Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Tanpa Minum Suplemen 

meningkatkan nafsu makan anak

Para ibu biasanya sering pusing memikirkan bagaimana cara agar bisa meningkatkan nafsu makan anak. Permasalahan sulit makan sering kali membuat bingung karena ditakutkan anak-anak menjadi mudah sakit.

Kalau anak-anak dibiarkan tidak mau makan pasti akan semakin buruk dan kalaupun dipaksa kemungkinan berhasil juga kecil. Keadaan seperti ini menuntut para ibu untuk lebih sabar dan telaten lagi.

Jika Anda sering menggunakan suplemen untuk meningkatkan nafsu makan anak sebaiknya cobalah untuk dikurangi. Suplemen biasanya mengandung bahan kimia dan jika digunakan jangka panjang tentu tidak baik. 

Tahukah Anda ada cara sederhana yang dapat digunakan para ibu agar anak mau makan tanpa harus konsumsi suplemen. Cara-cara tersebut terbukti efektif meskipun Anda tidak memberikan suplemen apapun.

9 Cara Sederhana Meningkatkan Nafsu Makan Anak 

Jika Anda penasaran apa saja cara-cara sederhana tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini. Tidak ada salahnya mencoba demi buah hati mau makan tanpa harus bertengkar setiap hari hanya karena makanan.

1. Jangan pernah memaksa anak

meningkatkan nafsu makan anak - jangan pernah memaksa anak

Kerap kali orang tua memaksa anaknya mau makan sebagai cara meningkatkan nafsu makan anak. Faktanya cara tersebut tidaklah benar dan justru memicu ketegangan antara orang tua dengan anaknya.

Ketika merasa tertekan anak-anak justru kehilangan nafsu makannya sehingga semakin sulit dan tidak mau. Contohnya orang dewasa pada saat mau makan namun ada orang lain sedang marah-marah jelas moodnya berubah.

Begitupun dengan anak-anak, sudah tidak tertarik dengan makanannya ditambah ibunya marah-marah. Membuat jam makan merupakan hal horor bagi anak-anak sehingga semakin dihindari dan tidak bisa menikmati makanannya.

Semakin keras Anda memaksa maka semakin kecil kemungkinan anak-anak mau makan dengan sendirinya. Jadi hentikan kebiasaan memaksa karena cara ini memiliki dampak buruk daripada dampak positif bagi perkembangan anak-anak.

(Baca Juga: Yuk Ajarkan Anak Cara Berteman yang Baik di Sekolah)

2. Kreatif dalam memberikan makanan

meningkatkan nafsu makan anak - kreatif dalam memberikan makanan

Sebagai ibu memang dituntut untuk memberikan makanan yang mengandung banyak nutrisi demi perkembangan anak-anak. Seperti memberikan sayuran, daging, buah, kacang-kacangan dan berbagai jenis makanan lainnya yang dibutuhkan anak.

Namun masih banyak anak-anak yang memang tidak menyukai sayuran, buah, daging, ikan, ayam dan lainnya. Sehingga langsung menolaknya karena dari segi tampilan dan rasa sudah tidak sesuai dengan keinginan mereka.

Maka dari itu cara terbaik untuk meningkatkan nafsu makan anak adalah dengan kreatif dalam memberikan makanan. Misalnya Anda membuat olahan nugget sayuran sehingga anak-anak tidak menyadari ada sayuran di dalamnya.

Misalnya juga membuat salad buah dengan potongan-potongan kecil sehingga menjadi berwarna-warni. Anak-anak akan sangat tertarik dengan sajian warna dan pastikan juga membuat rasa makanan sesuai lidah mereka.

Contoh lainnya mengolah tahu sehingga tampilannya tidak sekedar kotak putih dan hanya digoreng saja. Misalnya menjadi bakso tahu dengan bentuk bulat atau membuat tahu walik crispy sehingga lebih menarik.

3. Goda anak dengan aroma makanan

meningkatkan nafsu makan anak - Goda anak dengan aroma makanan

Aroma makanan ternyata juga sangat efektif membantu meningkatkan nafsu makan anak secara sederhana. Dari aromanya saja terkadang anak-anak sudah bisa merasakan lapar sehingga harus lebih cerdas sebagai orang tua.

Jangan hanya karena anak-anak, Anda jadi membuatkan makanan hambar dan tidak memiliki aroma. Justru semakin kuat aroma sebuah makanan ditambah dengan rasa yang tidak kalah nikmat menjadi daya tarik tersendiri.

Contoh sederhananya, Anda bisa membuat makanan pada saat jam makan siang sehingga masih hangat. Ketika anak sedang dalam keadaan lapar maka semakin penasaran makanan apakah yang sedang disiapkan.

4. Membagi makanan dalam porsi kecil

meningkatkan nafsu makan anak - memberikan makanan dengan porsi kecil

Sebagai orang yang sudah dewasa ketika Anda dihadapkan dengan makanan satu piring penuh pasti merasa kenyang duluan. Begitupun dengan anak-anak yang memang susah makannya dan langsung diberikan porsi besar.

Bukan menjadi tertarik memakannya namun justru semakin tidak mau dan merasa kenyang sebelum makan. Maka sangat penting memperhatikan porsi makan pada anak-anak demi meningkatkan nafsu makan anak.

Anak-anak akan merasa sangat bangga jika berhasil menghabiskan satu porsi makannya setiap hari. Jadi berikan porsi kecil agar lebih mudah dihabiskan dan biasanya akan membuat anak-anak merasa kurang.

Pada saat makanannya tersisa sedikit Anda bisa memberikan penawaran apakah ingin tambah lagi atau tidak. Cara sederhana ini sangatlah menarik untuk memancing sehingga menjadi terbiasa menghabiskan makanannya.

5. Terus inovasi membuat menu baru

meningkatkan nafsu makan anak - Terus inovasi membuat menu baru

Jika ingin mencari cara meningkatkan nafsu makan anak sebaiknya Anda ketahui apa sebenarnya penyebabnya. Perlu diketahui masing-masing anak memiliki alasan yang menjadi penyebab kenapa sampai tidak tertarik pada makanan.

Bisa saja karena Anda memberikan menu yang sama setiap harinya sehingga merasa bosan dengan menu itu-itu saja. Jadi mulailah melakukan inovasi untuk membuat menu baru yang enak dan menarik.

Ada banyak pilihan menu yang sangat mudah ditemukan di internet dan dari olahan bahan-bahan sederhana. Sehingga tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat makanan mewah bagi anak-anak.

Jika masih saja merasa kesulitan bisa mencari tutorial membuat makanan bagi anak-anak dari video. Anda juga bisa mengajak anak-anak menonton video masakan tersebut sehingga lebih tertarik untuk mencobanya.

6. Jangan berikan banyak minum

meningkatkan nafsu makan anak - jangan berikan banyak minum

Tanpa disadari banyak kesalahan kecil yang justru dilakukan orang tua yang membuat anaknya susah makan. Maka sangat penting orang tua terus belajar dari kesalahannya agar berdampak baik pada kesehatan anaknya.

Cara meningkatkan nafsu makan anak lainnya adalah dengan tidak memberikannya banyak minum sebelum makan. Terlebih lagi minum susu yang justru membuat anak-anak kenyang dan tidak lagi mau mencoba makanan.

Sebagai ibu Anda harus memahami kapan anak waktunya makan sehingga tidak memberikan camilan maupun minuman. Ketika perut mereka kosong minimal satu jam sebelum jam makan pasti akan lebih mudah.

Namun jika perut sudah penuh dengan minuman maka dijamin dipaksa bagaimanapun caranya tidak akan berhasil. Jadi lebih baik Anda sendiri yang mengaturnya agar tidak kesulitan saat memberikan makanan.

7. Ajak anak-anak masak bersama

meningkatkan nafsu makan anak - Ajak anak masak bersama

Sebenarnya ada banyak cara seru yang bisa digunakan jika Anda ingin meningkatkan nafsu makan anak. Hanya dibutuhkan kreatifitas setiap harinya yang memang hal ini tidak mudah dilakukan.

Cara sederhana yang lainnya adalah dengan meluangkan waktu khusus untuk mengajak anak masak bersama. Membuat makanan dengan melibatkan anak dalam proses pembuatannya ternyata memberikan nilai tersendiri bagi mereka.

Anak-anak akan merasa tertarik dengan hasil masakannya sendiri sehingga penasaran untuk segera mencoba. Terlebih lagi proses memasak terkadang memberikan sensasi rasa lapar karena harus menunggu sampai matang.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang maka bisa mengajak anak-anak masak bersama setiap harinya. Namun jika memang harus bekerja maka bisa luangkan waktu untuk membuat makan malam bersama.

(Baca Juga: Kenali Yuk Cara Mengatasi Demam Pada Anak, dari Penyebab Hingga Penanganan)

8. Gunakan bahasa yang tepat

meningkatkan nafsu makan anak - Gunakan bahasa yang tepat

Soal makan memang menjadi permasalahan rumit dan hampir dialami semua ibu sehingga harus diperhatikan secara detail. Terkadang bahasa yang digunakan juga sangat berpengaruh pada keinginan anak untuk mau makan.

Ketika Anda ingin menawari makan kepada anak sebaiknya jangan pernah bertanya “mau makan atau tidak?”. Karena pasti anak akan menjawab tidak pada saat itu juga sehingga muncul paksaan kedepannya.

Sebaiknya berikan pilihan menu makanan sehingga jawaban yang diberikan bukan lagi “iya” dan “tidak”. Misalnya “kamu mau makan dengan nasi goreng, telur goreng atau mau makanan lain?”

Dari pertanyaan itu anak-anak akan berpikir makanan apa yang sebaiknya dinikmati kali ini. Cara ini dapat membantu menumbuhkan rasa ingin memakannya karena disesuaikan dengan keinginan mereka tanpa memaksa sama sekali.

9. Buatkan jamu dari bahan alami

meningkatkan nafsu makan anak - Buatkan jamu dari bahan alami

Tergantung pada suplemen makanan tidaklah baik untuk jangka panjang namun tidak ada salahnya Anda mencari bahan alami. Indonesia terkenal dengan kekayaan alam termasuk ada banyak jamu-jamuan.

Anda bisa buatkan anak-anak jamu sendiri dari bahan alami misalnya kencur, madu, kunyit dan temulawak. Bahan-bahan jamu tersebut sangat mudah ditemukan di pasar dan pastinya harganya sangat terjangkau.

Contoh jamu yang sangat manjur untuk menambah nafsu makan pada anak yaitu campuran kunyit dengan madu. Cara membuatnya ambil kunyit, kupas lalu bersihkan kemudian parut ambil sarinya.

Tambahkan madu setengah sendok kemudian sari kunyit setengah sendok lalu berikan pada anak. Setiap hari berikan satu sendok campuran tersebut dan hentikan jika nafsu makannya sudah mulai meningkat.

Kencur juga membantu membuat nafsu makan meningkat dan dari bahan alami sehingga aman diberikan. Jika kesulitan mengolahnya maka Anda bisa memberikan jamu beras kencur yang sangat mudah ditemukan.

Sebagai orang tua dituntut kreatif agar anak-anak mau makan dengan sendirinya tanpa paksaan. Terapkan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas karena terbukti efektif meningkatkan nafsu makan anak secara alami.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts