Rahasia Merukunkan Adik Kakak Paling Mudah dan Efektif

Orang tua yang memiliki lebih dari satu anak, harus tahu merukunkan adik kakak efektif. Seringkali menemukan ada saudara kandung ribut berkelahi sehingga merepotkan. Bila dibiarkan, bisa saja berakibat lebih buruk.

Mungkin untuk saat ini hanya saling berebut mainan atau perhatian dari ibu dan ayahnya saja. Tapi jika dibiarkan sedari kecil tanpa perlakukan khusus, cenderung dapat merusak hubungan masa depan keduanya. 

Trik Merukunkan Adik Kakak dari Kecil

Untuk menghilangkan kemungkinan buruk seperti tidak akbar, masih dapat dicegah . Selain itu antar saudara harus dirukunkan dengan beberapa cara mudah dan efektif. Bisa dijalankan sedari kecil sehingga berjalan maksimal.

1. Awali dari Bayi

merukunkan adik kakak - awali dari bayi

Untuk membuat saudara kandung dapat akur yaitu mengatur sejak bayi. Masa ini pikiran cenderung masih polos sehingga mengikuti omongan atau perilaku orang tuanya. Harus mencontohkan misal membantu saat memandikan adik.

Pasti dengan sendirinya bisa memunculkan empati terutama bagi saudara lebih tua. Nantinya bakal lebih responsif dalam menjaga adiknya sendiri. Jika sudah terlatih sejak dini, maka menjaga satu sama lain mudah.

(Baca Juga: Ini Dia Tips Agar Balita Tidur Nyenyak Di Malam Hari)

2. Biasakan Bersama-sama

merukunkan adik kakak - biasakan bersama-sama

Selain itu proses merukunkan adik kakak baik dilakukan dengan memperbanyak waktu bersama. Apalagi jika masih kecil dan belum sekolah. Di mana pasti kegiatan sehari-hari cenderung dihabiskan hanya bermain saja.

Perlu juga dibiasakan selalu bersama dengan kegiatan atau tugas sejenis. Apabila sering mengerjakan tugas yang sama, pasti semakin dekat karena secara tidak sadar bakal berkomunikasi dengan satu sama lain.

3. Sejajarkan Persaudaraan

merukunkan adik kakak - sejajarkan persaudaraan

Harus diketahui kalau usaha dalam merukunkan adik kakak, jangan sampai ada penyalahgunaan anggota tertua atau termuda. Umumnya seringkali ada kondisi seperti anak lebih tua merasa paling hebat atau lebih penting.

Selain itu sering muncul masalah anak lebih kecil merasa harus selalu duluan. Jadi, kita wajib memberi arahan supaya anak paham jika posisinya sejajar. Tidak ada namanya kasta dalam tali persaudaraan.

4. Saat Berkelahi

merukunkan adik kakak - saat berkelahi

Sementara itu bila Anda menemukan kakak adik tersebut sedang dalam kondisi berkelahi harus mengetahui cara melerai. Baik waktu memperebutkan mainan atau lainnya harus tetap didekatkan. Jangan sampai berlarut terlalu panjang.

Peran orang tua disini yaitu wajib menuntun agar keduanya mau berhadapan dan berbicara dengan baik-baik. Selain itu usahakan supaya sampai saling minta maaf kesalahan keduanya. Ingatkan saling memaafkan itu baik.

Kegiatan Olahraga Bersama Saudara Kandung

merukunkan adik kakak - kegiatan olahraga bersama saudara kandung

Sampai sekarang ternyata olahraga bagus buat menjaga kebersamaan atau kerukunan antara saudara kandung. Sebab utamanyanya karena bisa saling bekerja sama. Selain itu bersaing untuk menunjukan siapa yang lebih hebat.

Salah satu pilihan paling bagus saat masih kecil yakni jogging atau bersepeda. Terutama bersepeda di mana bisa dilakukan dijalanan umum. Tanpa perlu membayar apapun tapi harus diawasi supaya tetap aman.

Dalam kegiatan merukunkan adik kakak bisa juga mengikutkan pada tempat pelatihan atau akademi profesional. Misalnya mengikuti bulutangkis yang mudah untuk kita temukan. Bisa bersama-sama berangkat latihan dan saling membantu.

Hal ini juga sama saat memutuskan kegiatan olahraga seperti berenang. Malahan bakal terasa lebih menyenangkan karena bermain air bersama. Pasti bakal bekerja sama mencari cara menikmati wahana air saat berenang.

Sementara itu untuk olahraga lebih serius seperti masuk akademi lainnya yakni sepakbola. Kita tidak asing mendengar pesepakbola nasional berasal dari satu keluarga. Mereka tetap akrab dan rukun bahkan sampai dewasa.

Begitu juga apabila mengikuti basket, bahkan lebih mudah dibanding sepakbola. Di mana bisa membuat arena kecil belakang rumah. Lalu diberi ring basket mini untuk bermain antara adik dan kakak tersebut.

Rekomendasi kegiatan olahraga supaya rukun selanjutnya yaitu beladiri. Pasti berguna karena akan ada persaingan menuju siapa yang paling kuat. Tapi suatu saat perasaan ingin berlatih demi melindungi saudaranya muncul.

(Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga untuk Bayi)

Bijak Memberi Mainan Pada Anak

merukunkan adik kakak - bijak memberi mainan kepada anak

Perlu diketahui kalau yang namanya anak-anak membutuhkan alat bermain. Maka dari itu kita sebagai orang tua wajib memberikan tapi dengan cerdik. Tidak boleh asal membelikan saja tanpa rencana yang jelas.

Umumnya memang perlu diberi sesuai keinginan atau kebutuhan saat itu. Misal sedang menyukai acara kartun atau superhero kesayangan. Pasti bakal meminta baju atau aksesoris berhubungan sama acara tersebut.

Tapi perlu diingat lagi kalau jangan semuanya dituruti terlalu mudah. Ketahui dulu mana yang diinginkan sehingga tidak terlalu banyak. Usahakan beri pemahaman supaya tidak berlebihan meminta sesuatu.

Karena kita disini memiliki tujuan merukunkan adik kakak, semuanya harus diberi. Misalnya kalau kita memberi anak lebih kecil, maka kakak juga dikasih. Gunanya supaya tidak terjadi masalah atau perasaan kesan.

Harus Anda ketahui sampai sekarang semua anak cenderung menyukai besarnya mainan. Mereka bahkan tidak terlalu peduli pada harga atau banderolnya. Asalkan terlihat megah dan warna-warni pasti dibanggakan. 

Wajib tahu juga mainan tersebut mau diberi buat laki-laki atau perempuan. Usahakan tema dari keduanya berbeda secara jelas. Misal buat laki-laki tentang superhero lalu perempuan bisa diberi mainan feminim.

Selanjutnya Anda harus tahu apakah mau memberi mainan sendiri-sendiri atau bersama. Kalau sendiri, pastikan tanggung jawab diberikan pada anak. Terutama supaya membereskan jika sudah dipakai untuk bermain.

Hal ini kurang lebih sama jika orang tua mau memberi mainan bersama. Tapi disini lebih bagus karena jika berantakan bakal dibereskan bersama. Akhirnya saling menjaga dan membantu satu sama lain.

Tahu Apa Fasilitas yang Dibutuhkan

merukunkan adik kakak - harus tahu fasilitas apa yang dibutuhkan

Seiring dengan pertumbuhan buah hati, bakal membutuhkan banyak fasilitas tambahan. Misalnya saja kalau buat saudara pastinya kamar terpisah. Tidak bisa terus tidur dalam satu kamar sepanjang masa.

Terlebih jika saudara tersebut memiliki gender berbeda. Harus mulai belajar tentang privasi yang harus dijaga dari lawan jenis. Apalagi pasti kamar tersebut bakal dilengkapi hiasan atau tema tidak serupa.

Fasilitas penting lainnya mungkin berupa smartphone atau gadget. Anak zaman sekarang tidak bisa dilepaskan dalam penggunaan gadget sehari-hari. Tidak perlu untuk Anda larang, perbolehkan saja kalau mau pakai.

Tapi tidak boleh membelikannya sendiri, apalagi jika masih kecil. Terlebih sebelumnya kita punya tujuan merukunkan adik kakak. Kalau salah satu dibelikan, pasti yang lain juga minta supaya punya baru.

Tentu sebagai orang tua bakal menjadi hal yang cukup merepotkan. Apalagi kebutuhan sehari-hari bakal bertambah lebih banyak. Lebih baik gadget yang dipakai anak hanya milik kita pribadi supaya lebih hemat.

Disini sekaligus Anda dapat mengajarkan saling bergantian pada anak. Tidak boleh rakus atau egois terhadap saudaranya sendiri. Selain itu penting untuk mengajarkan kalau mau memakai gadget, minta izin dulu.

Umumnya banyak anak yang marah-marah apabila tidak diberi main gadget. Makanya harus kita beri pengertian kalau gadget itu bukan milik mereka. Akhirnya dapat berguna supaya lebih menghormati orang tua.

Membuat Akur Saudara Kandung Saat Semakin Besar

merukunkan adik kakak - membuat akur saudara kandung saat semakin besar

Pada momen ini terbilang sangat krusial buat perkembangan hubungan saudara. Apalagi jika telah sekolah meski masih dibawah umur 10 tahun. Jadi, Anda boleh menceritakan bagaimana keakraban saat masih bayi.

Bisa dibilang wajib diceritakan karena masih saling menyentuh dan merawat satu sama lain dengan perasaan tulus. Pasti timbul rasa sayang besar seperti dulu. Ingatkan juga kalau perasaan sayang mustahil hilang.

Lalu Anda boleh beritahu jika yang namanya ikatan keluarga tidak pernah bisa terputus. Hal ini cenderung dapat selalu diingat oleh semua anak. Meski sedang dalam kondisi pertengkaran atau konflik.

Hal tersebut masuk dalam tata cara merukunkan adik kakak yang sama golongannya dengan selalu mengingatkan agar saling mencintai. Maksudnya disini bukan seperti kita mencintai orang lain karena ingin dijadikan pasangan.

Melainkan lebih ke mencintai dengan kasih sayang dan rasa ingin menjaga saudaranya. Walau makin besar rasa seperti ini tidak boleh hilang sedikitpun. Bahkan wajib terus tumbuh dan berkembang.

Selanjutnya, kalau semakin besar boleh membuat grup pesan aplikasi chat sekeluarga. Berguna di mana bisa berkomunikasi satu sama lain tanpa terputus. Mungkin mengabarkan kegiatan sehari-hari atau makanan yang sedang dimakan.

Rajin komunikasi terbukti membuat hubungan saudara kuat baik masih kecil ataupun besar. Apalagi komunikasi memang memiliki peran penting dalam psikologi. Semakin sering bercengkrama, tambah tahu lebih dalam mengenai orang lain.

Semua cara merukunkan adik kakak tersebut terbukti ampuh karena diteliti berdasarkan saudara kandung seluruh dunia. Dapat bekerja baik, tapi harus bersabar karena butuh waktu. Jika dilaksanakan penuh perhatikan, merukunkan adik kakak pasti cepat.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts