Pahami Yuk, Gaya Hidup Sehat Sangat Membantu dari Segi Finansial

gaya hidup sehat

Kesadaran untuk menerapkan gaya hidup sehat saat ini sudah mulai dilakukan oleh banyak orang. Tidak hanya dari kalangan artis saja namun sudah meluas bahkan ke masyarakat luas apapun profesi mereka.

Ada banyak cara agar bisa hidup lebih sehat dari hal-hal sederhana misalnya olahraga ringan setiap hari. Memilih makanan yang dikonsumsi dan banyak hal lainnya yang pastinya sangat berdampak baik.

Jika Anda merasa menerapkan pola hidup yang lebih sehat harus mengeluarkan banyak uang tentu saja salah. Karena faktanya pola hidup seperti ini justru sangat bermanfaat dari segi finansial Anda.

Selama ini banyak orang belum berani menerapkan pola hidup seperti ini karena merasa belum siap dari segi keuangan. Misalnya dituntut harus membeli buah yang masih fresh dan masih banyak lagi.

Untuk itu pembahasan kali ini bukan tentang bagaimana caranya menerapkan gaya hidup yang sehat. Namun apa pengaruh dan manfaatnya antara kesehatan dengan finansial sehingga semakin sadar untuk segera menerapkan.

Manfaat Menerapkan Gaya Hidup Sehat Bagi Finansial

Masih banyak yang belum sadar jika menjaga kesehatan dengan cara sederhana justru berdampak baik pada finansial. Tidak ada salahnya Anda simak beberapa manfaat berikut ini agar semakin yakin untuk memulainya.

1. Kesehatan akan selalu terjaga

 gaya hidup sehat - kesehatan akan selalu terjaga

Perlu dipahami jika tujuan penting seseorang menerapkan gaya hidup sehat adalah untuk menjaga kesehatan. Hal ini sebagai dasar yang harus diperhatikan dan selalu diingat sebelum membahas ke manfaat lain.

Kesadaran untuk menjaga kesehatan masing-masing menjadi pondasi penting agar bisa sukses hidup lebih baik. Jika Anda merasakan kesehatan selalu terjaga maka akan lebih bersemangat dan mendapatkan manfaat lainnya.

Masalahnya banyak orang ingin menerapkan pola hidup lebih sehat bukan dengan tujuan utama kesehatan. Namun biasanya untuk diet atau menurunkan berat badan dari obesitas yang dialaminya dengan berbagai cara.

Padahal manfaat utama yang akan Anda rasakan dari segi kesehatan akan selalu terjaga dan pastinya berdampak pada lainnya. Berikut manfaat lainnya akan dirasakan secara langsung baik dari kesehatan maupun finansial.

(Baca Juga: Pentingnya Kebiasaan Positif dalam Hidup, Wajib Dicoba!)

2. Lebih hemat biaya untuk makanan dan minuman tidak sehat

 gaya hidup sehat - lebih hemat biaya

Perlu diketahui kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman sehat membuat Anda lebih hemat dari segi pengeluaran. Makanan dan minuman tersebut selain berdampak buruk bagi kesehatan ternyata juga bagi finansial.

Ketika Anda menjalankan gaya hidup sehat pasti akan menyadari jika makanan dan minuman tidak sehat sangatlah banyak. Bahkan harganya cukup mahal jika dibandingkan dengan makanan dan minuman sehat alami.

Karena ingin hidup lebih sehat biasanya seseorang akan lebih rajin memasak makanan sendiri daripada beli di luar. Bahkan makanan yang dimasak juga lebih fresh serta tidak memilih makanan instan.

Begitupun dengan minuman pasti lebih memilih memperbanyak minum air putih daripada jenis minuman-minuman lain. Bahkan jika harus mengkonsumsi jus biasanya akan mengurangi penggunaan gula agar lebih sehat.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat secara tidak langsung Anda akan mengurangi kebiasaan jajan diluar. Harga makanan maupun minuman tidak sehat biasanya juga lebih mahal sehingga lebih hemat.

Kalaupun harus nongkrong bersama teman-teman dan pergi ke restoran bisa memilih jenis santapan lebih sehat. Misalnya dengan memilih jus dengan gula sedikit atau memesan salad sehingga minuman bersoda bisa dihindari.

Jadi dapat dihitung sendiri jika biasanya makan di restoran harus menghabiskan uang ratusan ribu rupiah. Sekarang mungkin Rp 50.000 saja sudah cukup karena kebiasaan hidup lebih sehat yang sudah dilakukan.

3. Kebiasaan merokok akan terhenti

 gaya hidup sehat - kebiasaan merokok akan terhenti

Seseorang yang harus menerapkan gaya hidup sehat secara langsung harus menghentikan kebiasaan merokok. Tanpa disadari rokok tidak hanya merusak kesehatan Anda namun juga membuat finansial menjadi kacau.

Mungkin saat ini tidak terasa ketika membeli rokok misalnya Rp 20.000 untuk satu pak per harinya. Itu belum dampak bagi kesehatan misalnya menjadi batuk dan sakit paru-paru untuk jangka panjangnya.

Misalnya budget untuk rokok sudah dihilangkan karena Anda memutuskan tidak lagi merokok. Kemudian alihkan budget rokok tersebut menjadi tabungan misalnya Rp 20.000 selama 30 hari menjadi Rp 600.000.

Bayangkan saja dalam satu bulan Anda dapat menyisihkan uang Rp 600.000 yang seharusnya digunakan membeli rokok. Selama satu tahun berapa yang didapatkan, Rp 600.000 x 12 bulan menjadi Rp 7.200.000.

Hal ini akan sangat terasa hasilnya dengan langkah sederhana tidak lagi merokok dan menabung uangnya. Dalam satu tahun Anda bisa menyisihkan dana Rp 7.200.000 yang bahkan bisa dimanfaatkan untuk liburan.

4. Meminimalkan pengeluaran untuk kesehatan

 gaya hidup sehat - meminimal pengeluaran untuk kesehatan

Membahas tentang pengaruh gaya hidup sehat terhadap finansial tidak harus dari hal-hal yang nilainya besar. Pernahkah Anda sadari jika tubuh sering lelah dan perut tidak nyaman karena makanan atau minuman.

Sehingga mengharuskan Anda membeli obat tertentu setiap harinya agar sakit tidak terlalu parah. Mungkin juga kepala sering sakit, entah karena sakit kepala biasa atau migrain karena kurang istirahat.

Kebiasaan kecil seperti ini terkadang tidak disadari padahal jika Anda menerapkan pola hidup lebih sehat hal ini tidak terjadi. Makan teratur, tidur cukup, istirahat terpenuhi, memilih makanan maupun minuman sehat.

Anda tidak perlu lagi membeli obat-obatan meskipun harganya bisa dikatakan cukup murah. Misalnya hanya Rp 5.000 saja bayangkan jika setiap hari maka selama 30 hari harus mengeluarkan uang Rp 150.000.

Sering mengkonsumsi obat-obatan tidaklah baik bagi kesehatan dan ternyata menguras uang kecil Anda. Jadi mulailah ubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat agar tidak perlu lagi mengeluarkan dana Rp 150.000/ bulan.

(Baca Juga: Cara Memulai Pola Hidup Sehat Di Era Milenial)

5. Terhindar dari dari serangan penyakit dadakan

 gaya hidup sehat - terhindar dari serangan penyakit dadakan

Pola hidup tidak sehat kerap kali membuat seseorang harus mengalami serangan penyakit dadakan. Saat ini penyakit dadakan seperti jantung dan stroke tidak hanya menyerang orang-orang usia lansia saja.

Semua usia bahkan yang masih muda sekalipun memiliki risiko sama besarnya dengan usia lansia. Apalagi anak-anak muda sekarang diberikan banyak pilihan makanan instan yang pastinya tidak sehat.

Bayangkan saja berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan jika sudah terkena sakit dadakan. Selain biaya jangka pendek karena harus sembuh dulu ternyata masih ada biaya jangka panjangnya untuk terapi misalnya.

Hal ini dapat Anda cegah dengan menerapkan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Keuangan juga lebih aman karena biaya untuk berobat memang sangat mahal apalagi tanpa asuransi.

Jika Anda berhasil menerapkan pola hidup lebih sehat maka hasil tabungan yang sudah dikumpulkan bisa digunakan liburan. Sebagai bentuk apresiasi pada diri sendiri karena berhasil sehat dan terhindar dari penyakit.

6. Semakin bersemangat untuk kerja

 gaya hidup sehat - lebih semangat bekerja

Memiliki tubuh yang fit membuat Anda akan terlihat fresh, bersemangat dan tidak mudah lelah. Hal ini berdampak baik pada semangat kerja sehingga dapat lebih produktif dan bersemangat untuk memulai hari.

Semangat kerja karena dampak positif dari gaya hidup sehat sangat berpengaruh karena rejeki semakin lancar. Percaya atau tidak, orang yang memiliki semangat kerja akan lebih mudah mendapatkan rejeki dalam hidupnya. 

Bahkan bagi pekerja kantoran prestasi akan lebih sering didapatkan dari pada pekerja yang malas. Anda tidak akan datang terlambat, tidak mengantuk selama kerja sehingga menjadi penilaian tersendiri bagi atasan.

Ketika bangun pagi tubuh tidak kelelahan karena kebutuhan tidur tercukupi dan makanan yang dikonsumsi sudah sesuai. Anda tidak terlambat sarapan sehingga lebih bisa menikmati pagi hari dengan santai.

Jika Anda seorang wirausaha maka ide-ide akan selalu bermunculan dan pelayanan kepada customer semakin baik. Usaha akan semakin lancar sehingga pendapatan otomatis akan terus mengalami peningkatan setiap harinya.

7. Lebih hemat dari segi transport

 gaya hidup sehat - lebih hemat dari segi transport

Tahukah Anda ternyata gaya hidup sehat juga sangat berdampak positif pada berkurangnya biaya untuk transport. Hal-hal kecil seperti ini yang belum disadari ternyata sangat membantu untuk berhemat dengan lebih mudah.

Misalnya jarak antara tempat kerja dengan rumah tidak terlalu jauh maka tidak harus membawa motor atau mobil. Anda bisa memutuskan membawa sepeda dengan mulai bangun lebih baik agar tidak terlambat.

Contoh lainnya juga jika harus berbelanja di toko dekat rumah tidak harus selalu memakai motor. Berjalan kaki santai maupun naik sepeda selain sehat juga lebih hemat karena tidak membeli BBM.

Jika biasanya naik mobil harus mengeluarkan uang untuk BBM minimal Rp 50.000 dan motor minimal Rp 10.000. Dengan memutuskan naik sepeda maupun berjalan kaki BBM bisa dimanfaatkan perjalanan jauh saja.

Mengetahui berbagai manfaat penting menjaga pola hidup lebih sehat tidak hanya bagi tubuh namun juga finansial. Jangan ragu memulai dari sekarang menerapkan gaya hidup sehat karena tidak ada kata terlambat.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts