6 Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil memang sangat beragam. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak calon ibu yang memberikan perhatian lebih kepada calon buah hatinya. Salah satunya adalah dengan menjaga kesehatan dan kebugaran selama masa kehamilan. Para ibu hamil bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik secara rutin untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungannya. Selain itu, berolahraga secara rutin juga dapat memperbaiki postur tubuh ibu serta mengatasi rasa tidak nyaman yang kerap kali dirasakan oleh ibu hamil, seperti kelelahan dan nyeri punggung. Aktivitas fisik yang dilakukan oleh ibu hamil juga dapat mencegah resiko penyakit diabetes yang dialami oleh sebagian ibu hamil, mempersiapkan tenaga saat persalinan, dan mengurangi stres.

Olaharaga yang bisa dilakukan ibu hamil juga sangat disarankan oleh dokter kandungan. Hamil tidak dapat dijadikan alasan untuk anda berhenti melakukan aktivitas fisik ataupun tidak berolahraga sama sekali. Meskipun sangat disarankan namun ibu hamil tidak bisa sembarangan melakukan berbagai jenis olahraga. Terdapat beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil karena memiliki resiko yang tinggi. Adapun berbagai jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil antara lain adalah olahraga kontak, olahraga yang melibatkan keseimbangan, olahraga dengan pose berbaring dalam waktu yang lama, olahraga yang sangat menguras energi olahraga yang melibatkan banyak gerakan perut, olahraga yang mengharuskan anda mengubah arah gerak dengan tempo yang cepat dan olahraga yang melibatkan lompatan.

Maka dari itu, lebih baik anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan untuk menentukan jenis olahraga seperti apa yang cocok dengan kondisi anda dan janin. Nanti dokter kandungan akan memberikan beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil.

Berikut Adalah Rekomendasi Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil

Jalan Kaki Santai

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Jalan Santai

Jalan kaki santai merupakan salah satu olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil yang paling direkomendasikan titik jenis olahraga yang satu ini sangat aman bagi ibu hamil dan juga dapat dilakukan kapan saja. Jalan kaki secara rutin akan membantu melancarkan kinerja jantung, menjaga kebugaran tubuh ibu hamil, serta melancarkan peredaran darah. Anda bisa jalan kaki secara rutin sejak trimester pertama sampai trimester akhir menjelang masa persalinan. Anda juga dapat membiasakan diri untuk berjalan kaki kurang lebih selama 30 menit setiap harinya. Tidak perlu melewati rute yang jauh, anda bisa berjalan Santai kali mengelilingi Kompleks Perumahan maupun taman kota.

Meskipun aman, Anda sebaiknya tidak memaksakan diri jika merasa kelelahan titik Selain itu, sebaiknya hindari rute jalan yang menanjak atau pun menurun terjal. Anda bisa melakukan jalan kaki santai saat pagi hari ataupun sore hari. Jangan lupa untuk membawa minum Supaya Anda tidak dehidrasi selama jalan kaki.

(Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh pada Bayi yang Tepat)

Berenang

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Berenang

Rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil selanjutnya adalah berenang. Renang menjadi pilihan olahraga yang cocok bagi anda jika tidak ingin berkeringat titik olahraga air lebih mudah dilakukan karena massa tubuh akan berkurang saat berada di dalam air. Jadi, ibu hamil tidak akan mudah merasa lelah. Olahraga renang akan membantu meredakan mual bagi ibu hamil trimester pertama dan membantu melancarkan persalinan, nyeri panggul, dan bengkak pada bagian pergelangan kaki bagi ibu hamil trimester ketiga.

Akan tetapi, pastikan anda memperhatikan gaya renang yang boleh dilakukan. Gaya punggung dan juga gaya dada adalah 2 jenis gaya renang yang aman dilakukan oleh ibu hamil karena tidak perlu melakukan gerakan memutar badan yang beresiko tinggi terhadap kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga sangat tidak dianjurkan untuk melompat secara ekstrem saat masuk ke kolam renang. Sebaiknya hati-hati Saat berjalan di pinggir kolam renang yang licin dan juga becek.

Senam Hamil

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Senam Hamil

Sama seperti namanya, senam hamil memang khusus diperuntukkan bagi ibu hamil. Jenis olahraga yang satu ini banyak disukai oleh ibu hamil karena aman dan dapat lakukan untuk semua usia kehamilan. Senam hamil akan membantu meningkatkan kekuatan stamina, serta kelenturan tubuh ibu hamil. Tidak hanya itu saja, senam hamil juga fleksibel dilakukan di mana saja titik bahkan para calon ibu bisa melakukannya sendiri dirumah dengan arahan video senam hamil yang bisa ditonton melalui platform YouTube. Ini merupakan olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil, berapapun usia kandungannya.

Bagi ibu hamil yang baru mulai mencoba olahraga senam hamil disarankan untuk mengambil kelas hamil di studio khusus yang dipandu oleh instruktur handal untuk meminimalisir resiko terjadinya cedera. Dengan mengikuti kelas olahraga saat hamil, anda akan berinteraksi dengan ibu hamil lainnya dan bertukar pengetahuan serta informasi seputar kehamilan yang anda butuhkan.

Yoga

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Yoga

Selain senam hamil, yoga juga menjadi rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Namun, yoga mempunyai kelas khusus sehingga harus dilakukan dengan pengawasan instruktur profesional. Olahraga yoga membantu ibu hamil dalam melatih kelancaran pernafasan yang dibutuhkan saat proses persalinan serta melatih kelenturan tubuh sekaligus mempersiapkan pinggul saat melahirkan nanti.

Yoga juga dapat mengurangi sakit pinggang yang kerap dirasakan oleh ibu hamil trimester terakhir. Manfaat lain dari olahraga yoga adalah membantu merilekskan pikiran ibu hamil sehingga lebih mudah untuk beristirahat. Jadi, tidak heran jika Yoga menjadi olahraga yang disukai oleh ibu hamil dan juga perempuan lainnya.

(Baca Juga: 12 Tips Bepergian Dengan Bayi Yang Harus Diketahui)

Pilates

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Pilates

Olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil selanjutnya adalah pilates. Mirip dengan olahraga yoga, pilates ini adalah olahraga yang direkomendasikan bagi ibu hamil karena aman. Pilates memiliki manfaat, yaitu dapat membantu menyeimbangkan tubuh, memperbaiki postur tubuh ibu hamil serta memperkuat otot-otot untuk mempersiapkan pilates memiliki manfaat, yaitu dapat membantu menyeimbangkan tubuh, memperbaiki postur tubuh ibu hamil serta memperkuat otot-otot untuk menyiapkan proses kelahiran.

Instruktur pilates nantinya akan membantu dan membimbing anda untuk melakukan berbagai postur tubuh yang dapat dilakukan oleh ibu hamil. Menariknya lagi, pilates dapat mengajarkan Anda cara dan teknik pernafasan yang baik sehingga mampu melancarkan aliran peredaran darah dan cara relaksasi dengan benar. Selain yoga, pilates ini menjadi olahraga yang banyak difavoritkan oleh ibu hamil.

Sepeda Statis

Olahraga yang Bisa Dilakukan Ibu Hamil - Sepeda Statis

Mencoba olahraga sepeda statis yang ada di gym juga menjadi rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang yang ingin tetap bersepeda meskipun dalam kondisi hamil. Sepeda statis akan membantu melatih kekuatan kaki Anda tanpa menekan bagian sendi pergelangan kaki dan juga lutut dengan keras. Selain itu sepeda statis juga memiliki resiko jatuh yang minim dibandingkan dengan bersepeda di jalanan.

Olahraga mengayuh sepeda statis bisa dilakukan sejak usia kehamilan trimester pertama hingga trimester terakhir. Olahraga ini masuk kedalam jenis latihan kardio yang akan membantu meningkatkan kebugaran jantung. Namun, jika anda ingin melakukan olahraga ini sebaiknya menggunakan pelatih pribadi untuk memantau kegiatan anda. Jika Anda mulai merasa lelah disarankan untuk segera berhenti dan istirahat. Jangan memaksakan diri karena hal tersebut akan membahayakan anda dan janin yang ada di dalam kandungan.

 

Demikian 6 rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan ibu hamil. Semoga bermanfaat…

Total
34
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts