Berbagai Manfaat Energi Matahari Bagi Makhluk Hidup

Manfaat energi matahari bagi makhluk hidup sangatlah melimpah. Bahkan beberapa riset ilmiah sampai menyimpulkan kalau matahari ini adalah salah satu sumber kehidupan yang paling utama bagi semua makhluk hidup yang ada di bumi.

Tidak hanya manusia saja, keberadaan matahari dan energinya ini juga berdampak besar untuk hewan dan tumbuhan. Tentu saja ada banyak siklus hidup yang akan berubah dan mengalami kerusakan jika sinar matahari sampai hilang dari permukaan bumi.

Seperti kita ketahui, matahari adalah salah bintang terdekat dari tata surya kita. Keberadaannya memungkinkan terjadinya kehidupan di bumi dan titik panasnya memungkinkan atmosfer bumi tetap utuh. Jika dibahas dengan lebih detail, manfaat energi matahari ini akan semakin kompleks. 

Agar kita lebih menghargai siklus alam dan berbagai aspek yang ada di dalamnya, penting bagi Anda untuk memahami apa saja manfaat energi matahari bagi makhluk hidup secara lebih detail. Namun sebelumnya kami akan membahas apa itu energi matahari terlebih dahulu.

Apa Itu Energi Matahari?

Sebelum kami membahas manfaat energi matahari bagi makhluk hidup lebih jauh, penting bagi Anda untuk memahami pengertian dari energi matahari itu sendiri terlebih dahulu. Jika Anda berpikir energi matahari hanya sekedar panas, maka Anda salah. 

Energi matahari adalah kombinasi antara sinar dan panas yang datang dari matahari dan sampai ke bumi. Berdasarkan riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, energi matahari yang diterima bumi sangatlah melimpah.

Intensitas Energi Matahari yang Sampai ke Bumi

Diperkirakan bumi menerima sekitar 174 PW radiasi sinar matahari yang masuk melalui atmosfer. 30% dari intensitas tersebut dikembalikan atau dipantulkan ke luar angkasa. Sedangkan 70% dari radiasi surya tersebut masuk ke dalam atmosfer bumi.

Kemudian radiasi diserap oleh awan, darat dan lautan. Jangkauan inframerah dekat dan sinar tampak. Namun sebagian kecil lainnya tetap pada rentang ultraviolet dekat. Pada saat radiasi masuk, suhu bumi meningkat dan mengakibatkan penguapan air laut. 

Kemudian terjadilah hujan. Ini merupakan salah satu manfaat energi matahari bagi makhluk hidup yang paling utama. Hujan menyebarkan debit air di laut dengan sangat merata di seluruh permukaan bumi ini. 

Selain hujan, keberadaan radiasi surya ini juga memicu terjadinya angin, penyesuaian suhu air laut, penguatan struktur bumi dan berbagai hal penting lainnya. Karena itu tidak mengherankan jika para ahli menyebut matahari sebagai salah satu sumber kehidupan.

(Baca Juga: Simak Yuk Berbagai Manfaat Menjalankan Pola Hidup Sehat)

Manfaat Energi Matahari Bagi Makhluk Hidup

Melihat penjelasan singkat yang sudah kami jelaskan di atas, tentu bisa ditarik kesimpulan kalau energi matahari memiliki peranan yang sangat besar terhadap keberadaan seluruh makhluk hidup di bumi. 

Penting bagi Anda untuk memahami apa saja peranan tersebut untuk masing-masing ekosistem. Seperti kita ketahui, makhluk hidup yang ada di bumi ini adalah manusia, hewan dan tumbuhan. Mari kita bahas apa saja manfaat-manfaat tersebut secara lebih detail.

  • Manfaat Energi Matahari Bagi Manusia

manfaat energi matahari - manfaat matahari bagi manusia

Bicara manfaat energi matahari bagi makhluk hidup tentu tidak akan lengkap tanpa membahas apa manfaatnya terhadap manusia. Manusia ini adalah makhluk hidup yang paling utama di bumi. Manusia berada di posisi rantai ekosistem paling tinggi.

Bagi manusia sendiri manfaat matahari ini ada yang diterima secara langsung, ada juga yang diolah dan dikonversi terlebih dahulu hingga akhirnya dimanfaatkan untuk kepentingan yang lain. Berikut ini beberapa manfaat energi matahari bagi manusia.

  • Matahari menjadi sumber vitamin D yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaganya jauh dari penyakit berbahaya
  • Sinar matahari juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang manusia dan meningkatkan produksi kalsium di dalam tubuh manusia.
  • Cahaya matahari membantu terjadinya proses fotosintesis pada tumbuhan. Fotosintesis pada tumbuhan ini menjadi sumber oksigen paling utama bagi kelangsungan hidup manusia.
  • Paparan sinar matahari meningkatkan produksi melatonin pada tubuh manusia. Melatonin ini berdampak besar terhadap peningkatan kualitas tidur manusia di malam hari.
  • Paparan sinar matahari juga berdampak besar terhadap kesehatan mental. Cahaya matahari memudahkan tubuh untuk melepas hormon serotonin dan endorphin yang membuat hidup seseorang jauh lebih bahagia.
  • Secara langsung, sinar matahari memberikan asupan cahaya yang cukup bagi seluruh permukaan bumi. Otomatis keberadaannya menjadi penerang di siang hari. Jika matahari tidak ada, bumi ini akan sangat gelap seperti malam.
  • Energi matahari juga dikonversi menjadi energi listrik oleh manusia dengan perangkat panel surya. Energi yang dihasilkan memberikan asupan listrik yang begitu besar.

Di dunia transportasi, kini energi matahari dijadikan sarana untuk menghidupkan kendaraan. Ada banyak varian kendaraan dengan tenaga matahari yang bisa Anda temukan saat ini.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia juga menggunakan energi matahari untuk menjemur pakaian, makanan, dan berbagai hal lainnya.

Energi matahari juga menjadi salah satu sarana untuk menghangatkan tubuh manusia kala kedinginan. Secara umum, keberadaan energi matahari ini memang menjaga suhu bumi tetap stabil.

Tentunya masih banyak manfaat energi matahari bagi makhluk hidup lainnya. Namun beberapa poin di atas adalah manfaat utama dari matahari terhadap kehidupan manusia pada umumnya.

  • Manfaat Energi Matahari Bagi Tumbuhan

manfaat energi matahari - manfaat matahari bagi tumbuhan

Keberadaan energi matahari ternyata juga berdampak besar bagi tumbuhan. Ada banyak siklus hidup tumbuhan yang sangat bergantung terhadap cahaya matahari. Namun tentu saja tidak semua orang menyadari hal ini.

Manfaat energi matahari bagi makhluk hidup memang sangat melimpah. Terlebih lagi jika kita mengaitkannya pada tumbuhan yang merupakan salah satu sumber makanan bagi makhluk hidup lainnya. Ini dia manfaat matahari untuk tumbuhan.

  • Energi matahari berfungsi untuk menghangatkan biji pada tumbuhan sehingga kecambah bisa tumbuh pada waktunya. Biji yang mendapatkan asupan matahari yang memadai juga membuat buah pada tumbuhan menjadi matang.
  • Matahari juga membantu tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis yang bermanfaat untuk mengkonversi berbagai senyawa pada tumbuhan menjadi glukosa dan zat bermanfaat lainnya.
  • Radiasi surya membantu mengeringkan tanah sehingga tumbuhan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.
  • Paparan sinar matahari juga membantu tumbuhan untuk mengaktifkan Klorofil atau zat hijau daun. Keberadaan sinar matahari pula yang membuat daun pada tumbuhan memiliki warna hijau terang.
  • Sinar matahari juga berfungsi untuk menjaga temperatur tumbuhan.
  • Keberadaan matahari juga menjadi sumber nutrisi terbaik bagi tumbuhan yang mendapatkan cahayanya secara langsung.
  • Secara umum, energi matahari ini membantu tumbuhan untuk berkembang dengan baik. Cahaya matahari bisa memaksimalkan penambahan tinggi tanaman, bunga, daun kayu dan berbagai aspek penting lainnya. 

Seperti kita ketahui, tumbuhan ini adalah sumber makanan bagi manusia dan hewan. Maka secara otomatis manfaat energi matahari terhadap tumbuhan menjadi manfaat energi matahari bagi makhluk hidup secara umum.

(Baca Juga: Manfaat Tersembunyi Bunga Sedap Malam Begini Cara Menanamnya)

  • Manfaat Energi Matahari bagi Hewan

manfaat energi matahari - Manfaat matahari bagi hewan

Di poin terakhir ini kami juga akan memaparkan apa saja manfaat energi matahari bagi hewan. Secara umum, mungkin manfaat energi matahari terhadap hewan dan manusia memiliki kemiripan. Namun ada beberapa poin yang membedakan. Berikut ini penjelasannya.

  • Kemunculan energi matahari menjadi alarm bagi hewan untuk beraktivitas.
  • Sinar matahari membantu hewan untuk menghangatkan tubuhnya
  • Ada juga beberapa hewan yang menjadikan matahari sebagai salah satu pembantu pencernaan makanan mereka. 
  • Energi matahari juga berfungsi untuk menguatkan tulang pada hewan. 
  • Paparan sinar matahari yang konstan juga menjaga daya tahan tubuh hewan tetap baik
  • Sinar matahari juga membantu hewan dengan penciuman yang buruk untuk berburu mangsa.

Tentu saja masih banyak manfaat energi matahari bagi makhluk hidup lainnya. Khususnya untuk hewan. Namun beberapa poin di atas adalah poin utama yang sudah diriset oleh para ahli hingga saat ini. 

Apakah Energi Matahari Juga Bisa Membahayakan?

Meskipun manfaat energi matahari bagi makhluk hidup sangat melimpah, ternyata keberadaan energi matahari ini juga bisa memberikan dampak buruk bagi manusia. Apa saja poin-poinnya? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Sinar matahari berdampak pada ketebalan lapisan Ozon. Jika sampai bolong, bisa menyebabkan terjadinya radiasi UV pada makhluk hidup di dalamnya.
  • Solar flare atau jilatan api matahari juga menyebabkan terjadinya gangguan satelit dan perangkat elektronik di bumi.
  • Jika intensitasnya terus meningkat, energi matahari bisa menyebabkan lautan di bumi jadi menguap dan kering.
  • Matahari juga bisa menyebabkan terjadinya badai geomagnetik yang merusak berbagai perangkat elektronik di bumi.

Meskipun memiliki dampak buruk terhadap ekosistem di bumi, kita tidak bisa menyangkal kalau peranan matahari sangatlah besar. Manfaat energi matahari bagi makhluk hidup tetap begitu besar dan jauh melampaui dampak buruknya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts