Berbagai Manfaat Cuka Apel dan Cara Penggunaannya

Manfaat cuka apel bagi kehidupan manusia memang sangat beragam. Bahan ini mungkin sudah sangat Anda kenal dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaannya yang tepat bisa berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Popularitasnya memang belum cukup lama meningkat. Meskipun demikian, manfaatnya sudah dirasakan secara berabad-abad oleh banyak orang. Dalam bahasa inggris, cuka apel disebut dengan Vinegar. Ini terbuat fermentasi sari buah apel.

Kandungan Cuka Apel dan Cara Membuatnya

manfaat cuka apel

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang manfaat cuka apel, apakah Anda penasaran tentang bagaimana kandungan yang terdapat di dalamnya? Seperti yang telah dijelaskan diatas, cuka apel terbuat dari sari buah apel yang telah difermentasi.

Proses fermentasi tersebut akhirnya menghasilkan enzim serta probiotik. Ini berperan untuk mempromosikan kesehatan tubuh. Kandungan kalori serta gula yang terdapat di dalamnya lebih rendah atau lebih sedikit dibandingkan dengan jus apel maupun sari apel biasa.

Manfaat cuka apel dapat dirasakan karena kandungan lengkap yang ada di dalamnya. Beberapa kandungan yang ada dalam larutan tersebut antara lain adalah :

  • Mangan
  • Magnesium
  • Antioksidan
  • Zat besi
  • Asam Amino
  • Kalori 
  • Fosfor

Anda tidak perlu mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Hanya dengan cukup mengkonsumsi satu sendok saja, maka sudah merasakan nutrisi yang terkandung di dalam larutan tersebut.

Selain membeli yang sudah jadi di supermarket, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Tidak cukup rumit untuk membuat cuka apel. Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan.

Peralatan dan bahan

Siapkan 10 buah apel organik, kain katun tipis, air, dan 2 toples kaca berukuran cukup besar.

Cara pembuatan

Pertama-tama, cuci 10 buah yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Potong-potonglah apel menjadi 4 buah bagian. Biarkanlah potongan buah tersebut berada dalam suhu ruangan.

Nantinya, buah apel akan berubah warna menjadi kecoklatan. Jika apel sudah berubah warna, masukkanlah ke dalam toples kaca. Tambahkanlah air hingga apel di dalam toples tersebut bisa terendam. 

Tutuplah toples dengan menggunakan kain tipis. Biarkan kondisinya begitu. Kain berfungsi agar masih ada oksigen masuk ke dalam campuran antara air dan buah tersebut. Letakkan toples di dalam tempat gelap dan hangat.

Lalu, biarkan setidaknya 6 bulan dan aduklah seminggu sekali. Hasil fermentasi selama 6 bulan akan menghasilkan buih di atasnya. Saring cairan menggunakan kain tipis. Kemudian, tutuplah kembali dengan kain tipis dan biarkan hingga 4 sampai 6 minggu.

Setelah tiba saatnya, pindahkan cairan tersebut yang sudah mengalami fermentasi pada wadah kecil. Tutup dengan rapat dan simpan di dalam kulkas. Selanjutnya, cuka apel bisa digunakan untuk perawatan tubuh.

Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan 

manfaat cuka apel - manfaat cuka apel untuk kesehatan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunakan cuka apel. Dengan penggunaan yang tepat, maka Anda bisa menjaga kesehatan menggunakan cairan ini. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Mengatasi sembelit

Manfaat cuka apel untuk kesehatan adalah untuk mengatasi konstipasi alias sembelit. Susah buah air besar merupakan salah satu hal umum yang dialami oleh banyak orang. Ini akan membuat perasaan menjadi tidak nyaman.

Probiotik yang terkandung dalam cairan tersebut memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan usus. Sistem pencernaan juga menjadi lebih sehat karenanya. Penggunaan dengan aturan tepat akan mengatasi sembelit dengan mudah.

(Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga yang Bisa Memperlancar BAB dan Manfaatnya)

Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, cairan tersebut bisa menjadi sebuah solusi yang tepat. Berbagai macam penelitian telah dilakukan terkait dengan hal tersebut.

Penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi 2 sdm cairan tersebut dalam waktu 12 minggu dapat menurunkan setidaknya 2 kilogram disertai dengan gaya hidup yang baik. Imbangi juga dengan olahraga dan pola makan yang teratur.

Mencegah kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang sangat umum dialami oleh orang-orang yang hidup di masa sekarang. Nah, tahukah Anda bahwa manfaat cuka apel ternyata bisa mencegah kolesterol?

Kolesterol jahat merupakan biang dari penyakit jantung dan stroke. Kandungan antioksidan alami yang terkandung dalam cairan ini bisa menurunkan LDL alias kadar kolesterol jahat.

Produksi kolesterol baik atau HDL juga bisa ditingkatkan. Mengkonsumsi dengan aturan tepat akan membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks. Dengan begitu, ini akan mengontrol agar tekanan tidak cepat naik.

Meredakan asam lambung

Pernahkah Anda mengalami gejala asam lambung? Penyakit ini cukup mengganggu aktifitas. Penderita akan merasakan sakit pada bagian perut. Asam lambung bisa ditandai dengan rasa mual, sering bersendawa, diikuti dengan rasa lemas.

Mengkonsumsi cuka apel ternyata bisa meringankan gejala-gejala tersebut. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa melarutkan satu hingga 2 sendok makan cuka apel ke dalam air sebanyak 200 ml. Konsumsilah sebelum makan.

Manfaat cuka apel juga bisa dipergunakan dalam menurunkan risiko penyakit kanker. Kanker merupakan jenis pertumbuhan sel abnormal dengan tidak terkendali. Ini akan merusak bagian sel sehat. 

Cuka apel memiliki kandungan antioksidan dan betakaroten. Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi penting dalam menangkal radikal bebas. Harus diketahui bahwa radikal bebas terdapat dalam asap rokok, polusi, hingga radiasi sinar ultraviolet.

Nah, meskipun manfaatnya sangat banyak bagi kesehatan penggunaannya juga harus dilakukan secara tepat. Penggunaan dalam jumlah terlalu banyak bisa membuat efek samping negatif. Jadi, pastikan Anda mengkonsumsinya dengan melarutkan pada air, bukan langsung diminum.

Manfaat Cuka Apel untuk Kecantikan

manfaat cuka apel - cuka apel untuk kecantikan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, cairan ini memiliki manfaat untuk kecantikan. Dengan penggunaan rutin, Anda bisa mendapatkan tubuh yang cantik dan menawan. Inilah ragam fungsi dari cuka apel untuk kecantikan tubuh.

Mengurangi penuaan dini

Manfaat cuka apel untuk kecantikan kulit adalah dalam rangka mengurangi penuaan dini. Ini berfungsi dalam rangka pengelupasan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam hidroksi alfa yang ada di dalamnya.

Kandungan tersebut nyatanya bisa dapat membuat sel-sel kulit mati yang menumpuk menjadi hilang. Akhirnya, bercak penuaan dini pada wajah akan menjadi hilang bahkan hilang.

Mencegah kerutan

Kerutan pada wajah tentu saja akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Kerutan di wajah memang bisa dihilangkan dengan menggunakan skincare. Namun jika ada cara yang mudah, mengapa Anda harus menggunakan produk skincare mahal?

Untuk mencegah kerutan pada wajah memakai cuka apel, Anda bisa mengaplikasikannya menggunakan ujung cotton bud. Oleskan pada wajah berkerut. Diamkan selama 30 menit. Kemudian, bilas dengan air dingin.

Mencegah dan memudarkan jerawat

Manfaat cuka apel juga bisa digunakan dalam mencegah jerawat serta membantu memudarkan bekasnya. Zat alami yang terkandung dalam cairan ini bisa menghilangkan kotoran serta debu dan mengurangi garis halus pada kulit.

Selain itu, asam suksinat yang terkandung di dalamnya bisa membantu proses pengelupasan kulit mati. Peradangan jerawat juga bisa diredakan. Akhirnya, jaringan parut pada wajah yang disebabkan karena jerawat bisa menjadi lebih berkurang.

Efek Samping Konsumsi Cuka Apel Secara Berlebih

manfaat cuka apel - resiko konsumsi cuka apel berlebihan

Meskipun manfaat cuka apel memang cukup banyak bagi kesehatan, namun penggunaan dalam jumlah berlebih akan mengakibatkan dampak buruk. 

Itulah mengapa, Anda harus menggunakannya sesuai dengan aturan. Efek samping secara berlebih dalam konsumsi cairan ini adalah sebagai berikut

Masalah pencernaan

Karena kandungan di dalamnya bisa mencegah pengosongan perut, maka konsumsi berlebih akan membuat perut mengalami kembung. Anda juga bisa mengalami muntah dan mual. Penderita Gastroparesis sebaiknya menghindari penggunaannya.

(Baca Juga: Simak Yuk, Obat Diare Paling Ampuh dengan Bahan Alami)

Kerapuhan tulang

Konsumsi cuka apel dalam jumlah besar serta dalam jangka waktu lama bisa membuat osteoporosis. Ternyata, kandungan asam tinggi pada cairan tersebut bisa mengurangi pembentukan tulang baru.

Kadar kalium pada tubuh menjadi rendah

Kadar kalium akan menjadi turun ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi cuka apel. Jika kadar kalium rendah, maka tentu saja akan banyak masalah bermunculan. Sebaiknya, pertimbangkan efek samping ini jika ingin mengkonsumsinya.

Kerusakan pada gigi

Bukan hanya osteoporosis, konsumsi cuka apel berlebih juga bisa membuat kerusakan pada email gigi. Email rusak akhirnya bisa membuat gigi berlubang. Maka, pastikan Anda mengkonsumsinya secara tepat dengan mengencerkannya pada air terlebih dahulu.

Nah, meskipun efek sampingnya memang cukup banyak namun penggunaannya memang cukup banyak dilakukan. Asalkan Anda bisa mengkonsumsinya sesuai takaran dan tidak berlebihan, maka manfaat cuka apel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan bisa didapatkan.

Total
34
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts