Penting! Cara Menjaga Kesehatan di Rumah Selama Pandemi COVID-19

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid

 

Pandemi COVID 19 belum berakhir, ini tandanya aktivitas normal yang selama ini dijalankan harus terus beradaptasi dengan kondisi saat ini. Mengurangi aktivitas di luar rumah merupakan langkah pencegahan penting dalam penularan virus. Jaga jarak atau social distancing merupakan salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan siapapun. Ini sebabnya menghabiskan waktu di dalam rumah lebih direkomendasikan.

Namun, bukan karena berada di dalam rumah seharian, lantas kamu menjadi kurang waspada. Kamu perlu tahu cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID untuk mencegah terkena virus COVID ini. Berikut ulasan lengkapnya.

Cara Menjaga Kesehatan di Rumah Selama Pandemi COVID

Menjaga kesehatan fisik memang penting, namun jangan sampai melupakan kesehatan mental. Kondisi baik keduanya akan membantu tubuh supaya tidak mudah tertular COVID-19

Mencari informasi terpercaya, bukan cuma katanya

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Mencari informasi terpercaya

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tak ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan COVID-19 bener-benar akan menghilang dan keadaan kembali normal. Oleh sebab itu, terkadang informasi simpang siur yang belum tentu benar beredar di tengah masyarakat. Penting untuk bukan sekedar update informasi namun memastikan bahwa info tersebut memang benar adanya.

Pilihlah sumber terpercaya yang tak memberi info hoax. Jangan telan mentah-mentah semua berita yang didapatkan. Bisa jadi justru kondisi mental stress karena kabar beredar yang tak benar.

Hilangkan kebosanan dengan rutinitas anyar

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Melakukan rutinitas anyar

Diam di rumah dalam waktu yang lama memang bukan menjadi perkara mudah. Rasa bosan lama kelamaan bisa menjadi stress yang berdampak pada imunitas tubuh. Cobalah mengatasinya dengan melakukan rutinitas baru supaya hari-hari di rumah menjadi menyenangkan. Misalnya, coba memasak. Selain menghilangkan kejenuhan, memasak juga bisa membantu melupakan waktu yang terasa panjang.

Bisa pula nonton drama atau film kesukaan di layanan  streaming yang selama ini belum kamu saksikan. Jalani aktivitas dengan gembira bersama rutinitas dan hobi baru selama di rumah.

(Baca Juga: Ikutin Yuk, Cara Memulai Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi)

Olahraga

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid  - Olahraga

Menjaga kesehatan fisik untuk tetap prima merupakan hal yang penting. Meskipun berada di dalam rumah, tetap disarankan untuk berolahraga. Ada beberapa olahraga yang efektif di lakukan di dalam ruangan. Beberapa diantaranya yakni, push up, sit up hingga yoga

Tubuh yang bugar akan membuat imunitas tubuh menjadi lebih baik sehingga virus tak mudah menyerang tubuh. Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID yang satu ini wajib dilakukan. Apalagi, olahraga dalam ruangan juga tetap mudah dilakukan, kamu bisa sambil melihat instruktur atau pelatih olahraga yang kamu minati lewat youtube.

Cukup tidur

 Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Cukup Tidur

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID  adalah dengan tidur cukup. Biasakan tidur sebelum pukul 10 dan bangun saat pagi hari. Lakukan secara rutin agar jam biologismu menjadi terbentuk. Jika sulit tidur, kamu bisa mandi air hangat, minum susu, atau membaca buku. Jangan biasakan begadang karena tidak baik untuk kesehatan.

Tidur yang nyenyak dan berkualitas akan menjaga kondisi badan. Atur jam tidur dengan tepat agar ketika bangun, tubuh sudah bugar dan siap menjalani aktivitas kembali.

Menjaga kebersihan rumah

 Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Menjaga kebersihan rumah

Menjaga rumah tetap bersih akan membuat kuman dan virus tak bersarang di dalamnya. Selain itu, membersihkan rumah juga bisa menjadi cara menghilangkan bosan. Buka jendela dan pintu agar udara bisa masuk dan rumah tidak lembab. 

Disiplin jaga jarak

 Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Tetap menjaga jarak

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid adalah jaga jarak. Meskipun berada di rumah, namun kamu tetap perlu menjaga jarak dengan anggota keluarga lain. Pencegahan seperti ini sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan. Jaga jarak sendiri memang penting untuk menghindari risiko terinfeksi COVID 19.

Tetap sering cuci tangan

 Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Rajin cuci tangan

Tak ada yang tau apa yang menempel dan terbawa tubuh saat berada di luar ruangan.  Oleh sebab itu, cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID adalah tetap mencuci tangan tetap penting untuk dilakukan. Apalagi saat menerima makanan yang dipesan secara online maupun ketika menerima paket. 

Jangan makan makanan tidak sehat

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Kurangi makanan tidak sehat

Junk food, makanan kemasan, makanan instan, dan alkohol dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hindari konsumsi makanan ini. Meskipun lebih praktis dan cepat, makan makanan tak sehat akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan berdampak pada sistem imum.

Hindari stress

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Hindari Stress

Bukan hanya masalah kesehatan fisik, kesehatan mental juga akan membawa pengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Hindari stress berlebih karena dapat membuat berbagai masalah kesehatan muncul. Atur manajemen stress dengan baik. Jika ada masalah, tak ada salahnya untuk berbagi dengan teman atau keluarga untuk mencari solusi terbaik.

Atau kamu juga bisa mengalihkan rasa stress tersebut dengan melakukan hobi yang kamu senangi. Olahraga juga dapat membantu menghilangkan stress dan membuat hormone endorphine meningkat. Alhasil, mood membaik dan stress pun berkurang.

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

Berikan tubuh nutrisi yang cukup

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Nutrisi yang cukup

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID yang terpenting untuk menjaga sistem imun adalah dari makanan yang dikonsumsi. Pastikan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi. Makan-makanan sehat seperti sayur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Makanan seimbang akan membuat tubuh memenuhi kebutuhannya. Masalah kesehatan juga akan terhindari jika tubuh dapat bekerja dengan baik.

Berjemur

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid - Berjemur

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi COVID selanjutnya yakni dengan berjemur. Meskipun  belum dibuktikan secara ilmiah bahwa berjemur dapat menangkal COVID-19 namun berjemur memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Pasalnya, sinar matahari akan memberikan vitamin D yang dibutuhkan, terpenuhinya kebutuhan vitamin ini akan membantu menjaga fungsi saraf, otot dan sistem kekebalan tubuh.

Waktu berjemur yang tepat yakni pada jam 09.00 pagi selama 15 menit. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya saat berjemur. Sunblock spf 30 disarankan untuk digunakan karena mencegah terjadinya sunburn atau kulit terbakar ketika berjemur.

Tak ada salahnya pula untuk menggunakan kaca mata hitam guna menangkal UVB dan UVA. Dengan begitu, mata dapat terlindung dari bahayanya sinar ultraviolet. Dan jangan lupa untuk tetap jaga jarak selama berjemur. Kamu bisa berjemur dengan jadwal 3 kali seminggu. Jangan lupa pula untuk tetap menggunakan masker selama berjemur. 

Penuhi kebutuhan vitamin

Cara menjaga kesehatan di rumah selama pandemi covid

Imun yang kuat akan membuat tubuh bisa lebih maksimal menangkal penyakit. Salah satu menjaga imun adalah dengan memenuhi kebutuhan akan zinc dan vitamin C. Cara kerja vitamin C yakni dengan mendukung fungsi sel kekebalan sekaligus membuat kemampuan untuk melindungi tubuh dari terjadinya infeksi dapat meningkat.

Vitamin ini sendiri dibutuhkan guna regenerasi sel dan sistem imun dapat tetap kuat. Fungsi lainnya yakni berguna sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan stres oksidatif. Stress yang satu ini dapat berpengaruh pada sistem imun yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit. Selain dari makanan, vitamin C dan zinc juga dapat diperoleh dari suplemen.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts