabkan oleh metabolisme yang kurang maksimal akibat efek dari kurang tidur. Kurang tidur juga terbukti meningkatkan hormone kelaparan ghrelin.

Jika ingin memiliki tubuh ideal, usahakan tidur minimal 8 jam setiap hari. Sebelum tidur, jangan lupa konsumsi air putih lebih banyak untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh ketika tidur. Hasilnya Anda akan bisa menurunkan berat badan dengan signifikan.

9. Hindari Stress

Stress atau terlalu banyak pikiran ternyata tidak hanya memiliki efek buruk terhadap kesehatan saja. Akan tetapi stress juga bisa memicu meningkatnya berat badan atau obesitas.

Ketika stress maka tubuh akan memproduksi hormone cortisol lebih banyak. Hormon ini akan memicu rasa lapar dan ingin memakan makanan yang tidak sehat untuk memuaskan diri. Oleh sebab itulah, jika ingin punya tubuh langsing, hindari stress berlebih.

10. Berpuasa

Berpuasa juga bisa menjadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang efektif. Anda bisa mencoba teknik puasa dengan pola makan selama 8 jam dan puasa selama 16 jam berikutnya.

Dengan berpuasa secara teratur selama 2 hingga 6 bulan, diyakini mampu menurunkan berat bedan hingga 7 persen. Saat ingin menurunkan berat badan, hindari makan makanan berat di atas jam 7 malam.

Kebiasaan yang Bisa Membuat Berat Badan Bertambah

Melakukan langkah-langkah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga akan sia-sia jika Anda tidak bisa mengatur pola makan dan kebiasaan dengan benar. Pasalnya beberapa makanan dan kebiasaan ternyata justru memicu berat badan meningkat. Di antaranya seperti berikut:

1. Konsumsi Junkfood

Makan makanan junkfood atau cepat saji ternyata menjadi salah satu penyebab kenapa berat badan tidak mau turun. Makanan junkfood memiliki kandungan minyak dan garam yang tinggi sehingga memicu penumpukan lemak.

Baca Juga : Ingin Berat Badan Ideal? Ini Dia 10 Tips Puasa Agar Turun Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan, sebisa mungkin hindari makan makanan yang kuran sehat. Sebagai gantinya Anda bisa memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat.

2. Meminum Alkohol

Jika ingin cara menurunkan berat badan tanpa olahraga bekerja dengan efektif, hindari minuman beralkohol. Minuman beralkohol ternyata bisa membuat metabolisme tubuh menjadi lambat.

Tidak hanya itu, minuman beralkohol juga memicu penumpukan lemak terutama dibagian perut. Jika kebiasaan ini tidak bisa dihentikan, bukan tidak mungkin Anda akan memiliki perut buncit sehingga usaha menurunkan berat badan juga akan gagal.

3. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman manis memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Hal ini bisa memicu kenaikan berat badan secara signifikan jika tidak dikontrol dengan baik. Oleh sebab itulah, jika ingin tubuh ideal, kurangi makanan dan minuman yang tinggi kandungan gula.

Konsumsi gula berlebih juga bisa memicu terjadinya obesitas. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa mengancam kesehatan karena berisiko mengalami beragam penyakit berbahaya. Oleh sebab itulah, pastikan control konsumsi gula dalam tubuh agar sehat dan langsing.

4. Jus dalam kemasan

Mengkonsumsi jus buah memang disarankan sebagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Akan tetapi pastikan jus terbuat dari buah segar dan bukan berasal dari jus kemasan. Pasalnya jus kemasan justru bisa membuat barat badan bertambah.

Jus kemasan mengandung beberapa zat tambahan seperti pemanis dan pengawet. Dua bahan tersebut tidak disarankan dikonsumsi saat ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena dapat memicu obesitas yang juga berbahaya untuk kesehatan.

Dibandingkan konsumsi jus, akan lebih baik jika buah-buahan dikonsumsi secara langsung. Hal ini untuk menjaga nutrisi dalam buah tetap terjaga dan tidak tertambah dengan zat-zat yang justru bisa merusak manfaatnya.

Sudahkah Anda Mulai Mengikuti Cara Tersebut?

Memiliki tubuh yang ideal sudah pasti menjadi idaman semua orang. Dengan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga ini, Anda bisa mendapatkan tubuh langsing tanpa perlu capek mengeluarkan keringat. Kuncinya adalah terletak di pola hidup yang lebih sehat.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts