Jangan Takut Gelap, Inilah 8 Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati Bagi Kesehatan

Banyak orang mungkin tidak mengetahui manfaat tidur dengan lampu mati bagi kesehatan. Ya bahkan mungkin banyak yang tak menyadari tidur dalam kegelapan total rupanya bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan banyak yang menyepelekan hal tersebut, dan menganggap ini semua hanyalah hoax atau kabar bohong semata.

Beberapa orang mungkin akan sangat kesulitan untuk tidur dengan lampu mati, atau berada dalam kegelapan total. Banyak alasan yang mereka utarakan mulai dari takut, tidak nyaman dan perasaan was-was saat tidur dengan lampu mati. Karena itulah beberapa orang memutuskan untuk tetap membiarkan lampu menyala, saat mereka tidur di malam hari.

Apa Saja Sih Manfaat Tidur Dengan Lampu Mati?

Padahal banyak manfaat tidur dengan lampu mati terutama untuk kesehatan kita. Bahkan bisa dibilang tidur dengan kondisi kamar yang gelap, punya banyak manfaat dibandingkan membiarkan lampu menyala selama tidur. Mungkin banyak diantara Anda yang sulit mempercayai hal ini, dan menganggap tidak ada bedanya antara tidur dengan lampu mati atau menyala.

Nah agar tidak penasaran, berikut ini ada beberapa manfaat tidur dengan lampu mati, sehingga Anda bisa mempertimbangkan untuk tidur dalam kondisi kamar yang gelap atau minim pencahayaan. Apakah itu?

Membuat Anda tidur lebih cepat dan lelap

Manfaat tidur dengan lampu mati - Tidur lelap

Apakah Anda sering mengalami lelah ketika bangun tidur? Seharusnya ketika bangun tidur, tubuh terasa lebih segar dan semangat. Namun beberapa orang justru tetap merasakan lelah bahkan ketika mereka bangun tidur. Salah satu penyebabnya adalah mereka tidak merasakan waktu tidur yang cukup, atau tidak lelap saat tidur di malam hari.

Jika Anda mengalami hal ini, mulai malam nanti cobalah untuk tidur dengan lampu mati. Kegelapan dipercaya mampu meningkatkan relaksasi dan merangsang produksi melatonin, hormon yang membantu kita lebih mudah tertidur. Selain itu kegelapan menjadi sinyal alami bagi tubuh dan otak untuk beristirahat. Hal ini yang membuat seseorang yang tidur dengan lampu mati menjadi lebih mudah terlelap. 

 Mengurangi Resiko Depresi

Manfaat tidur dengan lampu mati - Depresi

Depresi jadi masalah kesehatan mental yang sering dialami oleh manusia modern saat ini. Namun rupanya ada cara mudah untuk mengurangi depresi. Selain mengontrol stress dan pikiran, keadaan Anda saat sedang tidur pun membantu untuk mengurangi resiko terjadinya depresi ini.

Ya salah satu manfaat tidur dengan lampu mati salah satunya adalah mengurangi resiko depresi. Penelitian yang dilakukan di Ohio State University Hospital, menyebutkan bahwa tidur dengan lampu menyala mengganggu ritme detak jantung Anda. Simplenya, tubuh Anda tidak tahu waktu yang tepat untuk tidur lantaran suasana masih terang benderang, sehingga keseimbangan tubuh menjadi terganggu dan memicu ketidakstabilan kondisi mental. Selain itu, kurang tidur juga jadi penyebab utama terjadinya depresi.

(Baca Juga: Manfaat Olahraga Jogging Untuk Jantung; Ketahui Dan Mulai Sekarang Juga!)

Mencegah Munculnya Kanker

Manfaat tidur dengan lampu mati - Munculnya kanker

Seorang profesor di New York University School of Medicine, menemukan kaitan antara tidur malam dengan lampu mati dan hormon melatonin yang diproduksi oleh tubuh saat sedang tidur. Hormon ini memiliki manfaat untuk menjaga kesuburan, mengurangi resiko serangan jantung dan sebagai anti oksidan dan anti inflamasi atau peradangan.

Meski sudah tidur, otak tetap mampu untuk memproyeksikan cahaya yang ada di sekitar Anda sehingga produksi melatonin menjadi terhambat. Sebagai akibatnya, antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit pun berkurang. Selain itu lampu yang menyala juga membuat sel-sel dalam tubuh mengalami ekspresi berlebihan, yang dipercaya sebagai salah satu penyebab utama munculnya resiko kanker.

Membantu Menurunkan Berat Badan Berlebih

Manfaat tidur dengan lampu mati - Menurunkan Berat badan

Percaya atau tidak salah satu manfaat tidur dengan lampu mati adalah berperan dalam proses penurunan berat badan. Sebagaimana kita tahu tidur yang cukup juga jadi salah satu kunci utama untuk menurunkan berat badan, selain diimbangi dengan diet yang sehat dan olahraga yang teratur.

Namun ternyata ketika ada tidur dalam keadaan gelap gulita, Anda lebih berpeluang untuk menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Peneliti mengungkapkan bahwa mereka yang tidur dengan lampu menyala, memiliki resiko hingga 50% untuk mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dikarenakan cahaya mengubah ritme biologis tubuh dan parameter metabolisme, yang beperan dalam proses pembakaran lemak.

Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tidur dengan lampu mati - Kesehatan mata

Tidur menjadi salah satu cara efektif untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Mungkin Anda seharian berada di depan layar komputer atau menggunakan gadget, yang membuat mata menjadi lelah. Karena itulah dengan memejamkan mata saat tidur, sama artinya dengan mengistirahatkan mata Anda.

Akan tetapi ketika Anda memilih tidur dengan lampu menyala, mata tidak bisa beristirahat secara optimal. Bahkan anak-anak yang terbiasa tidur dengan lampu menyala saat masih kecil, lebih rentan menderita miopi atau rabun jauh saat mereka dewasa. Tidur dalam gelap membantu mata Anda beristirahat dengan benar dan melindunginya.

Membantu Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat tidur dengan lampu mati - Penyakit diabetes

Diabetes masih menjadi salah satu penyakit mematikan yang sukar untuk disembuhkan. Selain faktor keturunan, gaya hidup tidak sehat memang menjadi salah satu penyebab meningkatnya resiko diabetes. Namun ternyata Anda bisa loh mengurangi resiko diabetes,  hanya dengan mematikan lampu saat tidur di malam hari.

Penelitian yang dilakukan di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago menemukan bahwa salah satu manfaat tidur dengan lampu mati adalah menurunkan resiko diabetes. Ini karena paparan cahaya berlebihan selama jam tidur, dapat mempengaruhi resistensi insulin dalam tubuh Anda. Karena itu mulai sekarang, ada baiknya Anda memulai tidur dengan lampu padam untuk mengurangi terjadinya resiko diabetes ini.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit Anda

Manfaat tidur dengan lampu mati - Kesehatan kulit

Nah bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat, ada baiknya mulai sekarang membiasakan diri untuk tidur dengan lampu padam. Tentu saja ini menjadi cara yang lebih mudah dan juga murah untuk menjaga kesehatan kulit tubuh Anda.

(Baca Juga: Ini Dia, 10 Manfaat Air Jahe Untuk Kulit Cantik Anda)

Mengapa begitu? Tidur dengan lampu padam dipercaya membantu membuat tidur lebih lelap dan meningkatkan kualitas tidur. Ketika beristirahat dengan kondisi lampu menyala dan tidak mendapat tidur yang baik, Anda akan bangun dengan kondisi lelah dan pusing. Selain itu Anda akan mendapati munculnya kantung mata, dan kerutan di sekitar mata. Kulit sekitar mata juga akan cepat keriput, lantaran waktu tidur yang kurang berkualitas ini.

 Manfaat tidur dengan lampu mati - Hipertensi

Menurunkan tekanan darah jadi salah satu manfaat tidur dengan lampu mati selanjutnya. Anda yang punya masalah darah tinggi, mungkin bisa memulai untuk mencoba tidur dengan lampu padam di malam hari.

Menurut sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Chronobiology International, mereka yang tidur dengan lampu menyala memiliki resiko lebih tinggi mengalami hipertensi. Jurnal ini mengungkapkan mereka yang mengalami darah tinggi, ternyata mendapatkan paparan cahaya yang berlebihan ketika mereka sedang tidur.

Anda bisa pelan-pelan merubah kebiasaan tidur dengan lampu menyala, dengan menggunakan lampu tidur yang memiliki cahaya temaram. Lama-lama Anda akan terbiasa tidur di tempat gelap dan mendapatkan manfaat tidur dengan lampu mati ini. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts