Ikutin Yuk, Cara Memulai Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi

Pola hidup sehat menjadi salah satu cara dalam menjaga kesehatan. Tujuannya jelas, yaitu untuk menghindari segala jenis penyakit berbahaya. Olahraga rutin juga menjadi bagian dari pola hidup sehat selain pola makan yang teratur. Dalam memulai pola hidup sehat ini sebenarnya mudah, tetapi seringkali orang-orang merasa kesulitan dalam memulainya karena terlalu banyak godaan. Misalnya dalam hal makan makanan bergizi dan sehat, yang sering dilewatkan karena kebanyakan orang lebih memilih makan makanan enak yang kesehatannya belum tentu terjamin.  Apalagi saat ini banyak sekali jenis makanan bermunculan yang rasanya enak tapi tidak sehat. Sama halnya dengan godaan dalam berolahraga karena rasa malas dan tidak mau capek. Untuk memulai pola hidup sehat itu sendiri, bisa dengan berbagai cara. Tapi mungkin Anda kebingungan dimulai dari mana. Simak penjelasan dan uraian lengkap tentang pola hidup sehat di bawah ini. Cara Memulai Pola Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan Untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit berbahaya yang mengancam nyawa, adalah dengan memulai gaya hidup dan pola hidup yang lebih sehat. Caranya dimulai dari mana?.

Berikut ini cara untuk memulai pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan di kehidupan sehari hari:

 1. Menjalankan Pola Makan Sehat

Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Cara yang pertama dalam memulai pola hidup yang sehat adalah dengan mengubah pola makan Anda. Yang tadinya tidak jelas menjadi pola makan yang lebih sehat. Pola makan sehat bisa dimulai dengan memenuhi konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, biji bijian, sayuran, kacang-kacangan, lemak sehat, hingga asam lemak omega 3. Asupan makanan sehat yang Anda konsumsi setiap harinya bisa dibandingkan kembali dengan makanan tak sehat yang Anda konsumsi. Misalnya konsumsi jenis makanan olahan daging, makanan/minuman kemasan manis, garam, lemak jenuh dan sebagainya. Contoh pola makan yang sehat bisa dilihat dari kebiasaan makan makanan sehat dengan gizi tinggi. Dan mengkonsumsi jenis makanan atau zat yang tak sehat seperti sodium, karbohidrat, lemak tak jenuh atau jenis makanan siap saji yang tidak bergizi. Perhatikan juga bagaimana frekuensi makan Anda. Jangan terlalu banyak makan dengan jumlah porsi yang berlebihan, karena hal itu bisa menyebabkan obesitas atau kegemukan. 

(Baca Juga: Cara Menanam Jahe Di Halaman Rumah Dan Yang Kita Perlukan)

2. Menjaga Kebersihan

Menjaga Kebersihan

Maksud dari kebersihan di sini bisa apa saja, bisa kebersihan diri atau lingkungan sekitar. Cara menjaga kebersihan ini bisa dilakukan dalam berbagai cara seperti misalnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga kebersihan tubuh dan organ intim, menggosok gigi dan menjaga kebersihan mulut, dan sebagainya. Hal itu akan menjadi prinsip dari pola hidup sehat yang sering dianggap sepele padahal menjadi hal yang sangat penting. Maka jangan pernah lupa untuk menjaga kebersihan diri dan pastikan bahwa Anda selalu mengolah makanan dengan cara yang tepat. selalu mencuci bahan-bahan yang akan dimasak dengan air mengalir.

3. Melakukan Aktivitas Fisik

Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Seseorang yang menjalankan pola hidup sehat juga sering memulai pola hidup sehat dengan cara berolahraga. Jenis olahraga yang dipilih bisa apa saja, dari mulai olahraga ringan, sedang hingga berat. Lakukan aktivitas fisik ini minimal 30 menit dalam 3-5 minggu pertama ketika Anda mencoba untuk memulai gaya hidup yang sehat. Durasi atau waktu berolahraga ini bisa menjadi lebih lama jika Anda memilih jenis olahraga yang ringan dan mudah dilakukan. Tingkatkan juga intensitas olahraga yang harus disesuaikan dengan kemampuan tubuh Anda dan kondisi fisik saat itu. Dari waktu ke waktu intensitas ini bisa ditambahkan lagi. Sebaiknya tidak memulai olahraga dengan langsung datang ke pusat kebugaran, atau dengan jenis-jenis olahraga yang rumit. Karena hal itu juga akan membuat tubuh Anda kebingungan. Sebaiknya mulailah dengan berjalan kaki di sekitar rumah, melakukan pekerjaan rumah misalnya berkebun, mengepel atau menyapu rumah, juga bisa menjadi aktivitas fisik yang membuat tubuh menjadi aktif dan bergerak.

4. Mendapatkan Berat Badan yang Ideal

Mendapatkan Berat Badan Yang Ideal

Berat badan ideal bukan tentang gemuk atau langsingnya. Karena seseorang yang tubuhnya kurus belum tentu memiliki bentuk dan berat badan yang terbilang ideal. Sebaiknya Anda memiliki indeks massa tubuh yang ideal yaitu sekitar 18,5 sampai 24,9.

5. Tidak Konsumsi Alkohol atau Merokok

Memulai Pola Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Konsumsi minuman yang mengandung alkohol harus sangat dibatasi atau sama sekali tidak dilakukan. Ketika Anda ingin memulai pola hidup sehat. Batasan konsumsi alkohol bagi orang-orang yang menjalankan hidup sehat adalah 5-15 gram per hari bagi wanita, dan 5-30 gram per hari bagi pria. Tapi akan lebih baik lagi jika Anda tak perlu mengkonsumsinya sama sekali. Sama halnya dengan merokok yang sering kali menjadi gaya hidup yang tak sehat. Jika Anda ingin menjalankan pola hidup sehat maka Anda tidak boleh merokok sama sekali. Karena, walaupun Anda menjaga pola makan dengan teratur, berolahraga rutin dan seimbang, tidak minum alkohol, tetapi tetap merokok maka percuma saja. Rokok menjadi segudang bahaya yang bisa mengancam nyawa.

(Baca Juga: 9 Cara Memulai Pola Hidup Sehat Di Era Milenial, Yuk Lakukan)

6. Menghindari Stres

Menghindari Stres

Banyak hal yang menyebabkan pikiran menjadi stres, misalnya pekerjaan dan deadline yang terus mendesak, kemacetan di jalan raya yang harus dihadapi setiap hari, hubungan asmara yang berantakan dan banyak lagi. Hal-hal yang menyebabkan stres seperti itu bisa membuat sistem tubuh Anda ikut berantakan. Walaupun respon tubuh setiap orang dalam menghadapi stres ini berbeda beda. Stres yang sifatnya kronis bisa memberi dampak buruk pada kondisi kesehatan tubuh. Maka berusahalah untuk menghindari dan mengurangi segala hal yang membuat Anda stres. Lakukan kegiatan yang membuat Anda menjadi lebih rileks, atau melakukan hal hal yang disukai seperti misalnya membaca, menulis jurnal, bermain dengan hewan peliharaan dan sebagainya.

7. Mengurangi Konsumsi Gula

Mengurangi Konsumsi Gula

Bagi Anda yang menyukai jenis-jenis makanan manis seperti cake, brownies, ice cream, permen dan banyak lagi jenis makanan yang menggoda sebaiknya segera mengurangi konsumsi makanan tersebut. Karena asupan gula yang terlalu banyak atau tinggi bisa menyebabkan penyakit diabetes. Mulailah kebiasaan ini secara perlahan misalnya dengan mengurangi gula pada kopi yang Anda seduh setiap harinya. Jika biasanya Anda menggunakan 2 sendok gula kini mulailah dengan 1 sendok gula saja. Jangan mengkonsumsi jenis-jenis minuman manis dalam kemasan, tapi lebih baik menggantinya dengan minuman yang lebih sehat. Misalnya minuman jus buah segar yang dibuat sendiri, dengan jumlah asupan gula yang tidak terlalu banyak. Atau konsumsi buah-buahan segar saja jika ingin makan makanan manis. Karena rasa manis dari buah-buahan lebih alami dan bagus untuk kesehatan. Ditambah dengan konsumsi air putih setiap hari sekitar 6-8 liter. Itulah beberapa cara dalam memulai pola hidup sehat yang bisa Anda lakukan di kehidupan sehari-hari. Mulailah semua kebiasaan baik itu secara perlahan, jika Anda sudah terbiasa dengan pola makan teratur bisa berlanjut ke olahraga rutin, begitulah seterusnya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts