Ingin Mencegah Penuaan Dini? Lakukan Kebiasaan Ini!

Mencegah penuaan dini

Lingkungan yang semakin buruk dan rutinitas semakin padat, membuat orang abai untuk mencegah penuaan dini. Tanpa Anda sadari kulit akan semakin terlihat kusam dan mulai timbul garis halus.

Anda akan terlihat jauh lebih tua. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi penampilan. Bahkan tidak jarang, Anda akan kehilangan rasa percaya diri saat mengalami penuaan dini. Meski kondisi itu dapat diperbaiki menggunakan berbagai treatment, tapi Anda memerlukan budget yang besar. Lakukan 10 kebiasaan mudah dan murah di bawah ini sebelum penuaan dini terjadi.

Mencegah Penuaan Dini dengan Makanan

Baik disadari atau tidak, makanan yang Anda sehari-hari akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Semakin sehat makanan, maka nutrisi untuk kulit akan terpenuhi. Sehingga, kulit akan semakin sehat. Kulit yang sehat akan lebih lembab dan elastis, tidak mudah terbentuk kerutan. Selain itu, kulit akan cerah berseri. 

Oleh sebab itu, agar tetap awet mudah Anda harus menjaga setiap makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan yang akan membuat kulit kamu semakin sehat dan awet muda:

  • Buah dan Sayur

Mencegah penuaan dini - Buah dan Sayur

Buah dan Sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kulit. Misalnya saja vitamin C dan E, kedua vitamin ini banyak terkandung di dalam buah dan sayur. Keduanya berperan penting untuk memperbaiki jaringan kulit, menjaga elastisitas kulit, dan mencerahkan kulit. Dengan rutin mengkonsumsi buah dan sayur, Anda tidak perlu lagi meminum suplemen kulit.

  • Ikan Mengandung Omega-3

Mencegah penuaan dini - Ikan mengandung omega 3

Omega-3 banyak terkandung dalam berbagai jenis ikan, misalnya saja salmon, kembung, atau makarel. Lemak Omega-3 dapat memperbaiki jaringan kulit yang mengalami peradangan karena paparan sinar matahari. Selain itu, omega-3 juga dapat memicu pembentukan kolagen. Sehingga, kulit Anda akan lebih kencang dan elastis.

(Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Puasa: Hal Yang Perlu Dilakukan dan Tidak)

  • Lemak Baik

Mencegah penuaan dini - Lemak Baik

Tidak semua lemak buruk untuk kesehatan. Beberapa lemak bahkan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh dan kulit. Salah satu sumber lemak baik adalah minyak zaitun. 

Minyak ini sudah lama digunakan sebagai herbal untuk pengobatan tradisional. Kandungan nutrisi di dalam minyak zaitun juga sangat banyak dan bermanfaat untuk kulit. Baik dikonsumsi langsung atau digunakan secara eksternal, minyak zaitun memberikan manfaat yang luar biasa.

Melindungi Kulit dari Paparan Matahari

Cara mencegah penuaan dini yang cukup mudah adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Bukan berarti Anda tidak boleh keluar rumah sama sekali untuk menghindarinya. Tapi, Anda harus melindungi kulit saat akan melakukan kegiatan di luar ruangan. Alasannya adalah di dalam sinar matahari terdapat sinar UVA dan UVB. Kedua sinar ini memiliki panjang gelombang besar.

Sehingga, akan merusak hingga ke lapisan terdalam kulit Anda. Dampak kerusakan ini adalah kulit akan terbakar, kusam, dan timbul keriput di bagian wajah. Untuk melindungi kulit, gunakan cara di bawah ini.

  • Menggunakan Sunscreen

Mencegah penuaan dini - Menggunakan Sun Screen

Sunscreen mengandung SPF yang dapat melindungi kulit dari paparan dan efek buruk sinar matahari. Selalu gunakan sunscreen untuk wajah dan tubuh saat Anda akan keluar rumah. Minimal gunakan SPF 30.

  • Menggunakan Baju Panjang

Mencegah penuaan dini - Menggunakan baju panjang

Baju panjang cukup efektif melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meski sebenarnya masih ada sinar UVA dan UVB yang dapat masuk dan menembus kulit. Tapi, Intensitasnya sedikit.

  • Menggunakan Penutup Kepala

Mencegah penuaan dini - Menggunakan Penutup Kepala

Menggunakan penutup kepala, topi atau kerudung, dapat melindungi bagian kepala dan wajah dari paparan sinar matahari. Hal ini juga dapat menghindari pusing karena terpapar matahari langsung.

  • Menggunakan Payung

Mencegah penuaan dini - Menggunakan Payung

Selain tiga cara di atas, Anda juga bisa menggunakan payung untuk melindungi dari sinar matahari. Terlebih lagi sekarang ada payung anti UV, sehingga bisa melindungi tubuh kamu dari sinar UV.

Melakukan Pengangkatan sel Kulit Mati Pada Wajah

Eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati di wajah merupakan bentuk mencegah penuaan dini yang sangat mudah. Anda hanya perlu melakukannya sebanyak dua kali dalam seminggu. Prosesnya tidak lebih dari 10 menit. Anda bisa melakukannya sebelum mandi sore atau sebelum tidur. Sekarang sudah banyak produk eksfoliasi wajah yang dijual bebas di minimarket atau di drugstore.

Proses ini juga berguna untuk meremajakan kulit. Dengan melakukannya secara rutin, kulit Anda akan segar dan glowing karena tidak terhalang sel kulit mati.

  • Berolahraga Secara Teratur untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Olahraga juga sangat penting untuk menjaga keremajaan kulit agar Anda terlihat awet muda. Sebab, saat berolahraga pembuluh darah akan melebar dan metabolisme berjalan lebih lancar. Sehingga oksigen dan nutrisi yang dibawa darah dapat diterima secara maksimal oleh sel-sel kulit. Selain itu, pori-pori kulit akan terbuka saat berolahraga, sehingga secara alami akan membersihkan.

Olahraga juga dapat menstimulasi pembentukan kolagen dan elastin. Kulit Anda akan terasa kencang, elastis, ternutrisi, dan cerah. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga ringan saja. Misalnya adalah jogging, lompat tali, yoga, home workout, dan lain sebagainya. Lakukan 15 – 30 menit setiap harinya pada pagi atau sore hari.

  • Tidur untuk Mencegah Penuaan Dini

Tidur yang cukup sekitar 7 – 8 jam sangat efektif membuat kulit tetap awet muda. Saat Anda tidur, sel kulit akan beregenerasi dan melakukan peremajaan. Sehingga, kulit akan terlihat lebih segar. Selain itu, kolagen yang bertanggung jawab atas kekencangan kulit juga akan diperbarui. Hormon ini akan bekerja secara maksimal saat Anda tertidur. Dampaknya adalah kulit akan lebih kencang dan tampak muda.

Selain bermanfaat untuk kulit, tidur cukup secara teratur juga akan menjaga kesehatan jantung. Kamu juga dapat terhindar dari berbagai penyakit mental yang bisa mempengaruhi mood. Orang yang memiliki waktu tidur cukup, cenderung memiliki mood baik. Auranya lebih cerah dan tampak lebih muda. Anda harus mendisiplinkan diri untuk tidur cukup agar dapat mencegah penuaan dini.

(Baca Juga: Simak Yuk, 15 Buah Sehat Untuk Kulit Sehingga Tampak Cerah dan Alami)

  • Menjauhkan Diri dari Pikiran Negatif

Berpikiran negatif dapat membuat Anda stres. Mood akan hancur berantakan, bahkan bisa mempengaruhi pola hidup. Misalnya saja Anda kehilangan nafsu makan karena pikiran negatif. Atau, Anda tidak bisa tidur karena pikiran-pikiran negatif tersebut. Hal ini sangat membahayakan kesehatan kulit, metal, dan kesehatan organ tubuh Anda. Wajah akan terlihat kusam dan redup.

Anda akan terlihat lebih tua dari biasanya. Oleh sebab itu, Anda harus berpikiran positif agar aura baik selalu terpancar dalam diri. Wajah Anda akan terlihat bersinar dan kesehatan juga meningkat. Anda akan jauh terlihat lebih muda saat memancarkan aura positif. Oleh sebab itu, jika ingin tetap awet muda, usahakan selalu berpikir positif. Cara ini sangat mudah untuk mencegah penuaan dini.

  • Rutin Membersihkan Wajah agar Awet Muda

Hal ini memang sering dianggap sepele oleh banyak orang. Padahal, membersihkan wajah memiliki peran penting agar Anda awet muda. Saat membersihkan wajah, kotoran dan sel kulit mati dapat terangkat.

Setelah seharian beraktivitas pastinya akan banyak sekali kotoran yang menempel di wajah. Yang paling sering adalah debu, pasir, sebum, dan sisa make up. Pengotor-pengotor tersebut harus dibersihkan. Sebab jika tidak, akan memberikan dampak negatif pada kulit. Wajah akan kusam, timbul jerawat, dan garis halus. Anda akan terlihat jauh lebih tua. Bersihkan wajah sebanyak dua kali sehari secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit. Dengan demikian, Anda akan awet muda dan terawat.

  • Mencegah Penuaan Dini Menggunakan Pelembab

Pelembab atau moisturizer berguna untuk membuat kulit Anda tetap terhidrasi dan tidak kening. Kuli yang kering, elastisitasnya akan berkurang. Sehingga, sangat mudah terbentuk kerutan halus di permukaannya. Selain itu, kulit kering akan membuat wajah kusam dan mudah iritasi. Kulit akan lebih banyak mengalami kerusakan. Penggunaan pelembab berguna untuk menghindari hal tersebut.

Kulit Anda akan jauh lebih segar dan kenyal dalam keadaan lembap. Gunakan moisturizer setiap kali kulit Anda terasa kering dan setelah membersihkan wajah. Jika Anda menggunakan skin care, maka kelembaban wajah sangat berguna agar produk yang Anda gunakan meresap sempurna. Dengan demikian, efeknya lebih maksimal.

  • Jangan Berlebihan Menggunakan Make Up

Saat menggunakan make up, Anda tentu akan terlihat lebih cantik dan menarik. Sayangnya, terlalu berlebihan menggunakan make up memberikan efek buruk pada kulit. Partikel make up akan menyumbat pori-pori. Sehingga, kulit berisiko berjerawat. Selain itu, kandungan make up juga berisiko membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Sehingga, kulit akan lebih kusam dan mengalami penuaan dini.

Anda harus membersihkan make up hingga benar-benar bersih dan tidak tersisa. Kemudian, gunakan skin care rutin agar kulit kembali ternutrisi dan terawat. Pastikan, make up yang Anda gunakan terbuat dari bahan aman. Cermati kandungan make up dan pastikan tidak ada komposisi yang membuat Anda alergi, apalagi iritasi. Hal ini agar kulit Anda tetap sehat.

Cara agar tetap awet mudah sebenarnya sangat mudah, cukup mengubah kebiasaan sehari-hari Anda. Mencegah penuaan dini tentunya lebih baik dari pada menanganinya setelah terjadi.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts