10 Cara Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis, Ikutin Yuk

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis – Hubungan suami istri yang sudah terjalin lama biasanya menimbulkan rasa bosan dan perselisihan. Untuk menghindari hal tersebut kamu bisa menggunakan beberapa tips menjaga hubungan suami istri tetap harmonis seperti di bawah ini:

Cara Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis

Selalu luangkan waktu

menjaga hubungan suami istri tetap harmonis - Selalu Luangkan Waktu

Untuk mengembalikan keromantisan yang mulai hilang kamu bisa meluangkan waktu untuk meluangkan waktu bersama. Tidak perlu pergi jauh-jauh kamu bisa memulainya dengan makan bersama pasangan atau sekedar dinner sederhana di rumah seperti saat masih berpacaran.

Meluangkan waktu akan memberimu ruang lebih banyak untuk saling introspeksi diri mengenai apa yang selama ini kurang dari diri masing-masing. Setidaknya luangkan waktu sebulan dua kali untuk menjaga hubungan tetap terjalin erat. Kalau kalian adalah tipe yang sama-sama sibuk ketika pulang kerja jangan langsung tidur.

Gunakan kamar untuk sarana komunikasi terbaik, sambil rebahan tanyakan bagaimana kondisi kantor hari ini? Ada masalah apa hari ini ataupun kalian bisa saling bercerita tentang hal lain yang ringan sembari istirahat. 

Pahami bahasa cinta dari masing-masing pasangan

menjaga hubungan suami istri tetap harmonis - Pahami bahasa cinta dari masing masing pasangan

Tips untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis kedua adalah kamu harus paham mengenai bahasa cinta dari masing-masing pasangan. Tidak semua orang akan langsung mengutarakan rasa cintanya melalui lisan. Namun ada juga yang langsung mempraktekkan dalam bentuk tindakan.

Sebagai contohnya kamu mungkin selama ini menganggap suami atau istrimu tidak pernah mengungkapkan cintanya. Padahal dia selalu memberi hadiah saat hari spesialmu dan juga menjagamu saat sakit.

Jadi jangan pernah menyamakan pasanganmu dengan pasangan orang lain karena setiap orang memiliki cara mengutarakan perasaannya sendiri.

(Baca Juga: 12 Tips Bepergian Dengan Bayi Yang Harus Diketahui)

Jangan libatkan orang lain

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Jangan Libatkan Orang Lain

Salah satu penyebab rumah tangga yang rusak adalah terlalu banyak ikut campur dari orang lain di dalamnya. Rumah tangga hanya masalah mu dan pasanganmu jangan sampai melibatkan orang lain dalam penyelesaian semua masalahnya. Saat ini sudah banyak kasus melibatkan orang lain dalam masalah justru membuat hubungan semakin renggang.

Kamu terlalu banyak mempertimbangkan dari beberapa sumber sehingga kamu melupakan penjelasan pasanganmu yang sebenarnya. Jadi mulai sekarang usahakan untuk hanya mempertimbangkan masalah mu dan pasanganmu saja. Usahakan untuk menutup rapat masalahmu dari desas-desus luar.

Cobalah menjaga emosi

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Cobalah Menjaga Emosi

Tips menjaga hubungan suami istri tetap harmonis keempat adalah harus bisa saling menjaga emosi. Kamu harus memulai sebuah topik dengan kepala dingin jika belum siap lebih baik diamlah terlebih dahulu. Mengambil keputusan disaat emosi akan membuat semuanya menjadi berantakan.

Kamu dan pasangan harus dalam keadaan yang dingin dan tidak dikendalikan oleh ego serta emosi yang membelenggu. Kemudian cobalah berbicara dari hati ke hati mengenai masalah yang menjadi beban. Dengan begitu solusi akan mudah untuk ditemui dari pada pertengkaran tanpa ujung penyelesaian.

Jangan berkata kasar saat kondisi semarah apapun

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Jangan berkata kasar Saat Kondisi Semarah Apapun

Kata-kata kasar baik dari mulut suami atau istri adalah pemicu sakit hati yang mendalam. Untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis kamu harus pandai memilah setiap kata yang diucapkan. Terlebih ketika sedang emosi satu sama lain jangan pernah mengatakan hal-hal yang menyinggung perasaannya.

Semisal ketika lelah kamu mengkritik istrimu hanya di rumah saja tidak bekerja padahal dia juga lelah mengurus rumah dan anak. Ataupun untuk istri mengkritik penghasilan suami yang kurang padahal sudah berusaha bekerja sampai lembur. Usahakan untuk tetap menjaga dan saling menghargai tanpa menyakiti.

Lebih baik diam dahulu ketika emosi bergejolak hal ini akan membuatmu lebih bisa mengontrol kata-kata yang keluar dari mulutmu. 

Perbanyak minta maaf

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Perbanyak Minta Maaf

Siapa bilang sering bilang minta maaf adalah lebay? Justru dengan selalu introspeksi diri akan membuat hubunganmu menjadi lebih dekat. Kamu bebas meminta maaf jika merasa apa yang kamu lakukan salah. Kamu juga jangan risih jika pasanganmu meminta maaf karena itu adalah hal yang wajar.

Rumah tangga dibangun berdua dan seringnya bertemu akan memicu kesalahpahaman yang tidak disadari. Maka dari itu dengan meminta maaf akan mendinginkan suasana dan berubah menjadi harmonis lagi. Kamu bisa meminta maaf untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis dengan membawa makanan kesukaan atau bunga. 

Jangan besarkan ego dan menunggu pasangan untuk minta maaf terlebih dahulu. Kamu bisa mengalah untuk keharmonisan rumah tangga. Hal ini justru akan membuat pasanganmu lebih terbuka dan bisa mengerti apa yang harus dilakukan berikutnya. 

Jangan banding-bandingkan pasanganmu

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Jangan Banding Bandingkan Pasanganmu

Dimatamu saat bosan pasanganmu memang hanya begitu-begitu saja kemudian kamu membandingkannya dengan suami tetangga. Kamu tidak akan menemukan rasa puas ketika melakukan perbandingan ini. Justru kamu akan lelah karena sebenarnya yang bersamamu adalah pasangan paling baik karena telah memilihmu.

Membandingkan pasangan baik secara ekonomi, fisik maupun pencapaian hanya akan menyakiti hati pasangan dan juga hatimu sendiri. Terimalah dia apa adanya baik segala kekurangan maupun kelebihannya.

Berikan rasa hormat

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Berikan Rasa Hormat

Bukan zamannya lagi ketika istri yang hanya harus hormat pada suami namun suami juga mesti hormat pada istrinya. Hal ini dikarenakan sudah kodratnya bahwa pasangan itu saling memberi dan menerima. Tidak boleh hanya memberi dan hanya menerima saja namun harus mendapatkan keduanya.

Hargai setiap uang yang diberikan oleh suamimu dan juga hargai setiap masakan yang telah dimasak oleh istrimu penuh cinta. Dengan memberikan perhatian pada hal-hal kecil tersebut tentu kepercayaan dalam rumah tangga akan terbentuk.

(Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Cocok untuk Sarapan Kaum Milenial)

Perhatikan kondisi pasangan

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Perhatikan Kondisi Pasangan

Walaupun dia tidak mengeluh namun untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis jangan lupa untuk mengecek suhu tubuh maupun nafsu makannya. Kebanyakan pasangan akan merahasiakan kondisi kesehatannya agar tidak membuat khawatir.

Itulah mengapa kamu harus lebih mengerti tanpa harus bertanya jika menemukan hal-hal yang janggal dari pasangannya. Tawarkan diri untuk menampung keluh kesahnya terkadang kondisi pasangan bukan hanya perihal sakit saja namun juga bisa beban masalah kantor maupun keuangan.

Gunakan sistem kolaborasi

Menjaga Hubungan Suami Istri Tetap Harmonis - Gunakan Sistem Kolaborasi

Cara menjaga hubungan suami istri tetap harmonis yang terakhir adalah dengan selalu menggunakan sistem kolaborasi. Terlebih jika sudah memiliki anak maka jangan selalu membebankan tugas mendidik anak pada istri saja namun lakukan dengan sistem kolaborasi. Untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis berikan penjadwalan waktu yang pas ketika kalian berdua sama-sama sibuk.

Anak harus mendapatkan kasing sayang dari keduanya bukan salah satunya saja. luangkan waktu bersama setiap akhir pekan untuk berlibur atau wisata edukasi agar anak merasa senang dan diperhatikan. Sistem kolaborasi ini akan menguntungkan semua pihak tanpa ada yang merasa dirugikan.

Intinya jangan hanya membebankan pekerjaan di salah satu pasangan saja terlebih untuk mengurus anak. Anak adalah buah hati yang menjadi tugas didikan untuk keduanya. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan suami istri tetap harmonis. Kamu bisa memilih dari yang paling simple dan mudah untuk dilakukan kemudian baru beranjak pada hal-hal lain yang lebih krusial.

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts