10 Jenis Minuman Yang Sehat Untuk Ibu Hamil Dengan Rasa Lezat 

Adakah jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil? Jawabannya tentu saja ada banyak. Namun memang tidak semua diketahui orang. Apalagi kebanyakan orang merasa takut dan memiliki banyak pantangan ketia masa kehamilan. Konsumsi makanan atau bahkan minuman memang memiliki dampak besar bagi kehamilan. Selain itu, tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan serta minuman dengan baik. Hal tersebut berkaitan pula dengan kondisi kesehatannya masing-masing.

Untuk Anda yang ingin mengetahui jenis minuman yangsehat untuk ibu hamil. Pastikanlah Anda menyaksikan uraian penjelasan berikut ini : 

 

Berikut adalah Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa jenis minuman yang dinyatakan baik untuk kesehatan ibu hamil. Bahkan beberapa di antaranya dianggap penting untuk dikonsumsi dalam masa kehamilan, di antaranya : 

Air Putih

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Air Putih

Minuman yang sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah air putih. Air putih atau air mineral adalah jenis air minum yang aman untuk dikonsumsi oleh siapapun. Jenis minuman yang satu ini tidak hanya dianjurkan bagi ibu hamil saja. Tetapi juga sangat penting untuk dikonsumsi oleh semua orang. 

Air putih menjadi bagian penting dari tubuh manusia. Selain menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, air putih juga menjadi bagian utama untuk menghadirkan ASI. Karena itulah, ia sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil serta menyusui.  Lebih dari itu, pastikan Anda mengkonsumsi air mineral dengan mencukupi setiap harinya. 

Seperti mengkonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per harinya. Dengan demikian, setiap kebutuhan tubuh pun dapat dipenuhi dengan mudah olehnya. 

(Baca Juga: 6 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil)

Jus Jeruk atau Limun 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Jus Jeruk

Air jeruk atau lemonade juga dikenal sebagai jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil. Jenis minuman ini memiliki kandungan vitamin c yang tinggi. Dengan demikian, ia pun dapat membantu ibu hamil dalam menyerap zat besi dengan lebih efektif. 

Tidak hanya itu, air lemon juga dapat menjaga tubuh agar ia tetap terhidrasi. Bahkan dalam porsi yang tepat, konsumsi air lemon dapat mengurangi rasa mual atau morning sickness. Sedangkan untuk menambah rasa lezat, Anda juga dapat memberikan tambahan bahan lain. Seperti halnya madu, daun mint, potongan jahe dan lainnya. 

Air Kelapa 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Air Kelapa

Air kelapa dikenal sebagai jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil. Mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan sistem kekebalan. Tubuh yang dapat terjaga dengan baik olehnya. 

Lebih dari itu, mengkonsumsi air kelapa juga dapat menghindarkan Anda dari rasa lelah dan haus. Hal ini terjadi karena air kelapa dapat mengembalikan garam alami yang hilang dari tubuh. Namun jenis minuman yang satu ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. 

Jus Buah Segar 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Jus Buah

Jenis minuman yang satu ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apalagi ketika memasuki musim panas. Selain terasa menyegarkan, jenis minuman ini juga baik untuk ibu dan kesehatan si kecil. 

Karena itulah jenis minuman ini masuk kedalam minuman yang sehat untuk ibu hamil. Pasalnya manfaat yang dihadirkan oleh minuman tersebut dapat dirasakan oleh keduanya. Baik itu oleh ibu yang tengah mengandung, juga oleh bayi yang tengah dikandungnya. 

Susu Rendah Lemak 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Susu Rendah Lemak

Susu dan berbagai jenis olahan makanan serta minuman yang terbuat darinya memiliki banyak nutrisi. Hal ini terbukti dari beragam kandungan protein, mineral serta vitamin yang tentunya penting bagi kesehatan tubuh. Karena itulah susu menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. 

Apalagi susu juga dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Karena itulah ketika mulai hamil, umumnya ibu akan dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman yang sehat untuk ibu hamil satu ini. Dengan demikian, asupan yang dibutuhkan oleh  ibu hamil pun dapat terpenuhi dengan baik. 

Jus Sayuran 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Jus Sayuran

Jus sayur adalah jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil.. Akan tetapi Bagi Anda yang belum terbiasa, tentunya dapat mencampur jenis minuman tersebut dengan bahan lainnya. Seperti halnya mencampur jus sayur dengan buah-buahan. 

Apabila telah terbiasa, maka Anda pun dapat mencoba untuk mengkonsumsi jus sayur secara mandiri. Selain terasa lebih nyaman, minuman ini juga dikenal dengan banyak manfaat. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan zat berkhasiat alami yang ada di dalamnya. 

(Baca Juga: 6 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil)

Teh Herbal 

Minuman yang Sehat Untuk Ibu Hamil - Teh Herbal

Teh herbal atau bahkan jenis teh biasa pada umumnya juga termasuk dalam jenis minuman yang baik bagi ibu hamil. Apalagi jika sajian minuman tersebut disediakan secara dingin dalam bentuk es teh. Selain menyehatkan, ia juga dapat menjadikan tubuh terasa lebih segar dari sebelumnya. 

Meski demikian, bagi Anda yang hendak mengkonsumsi jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil ini. Pastikan untuk menjaga kadar kafein yang dimilikinya. Hindari mengkonsumsi secara berlebih atau bahkan melebihi batas kafein yang dianjurkan. 

Konsumsi minuman teh, dapat memberikan beberapa manfaat bagi ibu hamil. Seperti halnya untuk meredakan sakit kepala. Kemudian menjaga nafsu makan hingga melindungi saluran cerna. 

Smoothies Buah 

Minuman yang sehat untuk ibu hamil - Smoothies Buah

Selain jus buah segar, smoothies buah juga dapat Anda jadikan minuman tepat bagi ibu hamil. Pembuatan smoothies juga dapat dilakukan sesuai selera. Seperti halnya dari takaran buah, susu hingga es yang digunakan. 

Meskipun pembuatan smoothies disertai dengan beberapa bahan tambahan seperti yang telah disebutkan tadi. Namun untuk kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tentu tidak akan menghilang. Karena itulah ibu hamil diperbolehkan untuk mengkonsumsi smoothies sesuai dengan seleranya masing-masing. 

Buttermilk 

Minuman yang sehat untuk ibu hamil - Buttermilk

Buttermilk juga termasuk dalam jenis minuman yang sehat untuk ibu hamil. Apalagi saat memasuki musim panas. Hal ini berkaitan dengan konsumsi buttermilk yang dapat memberikan sensasi dingin pada tubuh Anda. 

Dengan mengkonsumsi buttermilk, tentunya tubuh Anda pun dapat tetap terhidrasi. Selain itu, Anda pun tidak perlu khawatir dengan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Pasalnya ia dikenal dengan kandungan protein serta kalsium tinggi, juga ada pula  vitamin B12 yang turut menjaga kesehatan tubuh Anda. 

Air Chia Seed

Minuman yang sehat untuk ibu hamil - Air Chia Seed

Air Chia seed adalah jenis minuman terakhir yang dapat dikonsumsi ibu hamil. Minuman ini dikenal dengan kandungan nutrisi tinggi. Anda bisa menemukan kandungan magnesium, kalsium, seng, tembaga, fosfor dan juga kandungan nutrisi lain di dalamnya. 

Untuk mendapatkan jenis minuman yang satu ini. Anda dapat merendam beberapa biji selasih dalam air yang sudah matang. Setelah mengembang, air minum itu pun dapat dikonsumsi secara langsung. Namun jika ingin lebih nikmat, Anda juga dapat mencampurnya dengan jenis minuman lainnya. 

Dengan mengkonsumsi beberapa jenis minuman di bagian atas tadi. Tentunya bukan hanya rasa haus saja yang dapat dihilangkan dengan mudah pada ibu hamil. Pasalnya jenis minuman tersebut juga diharapkan mampu memberikan asupan nutrisi yang baik.

 

Apalagi ketika hamil, ada dua kesehatan tubuh yang harus diperhatikan. Pertama kesehatan ibu hamil dan yang kedua adalah kesehatan bayi yang dikandungnya. Dengan demikian, konsumsi minuman yang sehat untuk ibu hamil tersebut diharapkan mampu menjaga kesehatan Anda dan juga ibu hamil lainnya. 

 

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts