Jenis-Jenis Tanaman Herbal Di Rumah dengan Perawatan yang Mudah

Tanaman Herbal Di Rumah – Saat ini banyak orang menanam tanaman herbal di rumah, selain memiliki banyak fungsi sebagai obat tradisional. Adanya tanaman herbal ini juga bisa membuat rumah tampak terlihat lebih indah dengan hiasan tanaman tersebut di setiap sudut ruangan. Selain di dalam rumah, Anda juga bisa menanamnya di pekarangan rumah atau di taman belakang. 

Tanaman ini juga disebut sebagai tanaman obat keluarga yang berupa daun maupun bunga dengan kandungan zat aktif yang mampu mengobati dan menyembuhkan penyakit. Pengobatan tradisional sendiri telah digunakan sejak dahulu baik untuk mengobati luka, sakit ringan hingga yang cukup parah. 

Cara pengolahannya  sendiri beragam tergantung jenis tanaman dan juga penyakit yang diderita ada yang ditumbuk, diminum, dan lain sebagainya. Ada banyak jenis tanaman untuk obat tradisional,  berikut ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang bisa Anda tanam di rumah. 

Berikut Adalah Tanaman Herbal Dirumah Dengan Perawatan yang Mudah

Daun Bawang 

Tanaman Herbal Di Rumah - Daun Bawang

Daun bawang merupakan salah satu tanaman herbal di rumah praktis yang bisa ditanam di dalam rumah. Umumnya daun bawang sering dijadikan sebagai garnish atau taburan pada makanan agar masakan lebih beraroma lezat. Hal ini sudah menjadi tradisi khusus hadirnya daun bawang pada makanan dan masakan di Asia.

Daun bawang ini sendiri memiliki banyak khasiat, salah satunya yaitu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh. Memiliki sifat anti diabetes pada tubuh dan baik untuk sistem pencernaan serta kesehatan jantung manusia. Tanaman ini mudah untuk ditanam baik diluar maupun di dalam rumah Anda. 

Kemangi 

Tanaman Herbal Di Rumah - Kemangi

Selain digunakan sebagai lalapan daun kemangi juga bisa disebut sebagai tanaman obat yang bisa Anda tanam sendiri di rumah. Umumnya tanaman ini digunakan sebagai pelengkap makanan yang menambah aroma sedap pada masakan. Daun kemangi sendiri memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Perannya sebagai peningkat nafsu makan juga mampu meredakan sakit perut karena kembung dan juga mampu mengobati luka ringan di kulit akibat goresan kecil. Tanaman ini juga terlihat indah jika ditanam dalam rumah, bentuknya yang kecil membuatnya cocok dijadikan sebagai hiasan. 

(Baca Juga: Cara Menanam Jahe Di Halaman Rumah Dan Yang Kita Perlukan)

Chamomile atau Kamomil

Tanaman Herbal Di Rumah - Chamomile atau Kamomil

Tanaman herbal di rumah selanjutnya adalah chamomile, tanaman hias ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Biasanya tanaman ini dijadikan minuman sehat seperti teh dengan aroma yang harum. Aromanya sendiri sangat mirip dengan buah apel, teh chamomile dipercaya mampu menghilangkan stres karena dapat meredakan gangguan cemas dan tegang. 

Tanaman ini juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai  obat gangguan pencernaan baik untuk orang dewasa maupun anak. Ia juga mampu mengobati iritasi kulit, gatal-gatal, kulit kering, dan juga kemerahan akibat peradangan kulit. Perawatannya sendiri terbilang cukup mudah, dan bisa dirawat di dalam rumah atau halaman rumah. 

Lemon Balm 

Tanaman Herbal Di Rumah - Lemon Balm

Tanaman ini memiliki daun yang beraroma khas dan harum, sehingga jika ditanam di rumah akan memberikan aroma yang menenangkan. Lemon balm ini memiliki efek antispasmodic yang dapat menenangkan perut dan juga sistem saraf pada tubuh. Bahkan tumbuhan ini sendiri telah di teliti di sebuah studi beberapa tahun yang lalu. 

Dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa tanaman ini mampu melawan virus herpes dengan cara dioleskan pada kulit. Namun, jika Anda ingin menanamnya di rumah sebaiknya pilih daun lemon balm yang belum melewati usia ke enam bulan. Hal ini dikarenakan khasiat dan manfaat kesehatannya akan berkurang jika sudah di atas waktu enam bulan. 

Peppermint dan Spearmint 

Tanaman Herbal Di Rumah - Papermint atau Spearmint

Sama seperti tanaman herbal lainnya peppermint juga memiliki aroma yang sangat khas dan tidak asing lagi. Tanaman herbal di rumah ini juga merupakan tanaman yang menyehatkan dan biasa dicampurkan dalam teh atau hiasan pada makanan. Daun peppermint yang dicampurkan ke dalam teh dapat meredakan sakit tenggorokan seperti batuk. 

Teh peppermint juga bisa membantu meredakan mual dan muntah-muntah karena masuk angin dan lainnya. Selain itu juga mampu meredakan rasa tidak nyaman pada perut akibat gangguan pencernaan. Sementara fungsi lainnya jika Anda menggunakannya dalam bentuk topikal atau obat oles dapat meredakan nyeri otot. 

Ada baiknya jika Anda ingin menanam kedua tanaman ini, pastikan bahwa rumah Anda memiliki hawa yang sejuk agar bisa tumbuh dengan baik. Tidak hanya itu, untuk mengolahnya menjadi obat sebaiknya petik sebelum bunganya tumbuh, karena daun peppermint akan menjadi pahit jika bunga telah tumbuh. 

Lavender 

Tanaman Herbal Di Rumah - Lavender

Lavender bisa dijadikan rekomendasi tanaman herbal di rumah, Anda bisa menanamnya di pekarangan rumah. Bunga lavender biasa juga disebut sebagai bunga ajaib, hal ini karena aromanya yang menenangkan dan membuat rileks. Warnanya yang cantik juga dapat membuat halaman rumah terlihat lebih nyaman dan indah. 

Lavender dapat menyembuhkan luka pada kulit dengan cara mengoleskannya ke area yang luka, serta dapat meredakan rasa sakitnya. Minyak lavender juga memiliki banyak fungsi yang baik, salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi jika dicampur ke dalam bak mandi. 

(Baca Juga: Jenis-Jenis Jahe Beserta Harganya Yang Tersedia Di Pasaran, Yuk Simak)

Rosemary

Tanaman Herbal Di Rumah - Rosemary

Tanaman jenis Lamiaceae ini sama seperti lavender dan kemangi, hal tersebut karena pada daunnya memiliki kandungan zat besi, kalsium, dan juga vitamin B-6. Aromanya juga sangat khas dan menenangkan, umumnya tanaman ini memiliki bentuk yang cantik dan warna yang menarik. Anda dapat menjadikannya sebagai hiasan dan memangkasnya sesuai selera.  

Komponen yang terkandung dalam tanaman rosemary ini sendiri memiliki antioksidan yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh serta sirkulasi darah. Khasiatnya juga mampu mengobati gangguan pencernaan dan beberapa penyakit lainnya. Aromanya sendiri memiliki fungsi yang dapat meningkatkan konsentrasi, mengembalikan suasana hati. seseorang. 

Jika ingin merawatnya tanaman herbal di rumah, maka pilihlah tempat yang dapat menyerap sinar matahari dengan baik. Sistem pertumbuhannya dapat tumbuh besar dalam waktu cepat dan melebar sehingga diperlukan pot yang lebih besar. Penyiraman pun harus dilakukan secara rutin dengan air yang secukupnya namun merata, agar tanaman tumbuh dengan baik.

Lidah Buaya

Tanaman Herbal Di Rumah - Lidah Buaya

Tanaman herbal di rumah dengan perawatan mudah selanjutnya adalah Lidah Buaya. Umumnya tanaman lidah buaya sering digunakan sebagai perawatan kecantikan untuk kulit, rambut dan sebagainya. Namun ada beberapa manfaat lain dari tanaman ini yang baik untuk kesehatan dan sering digunakan sebagai obat tradisional. Manfaat yang pertama yaitu dapat memperlancar sistem pencernaan seseorang. 

Tidak hanya itu ia juga dapat menurunkan penyakit gula darah, menurunkan berat badan yang berlebihan. Ciri khas dari tanaman obat atau herbal ini satu ini yaitu warnanya yang hijau dengan bentuk seperti lidah dan bergerigi pada pinggir tanaman, dengan daging tebal dan berlendir. Lidah buaya bisa juga dijadikan obat untuk sakit asma, mag, peradangan dan lainnya. 

 

Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah dan pastikan mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Dalam perawatan tanaman herbal di rumah seperti lidah buaya ini, tidak perlu menyiram tanaman terlalu sering untuk menghindari pembusukan pada akar. Penggunaannya sendiri cukup menggunakan gel lidah buaya dengan pengolahan yang  beragam sesuai dengan pengobatan yang Anda inginkan.

 

Beberapa tanaman herbal di rumah tersebut sangat bermafaat mulai dari untuk obat atau penangkal serangga masuk kedalam rumah. Semoga artikel tentang tanaman herbal di rumah diatas bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menanam tanaman herbal.

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts