Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda – Pernikahan merupakan salah satu momen paling berkesan dalam hidup setiap orang. Setiap orang tentunya selalu memiliki keinginan untuk bisa menyelenggarakan acara pernikahannya. Ada Pula yang memiliki konsep pernikahan sendiri yang ingin diwujudkan. 

Disamping itu beberapa calon pengantin khususnya mempelai wanita belum memiliki ide atau konsep busana yang akan dikenakannya. Setelah pergi ke tempat penata busana pun masih belum memiliki inspirasi gaya busana yang akan digunakan. Biasanya pengantin wanita sering menggunakan gaun untuk dikenakan pada acara pernikahannya. 

Berbagai jenis potongan dan gaya gaun pengantin bisa Anda pilih untuk dikenakan pada acara besar tersebut. Biasanya jenis potongan maupun gaya busana tersebut sering disesuaikan dengan tema atau konsep pada acara yang akan diselenggarakan. Anda bisa memilih busana tersebut yang sesuai dengan konsep acaranya. 

Hingga saat ini berbagai jenis dan gaya busana untuk pengantin sudah sangat banyak. Jenis dan potongannya berasal dari berbagai sumber inspirasi. Beberapa diantaranya mengadaptasi dari gaya berbusana pada zaman dahulu yang kemudian ditata sedemikian rupa sehingga tampak lebih cantik dan tidak terkesan “jadul”. 

Selain gaya tersebut adapula beberapa gaya gaun pengantin lainnya yang bisa Anda pilih. Jika Anda belum memiliki inspirasi dan referensinya maka Anda bisa menggunakan beberapa contoh gaya busana untuk pengantin wanita berikut ini. 

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda:

Busana Pengantin Tradisional

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda

Gaya berbusana bagi pengantin ini sudah sering digunakan oleh para pengantin khususnya di Indonesia. Hampir setiap penyelenggaraan acara pernikahan sering menggunakan busana tradisional terutama pada acara akad nikah. Barulah pada acara resepsi kedua mempelai akan menggunakan busana yang lebih modern atau lainnya. 

Gaya gaun pengantin ini bisa Anda pilih untuk digunakan pada acara pernikahan baik untuk acara akad nikah saja maupun dengan acara resepsi. Biasanya busana tradisional sudah tersedia di setiap penata busana sesuai daerah masing-masing. Namun pada penata busana yang handal dan profesional beberapa jenis busana adat akan tersedia. 

Gaya busana ini tetap akan terlihat modern jika ditambah dengan riasan wajah yang sesuai dan tidak berlebihan. Anda bisa tetap tampil anggun dan berbeda dari biasanya. Terlebih saat ini sudah banyak penata busana dan penata rias yang sudah handal dalam merancang busana tradisional yang sangat cantik dipadukan dengan riasan yang juga sangat cantik. 

Busana Pengantin Muslimah

Busana Pengantin Muslimah

Gaya gaun pengantin berikutnya ialah gaun pengantin muslimah. Gaun model ini biasanya lebih mengedepankan unsur syar’i atau islami dalam pembuatan dan pemakaiannya. Misalnya gaun tersebut akan dibuat tidak menerawang, tidak ketat, serta menutup setiap bagian tubuh. Hal yang tak kalah pentingnya bagi ialah penggunaan hijab yang juga sesuai. 

Untuk penggunaannya Anda bisa memilih jenis potongan yang lurus dan lebih sederhana untuk busana akad nikah. Kemudian untuk model yang lebih mewah seperti potongan A-line, ball gown, atau jenis lain yang lebih mewah bisa dipilih untuk busana resepsi. Untuk bagian hijabnya Anda bisa menyesuaikan dengan bentuk atau potongan dari gaunnya. 

Agar terlihat lebih anggun Anda bisa menggunakan warna-warna yang lebih soft seperti pink, moka, atau warna-warna pastel. Penggunaan warna yang cenderung lebih muda ini bisa membuat kesan syar’i lebih terlihat. Padukan dengan riasan yang juga tidak terlalu mencolok sehingga konsep yang baik bagi muslimah bisa lebih dicerminkan. 

(Baca Juga: Yuk Ikutin, 8 Cara Menabung Walaupun Gaji Kamu Pas-Pasan)

Busana Pengantin Klasik 

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda

Gaya gaun pengantin berikutnya yang cocok menginspirasi ialah model gaun klasik. Saat ini tema vintage atau kembali ke zaman dahulu semakin booming dan banyak digunakan. Salah satu hal yang membuatnya tampak lebih klasik ialah pada penggunaan warna yang cenderung lebih pucat seperti putih tulang. 

Untuk potongan busana nya Anda bisa memilih gaun lengan panjang dengan potongan bangun bagian bawah agak mengembang. Kemudian pada bagian dadanya bisa dibuat terbuka atau tidak. Untuk kain yang digunakan bisa menggunakan perpaduan kain brokat atau menggunakan bahan satin yang biasanya memiliki warna cenderung lebih pucat. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gaun yang memiliki potongan yang menggelembung pada bagian tangannya. Dari potongan bagian tangannya saja gaun tersebut sudah nampak terlihat menggunakan gaya gaun pengantin yang klasik. Konsep seperti ini bisa anda pilih untuk membuat acara pernikahan lebih berbeda. 

Busana Pengantin Simple

Inspirasi Gaya Gaun Pengantin yang Bisa Dipilih untuk Hari Besar Anda

 

Gaya busana berikutnya yang bisa Anda pilih ialah gaun yang simple. Gaun jenis ini biasanya lebih banyak digunakan pada acara pernikahan dengan konsep outdoor. Adapun acara pernikahan yang diselenggarakan secara indoor namun menggunakan konsep yang lebih sederhana dibanding acara pernikahan pada umumnya. 

Gaya busana seperti ini bisa diwujudkan berupa potongan gaun pendek sampai batas lutut. Gaya gaun pengantin ini sangat santai sehingga sangat cocok jika digunakan untuk acara pernikahan yang diselenggarakan secara outdoor. Untuk bagian lengannya bisa dibuat panjang atau sebatas siku sehingga akan terlihat lebih manis.  

Untuk gaun ini Anda perlu menggunakan bahan kain yang sedikit lebih detail atau memiliki motif. Tujuannya agar Anda bisa tampil sedikit lebih eksklusif dan tidak terkesan pucat. Anda juga bisa menggunakan model lain yang lebih panjang dengan model atau potongan yang tidak terlalu rumit. Anda harus memastikan panjangnya pun tidak berlebihan.

Busana Pengantin Gaya Modern 

Busana Pengantin Gaya Modern

Untuk busana pernikahan yang modern ini juga bisa Anda gunakan. Potongan busana ini biasanya lebih nampak sederhana namun memperlihatkan sisi elegan dari gaun yang digunakan. Contohnya saja Anda bisa menggunakan potongan lurus pada kebaya atau gaun lainnya. Kemudian Anda bisa membuat bagian bawahnya lebih panjang atau seperti memiliki ekor. 

Gaya gaun pengantin seperti ini bisa tampak lebih modern jika dikenakan oleh mempelai wanita. Bagian lengannya bisa dibuat lebih pendek sebatas siku. pada bagian dadanya bisa dibuat sedikit terbuka atau dibuat tertutup seperti biasa. Bahan kain yang digunakan bisa menggunakan perpaduan brokat atau kain sejenisnya. 

(Baca Juga: Tips And Trick Traveling Di masa Pandemi)

Selain itu, ada pula jenis gaun modern lainnya seperti model A-Line, ball gown, gaun duyung atau mermaid dan masih banyak lagi. Gaya modern saat ini lebih terlihat sangat simple Namun penggunaan bahan dari gaun tersebut biasanya akan lebih mewah. Selain itu, riasan wajahnya pun juga simple dan aksesoris yang digunakan tidak akan terlalu banyak. 

Itulah beberapa inspirasi atau referensi gaya busana bagi pengantin wanita. Gaun-gaun tersebut bisa Anda pilih dalam acara pernikahan Anda. Anda bisa mempercayakan pembuatan atau penyewaannya kepada kepercayaan Anda atau vendor lain yang sudah handal. Pilihlah penata rias yang juga cukup profesional agar hasilnya lebih menawan. 

Apapun jenis busana dan konsep yang akan digunakan tentunya Anda harus cermat memilih jenis gaun pengantin yang akan digunakan. Gaya gaun pengantin tersebut harus Anda pilih dengan sangat cermat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan pihak keluarga serta penata busana yang Anda pilih agar hasilnya bisa sesuai.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts