Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan Lucu yang Wajib Diketahui

Hewan Peliharaan Lucu - Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Memiliki hewan peliharaan lucu menjadi sesuatu hal menyenangkan serta dapat menghilangkan kesepian dan tempat bercerita bagi sebagian orang. Tidak jarang orang menganggap binatang yang dipelihara sebagai teman atau keluarga sendiri.

Tanpa disadari, ternyata memelihara binatang di rumah akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, namun juga dapat menjaga kesehatan mental. Gaya hidup akhirnya juga bisa berubah menjadi lebih positif.

Baca Juga : Binatang Peliharaan Favorit Ini Sangat Tepat untuk Dipilih

Meski begitu, untuk memutuskan memelihara binatang tertentu haruslah memiliki pertimbangan agar tidak lalai dalam mengurus. Bukan saja mengetahui bagaimana cara merawat, namun juga mempertimbangkan finansial, waktu, tempat, serta kesiapan.

Manfaat Hewan Peliharaan Lucu di Rumah

Hewan Peliharaan Lucu - Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Meskipun mempunyai hewan peliharaan berarti harus meluangkan tenaga, waktu, serta finansial, namun manfaat yang bisa dirasakan juga sangat banyak dan sebanding. Berikut beberapa di antaranya.

  • Melatih Tanggung Jawab

Dengan memiliki hewan peliharaan lucu, maka Anda harus bertanggung jawab untuk merawat dengan sepenuh hati. Bukan hanya memberikan makan dan minum saja, Anda juga harus menyiapkan tempat nyaman serta menjaga kesehatan dari binatang piaraan.

Jika melakukan hal-hal tersebut, maka gaya hidup juga berubah menjadi lebih bertanggung jawab. Nantinya kebiasaan ini tidak hanya akan dilakukan untuk binatang piaraan saja, namun juga untuk kehidupan sehari-hari.

Hal ini juga sangat bagus untuk melatih anak-anak agar lebih bertanggung jawab. Orang tua bisa mengajarkan sejak dini agar anak bertanggung jawab dalam merawat serta tidak menyiksa binatang.

  • Mengasah Rasa Empati

Terbiasa hidup berdampingan dengan hewan peliharaan, secara tidak langsung Anda akan mencoba mengerti apa yang sedang mereka rasakan. Rasa empati juga akhirnya terasah, misalnya merasa iba terhadap hewan-hewan jalanan.

Rasa empati yang semakin terasah, tentu akan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari dan sosial. Anda akan semakin memahami perasaan orang lain dan memiliki kepedulian tinggi.

  • Termotivasi Beraktivitas

Beberapa hewan peliharaan lucu memiliki sifat lincah dan tidak bisa diam, senang bermain dan menghabiskan waktu di luar rumah. Jika memiliki jenis ini, maka Anda juga akan termotivasi beraktivitas di luar bersama mereka.

Bukan hal aneh mengajak kucing atau anjing untuk olahraga ringan seperti jogging atau bahkan berlibur ke suatu tempat. Selain menyehatkan badan, aktivitas ini sudah tentu dapat menyegarkan pikiran.

  • Menghilangkan Stres

Ketika merasa stres, tubuh manusia akan lebih banyak menghasilkan hormon kortisol. Hormon ini bisa membuat imun menjadi lemah dan tubuh lebih mudah sakit. Semantara itu, memiliki binatang di rumah bisa bermanfaat sebagai penghilang stres.

Semakin sering bermain dengan binatang piaraan, maka hormon serotonin, oksitosin, dan juga dopamin menjadi lebih meningkat. Hormon oksitosin serta dopamin sendiri sangat berperan dengan perasaan bahagia dan juga rileks. Dengan stres juga semakin berkurang.

  • Menjaga Jantung

Penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa memelihara hewan seperti kucing ternyata membuat pengidap penyakit jantung dapat bertahan lebih lama. Kucing juga bisa menurunkan risiko kematian akibat serangan jantung.

Bukan hanya itu saja, kucing juga bisa menurunkan berbagai risiko penyakit lain seperti kolesterol, obesitas, maupun tekanan darah. Hal ini dikarenakan kegiatan-kegiatan fisik yang dilakukan bersama.

  • Mengurangi Risiko Alergi

Anak-anak yang tumbuh bersama dengan binatang berbulu bisa lebih tahan dengan risiko alergi jika dibandingkan anak lain tanpa hewan peliharaan. Selain itu, menurut penelitian di Amerika Serikat, binatang berbulu ini juga menurunkan risiko anak terkena asma. 

  • Mempercepat Pemulihan

Memiliki hewan peliharaan lucu seperti anjing bisa membantu dalam proses pengobatan kanker. Didampingi dengan anjing ketika terapi juga bisa mempercepat penyembuhan karena pikiran menjadi tenang dan nyaman, serta bisa mengurangi rasa nyeri.

Demikian juga dengan pasien yang baru saja selesai melakukan operasi. Penelitian dilakukan menunjukkan bahwa dengan binatang piaraan, pasien lebih sedikit mengkonsumsi obat penghilang nyeri dibandingkan orang yang tidak memilikinya.

Pilihan Hewan Peliharaan Lucu yang Bisa Dimiliki

Hewan Peliharaan Lucu - Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Ada banyak sekali hewan peliharaan yang bisa Anda miliki, mulai dari hewan-hewan yang sudah umum hingga tidak banyak dimiliki orang. Jika Anda tertarik untuk memiliki binatang piaraan, berikut beberapa rekomendasi yang bisa dipilih.

  • Kucing

Kucing menjadi hewan peliharaan lucu sangat umum dan mudah untuk dipelihara. Ada cukup banyak jenis kucing, baik lokal maupun peranakan seperti anggora atau persia. Kesemuanya akan sangat lucu jika telah dirawat dengan baik. 

  • Anjing

Anjing bukan hanya lucu, namun juga sangat setia kepada pemiliknya. Sama seperti kucing, jenis-jenis anjing juga sangat beragam mulai dari ukuran kecil hingga besar. Anjing juga sangat aktif sehingga mendorong Anda mengajaknya beraktivitas di luar rumah.

  • Kelinci

Kelinci tidak sepopuler kucing maupun anjing, namun tetap menjadi hewan peliharaan lucu dengan perawatan cukup mudah. Kelinci sendiri lebih sering dipelihara di luar rumah seperti halaman belakang. 

  • Ikan

Ikan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memang tidak bisa memelihara binatang berbulu. Ada beragam jenis ikan hias yang dapat dipilih mulai dari ukuran maupun cara pemeliharaan yang berbeda. Beberapa yang banyak dipelihara seperti cupang, koi, arwana, dan sebagainya.

  • Burung

Burung juga banyak dipelihara, ada banyak sekali jenisnya. Beberapa yang cukup sering adalah lovebird atau kakaktua. Lovebird memiliki warna yang cantik, demikian juga kakaktua namun dengan ukuran lebih besar. Kakaktua juga menarik karena bisa meniru suara manusia.

  • Kura-kura

Beberapa jenis kura-kura memang dilindungi, namun ada juga jenis lainnya yang boleh untuk dipelihara dan cukup menjadi favorit. Cara untuk merawatnya cukup mudah, paling penting adalah menjaga kebersihan kandang. Makanannya beragam, bisa pelet, sayur, dan buah.

Cara Memelihara Hewan Peliharaan Lucu

Hewan Peliharaan Lucu - Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Merawat hewan peliharaan berbeda-beda, tergantung dengan binatang apa yang sedang dipelihara. Makanan juga tidak akan sama, ada yang karnivora, herbivora, juga omnivora sehingga perlu memastikan cara perawatan terlebih dahulu sebelum memilih.

Meski demikian, cara memelihara hewan secara umum pertama adalah dengan mempersiapkan kandang senyaman mungkin. Setiap hewan pasti memerlukan kandang, termasuk ikan yang juga membutuhkan akuarium atau kolam.

Kandang binatang atau air ikan harus sering dibersihkan agar bersih dari kotoran. Makanan dan minuman juga perlu diperhatikan agar memenuhi kebutuhan nutrisi dari hewan tersebut. Dengan begitu, binatang piaraan akan tumbuh sehat.

Kondisi hewan juga harus diperhatikan, salah satu caranya adalah dengan melakukan vaksinasi. Dengan cara ini, binatang akan kebal terhadap virus-virus mematikan dan tidak mudah terserang penyakit.

Pertimbangan Memiliki Hewan Peliharaan Lucu

Hewan Peliharaan Lucu - Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan

Beberapa jenis hewan peliharaan memang cukup mudah perawatannya, namun Anda tetap harus memiliki pertimbangan sebelum akhirnya memilih memelihara binatang. Hal ini agar hewan tidak terlantar.

Hal pertama yang perlu dipikirkan adalah komitmen karena akan menentukan piaraan terawat dengan baik atau tidak. Semudah apapun perawatan, binatang bisa saja terlantar jika pemilik tidak memiliki komitmen kuat.

Selanjutnya mempertimbangkan finansial. Tidak dapat dipungkiri, memiliki binatang pasti akan membutuhkan dana untuk perawatannya. Bukan hanya dana untuk makanan, mainan, vaksin, dan lainnya, juga termasuk dana untuk keadaan darurat seperti jika sakit.

Jika memiliki finansial baik, maka Anda bisa memelihara lebih dari satu binatang. Sebaliknya, sebaiknya memelihara sesuai kemampuan. Jika memaksakan untuk memiliki banyak piaraan tanpa finansial baik, maka sudah tentu perawatan tidak akan maksimal bahkan bisa terlantar.

Hal penting lainnya adalah mengetahui cara memelihara, termasuk jenis makanan dan kebutuhan nutrisi, serta pantangannya. Misalnya saja, memelihara anjing harus mengetahui jika pantang mengkonsumsi cokelat karena sangat berbahaya.

Anda bisa mengetahui informasi cara memelihara dari internet. Dengan mengetahuinya, Anda bisa merawat dengan baik juga akan bisa melakukan pertolongan pertama jika terjadi hal tidak tidak diinginkan seperti binatang sakit atau keracunan. 

Bisa jadi Anda sibuk bekerja dan hanya memiliki sedikit waktu. Hal ini juga harus menjadi pertimbangan. Memiliki hewan peliharaan lucu membutuhkan waktu cukup untuk mengurus serta mengajak mereka berinteraksi.

Baca Juga : Beberapa Makanan Ikan Cupang yang Banyak Manfaatnya

Gaya hidup juga bisa menentukan jenis binatang piaraan yang tepat. Misalnya jika Anda sering berpergian dan sibuk bekerja, maka tidak akan cocok memiliki anjing atau kucing yang membutuhkan perhatian lebih banyak dari pemilik.

Jika Anda menyukai ketenangan dan rumah rapi, maka bisa memelihara ikan atau kucing. Sebaliknya, jika Anda menyukai aktivitas bersama piaraan, bisa memilih anjing. Semuanya dapat Anda sesuaikan sendiri.

Salah satu cara untuk menghilangkan stres dan kesepian adalah dengan memelihara binatang untuk dijadikan teman bahkan bagian keluarga. Ada cukup banyak hewan peliharaan lucu yang bisa dipilih sesuai dengan pertimbangan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts