Menjadi Morning Person, Simak Keuntungan yang Didapatkan 

morning person

Menjadi seorang morning person terkadang dianggap sebagai hal mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun faktanya kebiasaan sederhana ini tidak mudah dijalani oleh sebagian orang karena berbagai penyebab.

Bahkan ketika Anda sudah memasang alarm dengan suara keras sekalipun dan berbunyi ratusan kali. Tetap saja tidak berhasil dan membuat Anda kembali terlelap sehingga harus selalu dikejar waktu.

Terlebih lagi jika harus bekerja di pagi hari ataupun sekolah tentu sangat merepotkan jika sering terlambat. Bahkan karena terburu-buru membuat Anda sudah merasa capek duluan padahal baru mau memulai aktivitas.

Jika kebiasaan bangun terlambat seperti ini dibiarkan berlarut-larut akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Seharusnya sudah mulai diperhatikan mulai dari sekarang agar bisa menjalani hidup lebih baik.

Untuk mengetahui lebih mendalam tentang bagaimana caranya agar bisa menjadi kebiasaan bangun pagi. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya kemudian pelajari juga tips yang dijelaskan di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Kebiasaan Morning Person

Dilihat dari waktu tidurnya, sebenarnya kebiasaan manusia terbagi menjadi dua yaitu morning person dan night person. Seseorang yang sudah terbiasa bangun di pagi hari tanpa menggunakan alarm sekalipun langsung beraktivitas.

Kebalikan dengan night person dimana mereka sering tidur sampai larut malam kemudian bangun lebih siang. Seseorang dengan kebiasaan night person akan sangat sulit untuk bangun karena bisa begadang semalaman.

Keduanya memiliki dampak sendiri-sendiri baik dampak positif maupun dampak negatif yang sebaiknya diketahui. Karena pilihan kembali ke masing-masing orangnya sehingga harus mengenali kebiasaan-kebiasaan tersebut lebih mendalam.

Kebiasaan bangun pagi sebenarnya sering dilakukan orang-orang pada jaman dulu karena harus menempuh perjalanan jauh. Karena kendaraan yang digunakan tidak semodern sekarang sehingga butuh waktu lebih lama.

Pada zaman sekarang ini semua serba instan dimana anak-anak milenial tidak lagi berpacu dengan waktu. Banyak kendaraan cepat yang membawa mereka ke tempat kerja dan bahkan bisa bekerja dari rumah.

Pola kehidupan yang berubah ternyata juga ikut membuat perubahan pada kebiasaan bangun lebih awal. Namun seiring berkembangnya kesadaran untuk menjaga kesehatan kebiasaan seperti ini mulai diperhatikan lagi.

Seseorang mulai menyadari dampak buruk jika menjadi seorang night person sehingga mulai berusaha merubahnya. Terutama dampak negatif pada kesehatan untuk jangka panjangnya tidaklah baik jika diabaikan.

(Baca Juga: 8 Tips Cara Bangun Pagi Meskipun Tidur di Malam Hari)

Pengaruh Kebiasaan Bangun Pagi dengan Kesehatan Mental

 morning person - Bangun pagi

Morning person ternyata tidak hanya berpengaruh pada kesehatan secara fisik saja namun juga mental. Mungkin Anda heran apa pengaruhnya terhadap mental padahal mungkin bagi sebagian orang adalah hal biasa.

Ada banyak orang yang memang menjadikan bangun di pagi hari lebih awal merupakan kebiasaan biasa saja. Namun banyak juga merasa kesulitan sehingga tidak bisa bangun meskipun sudah menggunakan berbagai cara.

Seseorang yang terbiasa bangun lebih awal akan menyambut hari dengan penuh semangat dan keceriaan. Sehingga memberikan semangat tersendiri di pagi hari yang mempengaruhi mood sepanjang hari. 

Memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan di pagi hari membuat seseorang dengan kebiasaan ini memiliki suasana hati yang baik. Mereka memiliki tingkat kelelahan yang lebih rendah karena istirahat selalu cukup.

Kebiasaan menjalani hidup lebih santai terutama tidak terburu-buru di pagi hari berdampak positif pada mental Anda. Sistem imun semakin kuat dan Anda menjadi sehat secara fisik maupun mental.

Seseorang yang bisa tidur nyenyak akan jarang terkena stres karena cukup istirahat sehingga bangun juga tidak berat. Mereka juga jarang sakit sehingga kemungkinan mengalami stres berat semakin kecil.

Keuntungan Menerapkan Kebiasaan Bangun Pagi

 morning person - Kebiasaan bangun pagi

Terbiasa bangun lebih awal ternyata menawarkan lebih banyak manfaat daripada mereka yang bangunnya lebih siang. Simak apa saja keuntungan menjadi morning person sehingga Anda lebih bersemangat untuk mencoba kebiasaan tersebut.

  • Mempermudah kontrol berat badan

Tahukah Anda cahaya di pagi hari ternyata sangat efektif menyinkronkan jam butuh internal. Mengatur ritme sirkadian dan juga mengatur keseimbangan energi sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Tidur begadang sangat berdampak buruk pada berat badan sehingga risiko obesitas jauh lebih tinggi. Dengan meninggalkan kebiasaan begadang dan selalu bangun lebih pagi maka berat badan menjadi terkontrol.

  • Memiliki waktu untuk berolahraga pagi

Bangun lebih awal membuat Anda memiliki waktu luang untuk berolahraga pagi meskipun sekedar jalan santai atau lari. Kebiasaan ini sangat baik untuk belajar hidup lebih sehat dan tidak perlu terburu-buru.

  • Memungkinkan selalu bahagia

Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto – Kanada, kebiasaan seperti ini membuat selalu bahagia. Tidur malam atau begadang menimbulkan jet lag sosial yaitu sering lelah dan menjadi lebih emosional.

  • Kadar gula lebih sehat bagi penderita diabetes

Bagi penderita diabetes menerapkan kebiasaan menjadi morning person dapat membantu mengontrol kadar gula. Apalagi mereka yang terbiasa begadang mengkonsumsi makanan tinggi kalori sehingga berpengaruh buruk pada kesehatan.

  • Selalu lebih bersemangat dan berenergi

Keuntungan yang sangat berdampak positif yaitu membuat Anda menjadi pribadi penuh semangat. Bahkan terkesan selalu berenergi dalam menjalani hari sehingga tidak mudah merasa lelah dan mengurangi kebiasaan mengeluh.

Penyebab Seseorang Kesulitan Bangun di Pagi Hari

 morning person - kesulitan bangun di pagi hari

Bagi seseorang yang sudah terbiasa menerapkan pola morning person tentu tidak ada kesulitan untuk bangun. Namun ada banyak orang yang sangat sulit bangun karena disebabkan oleh banyak hal antara lain.

  • Begadang sambil bermain handphone

Kebiasaan begadang apalagi anak-anak milenial saat ini sering menghabiskan waktu untuk bermain game. Terbawa suasana karena mengecek berbagai media sosial atau terlalu seru chatting menjadi penyebab utama sulit bangun.

Hentikan kebiasaan begadang jika Anda memang ingin merubah pola hidup lebih sehat. Cahaya di handphone terkadang membuat tipuan mata sehingga tanpa sadar sudah bermain sampai larut malam.

(Baca Juga: Yuk Ikuti, 9 Kegiatan Produktif Setelah Bangun Tidur Dipagi Hari)

  • Makan terlalu kenyang

Penyebab lainnya bisa jadi karena Anda memiliki makan terlalu malam sehingga perut tidak nyaman. Bisa juga karena makan terlalu kenyang sehingga perut menjadi tidak nyaman jika dibuat tidur.

Ketika perut dalam keadaan kenyang justru terasa penuh jika dipakai untuk berbaring. Maka sangat penting mengatur pola makan, jam makan malam dan seberapa banyak porsinya agar bisa tidur nyenyak.

  • Sedang mengalami stress berlebihan

Sebenarnya kunci utama seseorang sulit menjadi morning person karena memang tidak bisa tidur cepat. Penyebab utamanya dari dalam diri sendiri seperti stres berlebihan sehingga tidur malam menjadi tidak tenang.

Jika Anda tidak bisa tidur mana mungkin pagi hari bisa langsung bangun tanpa bermalas-malasan. Apalagi disebabkan karena stres sudah pasti akan merasa semakin tertekan saat bangun di pagi hari.

  • Faktor genetik

Satu hal yang sering dilupakan penyebab sulitnya bangun karena memang ada faktor genetik. Namun fakta tentang hal ini masih didalami dan belum terbukti benar tidaknya.

Tips Memulai Kebiasaan Bangun Pagi Mulai Sekarang

 morning person - Kebiasaan bangun pagi

Tidak bisa bangun lebih awal pada saat hari libur tidaklah menjadi masalah namun jika jam kerja pagi tentu sangat merepotkan. Maka sangat penting memulai kebiasaan menjadi morning person mulai sekarang.

  • Mulai dengan niat dulu

Segala sesuatu akan berhasil jika dimulai dengan niat dari dalam diri sendiri terlebih dahulu. Anda tidak bisa mengandalkan orang lain untuk membantu membangunkan setiap pagi jika tidak memiliki niat.

Maka buatlah perjanjian dengan diri sendiri terlebih dahulu untuk mulai merubah kebiasaan bangun di pagi hari. Dengan perjanjian tersebut setidaknya Anda bisa membuat aturan jika diri sendiri melakukan pelanggaran.

  • Kelola stres dengan baik

Sebaiknya Anda mulai mengelola stres dengan baik dimulai tidak menonton video di berbagai media sosial. Apalagi video-video atau berita yang mampu meningkatkan rasa cemas sehingga menyebabkan sulit tidur.

Biasakan untuk tidur tepat waktu misalnya maksimal jam 9 malam setiap harinya dan tidak ada nego. Berdoa atau bermeditasi sebentar sambil mendengarkan musik relaksasi dapat membantu mengelola stres.

  • Minum susu hangat sebelum tidur

Kalau Anda baru memulai kebiasaan ini sebaiknya bantu dengan minum segelas susu hangat sebelum tidur. Susu hangat membuat tubuh lebih rileks sehingga tidur lebih nyenyak dan jangan sampai terlalu kenyang.

  • Olahraga ringan setiap hari

Tips lainnya disarankan untuk melakukan olahraga ringan setiap harinya di pagi atau sore hari. Ingat untuk tidak olahraga berat di malam hari karena justru membuat Anda semakin kesulitan untuk tidur.

Kebiasaan bangun tidur lebih awal sangatlah memberikan banyak manfaat menguntungkan bagi Anda. Ketahui penyebab sulitnya menjadi morning person dan tips mengatasinya untuk memulai sekarang juga.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts