Tips Sehat: Olahraga Apa yang Bisa Mempercepat Haid?

Haid atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina. Bagi para wanita, keadaan ini kerap terjadi setiap bulannya. Keluarnya darah haid biasanya cukup mengganggu karena beberapa wanita akan mengalami kondisi tubuh yang berbeda. Bahkan banyak dari mereka yang mengalami masa PMS, sehingga mood yang dihasilkan tidak menentu. Hal tersebut secara otomatis, membuat mereka sering marah karena alasan yang tidak jelas. Meskipun begitu, darah ini mesti keluar dari tubuh wanita untuk menghindari risiko kesehatan lainnya. Nah, itu kenapa membahas mengenai olahraga apa yang bisa mempercepat haid sering dibicarakan. 

Aspek lain yang mesti diperhatikan adalah cara mempercepat haid mampu dilakukan dengan metode alami dan obat. Jika Anda memilih menggunakan obat, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu. Jangan sampai, penggunaan obat ini tidak diawasi oleh dokter khusus karena bisa saja berbahaya untuk kesehatan. Sedangkan bagi perempuan yang ingin melakukan metode alami, diharapkan bersabar karena proses alami membutuhkan waktu guna memperoleh hasil yang diinginkan. 

9 Macam Olahraga yang Bisa Mempercepat Haid Secara Alami

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid? Pertanyaan itu semakin sering terdengar, sebab kondisi badan yang telat menstruasi sangat tidak nyaman. Namun sebelum membahas mengenai hal itu, ada baiknya Anda pahami konteks haid itu sendiri. Perhitungan masa haid bagi perempuan berbeda-beda. Ada dari mereka yang mengalami menstruasi 15 hari dalam sebulan. Tetapi pada umumnya, masa menstruasi hanya 7 hari. Menstruasi sendiri bakal berhenti, ketika perempuan telah berada di fase menopause. 

Sedangkan bagi Anda yang masih gadis dan mempunyai usia muda, haid menjadi tamu bulanan yang harus datang. Nah, ketika beberapa dari Anda mengalami masalah ketidakteraturan haid. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan diri pada dokter spesialis. Selain itu, Anda dapat melakukan beberapa cara untuk memperlancar proses haid. Langsung saja, berikut penjelasan singkatnya:

Jogging

Olahraga apa yang bisa memperlancar haid - Jogging

Hal paling sederhana namun sulit dilakukan, apalagi kalau bukan olahraga secara teratur. Beberapa penelitian mengungkap, bahwa olahraga ringan mampu membantu otot lebih rileks. Kondisi ini yang nantinya, membantu proses haid semakin lancar. Misalnya saja, Anda bisa mencoba jogging setiap pagi. Tidak perlu terlalu lama, Anda hanya perlu meluangkan waktu selama 30 menit. Jika dirasa masih terlalu sulit, bisa berganti jadwal menjadi seminggu sekali. Catatan yang perlu digaris bawahi adalah usahakan untuk teratur. Jadi, olahraga apa yang bisa mempercepat haid, Anda bisa menentukannya sesuai kemampuan tubuh. 

(Baca Juga: Jenis – Jenis Olahraga yang Bisa Memperlancar BAB dan Manfaatnya)

Aerobic

Olahraga apa yang bisa memperlancar haid - Aerobic

Setelah itu, Anda bisa mencoba praktikan olahraga aerobic. Bagi wanita yang tidak terbiasa dengan olah fisik jenis ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas olahraga yang dekat tempat tinggal. Pada dasarnya, aerobic menjadi jenis olahraga yang cukup digemari karena membuat tubuh bergerak dengan baik. Anda mampu merasakan aliran darah berjalan lancar, sehingga proses haid terjadi secara teratur. 

Sit up

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Sit up

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid, berikutnya adalah sit up. Olahraga ini tergolong ringan karena Anda tidak perlu menggunakan berbagai alat. Sit up akan memfokuskan diri pada olah otot perut. Gerakannya cukup sederhana, Anda hanya perlu terlentang kemudian mengangkat kepala perlahan menggunakan dorongan tangan. Selain untuk membentuk perut lebih kencang, sit up berguna dalam mengurangi cedera punggung sekaligus menyeimbangkan keadaan tubuh. Termasuk mempermudah dinding rahim rontok dan mengeluarkan darah kotor. Bahkan menurut beberapa catatan ahli, sit up mampu dilakukan dengan berbagai gerakan. 

Lompat tali

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Lompat Tali

Berikutnya, sempurnakan masa menstruasi dengan skipping atau lompat tali. Keunggulan lain dari olahraga ringan ini adalah dapat dilakukan dimanapun. Bahkan di masa seperti sekarang, Anda dipersilakan bermain lompat tali di dalam rumah. Selain bermanfaat untuk mengecilkan paha. Skipping juga mempunyai andil dalam memperlancarkan haid pada wanita. Hal tersebut terjadi karena lompat tali akan memaksa Anda terpusat pembentukan otot perut, sehingga bukan hal yang tidak mungkin jika darah haid akan keluar dengan sendirinya. Gerakan lompat tali bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Pasalnya, skipping memiliki gerakan yang cukup bervariatif. Nilai lebihnya, lompat tali akan membantu Anda mengontrol kalori dalam tubuh. 

(Baca Juga: Simak Yuk,10 Gerakan Olahraga yang Dapat Memperbesar Payudara)

Yoga

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Yoga

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid? Yoga adalah jawaban paling banyak digunakan. Beberapa sumber lain menjelaskan, mengenai jenis charm shinayaka yoga yang sangat aman dilakukan saat haid. Pada dasarnya, yoga mempunyai fungsi penting untuk menurunkan tingkat stres. Penurunan tersebut yang nantinya, berdampak pada kemampuan tubuh untuk mengeluarkan darah kotor (haid). Informasi lain terkait yoga, Anda diharapkan mempunyai instruksi yoga langsung. Langkah ini mempermudah Anda untuk mempraktekan gerakan yang diperlukan. Pasalnya, kesalahan pada olahraga bukan hal yang baik bagi kesehatan.

Squat

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Squat

Anda pasti setuju, bahwa squat adalah olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah. Kelebihannya yang lain, gerakan dari olah fisik ini terbilang sederhana. Anda hanya perlu berjongkok dan berdiri. Biasanya, squat dilakukan untuk membentuk kekuatan pada bagian bawah badan.Nah, bagi Anda yang tidak terbiasa dengan squat. Dianjurkan untuk memulainya secara perlahan. Jangan sampai memaksakan diri, sebab tubuh kelelahan akan berdampak pada proses haid yang tidak lancar. Sedangkan untuk keseluruhan, squat memberi kemudahan darah untuk mengalir secara lancar. Olahraga apa yang bisa mempercepat haid? yaitu squad salah satunya.

Yoga Reclining Twist

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Yoga Reclining Twist

Olahraga apa yang bisa memperlancar haid, jawaban paling mudah adalah yoga. Dari sekian banyak gerakan yoga, pose reclining twist paling direkomendasikan. Gerakan ini bisa Anda lakukan dengan tiduran dan merentangkan kedua tangan. Selain digunakan mempercepat menstruasi, olahraga tersebut cukup ampuh digunakan untuk melenturkan tulang belakang, serta meredakan nyeri haid. Berhubung gerakannya yang tidak terlalu sulit, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Rasakan gemeretak tulang belakang, dan ulanginya ke sisi badan yang lain. Anda bisa menggunakan otot perut untuk mendorong tubuh menghadap posisi lainnya. 

Arching Pigeon

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Arching Pigeon

Untuk menjawab pertanyaan olahraga apa yang bisa mempercepat haid, Anda bisa langsung mencoba gerakan arching pigeon. Pada dasarnya, arching pigeon adalah bentuk lain dari gerakan yoga. Jenis ini sering disebut pembuka pinggul. Selain memperlancar haid, arching pigeon juga ampuh digunakan untuk mengurangi kram perut. Mulailah posisi dengan duduk dengan lutut kanan ditekuk, sedangkan kaki kiri diluruskan. Setelah itu, letakan tangan pada pinggul sambil perlahan melengkungkan punggung hingga merasa terentang secara maksimal. Ketika Anda merasa tidak nyaman, benarnya pose dengan bersandar ke depan ataupun meluruskan tangan ke atas. 

Cat Pose

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid - Cat Pose

Gerakan yoga lain yang juga bertujuan untuk memperlancar haid adalah cat pose. Posisi tersebut secara otomatis, membuat otot-otot badan merenggang. Selain itu, gerakan tersebut bakal membuat Anda merasakan pijatan halus pada bagian perut dan punggung. Keadaan ini kemudian, cat pose sangat digemari para perempuan saat masa-masa menstruasi. Sedangkan untuk gerakannya sendiri cukup kompleks, sehingga Anda disarankan melakukannya dengan profesional.  

Olahraga apa yang bisa mempercepat haid?ulasan diatas merupakan olahraga yang bisa mempercepat haid . Semoga bisa menjadi referensi.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts