Fakta Menarik tentang Lego Sebagai Mainan Abad Ini

Fakta Menarik tentang Lego Sebagai Mainan Abad Ini
Fakta Menarik tentang Lego Sebagai Mainan Abad Ini

Terdapat berbagai fakta menarik tentang Lego bahwa menjadi sebuah permainan edukasi bahwa menyenangkan. Salah satu mainan terpopuler dan terlaris sepanjang masa, Lego adalah nama mainan tangga di seluruh dunia.

Baca juga : Fakta Mengejutkan Tentang Smartphone yang Menarik Diulas

Permainan ini sangat menyenangkan untuk anak-anak dan orang dewasa dari segala usia. Bahkan mainan ini memiliki sejarah bahwa luar biasa bahwa berlangsung lebih dari 80 tahun. 

Mainan ini adalah salah satu mainan paling populer dan banyak digunakan di dunia dan telah berkembang menjadi merek bahwa diakui secara internasional. Subkultur juga berkembang dengan film, permainan, kompetisi, dan enam taman hiburan.

7 Fakta Menarik tentang Lego: Sejarah Singkat

7 Fakta Menarik tentang Lego: Sejarah Singkat
7 Fakta Menarik tentang Lego: Sejarah Singkat

Lego adalah salah satu merek game paling sukses dalam sejarah pasar. Permainan ini merupakan mainan blok bangunan plastik bahwa menjadi sangat populer di pertengahan abad ke-20.

1932-1934: Pembuatan Brick Pertama

Lego brick dibuat di Billund, Denmark, di bengkel Ole Kirk Christiansen. Tahun 1932 menjadi penanda Ole dalam membuat mainan kayu pertama kalinya. Ini menjadi salah satu fakta menarik tentang Lego. Dua tahun kemudian dia menamai perusahaannya bahwa berasal dari bahasa Denmark “leg godt” berarti “bermain dengan baik“.

1949: Brick Plastik Diproduksi

Pada tahun 1949, perusahaan ini memproduksi brick plastik pertamanya, bahwa mendahului brick khas dengan pegangan pengunci di bagian atas dan tabung di bagian bawah. Model tersebut dipatenkan pada tahun 1958 oleh putra Christiansen, Godtfred Kirk, bahwa menggantikan ayahnya sebagai direktur perusahaan.

1968: Lahirnya Taman Hiburan LegoLAND

Tidak membutuhkan waktu lama, brick tersebut segera menyebar ke seluruh Eropa. Kepopulerannya membawa permainan balok tersebut ke puncak popularitas. Di tahap ini lah, taman hiburan LegoLAND secara resmi dibuka pertama kali di Billund pada tahun 1968.

1969: Peluncuran DUPLO 

Sebagai penggemar, tentunya sudah tidak asing dengan DUPLO. Pada tahun 1969, perusahaan mulai menjual seri balok DUPLO dengan ukuran lebih besar.

Fakta menarik tentang Lego di balik pembuatannya adalah diharapkan anak-anak kecil bahwa kesulitan menangani brick biasa juga bisa berkesempatan memiliki permainan bahwa sama. Tentunya DUPLO membawa keberagaman usia.

1978: Awal Kedatangan Minifigures 

Sembilan tahun kemudian, Lego memperkenalkan minifigures. Bentuk ini biasanya humanoid kuning bahwa tersenyum menjadi pokok dari playset bertema perusahaan. Berfokus pada kit robotika bahwa dapat diprogram dengan blok khusus.

1998: Perilisan MINDSTORMS

Fakta menarik tentang Lego pertama kali dirilis pada tahun 1998 dan mengalami beberapa iterasi bahwa semakin kompleks selama beberapa tahun berikutnya. Brick dasar tetap sama sejak dipatenkan dan umur panjang mainan tersebut berkat desain sederhana dan ramah anak ini. 

Hasilnya, kumpulan brick tersebut membentuk budaya masa kanak-kanak di sebagian besar dunia. Dimiliki oleh keluarga Christiansen selama beberapa generasi, Lego adalah salah satu penerima penghargaan National Toy Hall of Fame AS pada tahun 1998.

1999: Lego Star Wars

LEGO Star Wars pertama kali diperkenalkan ke publik pada Pameran Mainan Internasional 1999 di New York. Pameran mainan juga menampilkan lagu-lagu klasik dengan sentuhan teknologi, termasuk lagu berbicara dan menyanyi yang ajaib Kermit the Frog and the Barbie.

Di tahun yang sama, Lego merilis 13 set Star Wars. Minifigure Jar Jar Binks juga diproduksi. Menurut Lego.comFigure-figure ini adalah minifigure Lego pertama yang menampilkan kepala minifigure yang unik”. 

Fakta Menarik tentang Lego yang Merambah Industri Hiburan

Fakta Menarik tentang Lego yang Merambah Industri Hiburan
Fakta Menarik tentang Lego yang Merambah Industri Hiburan

Permainan ini sendiri diberi julukan sebagai “Toy of the Century” oleh berbagai otoritas pada tahun 2000. Brick digunakan untuk membuat segalanya. dari replika raksasa monumen terkenal. Saat ini bahkan ditemukan Menara Eiffel, Gunung Rushmore, bahkan hingga seni modern.

Fakta menarik tentang Lego lainnya adalah perusahaan ini terus berkembang hingga ranah industri hiburan. Selama tahun 2000-an, merek mainan ini terus berkembang menjadi beberapa game elektronik.

Bahkan termasuk serangkaian game minifigure aksi-petualangan populer berdasarkan objek budaya pop ikonik seperti film Star Wars, Batman, pahlawan super Marvel Comics, dan buku Harry Potter. Pada tahun 2014, The Lego Movie hadir sebagai film animasi komputer yang terkenal juga tentang eksploitasi minifigure.

Tidak hanya sampai di situ, perusahaan ini terus melanjutkan karya dengan meluncurkan film sekuel di tahun 2017. Di tahun tersebut, Batman menjadi tokoh utama dalam film The Lego Batman Movie. Salah satu penggemar film ini, Batman menjadi subyek sekuel tersendiri, The Lego Batman Movie (2017). 

4 Fakta Menarik tentang Lego sebagai Permainan Anak-anak di Dunia

4 Fakta Menarik tentang Lego sebagai Permainan Anak-anak di Dunia
4 Fakta Menarik tentang Lego sebagai Permainan Anak-anak di Dunia

Setelah mengetahui rentetan sejarahnya, adapun beberapa fakta lainnya yang sangat menarik untuk diketahui. Beberapa fakta menarik yang perlu kalian ketahui adalah sebagai berikut.

Lahir dari Seorang Tukang Kayu

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, orang pertama yang memulai pengembangan permainan ini adalah Ole Kirk Christiansen. Pekerjaan awalnya adalah sebagai seorang tukang kayu di Denmark.

Ketika saat itu banyak orang Denmark yang tidak mau membeli furnitur kayu yang mahal dan sebaliknya. Di saat itukah, ia mencoba menjadi pembuat mainan yang terinspirasi dari miniatur furnitur yang dibuatnya dari produk kayunya.

Memiliki Sistem Universal

Salah satu fakta menarik tentang Lego dari mainan ini adalah sistemnya yang universal. Sederhananya, jika kalian memiliki set permainan dari tahun 1958, maka set seri lama tersebut masih dapat digunakan untuk bermain dan digabungkan dengan set keluaran di tahun 2019.

Hal ini bisa terjadi karena balok permainan ini memiliki sistem universal di mana satu block dapat dihubungkan dengan block lainnya. Bahkan tempat di mana kalian membelinya tidak akan pernah menjadi masalah. Baik dibeli di Amerika ataupun Indonesia, semuanya dapat digabungkan. 

Minifigures sebagai Populasi Terbesar

Fakta menarik tentang Lego lainnya adalah deretan minifigures. Diluncurkan pada tahun 1957, minifigure awalnya tidak memiliki wajah dan disajikan dengan warna kulit kuning untuk menggeneralisasi semua ras dan etnis.

Lucunya, para desainer ini mendesain minifigures tanpa hidung agar produk tetap bersih. Sebelumnya, perusahaan ini bisa menghasilkan 12 minifigures/detik. 

Jangan heran jika ada yang menyebut minifigures sebagai demografi terbesar. Karena, produksi minifigures produk tersebut sudah mencapai 4 miliar keping. Mainan mendapat gelar “Mainan Abad Ini“.

Mengalahkan Kepopuleran Teddy Bear dan Barbie

Asosiasi Pedagang Mainan Inggris memilih Lego sebagai “Toy of the Century”. Dengan gelar ini membuktikan bahwa permainan ini mengalahkan Teddy Bear dan Barbie. 

Selain itu, pada Februari 2015 berhasil mengalahkan Ferrari sebagai “Merek terkuat di dunia“. Gelar yang diterima mainan tidak sia-sia, karena menjadikannya permainan terlaris di Jerman disusul Amerika Serikat. 

2 Fakta Menarik tentang Lego: Dulu Vs Sekarang

2 Fakta Menarik tentang Lego: Dulu Vs Sekarang
2 Fakta Menarik tentang Lego: Dulu Vs Sekarang

Surat kepada orang tua yang mengkampanyekan kesetaraan gender ditemukan di kotak tua dari tahun 1974. Dari sinilah adalah pengingat nyata tentang bagaimana waktu telah berubah di LegoLAND. Berikut adalah beberapa hal yang berubah dari dulu hingga sekarang.

Lego Dulu

Beberapa kit dilengkapi dengan instruksi dan beberapa tidak datang dengan instruksi untuk mendorong kreativitas dan imajinasi. Salah satu fakta menarik tentang Lego terlihat pada lembaran tahun 1974.

Pada lembaran tersebut merupakan sebuah pengingat lembut bagi orang tua bahwa anak perempuan dan laki-laki sama-sama menikmati membangun dan menggambar. Di dalamnya tertulis “Untuk orang tua. Dorongan untuk mencipta sama kuatnya pada semua anak, laki-laki dan perempuan.”

Yang penting adalah imajinasi. Tidak ada keterampilan. Kalian membangun apa pun yang dapat kalian pikirkan sesuai keinginan. Banyak anak laki-laki menyukai rumah boneka. Ada lebih banyak orang daripada pesawat ruang angkasa. Banyak gadis menyukai pesawat ruang angkasa. 

Lalu, di seri pendahulunya kalian bisa membeli sekotak besar dengan balok warna berbeda. Jika beruntung, kalian mendapat pesawat luar angkasa atau peti desa. Bahkan kalian bisa membangun rumah dan kendaraan yang dihancurkan dan bangun kembali setiap hari.

Lego Sekarang

Perbedaan lainnya dari dulu dengan sekarang adalah dari lembaran manual yang diberikan. Untuk versi belakangan ini, manual dapat mencapai ratusan halaman. Bahkan seringkali menghasilkan beberapa buku terpisah.

Fakta menarik seputar Lego versi sekarang adalah kalian akan selalu membeli kotak kecil yang merupakan bagian dari tema yang lebih besar. Anak kalian akan membuat kalian membeli set apapun yang sesuai dengan tema yang sesuai keinginan. 

Baca juga : Fakta Menarik tentang Danau Kelimutu, Surga di Tanah Flores

Dari berbagai fakta tersebut di atas, tentunya menjadi permainan ini lebih menarik lagi. Beberapa fakta menarik tentang Lego tersebutlah yang membawa permainan ini pantas menjadi legenda yang abadi bagi seluruh usia.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts