Olahraganya Ibu Rumah Tangga yang Praktis Dilakukan di Rumah

olahraganya ibu rumah tangga

Praktik olahraganya ibu rumah tangga di rumah tidak harus meluangkan waktu pergi ke gym atau tempat olahraga lainnya. Sekarang ini sudah banyak tutorial zumba, yoga, pilates yang bisa diakses melalui internet sehingga memudahkan siapa saja untuk turut mempraktikkan.

Belum lagi kegiatan membersihkan rumah yang membutuhkan tenaga membuat aktivitas ibu menjadi lebih efisien dan tidak perlu pergi ke gym. Namun, ada catatan dalam menjadikan kegiatan membersihkan rumah terhitung sebagai gerakan olahraga.

Yaitu kegiatan tersebut harus dilakukan secara benar sehingga tidak menimbulkan kram otot maupun keluhan lainnya. Jika pada saat membersihkan rumah justru menyebabkan keseleo sampai tangan membengkak atau keluhan lain maka tidak masuk hitungan.

Berbagai kegiatan olahraga ibu rumah tangga bisa juga terhitung ketika menjaga anak yang sedang aktif-aktifnya. Bermain kejar-kejaran dapat mengasah motorik anak dan juga bermanfaat bagi pembakaran lemak ibu. Tidak perlu ruangan khusus untuk ibu berolahraga.

Kegiatan Harian Ini Merupakan Olahraganya Ibu Rumah Tangga

Sibuk dengan pekerjaan rutin tanpa dibayar, membersihkan rumah dan mengurus suami maupun anak tidak lantas membuat ibu kekurangan waktu berolahraga. Jika dipikir secara positif, setiap kali ibu melakukan kegiatan ini maka bisa dibilang sebagai bentuk kesehatan:

  • Masak

Tanpa disadari, berkeringat saat kepanasan di depan kompor merupakan suatu bentuk pembakaran lemak tidak perlu. Belum lagi jika diakumulasikan dengan jalan kaki saat berbelanja sayur, berdiri sekian lama saat memasak, dan gerakan tangan saat mengaduk.

  • Mengantar Anak Sekolah

Mengantar anak sekolah bisa menjadi bentuk gerakan menyehatkan apabila menggunakan sepeda atau berjalan kaki. Tidak perlu lari untuk menyehatkan tubuh, Anda bisa berjalan kaki santai, namun frekuensinya lebih sering sehingga otot kaki terlatih secara lebih baik.

(Baca Juga: Inspiratif, Ini Dia Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga)

  • Mencuci Piring

Ide untuk menjadikan kegiatan mencuci piring sebagai bentuk gerakan menjaga kesehatan adalah melakukan squat ketika menyimpan peralatan rumah tangga pada rak bawah. Berjongkok dengan teknik dan berdiri kembali menggunakan teknik lebih menyehatkan.

  • Membersihkan Rumah

Kegiatan membersihkan rumah, mulai dari membersihkan debu, menyapu lantai, sampai mengepelnya merupakan olahraganya ibu rumah tangga secara sederhana. Selain melibatkan banyak anggota tubuh, juga tidak terhitung jumlah keringat dikeluarkan.

  • Gerakan Lainnya

Selain berbagai gerakan yang tidak disengaja, Anda juga bisa mencuri-curi waktu di sela jeda untuk melakukan yoga dan plank. Bisa juga membuka tutorial senam di Youtube atau mengikuti gerakan zumba, serta mengikuti gerakan tiktok yang dapat membakar kalori.

Luangkan Waktu untuk Berolahraga Santai

olahraganya ibu rumah tangga -  olahraga santai

Berbagai gerakan olahraganya ibu rumah tangga juga dapat dilakukan secara sengaja dengan meluangkan waktu sebentar di sela kesibukan. Banyaknya tutorial di Youtube bisa memudahkan ibu untuk yoga, zumba, aerobic, sampai latihan tari salsa jika berkenan.

Aerobic bisa dengan mudah dilakukan di rumah dengan mengikuti tutorial video dari Youtube maupun sumber video offline. Untuk memastikan gerakan sudah benar, bisa mengambil lebih dari satu sumber sehingga menghindari kesalahan kerja otot dan lainnya.

Kegiatan seru untuk dilakukan para ibu di rumah juga bisa sit up setelah bangun tidur. Kegiatan ini sederhana, namun jika dilakukan secara berkelanjutan maka dapat memberikan efek jangka panjang, seperti postur perut tidak buncit dan stamina menjadi lebih fit.

Meluangkan waktu saat akhir pekan untuk berenang bersama keluarga merupakan upaya quality time sambil berolahraga. Jika memiliki kolam sendiri maka tidak perlu pergi jauh, namun jika ingin sekaligus bermain maka bisa mengunjungi wisata air sekitar tempat tinggal.

Mengajak anak bermain di playground sambil memanfaatkan jogging track untuk berolahraga bisa dilakukan ibu dan ayah. Ketika olahraganya ibu rumah tangga dipraktikkan, ayah bisa bergantian menjaga si kecil, demikian juga sebaliknya.

Masih ingat tari poco-poco? meskipun sekarang gaungnya sudah tidak terdengar, namun tidak ada salahnya Anda mempraktekkan sendiri. Tersedia banyak video maupun klub poco-poco, dan bisa saja salah satu klubnya ada dekat dengan tempat tinggal Anda.

Penting untuk Menghindari Stress Berlebih

olahraganya ibu rumah tangga - hindari stres berlebihan

Kesehatan untuk semua orang sangat penting, terutama bagi bunda yang kerap diibaratkan sebagai jantung keluarga. Ketika bunda sakit, satu keluarga akan ikut merasakan dampaknya. Tidak sulit mendapatkan kesehatan melalui gerakan olahraganya ibu rumah tangga.

Menjaga kesehatan para bunda bukan hanya dengan upaya berolahraga, namun juga harus terhindar dari stress dan sebagainya. Namun, dengan kegiatan serba padat, rasanya tidak mungkin menghindari stress, terkecuali mengurangi frekuensinya atau berpikiran positif.

Contohnya, ketika harus membersihkan rumah, mulai dari mencuci piring sampai menyetrika pakaian, semua bisa dipikirkan secara positif. Niatkan untuk kesehatan dan iringi setiap aktivitas membersihkan hunian sambil mendengarkan musik atau menonton drama kesayangan.

Ketika sudah lelah mengurus kebersihan hunian kemudian anak mengajak main, jangan dianggap sebagai beban. Ingat kembali bahwa waktu anak bergantung pada bunda itu sebentar. Sebelum anak sibuk dengan lingkungannya sendiri, maksimalkan waktu yang ada.

Jika dipikirkan secara positif maka tidak ada satupun kegiatan tidak bermanfaat bagi bunda. Berbagai gerakan olahraganya ibu rumah tangga dapat bersumber dari banyak hal. Segudang manfaat didapatkan para bunda sementara itu anak akan girang bisa bermain puas.

Stress kerap menjadi penyebab utama bunda terlihat lebih tua karena keriput mudah muncul. Latihan fisik memang membantu membugarkan tubuh, namun jangan lupa mengatur pola pikir supaya serangan stress tidak bertubi-tubi dan membahayakan kesehatan.

(Baca Juga: Tips Penting Untuk Kamu Yang Sudah Berkeluarga, Mengatur Keuangan Rumah Tangga)

Memanfaatkan Perkakas yang Ada di Rumah

Jika pada pembahasan pertama, olahraganya ibu rumah tangga dilakukan tanpa sengaja atau tanpa diniatkan maka kali ini kita akan bahas kesengajaan berolahraga. 

Tidak perlu khawatir akan menemukan kesulitan sebab berbagai alatnya familiar ada di rumah. Ini dia alat pendukung untuk bunda berolahraga:

  • Botol Susu Literan

Dua botol susu satu liter dapat menjadi seolah dumbbell dengan bobot seimbang pada tangan kanan maupun kiri. Alih-alih membeli barbel, bunda bisa memperkuat kekuatan tangan untuk menunjang aktivitas harian melalui penggunaan dua botol susu tersebut.

  • Tangga Rumah

Memanfaatkan tangga rumah sebagai tumpuan saat melakukan push up juga menarik dicoba. Selain itu bisa juga dijadikan sebagai media pendukung gerakan yang menyehatkan tubuh. Dengan demikian, bukan hanya otot tangan terlatih, namun juga otot kaki semakin kuat.

  • Kursi

Memanfaatkan kursi, apapun jenis kursinya dapat menunjang kesehatan. Berbagai gerakan dapat dicoba, diantaranya incline push-ups, leg raise dan juga standing side crunch. Tidak perlu benda mahal untuk memulihkan stamina dan menjaga kesehatan tubuh para bunda.

  • Ember

Penggunaan ember dengan isi, baik air, bebatuan, pasir, dan sebagainya yang menambah bobot ember. Dengan bantuan ember, bunda dapat leluasa melakukan gerakan bucket squat, arm swing dan bent-over raise. Tutorialnya bisa melihat langsung dari Youtube.

  • Handuk Kecil

Biasanya digunakan untuk mengelap keringat, handuk kecil juga dapat dimanfaatkan sebagai alat olahraganya ibu rumah tangga. Caranya hanya tinggal menumpukan kekuatan pada kedua tangan kemudian genggam handuk dan lakukan pergerakan vertikal, ke bawah, dsb.

Olahraga yang Dilakukan Bersama Suami

olahraganya ibu rumah tangga - olahraga bersama suami

Kegiatan olahraga ibu rumah tangga, selain bisa dilakukan sendiri juga dapat ditemani oleh suami saat ada waktu luang. Berolahraga bersama tentu lebih memberikan semangat dan ada daya saing tersendiri apabila kegiatan yang dilibatkan merupakan kompetisi.

Contoh, bisa memanfaatkan halaman depan maupun belakang rumah untuk bermain bulu tangkis. Permainan ini melibatkan dua orang, namun buah hati juga bisa ikut terlibat dengan memerankan wasit. Selain kesehatan, romantisme keluarga juga akan terasa sangat kental.

Gerakan yoga dan pilates pasangan bisa menjadi salah satu aktivitas menarik tanpa keluar dari tempat tinggal. Mengajak pasangan berolahraga bersama memiliki manfaat super besar dan dampak positif jangka panjang. Bunda dan pasangan bisa menghabiskan waktu bersama.

Skipping dapat dijadikan sarana menyehatkan tubuh, apalagi jika bunda dan pasangan berlomba siapa pemenangnya. Keinginan untuk lebih unggul, meskipun bukan kompetisi sungguhan pasti sangat menyenangkan dan lebih memacu adrenalin saat melompat.

Bermain hula hoop juga dapat dijadikan salah satu ide menarik, apalagi jika baik istri maupun suami memiliki perut buncit. Gerakannya simple, namun tidak semua orang akan berhasil melakukannya. Maka, akan lebih menarik jika dijadikan ajang kompetisi.

Jika dicermati, ada banyak sumber gerakan olahraga untuk menyehatkan tubuh. Bunda tidak perlu khawatir dengan aktivitas harian karena terbukti bisa dijadikan olahraganya ibu rumah tangga tanpa keluar uang banyak.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts