Untuk Kamu yang Doyan Jajan, Ini Dia Jajanan Sehat Rendah Kalori

jajanan sehat rendah kalori

 

Tak sedikit orang enggan makan cemilan karena alasan kalorinya yang tinggi. Namun, ada pula jajanan sehat rendah kalori yang bisa jadi pilihan untuk ngemil tanpa takut berat badan naik. Dr. Inge permadhi, ms, spgk dan dr. Fiastuti witjaksono, ms, spgk dari spesialis gizi di rumah sakit cipto mangunkusumo universitas indonesia (rscm-ui) merekomendasikan beberapa cemilan yang bukan hanya rendah kalori tapi juga menyehatkan.

Berikut Adalah Jajanan Sehat Rendah Kalori

Slow-churned ice cream

jajanan sehat rendah kalori - Slow- churned ice cream

Slow-churned ice cream merupakan jenis es krim yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya. Yang membedakannya adalah penggunaan susu tanpa lemak pada ice cream jenis ini. Selain itu slow-churned ice cream juga tidak menggunakan perasa dan gula didalamnya.

Menggunakan proses ekstrusi suhu -20°c yang menghasilkan kristal es yang sedikit dan hanya membutuhkan pembukuan yang relatif singkat. Dalam setiap  ½ cangkir es krim ini terdapat 100 kalori saja. Kandungan lainnya yakni 15g karbohidrat, 2 g saturated fat, 20 mg kolesterol, dan 45 mg sodium.

Popcorn

jajanan sehat rendah kalori - Popcorn

Kebanyakan orang pasti berpikir jika popcorn merupakan camilan tinggi kalori yang tak sehat. Namun, siapa sangka makanan yang biasa dikonsumsi saat nonton ini menurut dr. Inge justru menjadi jajanan sehat rendah kalori, lho.

Lantas bagaimana cara menjadikan popcorn sebagai camilan sehat yang tak berbahaya bagi kesehatan. Jika bisanyanya popcorn menggunakan campuran dengan gula, natrium, mentega, saus karamel dan lemak kamu tak bisa mencampurkan semua bahan tersebut. Konsumsi camilan ini tanpa menggunakan bahan campuran di atas. Alhasil, jajanan tersebut menjadi camilan yang sehat,

(Baca Juga: Berdiet Sehat Dengan 10 Sayur yang Baik Untuk Asam Lambung)

Popcorn sendiri merupakan makanan rendah lemak dan kalori serta memiliki kandungan serat tinggi sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Makanan ini juga bisa dikonsumsi saat menjalankan program diet karena kalorinya yang rendah. Batas maksimal mengkonsumsi camilan ini yakni sebanyak 6  cangkir saja. Di dalamnya terdapat kandungan 24 g karbohidrat, 0,5 g saturated fat, dan 220 mg sodium

Blueberry smoothie

Jajanan sehat rendah kalori - Blueberry Smoothie

Siapa sih yang tak tahu jika blueberry smoothie merupakan makanan sehat dan juga rendah kalori? Smoothie sendiri merupakan minuman yang terbuat dari berbagai buah dengan rasa yang segar dan enak. Bedanya dengan jus, smoothie menggunakan campuran plain milk, yogurt, dan sirup gula.  Untuk mengurangi kandungan lemaknya, bisa ganti dengan yogurt rendah lemak yang lebih sehat tentunya.

Berbagai jenis buah yang digunakan bisa sesuai dengan selera campurkan blueberry yang sehat dan segar juga, karena pada dasarnya buah merupakan makanan sehat yang baik untuk tubuh. Minuman sehat ini memiliki kandungan antioksidan dan kalsium.

Supaya rasanya lebih nikmat dan segar, kamu bisa menyimpan bahan buah pada kulkas. Dalam setiap satu gelasnya terdapat kandungan , 59 mg sodium, 0 mg saturated fat, dan 2 mg kolesterol. Sehat sekali bukan?

Kacang almond

Jajanan sehat rendah kalori - Kacang Almond

Camilan selanjutnya adalah kacang almond. Selain menyehatkan, camilan ini juga rendah kalori, cocok dimakan ketika setelah makan besar. Dr. Inge juga menekankan bahwa kacang almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral dan vitamin, serta memiliki kandungan protein dan monounsaturated fat. Selain itu, jenis kacang ini juga mempunyai kandungan serat tinggi yang cocok dijadikan sebagai camilan di saat lapar maupun di sela-sela waktu senggang.

Potongan apel yang dilapisi selai kacang

Jajanan sehat rendah kalori - Potongan apel yang dilapisi selai kacang

Jajanan sehat rendah kalori yang bisa dibuat sendiri adalah potongan apel dengan selai kacang. Rasanya segar dan enak membuat makanan ini bukan hanya sekedar sehat. Cara membuatnya juga mudah, potong apel menjadi beberapa bagian, oles dengan selai kacang pada tiap potongan apel. Supaya kalorinya tak tinggi, cukup oleskan selai secara tipis.

Tidak disarankan untuk mengkonsumsi selai kacang lebih dari dua sendok teh. Karena rasanya yang manis dan segar menjadikan camilan ini bikin nagih. Kandungan di dalamnya terdapat phloridzin yang merupakan zat flavonoid, gunanya untuk meningkatkan kepadatan sekaligus memperkuat tulang. Kandungan di dalamnya hanya berisikan 0 mg kolesterol, 2 mg sodium, serta 0,8 mg saturated fat.

(Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Secara Alami, Yuk Ikutan)

Frozen yogurt sandwich

Jajanan sehat rendah kalori - Frozen yogurt sandwich

Jajanan sehat rendah kalori yang satu ini menggunakan susu yang telah dipadatkan. Selain itu, badan lain di dalamnya yakni yogurt, lemak susu, sirup jagung, pemanis hingga penyedap. Untuk menjadikannya sebagai camilan rendah kalori, kamu bisa menggunakan yogurt tanpa lemak. Cara membuatnya cukup simpel, yakni cukup oleskan yogurt tanpa lemak sebanyak 2 sendok pada roti gandum, setelah itu diamkan di lemari pendingin. Kandungan yang ada di dalamnya yakni 104 mg sodium, 0,13 mg saturated fat, serta 1 mg kolesterol.

Dark chocolate

jajanan sehat rendah kalori - Dark Chocolate

Jika kamu tidak terlalu menyukai makanan manis, kamu bisa menjadikan dark chocolate sebagai jajanan sehat rendah kalori. Coklat hitam ini terbuat dari 70 hingga 85 persen kakao yang memiliki kandungan magnesium, zat besi dan seng yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari healthline, jenis coklat yang satu ini bahkan bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, dark chocolate sering kali dikonsumsi untuk diet. Apalagi, dark chocolate juga memiliki manfaat yang berhubungan dengan penurunan berat tubuh.

Sereal gandum

jajanan sehat rendah kalori - Sereal gandum

Salah satu camilan yang dikenal bukan hanya sehat tapi juga rendah kalori adalah gandum. Supaya menjadi camilan yang lezat, pilihlah sereal gandum tanpa menggunakan pemanis. Dalam setiap 1/3 cangkirnya, terdapat kandungan tinggi serat yang membuat kenyang. Selain itu, kalori di dalamnya hanya sebanyak 70 kalori saja. Selain itu, camilan sehat rendah kalori tersebut juga memiliki kandungan 0.17 g saturated fat, 0 mg kolesterol, dan 83 mg sodium.

Crackers gandum utuh dengan keju

jajanan sehat rendah kalori - crackers gandum utuh dengan keju

Jajanan sehat rendah kalori berikut ini juga sangat cocok dikonsumsi ketika sedang diet. Gunakan keju yang memiliki kandungan kalsium dan protein untuk menjadikannya sebagai camilan yang bernutrisi. Cara membuatnya juga mudah, cukup campurkan irisan keju cheddar serta crackers gandum utuh. Selain rendah kalori, rasanya yang asin dan manis bercampur dengan tekstur renyah membuatnya kaya rasa.

Crackers gandum utuh juga sehat karena memiliki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan dan membuat perut kenyang lebih lama.

Pisang dengan selai kacang

jajanan sehat rendah kalori - pisang dengan selai kacang

Buah pisang memang tak pernah gagal masuk ke dalam daftar makanan rendah kalori dan sehat. Namun kadang rasanya membuat bosan jika dikonsumsi cukup sering. Kamu bisa mengubahnya menjadi jajanan sehat rendah kalori yang lebih nikmat. Padukan pisang dengan selai kacang supaya menjadi camilan yang memanjakan lidah. Selai kacang sendiri memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang akan menyuplai energi bagi tubuh.

jajanan sehat rendah kalori ini cocok sekali dikonsumsi bagi kamu yang sedang diet. Menjalankan program diet dengan membatasi asupan makanan terkadang membuat tubuh terasa lemas. Energy yang dihasilkan dari makanan ini akan membuat tubuh menjadi lebih bertenaga.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts